Pembahasan soal IPA
Topik: Benda dan sifatnya
Subtopik: Sifat bahan dengan kegunaannya
Indikator: Menyebutkan perbedaan sifat dari dua buah benda berdasarkan nama benda yang disebutkan.
Level kognitif: C2 MOTS
Perhatikan data berikut.
- Buku tulis 3. Jus buah
- Payung 4. Kopi
Perbedaan sifat dari benda-benda di atas adalah ....
a.
b.
c.
d.
Kunci jawaban: B
Pembahasan:
Buku tulis dan payung merupakan contoh benda padat, sedangkan jus buah dan kopi merupakan contoh benda cair. Maka jawaban yang paling tepat mengenai perbedaan sifat benda adalah pada tabel B.
2. Topik: Benda dan sifatnya
Subtopik: Perubahan wujud benda
Indikator: Memasangkan kegiatan yang dilakukan dengan perubahan wujud yang terjadi berdasarkan tabel
Level kognitif: C2 MOTS
Pasangan perubahan wujud benda dan kegiatannya yang tepat ditunjukkan oleh ....
Kunci jawaban : C
Pembahasan:
Perubahan wujud benda cair menjadi benda gas. Contohnya ialah pada saat kita memasak air. Uap air mudah dilihat saat air panas dituang. Benda cair dapat berubah menjadi benda gas jika dipanaskan. Perubahan benda cair menjadi benda gas disebut menguap.
3. Topik: Energi dan perubahannya
Subtopik: Bentuk energi dan perubahannya
Indikator: Menyebutkan benda-benda yang mengalami perubahan energi yang sama
Level kognitif: C1 LOTS
Perhatikan benda berikut!
- baterai 3. bola lampu 5. rice cooker
- generator 4. setrika listrik 6. oven
Contoh-contoh benda yang mengalami perubahan energi yang sama ditunjukkan oleh nomor ...
a. 1, 2, dan 3 c. 1, 3, dan 6
b. 2, 4, dan 5 d. 4, 5, dan 6
Kunci jawaban: D
Pembahasan:
Baterai contoh benda perpindahan energi kimia menjadi energi listrik. Generator contoh benda perpindahan energi gerak menjadi energi listrik. Bola lampu contoh perpindahan energi listrik menjadi energi cahaya. Setrika listrik, oven, dan rice cooker contoh perpindahan energi listrik menjadi energi panas. Jadi, jawaban yang paling tepat adalah D
4. Topik: Energi dan perubahannya
Subtopik: Jenis-jenis gaya
Indikator: Menganalisis gaya-gaya yang bekerja pada suatu kejadian
Level kognitif: C4 HOTS
Perhatikan gambar berikut!
Paman ingin menarik logam dan memisahkan dari barang rongsokan lainnya menggunakan alat seperti pada di gambar. Gaya yang digunakan pada alat tersebut adalah...
a. gravitasi c. gesek
b. pegas d. magnet
Kunci jawaban: D
Pembahasan:
Gaya yang dapat menarik benda-benda logam adalah gaya magnet. Alat seperti pada gambar menggunakan elektromagnet, yaitu gaya magnet yang timbul saat dialiri aliran listrik.
5. Topik: Energi dan perubahannya
Subtopik: Bunyi
Indikator: Menganalisis proses perubahan bentuk energi pada sebuah alat musik hingga menghasilkan bunyi
Level kognitif: C4 HOTS
Perhatikan gambar berikut!
Alat musik seperti pada di gambar dapat mengubah energi .... menjadi energi bunyi
a. gerak c. listrik
b. panas d. kimia
Kunci jawaban: A
Pembahasan:
Bunyi yang kita dengar dari sumber bunyi sebenarnya dapat didengar karena adanya getaran dari sumber bunyi tersebut. Pada saat angklung kita gerakkan maka akan diperoleh bunyi. Tetapi, jika angklung tersebut didiamkan maka angklung tidak dapat mengeluarkan bunyi.
