GURU KELAS : Fuji lestari, S. Pd
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, segala puji hanya milik Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat sehat, iman, dan kesempatan untuk berkumpul kembali di hari kedua sekolah ini. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat, dan kita semua sebagai umatnya. Aamiin ya Rabbal ‘alamin.
Anak-anak yang sholeh dan sholehah,
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga semuanya sehat dan semangat ya!
Hari ini kita sudah belajar seperti biasakalian. semoga kalian semakin semangat belajar, berteman dengan baik, dan menunjukkan akhlak yang mulia. Ingatlah, anak-anak, bahwa menuntut ilmu adalah ibadah. Rasulullah SAW bersabda:
"Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap Muslim." (HR. Ibnu Majah)
Jadi, mari kita awali hari ini dengan niat yang baik, semangat belajar, dan tidak lupa berdoa. Semoga Allah SWT memberikan kita ilmu yang bermanfaat dan hati yang selalu bersyukur.
Selamat belajar, anak-anak hebat! Semoga hari ini menjadi hari yang penuh kebaikan dan keberkahan.
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
-
Menjelaskan pengertian bilangan cacah.
-
Membandingkan dua atau lebih bilangan cacah dengan benar menggunakan simbol >, <, dan =.
-
Mengurutkan bilangan cacah dari yang terkecil ke terbesar dan sebaliknya.
Media yang digunakan untuk membantu pembelajaran:
-
Kartu angka (dengan berbagai bilangan cacah).
-
Papan tulis dan spidol (untuk kegiatan interaktif).
-
PowerPoint / slide digital (untuk ilustrasi perbandingan dan pengurutan).
Metode yang digunakan bersifat aktif, partisipatif, dan menyenangkan:
-
Ceramah interaktif
Guru menjelaskan materi dengan mengajak siswa bertanya jawab agar terlibat secara aktif. -
Demonstrasi
Guru menggunakan media (misalnya kartu angka) untuk menunjukkan cara membandingkan dan mengurutkan angka.
Tujuan pembelajaran :
Setelah mengikuti pembelajaran, murid diharapkan dapat:
-
Menyebutkan berbagai suku bangsa yang ada di Indonesia.
-
Menjelaskan ciri khas suku bangsa (seperti pakaian adat, rumah adat, tarian daerah, bahasa daerah). Media pembelajaran : Gambar/Poster suku bangsa (pakaian adat, rumah adat, makanan khas, tarian, dll).Peta Indonesia (untuk menunjukkan persebaran suku bangsa). Metode pembelajaran : Ceramah Interaktif : Guru menjelaskan secara sederhana tentang keberagaman suku bangsa di Indonesia dengan bertanya jawab. Diskusi Kelompok : Siswa dibagi menjadi kelompok untuk mempelajari satu suku bangsa dan mempresentasikannya kepada teman-teman. Berbagai suku bangsa yang ada di Indonesia
:Kesimpulan Materi 1: Membandingkan dan Mengurutkan Bilangan Cacah
Bilangan cacah adalah bilangan yang dimulai dari 0, 1, 2, 3, dan seterusnya. Dalam membandingkan bilangan cacah, kita dapat menentukan mana yang lebih besar atau lebih kecil dengan melihat jumlah angkanya atau nilai tempat (satuan, puluhan, ratusan, dst). Mengurutkan bilangan cacah bisa dilakukan dari yang terkecil ke terbesar (urutan naik) atau dari yang terbesar ke terkecil (urutan turun). Kemampuan ini penting untuk memahami nilai suatu bilangan dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Kesimpulan Materi 2: Siswa Mengetahui Berbagai Suku di Indonesia
Indonesia merupakan negara yang kaya akan keragaman budaya dan suku bangsa. Setiap suku memiliki ciri khas tersendiri seperti bahasa daerah, pakaian adat, rumah adat, tarian, serta adat istiadat. Contoh suku di Indonesia antara lain suku Jawa, Sunda, Batak, Minangkabau, Bugis, dan Dayak. Dengan mengenal berbagai suku di Indonesia, siswa belajar menghargai perbedaan, memperkuat persatuan, serta menumbuhkan rasa cinta terhadap budaya bangsa.
Alhamdulillah kegiatan hari ini berjalan dengan lancar , murid bersemangat bersekolah hari ini seluruh siswa masuk semua
Alhamdulillah siswa bersemangat mendengarkan materi Membandingkan dua atau lebih bilangan cacah dengan benar menggunakan simbol >, <, dan =.
Dilanjutkan sholih sholiha memahami berbagai suku bangsa di Indonesia
Siswa dapat membaca dan melihat gambar yang disajikan di layar monitorAlhamdulillah kegiatan pembelajaran berjalan dengan baik dan lancar.
Berikut dokumentasi kegiatan hari ini
0 komentar:
Posting Komentar