Senin, 11 Agustus 2025



   

Hari : Senin, 11 Agustus 2025.

GURU KELAS : Fuji lestari, S. Pd

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, segala puji hanya milik Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat sehat, iman, dan kesempatan untuk berkumpul kembali di hari kedua sekolah ini. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat, dan kita semua sebagai umatnya. Aamiin ya Rabbal ‘alamin.

Anak-anak yang sholeh dan sholehah,
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga semuanya sehat dan semangat ya!

Hari ini kita sudah belajar seperti biasakalian. semoga kalian semakin semangat belajar, berteman dengan baik, dan menunjukkan akhlak yang mulia. Ingatlah, anak-anak, bahwa menuntut ilmu adalah ibadah. Rasulullah SAW bersabda:
"Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap Muslim." (HR. Ibnu Majah)

Jadi, mari kita awali hari ini dengan niat yang baik, semangat belajar, dan tidak lupa berdoa. Semoga Allah SWT memberikan kita ilmu yang bermanfaat dan hati yang selalu bersyukur.

Selamat belajar, anak-anak hebat! Semoga hari ini menjadi hari yang penuh kebaikan dan keberkahan.

Mapel  : Matematika 
Tujuan pembelajaran : murid dapat menjumlahkan bilangan 1 hingga 1000 dengan cara bersusun pendek tanpa menyimpan. 
Media pembelajaran : kartu soal, LCD proyektor, ppt 

Metode pembelajaran : Metode 3P (Pegang - Pikir - Pecahkan) memandu siswa dari tahap konkret ke abstrak secara bertahap, membuat mereka memahami penjumlahan bilangan cacah dengan cara yang menyenangkan . 

Peta konsep 
Peta konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah 1 hingga 1000 untuk kelas 3 SD dapat mencakup konsep-konsep dasar seperti: bilangan cacah, nilai tempat (satuan, puluhan, ratusan), penjumlahan dan pengurangan bersusun, serta soal cerita yang melibatkan kedua operasi tersebut. Berikut adalah penjabaran lebih detailnya:
1. Bilangan Cacah:
  • Pengertian:
    Bilangan cacah adalah bilangan bulat non-negatif (0, 1, 2, 3, ...), yang digunakan untuk menghitung atau mengurutkan. Penerapan:
  • Bilangan cacah digunakan dalam berbagai operasi hitung, termasuk penjumlahan dan pengurangan. Nilai Tempat:
  • Bilangan cacah memiliki nilai tempat, yaitu satuan, puluhan, dan ratusan. Memahami nilai tempat penting untuk melakukan operasi hitung dengan benar. 2. Penjumlahan:
  • Konsep: Menjumlahkan dua atau lebih bilangan berarti menggabungkan nilai bilangan tersebut. Penjumlahan Bersusun: Penjumlahan bilangan cacah hingga 1000 dapat dilakukan dengan cara bersusun, memperhatikan nilai tempat setiap bilangan. Contoh: 235 + 123 = ? (dapat diselesaikan dengan penjumlahan bersusun) 
Pengurangan:
  • Konsep: Mengurangkan satu bilangan dari bilangan lain berarti mencari selisih antara kedua bilangan tersebut. Pengurangan Bersusun: Pengurangan bilangan cacah hingga 1000 juga dapat dilakukan dengan cara bersusun. Contoh: 456 - 214 = ? (dapat diselesaikan dengan pengurangan bersusun) 
A. Penjumlahan bilangan cacah 1 hingga 1000
Mapel : Seni Rupa

🎨 Materi: Mengenal Warna

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran, siswa diharapkan dapat:

  1. Menyebutkan jenis-jenis warna dalam seni rupa (warna primer, sekunder, tersier).

  2. Mengelompokkan warna berdasarkan jenisnya.

  3. Mencampur warna primer untuk menghasilkan warna baru (sekunder).

  4. Menunjukkan sikap kreatif, teliti, dan antusias dalam bereksperimen dengan warna.


🖼️ B. Media Pembelajaran

Media yang digunakan untuk mendukung pembelajaran antara lain:

  1. Kartu warna (berisi warna primer dan sekunder).

  2. Cat air / krayon / pensil warna.

  3. Kertas gambar / buku gambar siswa.

  4. Video atau gambar digital tentang teori warna.

  5. Contoh karya seni sederhana (lukisan anak-anak, poster warna-warni).


🧑‍🏫 C. Metode Pembelajaran

Pembelajaran menggunakan pendekatan yang menyenangkan, kreatif, dan aktif, dengan metode berikut:

  1. Demonstrasi

    • Guru memperagakan cara mencampur warna primer untuk menghasilkan warna sekunder (misalnya: merah + kuning = oranye).