6. Topik: Energi dan perubahannya
Subtopik: Listrik dan magnet
Indikator: Memprediksi hal yang akan terjadi pada nyala beberapa lampu dalam suatu rangkaian listrik campuran (Seri-paralel) saat saklar ditutup atau dibuka
Level kognitif: C4 HOTS
Perhatikan gambar berikut!
Jika saklar E dan G disambung, maka lampu yang menyala adalah ....
a. lampu A, B, dan C c. lampu A, B, dan D
b. lampu B, C, dan D d. lampu A, C, dan D
Kunci jawaban: D
Pembahasan:
Lampu A, C, dan D akan menyala karena rangkaian listrik tertutup. Arus listrik akan mengalir jika rangkaian listrik dipasang tertutup
7. Topik: Bumi dan alam semesta
Subtopik: Gerhana bulan dan gerhana matahari
Indikator: Menunjukkan posisi bulan saat gerhana bulan sebagian
Level kognitif: C2 MOTS
Perhatikan gambar berikut!
Jika bulan berada pada posisi 2 dan 4, maka gerhana yang terjadi adalah gerhana...
a. bulan total c. matahari total
b. bulan sebagian d. matahari sebagian
Kunci jawaban: B
Pembahasan:
Jika bulan berada pada posisi 2 dan 4, matahari akan terhalang sebagian oleh bumi. Hal ini mengakibatkan hanya sebagian dari cahaya matahari yang dipantulkan bulan, sehingga yang terjadi adalah gerhana bulan sebagian
8. Topik: Bumi dan alam semesta
Subtopi: Siklus air
Indikator: Menganalisis dampak dari siklus air yang terjadi terhadap makhluk hidup di bumi
Level kognitif: C4 HOTS
Kegiatan manusia yang dapat mengganggu daur air berupa penyerapan air adalah …
a. pelapisan jalan dengan aspal c. pembuatan biopori
b. pelapisan tanah dengan pasir d. pembuatan hutan lindung
Kunci jawaban: A
Pembahasan:
Melapisi jalan dengan aspal dapat menganggu penyerapan air. Aspal yang menutupi jalan mengurangi kemampuan tanah untuk menyerap air. Air hujan akan langsung menuju selokan.
9. Topik: Makhluk hidup dan lingkungannya
Subtopik: Hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya
Indikator: Menganalisis jenis simbiosis/hubungan yang terjadi antara 2 makhluk hidup berdasarkan gambar yang diberikan
Level kognitif: C4 HOTS
Perhatikan gambar berikut!
Hubungan yang terdapat seperti pada gambar merupakan simbiosis...
a. komensalisme c. mutualisme
b. parasitisme d. habitat
Kunci jawaban: C
Pembahasan:
Simbiosis adalah hubungan saling ketergantungan antara dua makhluk hidup. Simbiosis ada tiga, yaitu:
- Simbiosis mutualisme: kedua belah pihak diuntungkan, seperti: kerbau dengan burung jalak, dan kupu-kupu dengan bunga
- Simbiosis komensalisme: satu pihak diuntungkan sedangkan pihak lain tidak berpengaruh, seperti: paku sarang burung dengan pohon yang ditumpanginya
- Simbiosis parasitisme: satu pihak diuntungkan, sedangkan pihak lain dirugikan, seperti kutu dengan manusia
Pada gambar di atas termasuk dari simbiosis mutualisme
10. Topik: Makhluk hidup dan lingkungannya
Subtopik: Penyesuaian diri makhluk hidup
Indikator: Menyebutkan tujuan atau fungsi dari jenis adaptasi yang dilakukan oleh hewan atau tumbuhan tertentu
Level kognitif: C1 LOTS
Perhatikan gambar berikut!
Fungsi bagian yang diberi tanda panah pada hewan di samping adalah untuk....
a. mengeluarkan tinta hitam c. mengelabuhi musuh
b. mengeluarkan bisa d. mengeluarkan duri tubuhnya
Kunci jawaban: C
Pembahasan:
Hewan di atas adalah cicak. Tubuh cicak terdiri atas kepala, badan, kaki, dan ekor. Ketika dalam keadaan bahaya, cicak dapat memutuskan ekornya untuk mengelabuhi musuh.
