Selasa, 05 Agustus 2025


   

Hari : Selasa, 05Agustus 2025

GURU KELAS : Fuji lestari, S. Pd

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, segala puji hanya milik Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat sehat, iman, dan kesempatan untuk berkumpul kembali di hari kedua sekolah ini. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat, dan kita semua sebagai umatnya. Aamiin ya Rabbal ‘alamin.

Anak-anak yang sholeh dan sholehah,
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga semuanya sehat dan semangat ya!

Hari ini kita sudah belajar seperti biasakalian. semoga kalian semakin semangat belajar, berteman dengan baik, dan menunjukkan akhlak yang mulia. Ingatlah, anak-anak, bahwa menuntut ilmu adalah ibadah. Rasulullah SAW bersabda:
"Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap Muslim." (HR. Ibnu Majah)

Jadi, mari kita awali hari ini dengan niat yang baik, semangat belajar, dan tidak lupa berdoa. Semoga Allah SWT memberikan kita ilmu yang bermanfaat dan hati yang selalu bersyukur.

Selamat belajar, anak-anak hebat! Semoga hari ini menjadi hari yang penuh kebaikan dan keberkahan.

Mapel Matematika 
Tujuan Pembelajaran : Pelaksanaan Sumatif Harian 1
Media pembelajaran : LCD, soal Sumatif matematika harian 1
Metode pembelajaran : Mengerjakan soal secara mandiri 
Materi Sumatif 
- Nama bilangan cacah 1 - 1000
- menentukan nilai tempat 1 hingga 1.000
- membandingkan dan mengurutkan bilangan cacah 

Rangkuman materi 

1. Nama Bilangan Cacah (1 – 1000)

  • Bilangan cacah adalah bilangan yang dimulai dari 0, 1, 2, 3, … tanpa pecahan atau negatif.

  • Dalam materi ini, fokus bilangan cacah dari 1 sampai 1000.

Contoh:

  • 25 dibaca: dua puluh lima

  • 134 dibaca: seratus tiga puluh empat

  • 999 dibaca: sembilan ratus sembilan puluh sembilan

  • 1000 dibaca: seribu

Tips:

  • Bilangan ratusan terdiri dari tiga angka.

  • Gunakan urutan satuan, puluhan, dan ratusan saat membacanya.


2. Menentukan Nilai Tempat (1 – 1000)

Nilai tempat menunjukkan posisi angka dalam suatu bilangan:

Tempat Contoh Nilai Angka
Satuan 235 → angka 5 5 × 1 = 5
Puluhan 235 → angka 3 3 × 10 = 30
Ratusan 235 → angka 2 2 × 100 = 200

Contoh lainnya:

  • 408 → angka 4 di ratusan (400), 0 di puluhan (0), 8 di satuan (8)


3. Membandingkan dan Mengurutkan Bilangan Cacah

Membandingkan

  • Gunakan tanda:

    • > (lebih besar dari)

    • < (lebih kecil dari)

    • = (sama dengan)

Contoh:

  • 345 > 123

  • 400 < 750

  • 999 = 999

Mengurutkan

  • Dari kecil ke besar (ascending):

    • Contoh: 120, 134, 200, 500

  • Dari besar ke kecil (descending):

    • Contoh: 900, 850, 789, 300


✍️ Latihan Singkat

  1. Sebutkan nilai tempat dari angka 7 pada bilangan 472!
    ➤ Jawaban: Puluhan, nilainya 70

  2. Bandingkan 689 dan 698.
    ➤ Jawaban: 689 < 698

  3. Urutkan bilangan berikut dari kecil ke besar: 120, 98, 345, 210
    ➤ Jawaban: 98, 120, 210, 345


Mapel : pendidikan Pancasila 

Tujuan pembelajaran : siswa dapat mengidentifikasi lingkungan tempat tinggal  melalui denah 

Media pembelajaran : gambar denah 

Metode pembelajaran : diskusi kelompok 

Denah

Denah adalah gambar yang menunjukkan suatu lokasi biasanya dalam menggambarkan letak bangunan maupun isi di dalam bangunan misal denah rumah denah sekolah dan 6 Perumahan dan sebagainya fungsi denah adalah versi peta untuk menunjukkan posisi atau lokasi suatu tempat manfaat denah adalah memudahkan kita memahami lokasi yang ada tangan begitu memudahkan kita saat mencari suatu lokasi perhatikan contoh denah berikut


Amati kembali benang dengan memperhatikan arah mata angin arah mata angin akan membuatmu dalam menyebutkan letak bangunan dalam sebuah denah. 

Kesimpulan pembelajaran hari ini :Menyebutkan dan menuliskan bilangan cacah sampai ribuan.membandingkan dan mengurutkan bilangan cacah dengan tepat.

Melakukan operasi hitung sederhana (penjumlahan, pengurangan) dengan bilangan cacah.

 Mengenali jenis-jenis lingkungan tempat tinggal seperti desa, kota, dan perumahan.Mengidentifikasi bagian-bagian penting dalam lingkungan sekitar (rumah, sekolah, pasar, dll).Membaca dan menggambar denah sederhana lingkungan atau ruang kelas dengan benar.

Refleksi kegiatan hari ini :

Alhamdulillah kegiatan hari ini berjalan dengan lancar , murid bersemangat bersekolah hari ini , ada 1 siswa yang tidak masuk sekolah 

Alhamdulillah siswa bersemangat dalam mengerjakan sumatif harian 1 matematika 

Dilanjutkan  sholih sholiha mengidentifikasi lingkungan tempat tinggal 

Siswa dapat membaca dan melihat gambar yang disajikan di layar monitor 

Alhamdulillah kegiatan pembelajaran berjalan dengan baik dan lancar. 

Berikut dokumentasi kegiatan hari ini 


0 komentar:

Posting Komentar