Pembelajaran Tematik hari Jumat, 16 Juli 2021

Jumat, 16 Juli 2021

TEMATIK 1 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 2

  

Tabik Pun 🙏 anak-anak bu guru yang sholih sholiha kelas 2 A😊 Bagaimana kabarnya hari ini? 

Sebelum belajar, jangan lupa sholat dhuha dan murojaah ya nak. 


Silahkan ananda sekalian mendengarkan tausiyah berikut :

Tausiyah hari ini


https://youtu.be/t8tfhfk4ps4

Semoga bermanfaat 🙏

Kelas : 2

Tema : 1 

Subtema : 1

Pembelajaran : 2

Tujuan Pembelajaran

1.      Dengan diberikan gambar perisai burung Garuda, siswa dapat memasangkan simbol dengan bunyi sila-sila pada Pancasila dengan benar.
2.      Dengan diberikan gambar contoh penerapan sila pertama Pancasila, siswa dapat menyebutkan bunyi sila pertama Pancasila dengan benar.
3.      Dengan  diberikan contoh penerapan sila pertama Pancasila pada gambar, siswa dapat menceritakan pengalaman penerapan sila pertama pada Pancasila dengan benar.
4.      Dengan diberikan teks percakapan yang mengandung ungkapan, siswa dapat menentukan bagian yang termasuk ungkapan dan artinya dengan tepat.
5.      Dengan  diberikan contoh penerapan sila kedua Pancasila pada teks percakapan, siswa dapat menceritakan pengalaman penerapan sila kedua pada Pancasila dengan benar.
6.      Dengan diberi contoh gerakan dasar berjalan, siswa dapat menjelaskan gerak dasar berjalan dalam permainan sederhana dengan benar.
7.      Dengan diberi contoh gerakan dasar berjalan, siswa dapat melakukan gerak dasar berjalan dalam permainan sederhana dengan benar.

Video Pembelajaran:
Tematik 1 Subtema 1 Pembelajaran 2

Video Pembelajaran:
Tematik 1 Subtema 1 Pembelajaran 2



Media dan Alat Pembelajaran
Ø  Gambar burung Garuda
Ø  Gambar simbol-simbol sila pada Pancasila
Ø  Teks percakapan Udin dan Mutiara
Ø  Gambar gerak dasar berjalan

PPKN
3.1  Mengidentifikasi hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
4.1  Menjelaskan hubungan gambar pada lambang negara dengan  sila-sila Pancasila.
1.      Memasangkan simbol dengan bunyi sila pada Pancasila.
2.      Menyebutkan bunyi sila yang sesuai dengan gambar pengamalannya.
3.      Menceritakan pengalaman penerapan sila pertama Pancasila di rumah.
Anak-anak coba perhatikan gambar diatas. Gambar apakah itu?
Ya benar, gambar Burung Garuda. Jika diperhatikan secara seksama, terdapat perisai Burung Garuda.

Nah, perisai Burung Garuda ini merupakan symbol-simbol pada Pancasila.

 Simbol Bintang adalah symbol Sila ke-1 Pancasila yang berbunyi Ketuhanan Yang Maha Esa

Simbol Rantai adalah symbol Sila ke-2 Pancasila yang berbunyi Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab

Simbol Pohon Beringin adalah symbol Sila ke-3 Pancasila  yang berbunyi Persatuan Indonesia

Simbol Kepala Banteng adalah symbol Sila ke-4 Pancasila yang  berbunyi Kerakyatan Yang dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan Perwakilan

Simbol Padi dan Kapas adalah symbol Sila ke-5 Pancasila yang berbunyi Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Penerapan sila pertama dengan cara melakukan beberapa hal, contohnya:
1.   Beribadah sesuai dengan kepercayaan yang dianut.
2.   Menghargai orang lain yang agamanya berbeda dengan kita.
3.   Tolong menolong, meski memiliki agama yang berbeda.

Penerapan sila kedua dengan melakukan hal-hal di bawah ini:
1.   Tidak membeda-bedakan orang yang ada di sekitar kita.
2.   Saling membantu, misalnya melakukan kerja bakti atau memberi bantuan pada korban bencana alam.

Penerapan Sila ketiga ini dalam kehidupan sehari-hari dengan melakukan hal ini:
1.   Mencintai negara Indonesia dengan cara menjaga warisan budaya yang ada.
2.   Menjaga hubungan baik dengan teman-teman satu negara, meski beda suku, agama, dan bahasa.

Penerapan sila keempat dengan melakukan beberapa hal, misalnya:
1.   Menyelesaikan masalah dengan musyawarah.
2.   Tidak memaksakan kehendak kita saat bermusyawarah.
3.   Menerima hasil musyawarah dengan lapang dada.

Penerapan Sila Kelima melambangkan pangan dan sandang yang merupakan kebutuhan pokok semua rakyat Indonesia tanpa melihat status atau kedudukan.

Bahasa Indonesia
3.1  Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
4.1  Menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun
4.      Menentukan isi teks yang termasuk ungkapan.

Udin          : “Buku Kakak banyak sekali.”
Mutiara      : “Kakak memang senang membaca buku.”
Udin          : “Wah, Kakak memang pantas dijuluki kutu buku.”
Mutiara      : “Ayo, kamu juga harus rajin membaca. Ini ada buku cerita bagus, judulnya  Bintang Lapangan.”
Udin          : “Ceritanya tentang apa, Kak?”
Mutiara      : “Cerita tentang pemain sepak bola yang rendah hati, meskipun sudah terkenal.”
Udin          : “Berarti dia tidak besar kepala ya, Kak. Terima kasih ya, Kak. Saya boleh meminjam buku Kakak.”
Mutiara : “Sama-sama, Dik.”
Percakapan di atas mengajarkan kita mengenal kata ungkapan baru lainnya. diantaranya adalah : kutu buku, bintang lapangan, rendah hati dan besar kepala. Dari percakapan di atas bisa kita analisis bahwa arti dari kata ungkapan tersebut memiliki arti yang berbeda. Perhatikan kotak di bawah ini !

Kutu Buku = Rajin Membaca
Bintang Lapangan = Idola
    Rendah Hati = Sifat yang baik (tidak sombong)
        Besar Kepala = Sombong






 TUGAS
1.      Gambarlah dan warnai simbol-simbol Pancasila di buku gambarmu!
2.      Sebutkan 5 kata ungkapan yang kamu ketahui beserta arti ungkapannya!
  

Kumpulkan dokumentasi dan tugas Ananda melalui WA pribadi. terimakasih..🙏🙏😊

3 komentar:

Bunda nayla mengatakan...

Nayla Al farisha
hadir bu

Dirgantara Al fachri mengatakan...

Assalamualaikum Bu saya Dirgantara Al Fachri kelas 2A Hadir Bu guru 😊

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum Bu Fuji
Kalila Audreya Rahmah
Siap mempelajari materi hari ini
Terimakasih 🙏🏻🙏🏻

Posting Komentar