Rabu, 27 Agustus 2025


   

Hari Rabu , 27 Agustus 2025

KELAS III 

GURU KELAS : Fuji lestari, S. Pd

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, segala puji hanya milik Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat sehat, iman, dan kesempatan untuk berkumpul kembali di hari kedua sekolah ini. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat, dan kita semua sebagai umatnya. Aamiin ya Rabbal ‘alamin.

Anak-anak yang sholeh dan sholehah,
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga semuanya sehat dan semangat ya!

Hari ini kita sudah belajar seperti biasakalian. semoga kalian semakin semangat belajar, berteman dengan baik, dan menunjukkan akhlak yang mulia. Ingatlah, anak-anak, bahwa menuntut ilmu adalah ibadah. Rasulullah SAW bersabda:
"Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap Muslim." (HR. Ibnu Majah)

Jadi, mari kita awali hari ini dengan niat yang baik, semangat belajar, dan tidak lupa berdoa. Semoga Allah SWT memberikan kita ilmu yang bermanfaat dan hati yang selalu bersyukur.

Selamat belajar, anak-anak hebat! Semoga hari ini menjadi hari yang penuh kebaikan dan keberkahan.

Mapel : Bahasa Indonesia 

Tujuan pembelajaran : Menjelaskan pengertian dan fungsi Subjek, Predikat, Objek, dan Keterangan (SPOK) dalam kalimat.

Media pembelajaran : Kartu kalimat (Subjek, Predikat, Objek, Keterangan) untuk permainan menyusun kalimat.Slide presentasi/PowerPoint berisi penjelasan materi dan contoh kalimat.

Metode pembelajaran :Diskusi kelompok – Siswa bekerja dalam kelompok untuk mengidentifikasi SPOK dari kalimat yang diberikan.


📚 Materi SPOK (Subjek, Predikat, Objek, Keterangan) – Kelas 3 SD

1. Apa itu SPOK?

SPOK adalah susunan kata dalam kalimat agar kalimat menjadi lengkap dan mudah dimengerti.

SPOK terdiri dari:

  1. S = Subjek → orang, hewan, atau benda yang melakukan sesuatu.

  2. P = Predikat → pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan.

  3. O = Objek → orang, hewan, atau benda yang dikenai pekerjaan.

  4. K = Keterangan → tempat, waktu, atau cara suatu kegiatan dilakukan.


2. Penjelasan Tiap Bagian SPOK

🔹 Subjek (S)

  • Siapa yang melakukan kegiatan?

  • Contoh: IbuAdiKucing

🔹 Predikat (P)

  • Apa yang dilakukan oleh subjek?

  • Contoh: memasakmembacaberlari

🔹 Objek (O)

  • Apa atau siapa yang dikenai oleh pekerjaan?

  • Contoh: nasibukubola

🔹 Keterangan (K)

  • Di mana, kapan, atau bagaimana kegiatan dilakukan?

  • Contoh: di dapurpagi haridengan cepat


3. Contoh Kalimat SPOK

KalimatSPOK
Ayah membaca koran di teras.Ayahmembacakorandi teras
Dina menyiram bunga setiap pagi.Dinamenyirambungasetiap pagi
Kucing makan ikan di dapur.Kucingmakanikandi dapur
Siti menulis surat untuk nenek.Sitimenulissuratuntuk nenek
Adik bermain bola di halaman.Adikbermainboladi halaman

4. Latihan Soal

A. Lengkapi Kalimat Berikut dengan SPOK!

  1. ... / membaca / buku cerita / di kamar.

  2. Ibu / ... / sayur / di dapur.

  3. Ayam / mematuk / ... / di halaman.

  4. ... / mencuci / baju / pagi hari.

B. Tentukan SPOK dari kalimat ini:

  1. Budi membawa tas ke sekolah.

  2. Nenek membuat kue di dapur.

  3. Ikan berenang di kolam.

  4. Siti dan Lina bermain boneka bersama-sama.


5. Kesimpulan

  • Kalimat yang baik dan lengkap biasanya memiliki SPOK.

  • Subjek dan Predikat wajib ada dalam kalimat.

  • Objek dan Keterangan bisa ada atau tidak.