  2. Diskusi dan Tanya Jawab

    • Siswa diajak mendiskusikan jenis warna dan hasil pencampuran warna.

    • Guru bertanya: "Apa yang terjadi jika biru dicampur dengan kuning?"

  3. Praktik Langsung (Eksperimen Warna)

    • Siswa melakukan pencampuran warna secara langsung menggunakan cat atau krayon.

  4. Bermain Warna (Game edukatif)

    • Misalnya: mencari benda berwarna tertentu di kelas, atau mencocokkan kartu warna. 

Pengertian Warna

Warna adalah bagian penting dalam seni rupa. Warna membuat gambar menjadi lebih indah, menarik, dan hidup.

Jenis-Jenis Warna

1. Warna Primer (Warna Pokok)

Warna yang tidak bisa dihasilkan dari campuran warna lain.
Contohnya:

  • 🔴 Merah

  • 🔵 Biru

  • 🟡 Kuning

Warna Sekunder (Campuran Dua Warna Primer)

Warna yang dihasilkan dari pencampuran dua warna primer.
Contohnya:

  • Merah + Kuning = 🟠 Oranye

  • Merah + Biru = 🟣 Ungu

  • Biru + Kuning = 🟢 Hijau

Alat dan Bahan untuk Mengenal Warna

  • Cat air

  • Krayon

  • Pensil warna

  • Kuas dan palet

  • Kertas gambar

Tujuan Belajar Warna dalam Seni Rupa

  1. Agar siswa dapat menciptakan karya yang menarik dan berwarna.

  2. Agar siswa memahami hasil pencampuran warna.

  3. Agar siswa bisa mengekspresikan perasaan melalui warna.

Contoh Kegiatan Siswa

  • Mewarnai gambar dengan warna primer dan sekunder.

  • Mencampur warna cat air di kertas kosong.

  • Menyebutkan warna-warna yang ada di sekitar (benda, pakaian, alam).

  • Membuat karya bebas dengan tema "Pelangi Warna-warni".

Kesimpulan

  • Warna terdiri dari warna primer, sekunder, dan tersier.

  • Warna dapat dicampur untuk menghasilkan warna baru.

  • Warna penting untuk membuat karya seni menjadi lebih menarik.

Kesimpulan Materi Penjumlahan Bilangan Cacah 1 sampai 1000

  • Bilangan cacah adalah bilangan bulat positif dimulai dari 0 (0, 1, 2, 3, ...).

  • Penjumlahan bilangan cacah dilakukan dengan cara menjumlahkan nilai masing-masing angka sesuai posisinya (satuan, puluhan, ratusan, dll).

  • Teknik bersusun pendek dilakukan dengan menuliskan angka-angka secara vertikal dan langsung menjumlahkan tiap kolom angka dari bawah ke atas.

  • Jika hasil penjumlahan melebihi 9, dilakukan "menyimpan" ke kolom sebelah kiri.

  • Penjumlahan ini dapat dilakukan hingga ribuan dengan metode yang sama.

  • Kesimpulan Materi Mengenal Warna Primer dan Sekunder

  • Warna primer adalah warna dasar yang tidak bisa dihasilkan dari pencampuran warna lain, yaitu:
    Merah, Kuning, dan Biru.

  • Warna sekunder adalah warna yang dihasilkan dari pencampuran dua warna primer, yaitu:

    • Merah + Kuning = Oranye

    • Merah + Biru = Ungu

    • Kuning + Biru = Hijau

  • Mengenal warna membantu dalam kegiatan menggambar dan mewarnai dengan lebih kreatif dan tepat.

Refleksi kegiatan hari ini :

Alhamdulillah kegiatan hari ini berjalan dengan lancar , murid bersemangat bersekolah hari ini , Allhamdulilah semua murid masuk semua 

Alhamdulillah siswa bersemangat dalam belajar materi penjumlahan Bilangan cacah 1 - 1000 bersusun pendek 

Dilanjutkan  sholih sholiha belajar mengenal warna dalam seni rupa

Siswa dapat membaca dan melihat gambar yang disajikan di layar monitor 

Alhamdulillah kegiatan pembelajaran berjalan dengan baik dan lancar. 

Berikut dokumentasi kegiatan hari ini 


0 komentar:

Posting Komentar