Kamis, 07 Agustus 2025


   

Hari : Kamis , 07 Agustus 2025..

GURU KELAS : Fuji lestari, S. Pd

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, segala puji hanya milik Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat sehat, iman, dan kesempatan untuk berkumpul kembali di hari kedua sekolah ini. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat, dan kita semua sebagai umatnya. Aamiin ya Rabbal ‘alamin.

Anak-anak yang sholeh dan sholehah,
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga semuanya sehat dan semangat ya!

Hari ini kita sudah belajar seperti biasakalian. semoga kalian semakin semangat belajar, berteman dengan baik, dan menunjukkan akhlak yang mulia. Ingatlah, anak-anak, bahwa menuntut ilmu adalah ibadah. Rasulullah SAW bersabda:
"Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap Muslim." (HR. Ibnu Majah)

Jadi, mari kita awali hari ini dengan niat yang baik, semangat belajar, dan tidak lupa berdoa. Semoga Allah SWT memberikan kita ilmu yang bermanfaat dan hati yang selalu bersyukur.

Selamat belajar, anak-anak hebat! Semoga hari ini menjadi hari yang penuh kebaikan dan keberkahan.

Mapel : Ipas 
Tujuan pembelajaran : Menyebutkan fungsi indera pencium (hidung) dengan benar.Mengidentifikasi bagian-bagian hidung secara sederhana.Memberikan contoh benda yang dapat dikenali melalui indera pencium.
Media pembelajaran : Gambar atau poster anatomi sederhana hidung.Video edukatif tentang fungsi dan cara kerja hidung.Aromaterapi atau benda beraroma (misalnya bunga, kopi, parfum, bawang, cuka) untuk praktik mencium.

Metode pembelajaran : Ceramah interaktif: Guru menjelaskan materi sambil bertanya jawab dengan siswa.Demonstrasi: Guru memperlihatkan atau memperagakan cara kerja hidung menggunakan media/benda beraroma.Diskusi kelompok kecil: Siswa berdiskusi tentang fungsi dan cara menjaga kesehatan hidung.


Hidung 
Tasya sedang berjalan melewati tukang sate Tasya mencium harumnya bau sa te bau itu membuat perut terasa keroncongan jadi Tasya membeli sate Tasya mencium bau sate dengan hidung hidung salah satu Indra kita titik yakni indra pembau atau pencium.

1. Bentuk hidung 
Perhatikan gambar di samping! Hidung terdiri atas beberapa bagian nomor 1 adalah rongga hidung nomor 2 adalah saraf ke otak nomor 3 adalah tulang kerang atas nomor 4 adalah tulang kerang Tengah nomor 5 adalah tulang kerang bawah

Pernahkah kamu bersin? Penyebabnya karena kotoran-kotoran masuk ke hidung merangsang selaput lendir. Hingga menimbulkan rasa geli hingga terjadilah bersin. Dan membawa kotoran keluar.
Fungsi hidung

Ada berapa fungsi hidung 1 hidung sebagai indra pencium atau pembau 2 hidung sebagai alat pernapasan 3 hidung sebagai penyaring udara yang masuk


Menjaga kesehatan hidung
Perhatikan gambar-gambar di bawah ini

1. Anak membersihkan hidung membersihkan hidung setiap hari sebaiknya menggunakan kapas 
2 gambar anak memakai masker pakai masker saat di lingkungan kotor dan mengandung Debu 
3 doa minum air putih banyak banyak minum air putih untuk mengontrol lendir pada hidung
Literasiku 
1. Selain sebagai indra pembau Apa fungsi hidung lainnya?

2. Kenapa kita bersin? Coba jelaskan? 

Membentuk kelompok 
Mencium berbagai macam Aroma benda
Hidung adalah indra pencium atau pembau dengan mencium baunya kita dapat membedakan benda. 
Langkah kerja
1. Bentuklah kelompok dengan teman sebangkumu! 2 siapkan minyak telon bawang putih daun pandan dan jeruk 3 tutup mata temanmu dengan kain 4 dekatkan minyak telon ke hidung temanmu Mintalah temanmu untuk menebak bendanya lakukan dengan cermat ulangi langkah 4 kembali dengan benda lainnya Buatlah kesimpulan berdasarkan kegiatan ini yang ketujuh sampaikan kesimpulan di depan kelas. 
PAK
Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran, siswa dapat:

  1. Menjelaskan pengertian kerja keras, mandiri, dan disiplin dengan benar.

  2. Memberikan contoh perilaku kerja keras, mandiri, dan disiplin di sekolah maupun diluar.                                               📚 Materi Pembelajaran

A. Pengertian Nilai-nilai Karakter

  1. Kerja Keras: Usaha sungguh-sungguh untuk mencapai tujuan, tidak mudah menyerah.
    Contoh: Belajar meskipun sulit, membantu orang tua tanpa disuruh.

