Kursi Anak
-
Jumlah kursi: total peserta - 1.
-
Pilih kursi yang kokoh, ringan, dan aman untuk anak.
b. Musik atau Lagu Anak-anak
-
Gunakan speaker portabel atau HP untuk memutar lagu ceria (bisa lagu anak, lagu daerah, atau lagu instrumen).
Mapel : Ipas
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
Menyebutkan lima panca indra manusia dengan benar.
Menjelaskan fungsi masing-masing panca indra (mata, telinga, hidung, lidah, kulit). Media Pembelajaran
Gambar/Poster panca indra manusia beserta fungsinya.
Video edukatif pendek tentang cara kerja dan peran masing-masing indra.
Boneka anatomi atau model tubuh manusia sederhana (jika tersedia).
Flashcard dengan gambar indra dan fungsinya.
Benda-benda nyata (misalnya: kapas beraroma, makanan ringan, benda kasar/halus) untuk stimulasi panca indra. Metode Pembelajaran
Ceramah interaktif:
Guru menjelaskan tentang 5 panca indra dan fungsinya dengan bantuan gambar/video.Tanya jawab:
Melatih daya ingat dan pemahaman siswa melalui pertanyaan seputar materi.Demonstrasi:
Guru menunjukkan benda atau situasi untuk merangsang indra tertentu (misalnya mencium wangi bunga → fungsi hidung).Diskusi kelompok kecil:
Siswa mendiskusikan contoh penggunaan panca indra dalam kehidupan sehari-hari.Bermain peran atau simulasi:
Siswa bermain tebak indra dengan menutup mata dan menebak benda berdasarkan sentuhan, suara, atau aroma.
- Fungsi: Melihat berbagai bentuk, warna, dan ukuran benda di sekitar.
- Cara kerja: Mata menerima cahaya dari objek, kemudian cahaya tersebut diteruskan ke otak untuk diolah menjadi gambar.
- 2. Telinga (Indra Pendengaran):
- Fungsi: Mendengar berbagai macam suara, seperti bunyi musik, suara orang berbicara, dan suara lainnya.
- Cara kerja: Telinga menangkap gelombang suara, kemudian gelombang tersebut diteruskan ke otak untuk diolah menjadi suara yang dapat dikenali.
- 3. Hidung (Indra Penciuman):
- Fungsi: Mencium berbagai macam bau, seperti bau makanan, bau parfum, dan bau lainnya.
- Cara kerja: Hidung mendeteksi partikel bau yang ada di udara, kemudian partikel tersebut diteruskan ke otak untuk diolah menjadi bau yang dapat dikenali.
- 4. Lidah (Indra Pengecap):
- Fungsi: Mengecap berbagai macam rasa, seperti rasa manis, asam, asin, pahit, dan umami.
- Cara kerja: Lidah memiliki reseptor rasa yang akan mendeteksi zat kimia yang terdapat pada makanan, kemudian diteruskan ke otak untuk diolah menjadi rasa. 5. Kulit (Indra Peraba):
- Fungsi: Merasakan berbagai macam sentuhan, seperti sentuhan benda kasar, halus, panas, dingin, dan tekanan.
- Cara kerja: Kulit memiliki reseptor sentuhan yang akan mendeteksi sentuhan pada kulit, kemudian diteruskan ke otak untuk diolah menjadi sensasi sentuhan.
Alhamdulillah kegiatan hari ini berjalan dengan lancar , murid bersemangat bersekolah hari ini, ada 1 murid yang tidak hadir karena sakit.
Alhamdulillah siswa bersemangat mendengarkan materi menemukan dan mengelompokan benda dan belajar sambil bermain goyang kursi.dilanjutkan pelajaran pendidikan Pancasila menuliskan biodata diri siswa.
Dan dilanjutkan materi ipas tentang panca indera. Siswa bersemangat dalam belajar dan tanya jawab.
Kesimpulan:
Melalui pembelajaran ini, siswa kelas 3B
-
Mampu bermain dan bekerja sama dalam kelompok melalui permainan goyang kursi.
-
Dapat menyebutkan dan memahami identitas dirinya dengan baik.
-
Mengenal fungsi dan pentingnya menjaga kesehatan panca indera.
Berikut dokumentasi kegiatan hari ini
0 komentar:
Posting Komentar