MUATAN BAHASA INDONESIA & MENULIS

 KELAS   I.B

WALI KELAS : Fuji lestari, S.Pd.


Good morning everyone...

How are you students? 

Hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. 

Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. 

Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. 


Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

  • Mengenali abjad
  • Mengenali huruf kapital dan huruf kecil
  • Merangkai suku kata yang diawali huruf ‘k'
  • Menulis huruf ‘K dan ‘k'

Tujuan Pembelajaran (TP):

  • Peserta didik dapat merangkai suku kata yang diawali huruf ‘k’
  • Peserta didik dapat membaca suku kata "ka", "ki", "ku", "ke", dan "ko"
  • Peserta didik dapat menulis huruf ‘K’ dan ‘k’ 
  • Peserta didik dapat menulis suku kata "ka", "ki", "ku", "ke", dan "ko"

Capaian Pembelajaran (CP):

  • Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar (cara memegang alat tulis, jarak mata dengan buku, menebalkan garis/huruf, dll.) di atas kertas dan/atau melalui media digital. Peserta didik mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik. Peserta didik mampu menulis teks deskripsi dengan beberapa kalimat sederhana, menulis teks rekon tentang pengalaman diri, menulis kembali narasi berdasarkan teks fiksi yang dibaca atau didengar, menulis teks prosedur tentang kehidupan sehari-hari, dan menulis teks eksposisi tentang kehidupan seharihari.
  • Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenalinya sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.

MATERI PEMBELAJARAN


Amati gambar di atas, lalu jawab pertanyaan-pertanyaan berikut.

  1. Apa yang kalian lihat pada gambar?
  2. Dapatkah kalian melihat kuman pada gambar?
  3. Apa yang terjadi pada kuman itu?


Sekarang, guru akan membaca cerita di bawah ini.

Simak baik-baik, ya. 





Diskusikan jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan guru ini.

Ingat, angkat tangan dulu sebelum berbicara. 

  1. Apa yang terjadi pada hidung Dilo saat ia pilek?
  2. Apa yang terjadi saat Dilo bersin?
  3. Apa yang teman Dilo lakukan terhadap apel yang akan dimakannya?
  4. Mengapa ia melakukannya?
  5. Apa yang Bu Guru pakaikan ke wajah Dilo?
  6. Mengapa Dilo harus memakainya saat pilek?