KELAS III . B
GURU KELAS : Fuji lestari, S. Pd
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, segala puji hanya milik Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat sehat, iman, dan kesempatan untuk berkumpul kembali di hari kedua sekolah ini. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat, dan kita semua sebagai umatnya. Aamiin ya Rabbal ‘alamin.
Anak-anak yang sholeh dan sholehah,
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga semuanya sehat dan semangat ya!
Hari ini kita sudah belajar seperti biasakalian. semoga kalian semakin semangat belajar, berteman dengan baik, dan menunjukkan akhlak yang mulia. Ingatlah, anak-anak, bahwa menuntut ilmu adalah ibadah. Rasulullah SAW bersabda:
"Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap Muslim." (HR. Ibnu Majah)
Jadi, mari kita awali hari ini dengan niat yang baik, semangat belajar, dan tidak lupa berdoa. Semoga Allah SWT memberikan kita ilmu yang bermanfaat dan hati yang selalu bersyukur.
Selamat belajar, anak-anak hebat! Semoga hari ini menjadi hari yang penuh kebaikan dan keberkahan.
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
-
Menentukan informasi penting dari soal cerita bilangan cacah.
Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah hingga 3 angka.
Media yang dapat digunakan dalam pembelajaran ini antara lain:
-
Lembar kerja siswa (LKS) berisi soal-soal cerita.
-
Papan tulis dan spidol/ untuk diskusi bersama.
-
Kartu soal cerita (bisa berupa potongan kertas yang dibagikan kepada kelompok).
Ibu membeli 125 apel di pasar. Lalu, ayah membeli lagi 78 apel.
Berapa jumlah apel yang dibeli oleh ibu dan ayah?
Soal 2 (Pengurangan)
Di perpustakaan ada 340 buku cerita. Sebanyak 125 buku sedang dipinjam siswa.
Berapa banyak buku cerita yang masih ada di perpustakaan?
Soal 3 (Penjumlahan)
Siti memiliki 68 kelereng. Temannya memberi 45 kelereng lagi.
Berapa jumlah kelereng Siti sekarang?Soal 4 (Pengurangan)
Sebuah peternakan memiliki 512 ayam. 189 ayam telah dijual.
Berapa ayam yang masih ada di peternakan itu?
Soal 5 (Penjumlahan)
Rian menabung Rp15.000 pada hari Senin dan Rp20.000 pada hari Selasa.
Berapa jumlah uang tabungan Rian selama dua hari itu?
Soal 6 (Pengurangan)
Di kebun ada 275 mangga. Setelah dipanen, tinggal 143 buah mangga di pohon.
Berapa banyak mangga yang sudah dipanen?
Soal 7 (Penjumlahan)
Ani membaca 34 halaman buku di pagi hari dan 56 halaman di malam hari.
Berapa halaman yang dibaca Ani dalam sehari?
Soal 8 (Pengurangan)
Kelas 3 memiliki 40 murid. Hari ini, 12 murid tidak masuk sekolah.
Berapa murid yang hadir hari ini?
Soal 9 (Penjumlahan)
Sebuah toko menjual 87 pensil pada hari Senin dan 96 pensil pada hari Selasa.
Berapa total pensil yang terjual selama dua hari itu?
Soal 10 (Pengurangan)
Dina memiliki 120 stiker. Ia memberikan 45 stiker kepada temannya.
Berapa stiker yang masih dimiliki Dina?
Mapel Seni Rupa
🎯 Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
-
Mengerjakan latihan soal tentang warna primer, sekunder, dan tersier secara mandiri dan kelompok.
-
Menunjukkan sikap aktif, kreatif, dan kerja sama dalam kegiatan pembelajaran.
🧠 Metode Pembelajaran
-
Latihan Soal (Drill)
Siswa mengerjakan soal pilihan ganda, isian, dan mencocokkan warna. -
Tanya Jawab
Guru memberikan pertanyaan untuk mengukur pemahaman siswa secara langsung. 🖼️ Media Pembelajaran Video singkat interaktif tentang pencampuran warna (jika tersedia)
📝 Soal Pilihan Ganda (1–5)
Pilih jawaban yang paling benar!
-
Warna primer adalah warna yang...
a. Hasil campuran dua warna
b. Tidak bisa dibuat dari campuran warna lain
c. Warna yang paling cerah
d. Warna yang gelap -
Yang termasuk warna primer adalah...
a. Hijau, ungu, oranye
b. Merah, kuning, biru
c. Merah muda, cokelat, abu-abu
d. Hitam, putih, abu-abu -
Warna hijau dihasilkan dari campuran warna...
a. Merah + kuning
b. Merah + biru
c. Kuning + biru
d. Kuning + ungu -
Yang merupakan warna sekunder adalah...
a. Kuning
b. Biru
c. Ungu
d. Hitam -
Jika warna oranye dicampur dengan warna kuning, maka akan menghasilkan warna...
a. Cokelat
b. Hijau
c. Tersier
d. Abu-abu ✍️ Soal Isian Singkat (6–8)
Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar!
-
Warna yang dihasilkan dari campuran warna merah dan biru adalah warna ______________.
-
Warna tersier berasal dari pencampuran satu warna primer dan satu warna ______________.
-
Contoh warna tersier adalah ______________ (berikan satu contoh).🔗
Soal Mencocokkan (9–10)
Hubungkan warna-warna berikut ini dengan jenis warnanya!
| Warna | Jenis Warna |
|---|---|
| a. Biru | 1. Sekunder |
| b. Hijau | 2. Primer |
| c. Ungu | 3. Tersier |
| d. Merah |
Jawaban:
a = ...
b = ...
c = ...
d = ...
Hubungkan campuran warna dengan hasilnya:
| Campuran Warna | Hasil Warna |
|---|---|
| a. Merah + kuning | 1. Hijau |
| b. Merah + biru | 2. Ungu |
| c. Kuning + biru | 3. Oranye |
Jawaban:
a = ...
b = ...
c = ...
Alhamdulillah kegiatan hari ini berjalan dengan lancar , murid bersemangat bersekolah hari ini ,ada beberapa siswa yang tidak hadir kelas 3B
Alhamdulillah siswa bersemangat dalam mengerjakan latihan soal pengurangan dan penjumlahan bilangan cacah
Dilanjutkan latihan soal seni rupa tentang warna.
Alhamdulillah kegiatan pembelajaran berjalan dengan baik dan lancar.
Berikut dokumentasi kegiatan hari ini :
0 komentar:
Posting Komentar