Senin, 09 Desember 2019
Materi hari ini Remedial Matematika

Soal matematika

Hasil dari 15 x 50 ÷ 30 adalah....
a. 25                                   c. 45
b. 35                                  d. 55

Kunci: A
Pembahasan:
15 x 50 ÷ 30 = No. 1.1 No. 1.2 = 25
separator UASBN SD Kelas 6
2. Topik : Bilangan
Subtopik: Pangkat dan Akar Bilangan
Indikator: Peserta didik mampu menentukan operasi hitung bilangan pangkat dan bilangan akar

Hasil dari 172 – 152 adalah....
a. 4                               c. 64
b. 16                            d. 128

Kunci: C
Pembahasan:
172 – 152 = (17 x 17) – (15 x 15)
= 289 – 225
= 64
separator UASBN SD Kelas 6
3. Topik : Bilangan
Subtopik: Pecahan
Indikator: Peserta didik mampu mengubah pecahan menjadi bentuk persen atau desimal atau sebaliknya

No. 3.1diubah ke persen menjadi....
a. 125%                                              c. 165%
b. 145%                                             d. 175%

Kunci: D
Pembahasan:
Ubah pecahan campurannya ke percahan biasa
No. 3.1 = 74→kalikan dengan 100%
= 74×100% = 175%
separator UASBN SD Kelas 6
4. Topik: Bilangan
Subtopik: Operasi Hitung Bilangan
Indikator: Peserta didik mampu menentukan hasil operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat (positif dan negatif)

Hasil dari 70 – (–25) adalah....
a. –95                                      c. 45
b. –45                                     d. 95

Kunci: D
Pembahasan:
Ketika tanda negatif (–) bertemu dengan negatif (–), maka operasi bilangannya akan berubah menjadi positif (+), sehingga:
70 – (–25) = 70 + 25
= 95
separator UASBN SD Kelas 6  5. Topik: Bilangan
Subtopik: FPB dan KPK
Indikator: Peserta didik mampu menentukan FPB atau KPK dari tiga bilangan dua angka dalam bentuk faktorisasi

FPB dari 48, 72 dan 96 adalah....
a. 25 x 3                                       c. 23 x 3
b. 24 x 3                                      d. 22 x 3

Kunci: C
Pembahasan:
null
 Maka FPB nya adalah = 23×3
separator UASBN SD Kelas 6
6. Topik: Geometri dan Pengukuran
Subtopik: Satuan Ukuran
Indikator: Peserta didik mampu menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan panjang yang berbeda.

Kebun Pak Warno berbentuk persegi panjang dengan ukuran panjang 4,2 dam dan lebar 370 dm. Keliling kebun Pak Warno adalah...meter
a. 82,4                                                    c. 158
b. 124                                                     d. 225

Kunci: C
Pembahasan:
Karena hasil yang ditanya dalam bentuk meter, maka ubah terlebih dahulu satuan panjang dan lebarnya ke dalam meter
Panjang = 4,2 dam = 4,2 x 10 m = 42 m
Lebar     = 370 dm = 370 : 10 m = 37 m
Keliling = 2 x (panjang + lebar)
                = 2 x (42 m + 37 m)
                = 2 x 79 m
                = 158 meter
Jadi, keliling kebun Pak Warno adalah 158 meter
separator UASBN SD Kelas 6
7. Topik: Geometri dan Pengukuran
Subtopik: Satuan Ukuran
Indikator: Peserta didik mampu menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan kuantitas yang berbeda.

Di sebuah tempat penyewaan peralatan pesta terdapat 6 gros piring. Sebanyak 4 lusin dipinjam oleh Bu Tuti dan sebanyak 2 gros dipinjam oleh Bu Ayu. Piring yang tersisa di tempat tersebut sebanyak...buah
a. 528                                      c. 628
b. 588                                     d. 688

Kunci: A
Pembahasan:
1 gross = 144 buah
1 lusin = 12 buah
Jumlah semua piring = 6 x 144 = 864 buah
Dipinjam Bu Tuti = 4 x 12 = 48 buah
Dipinjam Bu Ayu = 2 x 144 = 288 buah
Sisa piring = Jumlah semua piring – dipinjam Bu Tuti – dipinjam Bu Ayu
= 864 – 48 – 288
= 528 buah
separator UASBN SD Kelas 6
8. Topik: Geometri dan Pengukuran
Subtopik: Sifat dan unsur bangun datar (segitiga, segiempat, lingkaran)
Indikator: Peserta didik mampu menentukan bangun datar berdasarkan sifatnya

Perhatikan sifat-sifat bangun datar di bawah ini!
1. Memiliki 4 sisi yang sama panjang
2. Sudut-sudut yang berhadapan sama besar
3. Diagonalnya saling berpotongan tegak lurus dan saling membagi dua sama panjang
Bangun datar yang mempunyai sifat-sifat di atas adalah....
a. persegi panjang                                               c. trapesium
b. layang-layang                                                  d. belah ketupat

Kunci: D
Pembahasan:
Bangun yang memenuhi semua sifat-sifat di atas adalah belah ketupat, karena:
  • pada persegi panjang semua sudutnya sama besar dan kedua diagonal berpotongan tidak tegak lurus
  • pada layang-layang kedua diagonalnya berpotongan tegak lurus, tetapi tidak sama panjang
  • pada trapesium hanya terdapat dua pasang sudut yang sama besar dan diagonalnya sama panjang
separator UASBN SD Kelas 6
9. Topik: Geometri dan Pengukuran
Subtopik: Satuan Ukuran
Indikator: Peserta didik mampu menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan volume yang berbeda.

Tiga buah tangki masing-masing berisi minyak tanah 4,25 m3, 2.500 liter, dan 5.500 dm3. Jumlah minyak tanah seluruhnya ada...liter
a. 10.700                                                   c. 12.250
b. 11.425                                                  d. 13.396

KunciC
Pembahasan:
Ubah semua satuannya menjadi liter, maka
4,25 m3 = 4,25 x 1.000 liter = 4.250 liter
5.500 dm3 = 5.500 x 1 liter = 5.500 liter
Jumlah seluruh minyak tanah
= 4,25 m3+ 2.500 liter + 5.500 dm3
= 4.250 liter + 2.500 liter + 5.500 liter
= 12.250 liter
separator UASBN SD Kelas 6
10. Topik: Geometri dan Pengukuran
Subtopik: Sifat dan unsur bangun ruang (kubus, balok, tabung)
Indikator: Peserta didik mampu menentukan bangun ruang berdasarkan sifatnya

Perhatikan sifat-sifat bangun ruang di bawah ini!
  1. Memiliki 6 sisi, di mana sisi-sisi yang sehadap sejajar dan sama luas
  2. Memiliki 8 titik sudut
  3. Memiliki 12 rusuk, di mana rusuk-rusuk yang sejajar sama panjang
Bangun ruang yang memiliki sifat-sifat tersebut adalah....
a. balok                                                c. tabung
b. kubus                                              d. kerucut

Kunci: A
Pembahasan:
Bangun yang memiliki sifat-sifat di atas adalah balok, karena:
  • pada kubus terdapat 6 sisi yang berbentuk persegi sama luas
  • pada tabung tidak terdapat titik sudut
  • pada kerucut memiliki 1 titik puncak.

0 komentar:

Posting Komentar