Selasa, 29 Juli 2025



   

Hari :Selasa, 29 Juli 2025.

GURU KELAS : Fuji lestari, S. Pd

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, segala puji hanya milik Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat sehat, iman, dan kesempatan untuk berkumpul kembali di hari kedua sekolah ini. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat, dan kita semua sebagai umatnya. Aamiin ya Rabbal ‘alamin.

Anak-anak yang sholeh dan sholehah,
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga semuanya sehat dan semangat ya!

Hari ini kita sudah belajar seperti biasakalian. semoga kalian semakin semangat belajar, berteman dengan baik, dan menunjukkan akhlak yang mulia. Ingatlah, anak-anak, bahwa menuntut ilmu adalah ibadah. Rasulullah SAW bersabda:
"Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap Muslim." (HR. Ibnu Majah)

Jadi, mari kita awali hari ini dengan niat yang baik, semangat belajar, dan tidak lupa berdoa. Semoga Allah SWT memberikan kita ilmu yang bermanfaat dan hati yang selalu bersyukur.

Selamat belajar, anak-anak hebat! Semoga hari ini menjadi hari yang penuh kebaikan dan keberkahan.

Mapel Matematika 

Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran, siswa diharapkan dapat:

  1. Menjelaskan pengertian bilangan cacah.

  2. Membandingkan dua atau lebih bilangan cacah dengan benar menggunakan simbol >, <, dan =.

  3. Mengurutkan bilangan cacah dari yang terkecil ke terbesar dan sebaliknya.

Media yang digunakan untuk membantu pembelajaran:

  1. Kartu angka (dengan berbagai bilangan cacah).

  2. Papan tulis dan spidol (untuk kegiatan interaktif).

  3. PowerPoint / slide digital (untuk ilustrasi perbandingan dan pengurutan).

Metode yang digunakan bersifat aktif, partisipatif, dan menyenangkan:

  1. Ceramah interaktif
    Guru menjelaskan materi dengan mengajak siswa bertanya jawab agar terlibat secara aktif.

  2. Demonstrasi
    Guru menggunakan media (misalnya kartu angka) untuk menunjukkan cara membandingkan dan mengurutkan angka.

Membandingkan dan mengurutkan bilangan cacah
Membandingkan bilangan cacah
Danis melihat tayangan televisi ada seekor cheetah mengejar rusa kecepatan cita berlari 1 1 2 km per jam Adapun kecepatan rusa berlari 90 km/jam manakah yang tercepat bandingkanlah menggunakan nilai tempat perhatikan bilangan 1 1 2 dan 90.
112 
1 ratusan 
2 puluhan 
2 satuan
90
0 ratusan
9 puluhan 
0 satuan 
Perbandingan angka pada nilai tempat ratusan 1 lebih dari 0 atau dengan cara
Bilangan 112 memiliki 1 ratusan bilangan 90 memiliki 0 ratusan jadi bilangan 112 lebih dari 90
Hewan yang tercepat adalah cita Jawa Tengah ada Kecamatan Sawit di sini ada desa klabang dan Simo Desa kelabang jumlah penduduknya 478 orang desa Simo jumlah penduduknya 4 12 orang manakah yang paling banyak penduduknya dibandingkan bilangan 4 7 8 dan 412
478
4 ratusan 
7 puluhan
8 satuan

412
4 ratusan 
1Puluhan 
2 satuan 
Nilai 4 ratusan sama 
Bandingkan nilai tempat puluhan 7 dari 1
Hasilnya 478 lebih besar dari 412
Jadi jumlah penduduk desa klabang lebih dari Simo
Ayo berlatih 
 Mapel : Pendidikan Pancasila 

Tujuan pembelajaran : 

Setelah mengikuti pembelajaran, murid diharapkan dapat:

  1. Menyebutkan berbagai suku bangsa yang ada di Indonesia.

  2. Menjelaskan ciri khas suku bangsa (seperti pakaian adat, rumah adat, tarian daerah, bahasa daerah).                      Media pembelajaran :       Gambar/Poster suku bangsa (pakaian adat, rumah adat, makanan khas, tarian, dll).Peta Indonesia (untuk menunjukkan persebaran suku bangsa).                                        Metode pembelajaran :            Ceramah Interaktif : Guru menjelaskan secara sederhana tentang keberagaman suku bangsa di Indonesia dengan bertanya jawab. Diskusi Kelompok : Siswa dibagi menjadi kelompok untuk mempelajari satu suku bangsa dan mempresentasikannya kepada teman-teman.                            Berbagai suku bangsa yang ada di Indonesia 

Sumatera : suku Melayu Batak Aceh Gayo Nias Minang Palembang Lampung karo Rejang Komering Mentawai

Kalimantan : suku Dayak Banjar Abai kenyak Kutai lawangan menurut agabag punan Melayu