11. Topik: Makhluk hidup dan lingkungannya
Subtopik: Penyesuaian diri makhluk hidup
Indikator: Menganalisis jenis adaptasi hewan atau tumbuhan tertentu berdasarkan tipe adaptasi yakni morfologi, fungsional, atau tingkah laku
Level kognitif : C4 HOTS
Pasangan jenis dan bentuk kaki burung yang tepat adalah...
Kunci jawaban : C
Pembahasan :
Jenis dan bentuk kaki burung dipengaruhi oleh lingkungannya. Maka dari itu, setiap jenis kaki memiliki fungsi yang berbeda-beda, seperti yang dijelaskan pada tabel
Jadi, jawaban yang paling tepat adalah pilihan C
12. Topik: Struktur dan fungsi makhluk hidup
Subtopik: Sistem pernapasan pada manusia dan mekanismenya
Indikator: Menyebutkan fungsi bagian dari sistem pernapasan manusia yang ditunjukkan oleh anak panah pada ilustrasi/gambar
Level kognitif: C1 LOTS
Perhatikan gambar berikut!
Fungsi alat pernapasan yang ditunjuk oleh tanda panah adalah...
a. cabang tenggorokan
b. tempat bertukarnya oksigen dan karbon dioksida
c. penghubung antara hidung dan paru-paru
d. tempat masuknya udara
Kunci jawaban: D
Pembahasan:
Bagian yang ditunjuk adalah organ hidung. Dalam sistem pernapasan manusia, hidung berfungsi untuk tempat masuknya udara pernapasan. Selain itu, rongga hidung berfungsi untuk penyaringan serta penyesuaian suhu dan kelembapan udara yang masuk ke dalam tubuh manusia.
13. Topik: Makhluk Hidup dan Lingkungannya
Subtopik: Hubungan antar Makhluk Hidup dan Lingkungannya
Indikator: Mengidentifikasi ciri khusus tumbuhan yang hidup di lingkungan tertentu
Perhatikan ciri-ciri tumbuhan berikut ini!
1. akar tidak menancap di dasar perairan
2. akar lebat untuk menjaga keseimbangan
3. seluruh batangnya terdapat rongga udara
Ciri-ciri tumbuhan tersebut dimiliki oleh….
a. eceng gondok
b. teratai
c. kaktus
d. pohon mahoni
Kunci: A
Pembahasan:
Ciri-ciri tersebut dimiliki oleh tumbuhan air yaitu eceng gondok. Eceng gondok memiliki struktur tubuh yang mendukung untuk mengapung di air. sedangkan teratai meskipun tumbuhan air namun memiliki ciri yang berbeda yaitu akarnya berada di dasar perairan, batangnya terdapat di dalam air, daunnya menyembul di permukaan, dan daunnya lebar serta tipis.
14. Topik : Bumi dan Alam Semesta
Subtopik : Sistem Tata Surya
Indikator : Peserta Didik mampu menjelaskan dasar perhitungan kalender Masehi
atau Hijriah
Dasar perhitungan kalender Masehi/Hijriah adalah….
a. revolusi bulan
b. rotasi bulan
c. revolusi bumi
d. rotasi bumi
Kunci: C
Pembahasan: Perhitungan kalender Masehi/Hijrian berdasarkan peredaran bumi bumi mengelilingi matahari (revolusi bumi) lamanya 365 ¼ hari, sehingga dalam empat tahun sekali dalam satu tahun ada 366 atau disebut dengan tahun kabisat
15. Topik: Energi dan Perubahannya
Subtopik: Listrik dan Magnet
Indikator: Peserta didik mampu menentukan cara membuat magnet berdasarkan gambar
Perhatikan gambar di bawah ini!
Sumber: izzah0112.blogspot.co.id
Cara membuat magnet pada gambar adalah dengan cara….
a. gosok
b. induksi
c. aliran listrik
d. elektromagnetik
Kunci: B
Pembahasan: Berdasarkan gambar pembuatan magnet tersebut secara induksi. Caranya dengan menempelkan benda-benda yang terbuat dari logam dengan magnet, cara ini bersifat sementara.
0 komentar:
Posting Komentar