Senin, 4 Agustus 2025



   

Hari : Senin, 04 Agustus 2025.

GURU KELAS : Fuji lestari, S. Pd

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, segala puji hanya milik Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat sehat, iman, dan kesempatan untuk berkumpul kembali di hari kedua sekolah ini. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat, dan kita semua sebagai umatnya. Aamiin ya Rabbal ‘alamin.

Anak-anak yang sholeh dan sholehah,
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga semuanya sehat dan semangat ya!

Hari ini kita sudah belajar seperti biasakalian. semoga kalian semakin semangat belajar, berteman dengan baik, dan menunjukkan akhlak yang mulia. Ingatlah, anak-anak, bahwa menuntut ilmu adalah ibadah. Rasulullah SAW bersabda:
"Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap Muslim." (HR. Ibnu Majah)

Jadi, mari kita awali hari ini dengan niat yang baik, semangat belajar, dan tidak lupa berdoa. Semoga Allah SWT memberikan kita ilmu yang bermanfaat dan hati yang selalu bersyukur.

Selamat belajar, anak-anak hebat! Semoga hari ini menjadi hari yang penuh kebaikan dan keberkahan.


Mapel : Matematka 
Tujuan pembelajaran : Membantu siswa memahami konsep nilai tempat bilangan cacah 1–10.000 secara konkret dan visual
Tujuan ini dicapai melalui media manipulatif seperti blok Dienes, kartu angka, atau papan nilai tempat.
Metode demonstrasi, eksplorasi mandiri, dan tanya jawab mendukung pemahaman posisi angka (ribuan, ratusan, puluhan, satuan).

  Materi Bilangan Cacah 1 – 10.000

1. Pengertian Bilangan Cacah

Bilangan cacah adalah bilangan yang dimulai dari nol dan tidak memiliki nilai negatif.
Contoh: 0, 1, 2, 3, ..., 9999, 10.000.


2. Membandingkan Bilangan Cacah

Untuk membandingkan dua bilangan cacah:

  • Bandingkan jumlah digitnya.

  • Jika jumlah digit sama, bandingkan dari angka paling kiri (nilai terbesar).

Tanda perbandingan:

  • > lebih besar dari

  • < lebih kecil dari

  • = sama dengan

Contoh:

  • 4.586 > 3.972

  • 1.250 < 1.520

  • 6.000 = 6.000


3. Mengurutkan Bilangan Cacah

  • Urutan dari kecil ke besar (menaik): Pilih bilangan dengan nilai paling kecil ke paling besar.

  • Urutan dari besar ke kecil (menurun): Pilih bilangan dari nilai paling besar ke paling kecil.

Contoh:
Urutkan: 4.500, 3.750, 5.250
→ Urutan menaik: 3.750, 4.500, 5.250
→ Urutan menurun: 5.250, 4.500, 3.750


4. Nilai Tempat dan Nilai Angka

  • Setiap angka dalam bilangan memiliki tempat dan nilai.

Tempat Contoh Angka Nilai Angka
Satuan 5 (pada 145) 5
Puluhan 4 (pada 145) 40
Ratusan 1 (pada 145) 100
Ribuan 2 (pada 2.345) 2.000
Puluh ribuan 3 (pada 35.000) 30.000

Contoh:
Bilangan: 3.728

  • Nilai angka 3 = 3.000 (ribuan)

  • Nilai angka 7 = 700 (ratusan)

  • Nilai angka 2 = 20 (puluhan)

  • Nilai angka 8 = 8 (satuan)

  • 📝 10 Soal Asesmen Pilihan Ganda

1. Nilai angka 7 pada bilangan 7.314 adalah ...
A. 700
B. 7.000
C. 70
D. 7

Jawaban: B

2. Bilangan yang lebih besar dari 5.876 adalah ...

A. 5.123
B. 5.400
C. 5.875
D. 5.999

Jawaban: 

