GURU KELAS : Fuji lestari, S. Pd
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, segala puji hanya milik Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat sehat, iman, dan kesempatan untuk berkumpul kembali di hari kedua sekolah ini. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat, dan kita semua sebagai umatnya. Aamiin ya Rabbal ‘alamin.
Anak-anak yang sholeh dan sholehah,
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga semuanya sehat dan semangat ya!
Hari ini kita sudah belajar seperti biasakalian. semoga kalian semakin semangat belajar, berteman dengan baik, dan menunjukkan akhlak yang mulia. Ingatlah, anak-anak, bahwa menuntut ilmu adalah ibadah. Rasulullah SAW bersabda:
"Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap Muslim." (HR. Ibnu Majah)
Jadi, mari kita awali hari ini dengan niat yang baik, semangat belajar, dan tidak lupa berdoa. Semoga Allah SWT memberikan kita ilmu yang bermanfaat dan hati yang selalu bersyukur.
Selamat belajar, anak-anak hebat! Semoga hari ini menjadi hari yang penuh kebaikan dan keberkahan.
✅ Metode demonstrasi, eksplorasi mandiri, dan tanya jawab mendukung pemahaman posisi angka (ribuan, ratusan, puluhan, satuan).
1. Pengertian Bilangan Cacah
Bilangan cacah adalah bilangan yang dimulai dari nol dan tidak memiliki nilai negatif.
Contoh: 0, 1, 2, 3, ..., 9999, 10.000.
2. Membandingkan Bilangan Cacah
Untuk membandingkan dua bilangan cacah:
-
Bandingkan jumlah digitnya.
-
Jika jumlah digit sama, bandingkan dari angka paling kiri (nilai terbesar).
Tanda perbandingan:
-
> lebih besar dari
-
< lebih kecil dari
-
= sama dengan
Contoh:
-
4.586 > 3.972
-
1.250 < 1.520
-
6.000 = 6.000
3. Mengurutkan Bilangan Cacah
-
Urutan dari kecil ke besar (menaik): Pilih bilangan dengan nilai paling kecil ke paling besar.
-
Urutan dari besar ke kecil (menurun): Pilih bilangan dari nilai paling besar ke paling kecil.
Contoh:
Urutkan: 4.500, 3.750, 5.250
→ Urutan menaik: 3.750, 4.500, 5.250
→ Urutan menurun: 5.250, 4.500, 3.750
4. Nilai Tempat dan Nilai Angka
-
Setiap angka dalam bilangan memiliki tempat dan nilai.
| Tempat | Contoh Angka | Nilai Angka |
|---|---|---|
| Satuan | 5 (pada 145) | 5 |
| Puluhan | 4 (pada 145) | 40 |
| Ratusan | 1 (pada 145) | 100 |
| Ribuan | 2 (pada 2.345) | 2.000 |
| Puluh ribuan | 3 (pada 35.000) | 30.000 |
Contoh:
Bilangan: 3.728
-
Nilai angka 3 = 3.000 (ribuan)
-
Nilai angka 7 = 700 (ratusan)
-
Nilai angka 2 = 20 (puluhan)
-
Nilai angka 8 = 8 (satuan)
📝 10 Soal Asesmen Pilihan Ganda
1. Nilai angka 7 pada bilangan 7.314 adalah ...
A. 700
B. 7.000
C. 70
D. 7
Jawaban: B
2. Bilangan yang lebih besar dari 5.876 adalah ...
A. 5.123
B. 5.400
C. 5.875
D. 5.999
Jawaban:
3. Urutan bilangan dari yang terkecil adalah ...
3.450, 3.054, 3.540
A. 3.054, 3.450, 3.540
B. 3.450, 3.054, 3.540
C. 3.540, 3.450, 3.054
D. 3.054, 3.540, 3.450
Jawaban: A
4. Nilai tempat angka 5 pada bilangan 5.239 adalah ...
A. Satuan
B. Puluhan
C. Ratusan
D. Ribuan
Jawaban: D
5. Bilangan yang tepat di antara 4.000 dan 5.000 adalah ...
A. 3.900
B. 5.100
C. 4.500
D. 5.500
Jawaban:
6. Bilangan 6.203 dibaca ...
A. Enam ribu dua ratus tiga
B. Enam ratus dua ribu tiga
C. Enam dua nol tiga
D. Enam ribu tiga ratus dua
Jawaban:
7. Bilangan berikut yang paling kecil adalah ...
A. 9.876
B. 9.768
C. 9.687
D. 9.867
Jawaban:
8. Nilai angka 4 pada bilangan 3.489 adalah ...
A. 400
B. 40
C. 4
D. 4.000
Jawaban:
9. Bilangan 2.100 lebih ... dari 2.010
A. kecil
B. besar
C. sama
D. negatif
Jawaban:
10. Urutan dari besar ke kecil: 6.000, 6.500, 5.500 adalah ...
A. 5.500, 6.000, 6.500
B. 6.000, 5.500, 6.500
C. 6.500, 6.000, 5.500
D. 6.000, 6.500, 5.500
Jawaban:
Tujuan pembelajaran : murid dapat menerapan unsur garis dalam bentuk karya seni rupa
Media pembelajaran : gambar bentuk geometris
Metode pembelajaran : diskusi kelompok
Seni Rupa
Bacalah teks berikut mengenal bentuk dasar dari bentuk geometris
Bentuk dasar dari bentuk geometris sebagai dasar membuat bentuk lain dalam seni rupa titik dasar ini dikenalkan sejak kecil gunanya untuk menyebutkan bentuk benda di sekitar rumah dalam percakapan titik dalam dunia desain keterampilan membuat bentuk geometris dikuasai titik Hal ini dilihat dari berbagai aspek jadi penting pengenal bentuk dasar geometris.
Bentuk geometris yaitu bagian dari gambar dekoratif dalam seni rupa bersama dengan stilasi gambar dekoratif merupakan gambar yang dibuat untuk memperindah sesuatu.
Kesimpulan Materi Bilangan Cacah dan Nilai Tempat secara Konkret
-
Bilangan cacah adalah bilangan yang digunakan untuk menghitung atau menyatakan jumlah, mulai dari 0, 1, 2, 3, dan seterusnya tanpa batas.
Nilai tempat adalah nilai yang menunjukkan posisi sebuah angka dalam suatu bilangan. Posisi angka menentukan besar kecilnya nilai angka tersebut.
-
Contoh: Dalam bilangan 345, angka 3 berada pada tempat ratusan, berarti 3 × 100 = 300; angka 4 di puluhan, berarti 4 × 10 = 40; dan angka 5 di satuan, berarti 5 × 1 = 5.
Alhamdulillah kegiatan hari ini berjalan dengan lancar , murid bersemangat bersekolah hari ini , ada 2 siswa yang tidak masuk sekolah
Alhamdulillah siswa bersemangat mendengarkan materi memahami konsep nilai tempat secara konstitusi
Dilanjutkan sholih sholiha membuat latihan seni rupa
Siswa dapat membaca dan melihat gambar yang disajikan di layar monitorAlhamdulillah kegiatan pembelajaran berjalan dengan baik dan lancar.
Berikut dokumentasi kegiatan hari ini
0 komentar:
Posting Komentar