📚 Pendidikan Pancasila – Kelas 3 SD

🏡 Materi: Hak dan Kewajiban di Rumah


🎯 Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa diharapkan dapat:

  1. Menjelaskan pengertian hak dan kewajiban.

  2. Menyebutkan contoh hak dan kewajiban di rumah. 


🖼️ Media Pembelajaran

  • Gambar ilustrasi kegiatan di rumah (poster atau lembar gambar)

  • Video pendek tentang kehidupan keluarga (jika tersedia)

  • Kartu peran: hak dan kewajiban

  • Lembar kerja siswa (LKS)

  • Papan tulis dan spidol


🧠 Metode Pembelajaran

  1. Ceramah interaktif
    Guru menjelaskan pengertian hak dan kewajiban dengan contoh sederhana.

  2. Diskusi kelompok
    Siswa berdiskusi mengenai pengalaman mereka melakukan kewajiban di rumah.

  3. Tanya jawab
    Untuk menggali pemahaman dan memperkuat materi

Materi: Hak dan Kewajiban di Rumah

Mata Pelajaran: Pendidikan Pancasila
Kelas: 3 SD🔹 Apa itu Hak?

Hak adalah sesuatu yang boleh kita terima atau dapatkan.
Contoh hak di rumah:

  • Mendapat kasih sayang dari orang tua

  • Mendapat makanan dan tempat tinggal

  • Mendapat waktu untuk bermain dan belajar

  • Mendapat perlindungan dan rasa aman🔹                                             Apa itu Kewajiban?

Kewajiban adalah sesuatu yang harus kita lakukan dengan tanggung jawab.
Contoh kewajiban di rumah:

  • Membantu orang tua membersihkan rumah

  • Merapikan tempat tidur setelah bangun

  • Mengerjakan tugas sekolah

  • Bersikap sopan kepada anggota keluarga

  • Membuang sampah pada tempatnya🔹                         Perbedaan Hak dan Kewajiban

Hak Kewajiban
Mendapat makanan Makan dengan tertib dan tidak pilih-pilih
Diberi waktu bermain Bermain dengan tertib dan sesuai aturan
Mendapat baju bersih Menjaga kebersihan pakaian dan tubuh
Diperhatikan oleh orang tua Menuruti nasihat orang tua
🧠 Mengapa Kita Harus Menjalankan Kewajiban?
  • Agar hak kita juga dihargai

  • Untuk membantu orang tua

  • Supaya rumah menjadi tempat yang nyaman

  • Agar hidup lebih teratur dan rukun    ❤️ Sikap Baik di Rumah:

  • Bersyukur atas hak yang diterima

  • Melaksanakan kewajiban tanpa disuruh

  • Tidak menuntut hak berlebihan

  • Menghargai hak orang lain                ✍️ Contoh Cerita Singkat

Setiap pagi, Dika bangun tidur dan merapikan tempat tidurnya. Ia membantu ibu menyapu rumah. Setelah itu, Dika sarapan bersama keluarga. Dika juga diberi waktu bermain setelah belajar. Dika tahu bahwa ia harus melaksanakan kewajiban agar haknya tetap dihargai.

Berikut adalah kesimpulan dari dua materi hari ini


Kesimpulan Materi Kalimat SPOK:

Kalimat SPOK adalah kalimat yang memiliki struktur Subjek (S), Predikat (P), Objek (O), dan Keterangan (K).

  • Subjek adalah pelaku atau topik kalimat.

  • Predikat adalah kegiatan atau tindakan yang dilakukan subjek.

  • Objek adalah sesuatu yang dikenai tindakan oleh subjek.

  • Keterangan memberi informasi tambahan, seperti waktu, tempat, atau cara.

Contoh: Ibu (S) memasak (P) sayur (O) di dapur (K).
Struktur SPOK membantu membuat kalimat menjadi jelas, teratur, dan mudah dipahami.


Kesimpulan Materi Hak dan Kewajiban Anak di Rumah:

Setiap anak memiliki hak dan kewajiban di rumah:

  • Hak anak di rumah meliputi: mendapatkan kasih sayang, tempat tinggal yang aman, makanan bergizi, pendidikan, dan perhatian.

  • Kewajiban anak meliputi: menghormati orang tua, membantu pekerjaan rumah sesuai kemampuan, menjaga kebersihan, serta menaati aturan keluarga.

Hak dan kewajiban harus seimbang agar tercipta kehidupan keluarga yang harmonis dan saling menghargai.

Refleksi kegiatan hari ini :

Alhamdulillah kegiatan hari ini berjalan dengan lancar , murid bersemangat bersekolah hari ini ,sholih sholihah kelas 3B semuanya hafir

Alhamdulillah siswa bersemangat dalam menentukan kalimat SPOK, sholih sholiha bisa menentukan mana yg menjadi subjek predikat objek dan keterangan. 

Dilanjutkan materi gak dan kewajiban anak dirumah 

Alhamdulillah kegiatan pembelajaran berjalan dengan baik dan lancar. 

Berikut dokumentasi kegiatan hari ini 


0 komentar:

Posting Komentar