3. Urutan bilangan dari yang terkecil adalah ...

3.450, 3.054, 3.540
A. 3.054, 3.450, 3.540
B. 3.450, 3.054, 3.540
C. 3.540, 3.450, 3.054
D. 3.054, 3.540, 3.450

Jawaban: A

4. Nilai tempat angka 5 pada bilangan 5.239 adalah ...

A. Satuan
B. Puluhan
C. Ratusan
D. Ribuan

Jawaban: D

5. Bilangan yang tepat di antara 4.000 dan 5.000 adalah ...

A. 3.900
B. 5.100
C. 4.500
D. 5.500

Jawaban: 

6. Bilangan 6.203 dibaca ...

A. Enam ribu dua ratus tiga
B. Enam ratus dua ribu tiga
C. Enam dua nol tiga
D. Enam ribu tiga ratus dua

Jawaban: 

7. Bilangan berikut yang paling kecil adalah ...

A. 9.876
B. 9.768
C. 9.687
D. 9.867

Jawaban: 

8. Nilai angka 4 pada bilangan 3.489 adalah ...

A. 400
B. 40
C. 4
D. 4.000

Jawaban: 

9. Bilangan 2.100 lebih ... dari 2.010

A. kecil
B. besar
C. sama
D. negatif

Jawaban: 

10. Urutan dari besar ke kecil: 6.000, 6.500, 5.500 adalah ...

A. 5.500, 6.000, 6.500
B. 6.000, 5.500, 6.500
C. 6.500, 6.000, 5.500
D. 6.000, 6.500, 5.500

Jawaban: 

Tujuan pembelajaran : murid dapat menerapan unsur garis dalam bentuk karya seni rupa

Media pembelajaran : gambar bentuk geometris 

Metode pembelajaran : diskusi kelompok 

Seni Rupa

Bacalah teks berikut mengenal bentuk dasar dari bentuk geometris

Bentuk dasar dari bentuk geometris sebagai dasar membuat bentuk lain dalam seni rupa titik dasar ini dikenalkan sejak kecil gunanya untuk menyebutkan bentuk benda di sekitar rumah dalam percakapan titik dalam dunia desain keterampilan membuat bentuk geometris dikuasai titik Hal ini dilihat dari berbagai aspek jadi penting pengenal bentuk dasar geometris. 

Bentuk geometris yaitu bagian dari gambar dekoratif dalam seni rupa bersama dengan stilasi gambar dekoratif merupakan gambar yang dibuat untuk memperindah sesuatu. 

 

Kesimpulan Materi Bilangan Cacah dan Nilai Tempat secara Konkret

  • Bilangan cacah adalah bilangan yang digunakan untuk menghitung atau menyatakan jumlah, mulai dari 0, 1, 2, 3, dan seterusnya tanpa batas.

  • Nilai tempat adalah nilai yang menunjukkan posisi sebuah angka dalam suatu bilangan. Posisi angka menentukan besar kecilnya nilai angka tersebut.

  • Contoh: Dalam bilangan 345, angka 3 berada pada tempat ratusan, berarti 3 × 100 = 300; angka 4 di puluhan, berarti 4 × 10 = 40; dan angka 5 di satuan, berarti 5 × 1 = 5.

Refleksi kegiatan hari ini :

Alhamdulillah kegiatan hari ini berjalan dengan lancar , murid bersemangat bersekolah hari ini , ada 2 siswa yang tidak masuk sekolah 

Alhamdulillah siswa bersemangat mendengarkan materi memahami konsep nilai tempat secara konstitusi 

Dilanjutkan  sholih sholiha membuat latihan seni rupa 

Siswa dapat membaca dan melihat gambar yang disajikan di layar monitor 

Alhamdulillah kegiatan pembelajaran berjalan dengan baik dan lancar. 

Berikut dokumentasi kegiatan hari ini 



0 komentar:

Posting Komentar