kamis, 21 September 2023


   

PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5)

 KELAS   I.B

WALI KELAS : Fuji lestari S.Pd.


Good morning everyone...

How are you students? 

Hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. 

Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. 

Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. 

TEMA:

GAYA HIDUP BERKELANJUTAN

CERDIK KELOLA SAMPAH PLASTIK


Tujuan

Dengan mengangkat tema “Gaya Hidup Berkelanjutan” dan mengacu kepada dimensi Profil Pelajar Pancasila, projek “Belajar Kelola Plastik Fase A” bertujuan mewujudkan peserta didik berkesadaran lingkungan yang mampu berperan aktif dalam menjaga serta mengatasi permasalahan lingkungan, khususnya terkait penggunaan dan pengelolaan plastik secara bijak.



  • Dalam fase A, fokus pembelajaran tentang isu plastik adalah pada pengenalan dan identifikasi. Pada tahapan “pengertian plastik”, peserta didik belajar mengenal plastik sebagai material buatan manusia dengan karakteristik yang berbeda dari material lain. Peserta didik mengeksplorasi dan membandingkan sifat material plastik dengan material lainnya, sehingga dapat mengidentifikasi mana benda plastik dan mana benda bukan plastik.
  • Peserta didik kemudian belajar mengenal bentuk pengelolaan plastik, yaitu pemilahan benda plastik bekas pakai sehingga tidak tercampur dengan sampah lainnya (khususnya sampah organik). Peserta didik juga belajar cara sederhana untuk mengolah sampah plastik, yaitu dengan cara repurpose (penggunaan kembali dengan tujuan berbeda).
  • Tahapan terakhir dalam alur pembelajaran adalah memberikan kebebasan pada peserta didik untuk berkreasi dari hasil pengelolaan sampah plastik yang telah mereka kumpulka
  • Target
  • Melalui projek ini, peserta didik diharapkan dapat mengembangkan tiga dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu: 
    1. Beriman Bertakwa pada Tuhan YME dan Berakhlak Mulia, khususnya elemen akhlak terhadap alam, 
    2. Kreatif, khususnya elemen menghasilkan gagasan yang orisinal dan menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal, dan 
    3. Bernalar kritis, khususnya memberikan dan menjawab pertanyaan

       

    PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5)

     KELAS   I.B

    WALI KELAS : Fuji lestari S.Pd.


    Good morning everyone...

    How are you students? 

    Hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. 

    Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. 

    Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. 

    TEMA:

    GAYA HIDUP BERKELANJUTAN

    CERDIK KELOLA SAMPAH PLASTIK


    Tujuan

    Dengan mengangkat tema “Gaya Hidup Berkelanjutan” dan mengacu kepada dimensi Profil Pelajar Pancasila, projek “Belajar Kelola Plastik Fase A” bertujuan mewujudkan peserta didik berkesadaran lingkungan yang mampu berperan aktif dalam menjaga serta mengatasi permasalahan lingkungan, khususnya terkait penggunaan dan pengelolaan plastik secara bijak.


  • Pertemuan 9

    TAHAP KONTEKSTUAL

    Menyiapkan Konsep Benda yang akan di Daur Ulang


    Objektif
    Peserta didik mengenal contoh-contoh praktik 3R

    Materi
    1. Ulasan Materi tentang 3R
    2. Format Pencatatan 3R

    Persiapan
    1. Guru menyiapkan contoh sampah plastik yang sudah didaur ulang
    2. Video mendaur ulang botol menjadi vas (https://youtube.com/shorts/xK0npz4gBpI) 
    3. Video mendaur ulang botol menjadi tempat pensil
    Pelaksanaan
    1. Peserta didik diberikan pertanyaan awal contoh sampah plastik yang bisa didaur ulang
    2. Peserta didik ditanya beberapa hal yang berkaitan dengan sampah plastik yang akan didaur ulang: a) Botol plastik bekas dapat dimanfaatkan menjadi apa? b) Hiasan apa saja yang ditambahkan pada botol plastik bekas?
    3. Guru menunjukkan hasil karya sampah plastik daur ulang yang dibawa
    4. Peserta didik melihat beberapa karya hasil daur ulang yang dibawa guru
    5. Peserta didik ditanya hasil karya apa yang mereka sukai dan akan mereka buat nantinya
    6. Peserta didik ditanya kira-kira bagaimana cara mendaur ulang botol plastik tersebut menjadi benda yang berguna (kotak pensil, vas bunga)
    7. Peserta didik ditunjukkan video bagaimana menghias botol bekas menjadi vas bunga dan kotak pensil
    8. Peserta didik ditanya mengenai benda-benda yang akan mereka buat pada tahap aksi
    9. Peserta didik diberikan kertas ilustrasi untuk menggambarkan bentuk akhir dari karya yang akan mereka buat


    0 komentar:

    Posting Komentar