Jumat, 22 September 2023

  •    

    PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5)

     KELAS   I.B

    Wali KELAS : Fuji lestariS.Pd.


    Good morning everyone...

    How are you students? 

    Hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. 

    Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. 

    Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. 

    TEMA:

    GAYA HIDUP BERKELANJUTAN

    CERDIK KELOLA SAMPAH PLASTIK


    Tujuan

    Dengan mengangkat tema “Gaya Hidup Berkelanjutan” dan mengacu kepada dimensi Profil Pelajar Pancasila, projek “Belajar Kelola Plastik Fase A” bertujuan mewujudkan peserta didik berkesadaran lingkungan yang mampu berperan aktif dalam menjaga serta mengatasi permasalahan lingkungan, khususnya terkait penggunaan dan pengelolaan plastik secara bijak.

    Alur

    • Dalam fase A, fokus pembelajaran tentang isu plastik adalah pada pengenalan dan identifikasi. Pada tahapan “pengertian plastik”, peserta didik belajar mengenal plastik sebagai material buatan manusia dengan karakteristik yang berbeda dari material lain. Peserta didik mengeksplorasi dan membandingkan sifat material plastik dengan material lainnya, sehingga dapat mengidentifikasi mana benda plastik dan mana benda bukan plastik.
    • Peserta didik kemudian belajar mengenal bentuk pengelolaan plastik, yaitu pemilahan benda plastik bekas pakai sehingga tidak tercampur dengan sampah lainnya (khususnya sampah organik). Peserta didik juga belajar cara sederhana untuk mengolah sampah plastik, yaitu dengan cara repurpose (penggunaan kembali dengan tujuan berbeda).
    • Tahapan terakhir dalam alur pembelajaran adalah memberikan kebebasan pada peserta didik untuk berkreasi dari hasil pengelolaan sampah plastik yang telah mereka kumpulkan
  • didik belajar mengenal plastik sebagai material buatan manusia dengan karakteristik yang berbeda dari material lain. Peserta didik mengeksplorasi dan membandingkan sifat material plastik dengan material lainnya, sehingga dapat mengidentifikasi mana benda plastik dan mana benda bukan plastik.
  • Peserta didik kemudian belajar mengenal bentuk pengelolaan plastik, yaitu pemilahan benda plastik bekas pakai sehingga tidak tercampur dengan sampah lainnya (khususnya sampah organik). Peserta didik juga belajar cara sederhana untuk mengolah sampah plastik, yaitu dengan cara repurpose (penggunaan kembali dengan tujuan berbeda).
  • Tahapan terakhir dalam alur pembelajaran adalah memberikan kebebasan pada peserta didik untuk berkreasi dari hasil pengelolaan sampah plastik yang telah mereka kumpulkan.

Target

Melalui projek ini, peserta didik diharapkan dapat mengembangkan tiga dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu: 

  1. Beriman Bertakwa pada Tuhan YME dan Berakhlak Mulia, khususnya elemen akhlak terhadap alam, 
  2. Kreatif, khususnya elemen menghasilkan gagasan yang orisinal dan menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal, dan 
  3. Bernalar kritis, khususnya memberikan dan menjawab pertanyaan


Pertemuan 10

TAHAP KONTEKSTUAL

Lembar Refleksi Belajar & Formatif 2


Objektif
Peserta didik mengenal contoh-contoh praktik 3R

Materi
1. Ulasan Materi tentang 3R
2. Format Pencatatan 3R

Persiapan
  1. Bintang-bintang dan lembar formatif 2
Pelaksanaan
  1. Peserta didik diberikan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan kegiatan pada tahap kontekstual
  2. Peserta didik yang kesulitan dalam mengingat dan menjawab dibimbing oleh guru
  3. Peserta didik memberikan Bintang untuk teman yang menurut mereka melakukan pekerjaannya dengan baik
  4. Peserta didik yang mendapat Bintang, menempelkannya di buku P5
  5. Peserta didik mengerjakan lembar refleksi belajar dan formatif 2

0 komentar:

Posting Komentar