KELAS III
GURU KELAS : Fuji lestari, S. Pd
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, segala puji hanya milik Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat sehat, iman, dan kesempatan untuk berkumpul kembali di hari kedua sekolah ini. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat, dan kita semua sebagai umatnya. Aamiin ya Rabbal ‘alamin.
Anak-anak yang sholeh dan sholehah,
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga semuanya sehat dan semangat ya!
Hari ini adalah hari kedua kalian di sekolah. Masya Allah, semoga kalian semakin semangat belajar, berteman dengan baik, dan menunjukkan akhlak yang mulia. Ingatlah, anak-anak, bahwa menuntut ilmu adalah ibadah. Rasulullah SAW bersabda:
"Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap Muslim." (HR. Ibnu Majah)
Jadi, mari kita awali hari ini dengan niat yang baik, semangat belajar, dan tidak lupa berdoa. Semoga Allah SWT memberikan kita ilmu yang bermanfaat dan hati yang selalu bersyukur.
Selamat belajar, anak-anak hebat! Semoga hari ini menjadi hari yang penuh kebaikan dan keberkahan.
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan MPLS hari ke-3, siswa diharapkan dapat:
Menyebutkan 5 sila dalam Pancasila secara runtut dan benar.
Menjelaskan makna sederhana dari setiap sila.
Memberikan contoh perilaku sehari-hari yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila.
Menunjukkan sikap menghargai teman dan guru sebagai penerapan nilai Pancasila.Media Pembelajaran
Video edukatif pendek tentang Pancasila (animasi menarik untuk anak-anak).
Poster gambar lambang dan makna dari setiap sila.
Kartu permainan berisi contoh perilaku (baik dan tidak baik) untuk dipilih dan didiskusikan.
Lagu Pancasila anak-anak (untuk membangun semangat dan penguatan materi).
Bercerita (storytelling) – Guru menceritakan kisah pendek yang menggambarkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan anak-anak.
Diskusi kelompok kecil – Siswa membahas dalam kelompok contoh penerapan nilai-nilai Pancasila di sekolah atau rumah.
Simulasi/Roleplay – Siswa memerankan situasi yang mencerminkan sikap sesuai sila Pancasila (misalnya: gotong royong, berteman tanpa membeda-bedakan).
Bermain sambil belajar – Menggunakan kartu atau kuis ringan untuk mengenalkan dan menguji pemahaman tentang sila-sila Pancasila
Refleksi kegiatan hari ini
Alhamdulillah Mpls hari keempat berjalan dengan lancar , murid bersemangat bersekolah hari ini, ada 1 murid yang tidak hadir karena sakit.
Murid mengerjakan diagnostik Pancasila dengan mengurutkan lambang Pancasila secara tepat.
Murid sangat bersemangat dalam belajar
Berikut dokumentasi kegiatan hari ini
0 komentar:
Posting Komentar