Rabu, 11 Oktober 2023


I.B: Rabu, 11 Oktober 2023 - MATEMATIKA & PENDIDIKAN PANCASILA

            

MUATAN MATEMATIKA & PENDIDIKAN PANCASILA

 KELAS   I.B

GURU KELAS : Fuji lestari, S.Pd.

Good morning everyone...

How are you students? 

Hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. 

Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. 

Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. 

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

  • Mengenal Penjumlahan
  • Mengenal aturan di lingkungan sekolah

Tujuan Pembelajaran (TP):

  • Peserta didik dapat memahami konsep penjumlahan dengan tepat
  • Peserta didik dapat mengenal aturan di lingkungan sekolah

Capaian Pembelajaran (CP):
  • Peserta didik mampu menunjukan pemahaman makna simbol matematika "=" dalam suatu kalimat matematika yang terkait dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 20 menggunakan gambar. Contoh: 
  • Peserta didik dapat mengenali, meniru, dan melanjutkan pola bukan bilangan (misalnya, gambar, warna, suara).
  • Peserta didik mampu mengenal aturan di lingkungan keluarga dan sekolah. Peserta didik mampu menceritakan contoh sikap mematuhi dan tidak mematuhi aturan di keluarga dan sekolah. Peserta didik mampu menunjukkan perilaku mematuhi aturan di keluarga dan sekolah.

MATEMATIKA



Simaklah cerita matematika berikut!

        Ada 5 bunga berwarna merah dan empat bunga berwarna putih. 

        Ayo berimajinasi seperti apa gambarnya?


Manakah gambar yang tepat sesuai cerita Ibu Guru ?


menuliskan rumus 5 + 4 = 9
 

Amatilah gambar berikut!

menuliskan rumus 5 + 4 = 9
 

Amatilah gambar berikut!

menuliskan rumus 5 + 4 = 9
 

Amatilah gambar berikut!




   


PENDIDIKAN PANCASILA

Tata Tertib Di Sekolah


Disekolah juga ada tata tertib

Tata tertib di sekolah harus dipatuhi


yuk, kita nyanyikan bersama lagu berikut ini 😊


Lonceng Berbunyi
Lonceng Berbunyi, baris di halaman 
Bersiap kaki rapat pegang pundak teman
Tangan ke atas lalu direntang
Sekarang di bahu, ke muka, di pinggang
Lompat yang tinggi
satu, dua, tiga
Mari meniru burung terbang di udara

Berikut video tentang aturan yang ada di rumah dan di sekolah


Guru menjelaskan pelajaran.
Semua peserta didik memperhatikan guru.
Tidak ada yang bercanda.
Tidak ada yang bermain main sendiri.


Ada peserta didik yang belum paham pelajaran.
Dave mengangkat tangan saat bertanya kepada guru.


Saat jam istirahat peserta didik memakan bekal yang dibawa, ada yang makan nasi, kue dan lain sebagainya.
Peserta didik membuang bungkus kue atau makanan lainnya ke tempat sampah.
Kelas dan halaman sekolah tampak bersih tidak ada sampah berserakan
Gambar saat jam istirahat memakan bekal yang dibawa

Nadira ingin membaca buku.
Nadira dan teman temannya pergi ke pojok baca.
Selesai membaca Nadira mengembalikan buku yang dipinjam.
Nadira mengembalikan buku tepat waktu.
Nadira mematuhi tata tertib di pojok baca.

Manfaat Mematuhi Tata Tertib

Sekolah mempunyai tata tertib. 
Tata tertib sekolah di buat untuk menjaga ketertiban dan keteraturan warga sekolah.
Tata tertib sekolah dipatuhi semua warga sekolah.
Mematuhi tata tertib menjadikan hidup teratur.
Melatih hidup tertib.
Melatih sikap disiplin.
Belajar menjadi nyaman dan lancar.
Prestasi belajar akan meningkat.

Akibat Melanggar Tata Tertib

Tata tertib di buat untuk di patuhi.
Melanggar tata tertib akan merugikan.

Perhatikan cerita berikut!
Akibat Melanggar Tata Tertib

Tata tertib di buat untuk di patuhi.
Melanggar tata tertib akan merugikan.

Perhatikan cerita berikut!


 teman sekelas Nisa.
Rumah Robin dan Nisa berdekatan.
Robin malas membersihkan kamar.
Kamar Robin sangat kotor dan berdebu.


memiliki hewan peliharaan.
Kelinci adalah peliharaan Robin.
Robin malas memberi makan kelinci.
KelinciRobin tidak dirawat.
Kelinci Robin menjadi sakit.

Robin suka menonton televisi..
Robin menonton televisi sampai larut malam.
Robin bangun kesiangan.
Robin terlambat ke sekolah.
Robin tidak mengerjakan tugas rumah.
Guru meminta Robin menjelaskan tugasnya. 
Robin tidak dapat mengerjakannya. 
Robin mendapat teguran guru.

Kesimpulan: 

Alhamdulillah dalam pembelajaran hari ini peserta didik sudah dapat menyebutkan manfaat dan dampak mematuhi aturan di sekolah serta menyelesaikan soal berkaitan dengan penjumlahan.

0 komentar:

Posting Komentar