Jawa suku Jawa Sunda Baduy Tengger Madura Betawi Osing Samin Banten


Sulawesi Suku Bugis Buton Toraja Makassar Tomini Minahasa kulawi Mandar laut Balai esang Gorontalo

Bali NTB NTT
 Bali suku Bali 
NTB suku Lombok Sasak Sumbawa Bayan Bima Dompu dongo 
NTT
 Suko Rote, Manggarai, Flores, Belu, dawan pada Ende
Papua
Suku asmat, Amungme, Dani, Muyu, korawai

Tempat tinggalku bagian dari NKRI

1.Bangsa Indonesia memiliki wilayah yang sangat luas mulai dari Sabang sampai Merauke titik wilayah ini menggambarkan adanya persatuan dan kesatuan wilayah Indonesia memiliki lebih dari 17000 pulau yang mempunyai identitas berbeda-beda Hal ini disebabkan letak wilayah sangat mempengaruhi pada keadaan alam suatu wilayah.

 Rumah kita adalah tempat tinggal kita berkumpul bersama keluarga lingkungan terdekat kita adalah tetangga Untuk itu kita juga harus hidup rukun dengan tetangga gabungan dari beberapa kepala keluarga KK dalam satu desa atau kelurahan akan membentuk Rukun Tetangga RT berapa Rukun Tetangga RT dalam suatu desa kelurahan akan membentuk Rukun Warga RW

2. RT merupakan sebutan untuk sekumpulan warga yang tinggalnya saling berdekatan dengan pengelompokan ini dapat memudahkan komunikasi dan kerukunan antar warga RT dipimpin oleh ketua RT sementara RW merupakan sebutan dari kumpulan beberapa RT dipimpin oleh ketua rw kumpulan beberapa RW dalam wilayah menjadi sebuah desa atau kelurahan yang merupakan bagian dari NKRI alamat rumahmu merupakan bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia

3. Lingkungan yang ada di sekitar kita akan saling mempengaruhi kehidupan manusia lingkungan dapat berupa lingkungan keluarga tetangga sekolah masyarakat maupun bangsa dan negara lingkungan dapat berupa bangunan tempat umum seperti taman rumah sakit sekolah pasar lapangan persawahan perkebunan dan lain-lain setiap lingkungan akan dipengaruhi oleh kondisi geografis dan karakteristik yang berbeda-beda dari daerah tersebut di dataran tinggi terdapat pegunungan perkebunan sungai hutan danau dan lainnya di daratan rendah terdapat persawahan gedung sekolah Rumah Sakit perkantoran Perumahan Pasar Waduk Kantor Pemerintah dan gedung lainnya setiap lingkungan memiliki ciri khas yang berbeda-beda namun bersikap hukum di lingkungan sekitar akan membawa suasana aman dan nyaman saling menyapa menghargai dan bercocokan dapat mempererat persatuan kesatuan. 
Kesimpulan hari ini :

:Kesimpulan Materi 1: Membandingkan dan Mengurutkan Bilangan Cacah

Bilangan cacah adalah bilangan yang dimulai dari 0, 1, 2, 3, dan seterusnya. Dalam membandingkan bilangan cacah, kita dapat menentukan mana yang lebih besar atau lebih kecil dengan melihat jumlah angkanya atau nilai tempat (satuan, puluhan, ratusan, dst). Mengurutkan bilangan cacah bisa dilakukan dari yang terkecil ke terbesar (urutan naik) atau dari yang terbesar ke terkecil (urutan turun). Kemampuan ini penting untuk memahami nilai suatu bilangan dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Kesimpulan Materi 2: Siswa Mengetahui Berbagai Suku di Indonesia

Indonesia merupakan negara yang kaya akan keragaman budaya dan suku bangsa. Setiap suku memiliki ciri khas tersendiri seperti bahasa daerah, pakaian adat, rumah adat, tarian, serta adat istiadat. Contoh suku di Indonesia antara lain suku Jawa, Sunda, Batak, Minangkabau, Bugis, dan Dayak. Dengan mengenal berbagai suku di Indonesia, siswa belajar menghargai perbedaan, memperkuat persatuan, serta menumbuhkan rasa cinta terhadap budaya bangsa. 


Refleksi kegiatan hari ini :

Alhamdulillah kegiatan hari ini berjalan dengan lancar , murid bersemangat bersekolah hari ini seluruh siswa masuk semua 

Alhamdulillah siswa bersemangat mendengarkan materi Membandingkan dua atau lebih bilangan cacah dengan benar menggunakan simbol >, <, dan =.

Dilanjutkan  sholih sholiha memahami berbagai suku bangsa di Indonesia 

Siswa dapat membaca dan melihat gambar yang disajikan di layar monitor 

Alhamdulillah kegiatan pembelajaran berjalan dengan baik dan lancar. 

Berikut dokumentasi kegiatan hari ini 




0 komentar:

Posting Komentar