selasa, 26 September 2023

   

MUATAN SENI MUSIK, MATEMATIKA & BAHASA INDONESIA

 KELAS   I.B

WALI KELAS : Fuji lestari S.Pd.


Good morning everyone...

How are you students? 

Hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. 

Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. 

Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. 


Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

  • Ketukan dalam Musik
  • Penjumlahan Bilangan sampai 10
  • Mengenali abjad
  • Mengenali huruf kapital dan huruf kecil
  • Merangkai suku kata yang diawali huruf ‘k'
  • Menulis huruf ‘K dan ‘k'

Tujuan Pembelajaran (TP):

  • Peserta didik dapat mengidentifikasi dan menirukan pulsa dengan tempo sederhana
  • Peserta didik dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan
  • Peserta didik dapat merangkai suku kata yang diawali huruf ‘k’
  • Peserta didik dapat membaca suku kata "ka", "ki", "ku", "ke", dan "ko"
  • Peserta didik dapat menulis huruf ‘K’ dan ‘k’ 
  • Peserta didik dapat menulis suku kata "ka", "ki", "ku", "ke", dan "ko"
Capaian Pembelajaran (CP):
  • Peserta didik mampu menyimak, melibatkan diri secara aktif dalam pengalaman atas bunyi-musik (bernyanyi, bermain alat/ media musik, mendengarkan), mengimitasi bunyi-musik serta dapat mengembangkannya menjadi pola baru yang sederhana. Peserta didik mengenali diri sendiri, sesama, dan lingkungannya serta mengalami keberagaman/kebhinekaan sebagai bahan dasar berkegiatan musik seperti yang terwujud dalam pengenalan kualitas-kualitas dan unsur-unsur sederhana dalam bunyi/musik beserta konteks yang menyertainya seperti: lirik lagu dan kegunaan musik yang dimainkan.
Peserta didik mampu menunjukan pemahaman makna simbol matematika "=" dalam suatu kalimat matematika yang terkait dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 20 menggunakan gambar. Contoh:

  • Peserta didik dapat mengenali, meniru, dan melanjutkan pola bukan bilangan (misalnya, gambar, warna, suara).
  • Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar (cara memegang alat tulis, jarak mata dengan buku, menebalkan garis/huruf, dll.) di atas kertas dan/atau melalui media digital. Peserta didik mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik. Peserta didik mampu menulis teks deskripsi dengan beberapa kalimat sederhana, menulis teks rekon tentang pengalaman diri, menulis kembali narasi berdasarkan teks fiksi yang dibaca atau didengar, menulis teks prosedur tentang kehidupan sehari-hari, dan menulis teks eksposisi tentang kehidupan seharihari.

  • Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenalinya sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.

  • SENI MUSIK


    Kita sering bertepuk dan hentakkan kaki saat sedang bernyanyi.

    Tepukkan tangan atau hentakkan kaki membentuk irama atau pola Ritma musik.


    yuk belajar bersama 😊


    Ketukan dalam Musik


    Dalam irama musik kita mendengar ketukan.

    Ketukan berulang dan teratur yang disebut pulsa.

    Contoh ketukan berulang dan teratur seperti denyutan jantung, tetesan air dan detak arlogi atau jam dinding.


    Pulsa atau ketukan dapat bergerak cepat, sedang dan lambat.


    Kecepatan gerak lagu itu disebut tempo.


    Jika digambarkan seperti gerakan berikut

    CEPAT

    Gambar sedang berlari

    SEDANG
    Gambar sedang berjalan

    LAMBAT
    Gambar sedang merangkak

    Contoh lagu tempo lambat: Bagimu Negeri 


    Contoh lagu tempo sedang: Kalau Kau Suka Hati



    Contoh lagu tempo cepat : Naik Delman



    Ayo lakukan 😊

    Letakkan tanganmu di dada sebelah kiri

    Apa yang kamu rasakan?

    Dapatkah kamu merasakan bunyi detak jantungmu?

    Seberapa cepat detak jantungmu?

    Tirukan dengan berkata ‘dug’ dengan tepuk tangan.


    Ayo Jawab 😊

    Perhatikan gambar di bawah ini!

    Tulislah yang bertempo cepat dan tempo lambat


    Ayo lakukan 😊

    Letakkan tanganmu di dada sebelah kiri

    Apa yang kamu rasakan?

    Dapatkah kamu merasakan bunyi detak jantungmu?

    Seberapa cepat detak jantungmu?

    Tirukan dengan berkata ‘dug’ dengan tepuk tangan.


    Ayo Jawab 😊

    Perhatikan gambar di bawah ini!

    Tulislah yang bertempo cepat dan tempo lambat

    bertempo cepat dan tempo lambat


    https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj6SA3ebIwxrZDynL_BYB42RlG9zwfxiyG4c5LV6ug5j1pR5qmnOEmtGkWGR7lgswwWTEmpJNEooLBZWC45P0kWeoU1T42ces0ch44Xnh-0NNGyPm6oRiK8Mxy015T5rg8GJmmCkNzzLstZrmNOfdipboT49VVRF9ffrVZmsTfGYbk--aCBskYdWyPRK4Y/s612/istockphoto-1201036404-612x612.jpg

    https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj6SA3ebIwxrZDynL_BYB42RlG9zwfxiyG4c5LV6ug5j1pR5qmnOEmtGkWGR7lgswwWTEmpJNEooLBZWC45P0kWeoU1T42ces0ch44Xnh-0NNGyPm6oRiK8Mxy015T5rg8GJmmCkNzzLstZrmNOfdipboT49VVRF9ffrVZmsTfGYbk--aCBskYdWyPRK4Y/s612/istockphoto-1201036404-612x612.jpg

    MATEMATIKA


    PENJUMLAHAN BILANGAN SAMPAI 10


    Ada 4 anak bermain lompat tali.



    Datang lagi 2 anak untuk ikut bermain.


    Sekarang ada 6 anak yang berma

    ada 6 anak yang bermain.

    Mereka bermain bergantian.



    ada 6 anak yang bermain.

    Mereka bermain bergantian.



    ada 6 anak yang bermain.

    Mereka bermain bergantian.









    0 komentar:

    Posting Komentar