Jum'at, 01 Agustus 2025


   

Hari : Jumat, 01 Agustus 2025.

GURU KELAS : Fuji lestari, S. Pd

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, segala puji hanya milik Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat sehat, iman, dan kesempatan untuk berkumpul kembali di hari kedua sekolah ini. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat, dan kita semua sebagai umatnya. Aamiin ya Rabbal ‘alamin.

Anak-anak yang sholeh dan sholehah,
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga semuanya sehat dan semangat ya!

Hari ini kita sudah belajar seperti biasakalian. semoga kalian semakin semangat belajar, berteman dengan baik, dan menunjukkan akhlak yang mulia. Ingatlah, anak-anak, bahwa menuntut ilmu adalah ibadah. Rasulullah SAW bersabda:
"Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap Muslim." (HR. Ibnu Majah)

Jadi, mari kita awali hari ini dengan niat yang baik, semangat belajar, dan tidak lupa berdoa. Semoga Allah SWT memberikan kita ilmu yang bermanfaat dan hati yang selalu bersyukur.

Selamat belajar, anak-anak hebat! Semoga hari ini menjadi hari yang penuh kebaikan dan keberkahan.

Seni Rupa 
Tujuan pembelajaran : murid dapat menggambar macam- macam bentuk dalam seni rupa 
Media pembelajaran : gambar bentuk geometris dan non geometris 

Metode pembelajaran : menggambar Individu dan diskusi kelompok 

Macam- macam bentuk dalam seni rupa 
Ada satu unsur seni rupa yang penting dipelajari titik unsur tersebut yaitu bentuk titik karena sebuah karya seni dapat diamati dan dirasakan Sebagai karya utuh juga adanya bentuk di dalamnya. Bentuk sebagai satu unsur seni rupa yang tercipta dari gabungan berbagai bidang titik bentuk dapat dikelompokkan menjadi dua titik ada bentuk geometris dan non geometris. Geometris adalah bentuk yang memiliki pengukuran misalnya bentuk kubistik kubus dan balok. Bentuk silindris tabung kerucut dan bola. Non geometris adalah bentuk yang meniru bentuk-bentuk alami misalnya manusia hewan dan tumbuhan. 
Gambar benda geometris dan non geometris 


Tujuan pembelajaran : peserta didik dapat menjelaskan bagian-bagian dasar pajak Indra terutama lidah

Media pembelajaran : gambar telinga, LCD 
 Metode pembelajaran : diskusi kelompok 

Mapel : Ipas 
C. lidah 

Baca teks berikut sore hari Ibu Gani membuat kue titik kue Ibu Gani rasanya coklat. Gani memakan beberapa kue titik Gani suka sekali makan kue titik Deni makan kue menggunakan mulutnya Dani makan pelan-pelan agar lidahnya tidak tergigit kue yang gak dimakan rasanya manis manisnya terasa di lidah Gani karena lidah merupakan indra pengecap tidak dapat membedakan berbagai macam rasa.

Bentuk lidah

Cobalah julukan lidahmu! Pada lidahmu pasti ada bintil-bintil. Pada bintil-bintil ada ujung saraf saraf saraf ini memberitahu otak rasa dari makanan juga rasa minuman. Rida mampu merasakan manis asam pahit asin Perhatikan gambar bagian lidah berikut. 
Rasa manis di ujung lidah rasa asin dan asam di pinggir lidah rasa pahit di Pangkal lidah. 

Fungsi lidah
Lidah memiliki beberapa fungsi salah satunya untuk perasa atau pengecap lidah juga berfungsi untuk membentuk huruf ketika berbicara dan juga untuk membolak-balikkan makanan

Menjaga kesehatan lidah
Lidah kita dapat sakit maka kita harus menjaga kesehatannya dengan tidak makan yang terlalu panas atau dingin menyikat lidah dengan sikat gigi yang lembut juga makan makanan mengandung vitamin C. 
Latihan 
Kesimpulan hari ini : 

 Materi Panca Indera – Lidah

  • Lidah adalah salah satu dari panca indera manusia, yaitu indra pengecap.

  • Fungsi utama lidah adalah untuk merasakan rasa makanan.

  • Lidah bisa merasakan lima rasa dasar, yaitu:

    1. Manis – biasanya terasa di ujung lidah.

    2. Asin – biasanya terasa di bagian samping depan lidah.

    3. Asam – biasanya terasa di bagian samping belakang lidah.

    4. Pahit – biasanya terasa di bagian belakang lidah.

    5. Umami – rasa gurih yang terdapat pada makanan seperti keju dan kaldu.

  • Lidah juga membantu dalam mengunyah, menelan makanan, dan berbicara.

  • Kesimpulan Materi Menggambar Bentuk Geometris

  • Bentuk geometris adalah bentuk-bentuk dasar dalam matematika seperti:

    • Lingkaran

    • Persegi

    • Persegi panjang

    • Segitiga

    • Segi lima, dan sebagainya.

  • Saat menggambar bentuk geometris, kita perlu memperhatikan:

    • Jumlah sisi

    • Panjang sisi

    • Bentuk sudut

  • Alat bantu yang bisa digunakan untuk menggambar bentuk geometris adalah penggaris dan jangka.

  • Menggambar bentuk geometris membantu kita mengenal bentuk-bentuk dalam kehidupan sehari-hari, seperti roda (lingkaran), meja (persegi panjang), dan atap rumah (segitiga).. 

Refleksi kegiatan hari ini :

Alhamdulillah kegiatan hari ini berjalan dengan lancar , murid bersemangat bersekolah hari ini , ada 1 siswa yang tidak masuk sekolah 

Alhamdulillah siswa bersemangat mendengarkan materi fungsi lidah sebagai indera perasa dan pengecap

Dilanjutkan  sholih sholiha membuat gambar geometris dalam berbagai bentuk 

Siswa dapat membaca dan melihat gambar yang disajikan di layar monitor 

Alhamdulillah kegiatan pembelajaran berjalan dengan baik dan lancar. 

Berikut dokumentasi kegiatan hari ini 



0 komentar:

Posting Komentar