Jumat, 25 Juli 2025



   

Hari :Jumat ,25Juli 2025

KELAS III 

GURU KELAS : Fuji lestari, S. Pd

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, segala puji hanya milik Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat sehat, iman, dan kesempatan untuk berkumpul kembali di hari kedua sekolah ini. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat, dan kita semua sebagai umatnya. Aamiin ya Rabbal ‘alamin.

Anak-anak yang sholeh dan sholehah,
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga semuanya sehat dan semangat ya!

Hari ini kita sudah belajar seperti biasakalian. semoga kalian semakin semangat belajar, berteman dengan baik, dan menunjukkan akhlak yang mulia. Ingatlah, anak-anak, bahwa menuntut ilmu adalah ibadah. Rasulullah SAW bersabda:
"Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap Muslim." (HR. Ibnu Majah)

Jadi, mari kita awali hari ini dengan niat yang baik, semangat belajar, dan tidak lupa berdoa. Semoga Allah SWT memberikan kita ilmu yang bermanfaat dan hati yang selalu bersyukur.

Selamat belajar, anak-anak hebat! Semoga hari ini menjadi hari yang penuh kebaikan dan keberkahan.

Mapel : Seni Rupa 
Tp : murid dapat menjelaskan unsur rupa bentuk 
Media pembelajaran : LCD, gambar, benda-benda benda 
Metode pembelajaran : diskusi kelompok 


Mengenal Bentuk 
Selain garis ada bentuk sebagai unsur seni rupa karena bentuk menjadi satu unsur penting pembentuk karya Apa yang dimaksud dengan bentuk Ayo temukan jawaban berikut ini
1. Pengertian bentuk bentuk merupakan gabungan dari bidang-bidang bidang yaitu gabungan dari berbagai garis. Hal ini memiliki dimensi panjang dan lebar. Panjang dan lebar merupakan dua dimensi. Unsur bentuk membuat karya seni rupa terlihat lebih detail. Setelah berwujud bentuk karya seni akan terlihat nyata bentuk mempunyai tiga bidang pada panjang lebar dan tinggi disebut juga tiga dimensi. 
2. Jenis-jenis bentuk dalam seni rupa ada bentuk-bentuk memiliki fungsi penting untuk memberikan kesan tertentu berikut ini berbagai beberapa jenis bentuk
A. Bentuk kubistik bentuk kubistik yaitu bentuk benda menyerupai kubus atau balok contohnya televisi lemari meja kulkas dan mesin cuci
B. Bentuk piramida dan kerucut bentuk piramida yaitu bentuk benda menyerupai limas contohnya piramida di Mesir bentuk kerucut yaitu bentuk benda dengan bagian atas Lancip contohnya kubah dan topi hias
C. Bentuk silindris bentuk silindris yaitu bentuk benda menyerupai tabung atau silinder misalnya gelas ember dan toples
D. Bentuk bola atau bulat
Bentuk pola atau bulat yaitu bentuk benda menyerupai bola mana bentuknya bundar dan dalamnya terkesan berisi pejal contohnya bola semangka dan globe
E. Bentuk bebas atau tak beraturan bentuk bebas yaitu bentuk benda yang tidak memiliki keteraturan atau lepas dari bentuk geometris contohnya binatang tas sepatu pakaian dan buah-buahan

Mapel : P. Pancasila 
Tp   : murid dapat menghargai identitas teman dan keluarga sesuai budaya. 
Media pembelajaran  : Kartu Identitas Teman
  • Berisi nama, asal daerah, bahasa daerah, makanan khas, dan hobi.

  • Dibuat oleh siswa dengan bantuan guru.


Metode pembelajaran : Bercerita (Storytelling)Siswa menceritakan tentang budaya di keluarganya (contoh: bahasa ibu, makanan khas, adat tertentu).Membiasakan murid mendengarkan dan menghargai cerita teman.      Diskusi KelompokAnak-anak berdiskusi tentang perbedaan identitas, lalu saling menuliskan hal unik dari teman mereka.

Kita senang sekali berteman kita semua pasti memiliki teman teman-teman kita akan membuat kita bahagia dengan berteman kita dapat bermain bersama dengan gembira dan saling menolong Ayo kenali lebih dekat teman-teman kalian ketahuilah identitas dirinya dan keluarganya agar suasana kelas menjadi lebih menyenangkan

Aku teman dan keluargaku
Kita sebagai manusia tidak dapat hidup sendiri tanpa bantuan orang lain Oleh karena itu manusia disebut makhluk sosial. Kita dan orang lain harus hidup berdampingan baik dengan teman di sekolah dengan tetangga di rumah maupun dengan lingkungan masyarakat setiap peserta didik di kelas memiliki budaya masing-masing yang beraneka ragam perbedaan tersebut menunjukkan adanya kekayaan bangsa Indonesia. Para tokoh bangsa seperti Soekarno dan Muhammad Hatta turut serta dalam mempersatukan beragam suku dan budaya dari Sabang sampai Merauke titik bangsa Indonesia memiliki semboyan yaitu bineka Tunggal Ika Bhinneka Tunggal Ika artinya berbeda-beda tetapi tetap satu
Kesimpulan pembelajaran hari ini

Unsur rupa bentuk merupakan bagian penting dalam seni rupa yang meliputi garis, warna, tekstur, bentuk, ruang, dan gelap terang. Unsur-unsur ini digunakan untuk menciptakan karya seni yang memiliki keindahan dan makna. Memahami unsur rupa bentuk membantu kita dalam mengembangkan kreativitas dan mengapresiasi karya seni dengan lebih baik.
Selain itu, dalam kehidupan sehari-hari, penting untuk menghargai identitas teman. Setiap individu memiliki latar belakang, budaya, pendapat, dan kepribadian yang berbeda. Menghargai identitas teman berarti menerima perbedaan tersebut dengan sikap terbuka, menghormati hak dan pendapat orang lain, serta menciptakan lingkungan yang inklusif dan harmonis.
Dengan memahami unsur rupa bentuk dan belajar menghargai identitas teman, kita tidak hanya menjadi pribadi yang kreatif, tetapi juga menjadi pribadi yang toleran dan menghargai keberagaman.

Refleksi kegiatan hari ini 

Alhamdulillah kegiatan hari ini berjalan dengan lancar , murid bersemangat bersekolah hari ini seluruh siswa masuk semua 

Alhamdulillah siswa bersemangat mendengarkan materi unsur seni rupa bentuk 

Sholih sholiha selesai diskusi mereka mempersentasikan hasil diskusi 

Dilanjutkan  sholih sholiha mengerjakan tugas individu bertanya kepada teman2 tentang identitas teman dikelas nya. 

Alhamdulillah kegiatan pembelajaran berjalan dengan baik dan lancar. 

Berikut dokumentasi kegiatan hari ini 



0 komentar:

Posting Komentar