I.B: Rabu, 11 Oktober 2023 - MATEMATIKA & PENDIDIKAN PANCASILA
MUATAN MATEMATIKA & PENDIDIKAN PANCASILA
KELAS I.B
GURU KELAS : Fuji lestari, S.Pd.
Good morning everyone...
How are you students?
Hopefully we're healthy and always in the protection of Allah.
Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah.
Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning.
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
Mengenal Penjumlahan
Mengenal aturan di lingkungan sekolah
Tujuan Pembelajaran (TP):
Peserta didik dapat memahami konsep penjumlahan dengan tepat
Peserta didik dapat mengenal aturan di lingkungan sekolah
Capaian Pembelajaran (CP):
Peserta didik mampu menunjukan pemahaman makna simbol matematika "=" dalam suatu kalimat matematika yang terkait dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 20 menggunakan gambar. Contoh:
Peserta didik dapat mengenali, meniru, dan melanjutkan pola bukan bilangan (misalnya, gambar, warna, suara).
Peserta didik mampu mengenal aturan di lingkungan keluarga dan sekolah. Peserta didik mampu menceritakan contoh sikap mematuhi dan tidak mematuhi aturan di keluarga dan sekolah. Peserta didik mampu menunjukkan perilaku mematuhi aturan di keluarga dan sekolah.
MATEMATIKA
Simaklah cerita matematika berikut!
Ada 5 bunga berwarna merah dan empat bunga berwarna putih.
Ayo berimajinasi seperti apa gambarnya?
Manakah gambar yang tepat sesuai cerita Ibu Guru ?
menuliskan rumus 5 + 4 = 9
Amatilah gambar berikut!
menuliskan rumus 5 + 4 = 9
Amatilah gambar berikut!
menuliskan rumus 5 + 4 = 9
Amatilah gambar berikut!
PENDIDIKAN PANCASILA
Tata Tertib Di Sekolah
Disekolah juga ada tata tertib
Tata tertib di sekolah harus dipatuhi
yuk, kita nyanyikan bersama lagu berikut ini 😊
Lonceng Berbunyi
Lonceng Berbunyi, baris di halaman
Bersiap kaki rapat pegang pundak teman
Tangan ke atas lalu direntang
Sekarang di bahu, ke muka, di pinggang
Lompat yang tinggi
satu, dua, tiga
Mari meniru burung terbang di udara
Berikut video tentang aturan yang ada di rumah dan di sekolah
Guru menjelaskan pelajaran.
Semua peserta didik memperhatikan guru.
Tidak ada yang bercanda.
Tidak ada yang bermain main sendiri.
Ada peserta didik yang belum paham pelajaran.
Dave mengangkat tangan saat bertanya kepada guru.
Saat jam istirahat peserta didik memakan bekal yang dibawa, ada yang makan nasi, kue dan lain sebagainya.
Peserta didik membuang bungkus kue atau makanan lainnya ke tempat sampah.
Kelas dan halaman sekolah tampak bersih tidak ada sampah berserakan
Gambar saat jam istirahat memakan bekal yang dibawa
Nadira ingin membaca buku.
Nadira dan teman temannya pergi ke pojok baca.
Selesai membaca Nadira mengembalikan buku yang dipinjam.
Nadira mengembalikan buku tepat waktu.
Nadira mematuhi tata tertib di pojok baca.
Manfaat Mematuhi Tata Tertib
Sekolah mempunyai tata tertib.
Tata tertib sekolah di buat untuk menjaga ketertiban dan keteraturan warga sekolah.
Tata tertib sekolah dipatuhi semua warga sekolah.
Mematuhi tata tertib menjadikan hidup teratur.
Melatih hiduptertib.
Melatih sikap disiplin.
Belajar menjadi nyaman dan lancar.
Prestasi belajar akan meningkat.
Akibat Melanggar Tata Tertib
Tata tertib di buat untuk di patuhi.
Melanggar tata tertib akan merugikan.
Perhatikan cerita berikut!
Akibat Melanggar Tata Tertib
Tata tertib di buat untuk di patuhi.
Melanggar tata tertib akan merugikan.
Perhatikan cerita berikut!
teman sekelas Nisa.
Rumah Robin dan Nisa berdekatan.
Robin malas membersihkan kamar.
Kamar Robin sangat kotor dan berdebu.
memiliki hewan peliharaan.
Kelinci adalah peliharaan Robin.
Robin malas memberi makan kelinci.
KelinciRobin tidak dirawat.
Kelinci Robin menjadi sakit.
Robin suka menonton televisi..
Robin menonton televisi sampai larut malam.
Robin bangun kesiangan.
Robin terlambat ke sekolah.
Robin tidak mengerjakan tugas rumah.
Guru meminta Robin menjelaskan tugasnya.
Robin tidak dapat mengerjakannya.
Robin mendapat teguran guru.
Kesimpulan:
Alhamdulillah dalam pembelajaran hari ini peserta didik sudah dapat menyebutkan manfaat dan dampak mematuhi aturan di sekolah serta menyelesaikan soal berkaitan dengan penjumlahan.
0 komentar:
Posting Komentar