GURU KELAS : Fuji lestari, S. Pd
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, segala puji hanya milik Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat sehat, iman, dan kesempatan untuk berkumpul kembali di hari kedua sekolah ini. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat, dan kita semua sebagai umatnya. Aamiin ya Rabbal ‘alamin.
Anak-anak yang sholeh dan sholehah,
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga semuanya sehat dan semangat ya!
Hari ini kita sudah belajar seperti biasakalian. semoga kalian semakin semangat belajar, berteman dengan baik, dan menunjukkan akhlak yang mulia. Ingatlah, anak-anak, bahwa menuntut ilmu adalah ibadah. Rasulullah SAW bersabda:
"Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap Muslim." (HR. Ibnu Majah)
Jadi, mari kita awali hari ini dengan niat yang baik, semangat belajar, dan tidak lupa berdoa. Semoga Allah SWT memberikan kita ilmu yang bermanfaat dan hati yang selalu bersyukur.
Selamat belajar, anak-anak hebat! Semoga hari ini menjadi hari yang penuh kebaikan dan keberkahan.
1. Nama Bilangan Cacah (1 – 1000)
-
Bilangan cacah adalah bilangan yang dimulai dari 0, 1, 2, 3, … tanpa pecahan atau negatif.
-
Dalam materi ini, fokus bilangan cacah dari 1 sampai 1000.
Contoh:
-
25 dibaca: dua puluh lima
-
134 dibaca: seratus tiga puluh empat
-
999 dibaca: sembilan ratus sembilan puluh sembilan
-
1000 dibaca: seribu
Tips:
-
Bilangan ratusan terdiri dari tiga angka.
-
Gunakan urutan satuan, puluhan, dan ratusan saat membacanya.
2. Menentukan Nilai Tempat (1 – 1000)
Nilai tempat menunjukkan posisi angka dalam suatu bilangan:
| Tempat | Contoh | Nilai Angka |
|---|---|---|
| Satuan | 235 → angka 5 | 5 × 1 = 5 |
| Puluhan | 235 → angka 3 | 3 × 10 = 30 |
| Ratusan | 235 → angka 2 | 2 × 100 = 200 |
Contoh lainnya:
-
408 → angka 4 di ratusan (400), 0 di puluhan (0), 8 di satuan (8)
3. Membandingkan dan Mengurutkan Bilangan Cacah
Membandingkan
-
Gunakan tanda:
-
> (lebih besar dari)
-
< (lebih kecil dari)
-
= (sama dengan)
-
Contoh:
-
345 > 123
-
400 < 750
-
999 = 999
Mengurutkan
-
Dari kecil ke besar (ascending):
-
Contoh: 120, 134, 200, 500
-
-
Dari besar ke kecil (descending):
-
Contoh: 900, 850, 789, 300
-
✍️ Latihan Singkat
-
Sebutkan nilai tempat dari angka 7 pada bilangan 472!
➤ Jawaban: Puluhan, nilainya 70 -
Bandingkan 689 dan 698.
➤ Jawaban: 689 < 698 -
Urutkan bilangan berikut dari kecil ke besar: 120, 98, 345, 210
➤ Jawaban: 98, 120, 210, 345
Mapel : pendidikan Pancasila
Tujuan pembelajaran : siswa dapat mengidentifikasi lingkungan tempat tinggal melalui denah
Media pembelajaran : gambar denah
Metode pembelajaran : diskusi kelompok
Denah
Denah adalah gambar yang menunjukkan suatu lokasi biasanya dalam menggambarkan letak bangunan maupun isi di dalam bangunan misal denah rumah denah sekolah dan 6 Perumahan dan sebagainya fungsi denah adalah versi peta untuk menunjukkan posisi atau lokasi suatu tempat manfaat denah adalah memudahkan kita memahami lokasi yang ada tangan begitu memudahkan kita saat mencari suatu lokasi perhatikan contoh denah berikut
Amati kembali benang dengan memperhatikan arah mata angin arah mata angin akan membuatmu dalam menyebutkan letak bangunan dalam sebuah denah.
Kesimpulan pembelajaran hari ini :Menyebutkan dan menuliskan bilangan cacah sampai ribuan.membandingkan dan mengurutkan bilangan cacah dengan tepat.
Melakukan operasi hitung sederhana (penjumlahan, pengurangan) dengan bilangan cacah.
Mengenali jenis-jenis lingkungan tempat tinggal seperti desa, kota, dan perumahan.Mengidentifikasi bagian-bagian penting dalam lingkungan sekitar (rumah, sekolah, pasar, dll).Membaca dan menggambar denah sederhana lingkungan atau ruang kelas dengan benar.
Alhamdulillah kegiatan hari ini berjalan dengan lancar , murid bersemangat bersekolah hari ini , ada 1 siswa yang tidak masuk sekolah
Alhamdulillah siswa bersemangat dalam mengerjakan sumatif harian 1 matematika
Dilanjutkan sholih sholiha mengidentifikasi lingkungan tempat tinggal
Siswa dapat membaca dan melihat gambar yang disajikan di layar monitorAlhamdulillah kegiatan pembelajaran berjalan dengan baik dan lancar.
Berikut dokumentasi kegiatan hari ini
0 komentar:
Posting Komentar