  2. Mandiri: Mampu melakukan sesuatu tanpa bergantung pada orang lain.
    Contoh: Merapikan tempat tidur sendiri, mengerjakan PR sendiri.

  3. Disiplin: Taat terhadap aturan dan waktu.
    Contoh: Datang tepat waktu ke sekolah, mengerjakan tugas sesuai jadwal.

B. Hubungan Nilai-Nilai Tersebut dengan Anti Korupsi

  • Anak yang rajin, mandiri, dan disiplin akan tumbuh menjadi pribadi yang jujur dan tidak mudah melakukan kecurangan atau korupsi.                  🧰 Media Pembelajaran

  1. Gambar ilustrasi anak yang menunjukkan kerja keras, mandiri, dan disiplin.

  2. Video pendek tentang cerita anak jujur dan disiplin di sekolah.

  3. Lagu anak bertema nilai karakter (opsional).                                           🧠 Metode Pembelajaran

  1. Ceramah interaktif (penjelasan materi secara dialogis).

  2. Diskusi kelompok kecil (siswa berdiskusi contoh perilaku sehari-hari).

  3. Tanya jawab



Mapel bahasa Indonesia 
Tujuan pembelajaran 

Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran,murid diharapkan dapat:

  1. Menjelaskan pengertian ide pokok dalam sebuah paragraf/cerita.

  2. Mengidentifikasi ide pokok dalam cerita pendek yang dibacakan/guru bacakan.

  3. Menentukan ide pokok dari paragraf dalam cerita dengan tepat.

  4. Menjawab pertanyaan berdasarkan isi cerita.                                                B. Media Pembelajaran

  1. Teks cerita pendek (cetak atau digital)

  2. Lembar kerja siswa (LKS)

  3. Audio cerita (jika diperlukan)

  4. Alat tulis

  5. Papan tulis dan spidol                        C. Metode Pembelajaran

  • Ceramah Interaktif – Penjelasan materi dan diskusi.

  • Membaca dan Menyimak – Siswa membaca atau menyimak cerita.

  • Diskusi Kelompok – Untuk mengidentifikasi ide pokok secara bersama.

  • Tanya Jawab – Untuk mendalami pemahaman siswa.

  • Latihan Mandiri – Menjawab pertanyaan secara individu.

  • D. Materi Pembelajaran

Pengertian Ide Pokok

Ide pokok adalah gagasan utama atau inti dari sebuah paragraf. Biasanya, ide pokok terdapat di awal, tengah, atau akhir paragraf. Ide pokok bisa juga disebut gagasan utama.

Cara Menemukan Ide Pokok:

  1. Baca seluruh paragraf dengan saksama.

  2. Perhatikan kalimat utama (biasanya berisi inti informasi).

  3. Perhatikan kalimat penjelas yang mendukung ide pokok.

  4. Tentukan kalimat mana yang paling mencerminkan isi paragraf.                E. Contoh Materi Cerita

Judul: "Si Kancil dan Buaya"

Pada suatu hari yang cerah, si Kancil ingin pergi ke hutan seberang untuk mencari buah-buahan segar. Namun, di tengah perjalanan, ia harus menyeberangi sungai yang penuh dengan buaya. Si Kancil tahu bahwa buaya-buaya itu sangat lapar.

Dengan kecerdikannya, si Kancil memiliki ide. Ia berkata kepada buaya, “Hai buaya, Raja Hutan ingin mengundang kalian semua untuk pesta besar. Tapi, aku harus menghitung berapa jumlah kalian dahulu.” Para buaya yang serakah langsung setuju.

Si Kancil menyuruh semua buaya berbaris di sungai. Ia melompat dari satu buaya ke buaya lain sambil menghitung, “Satu… dua… tiga…” sampai ia berhasil menyeberang ke sisi lain sungai. Setelah sampai, si Kancil berlari sambil berkata, “Terima kasih, buaya! Kalian sudah membantuku menyeberang.”

Para buaya pun merasa tertipu. Namun, mereka tidak bisa menangkap si Kancil yang sudah jauh pergi.

F. Pertanyaan Pemahaman

1. Pilihan Ganda:

  1. Apa tujuan si Kancil pergi ke hutan seberang?

    • a. Mencari teman

    • b. Menipu buaya

    • c. Mencari buah-buahan

    • d. Mengundang buaya ke pesta

  2. Mengapa si Kancil tidak langsung menyeberangi sungai?

    • a. Sungainya terlalu lebar

    • b. Ia tidak bisa berenang

    • c. Banyak buaya yang lapar

    • d. Ia tidak tahu arah

  3. Apa ide pokok paragraf kedua?

    • a. Si Kancil ingin menipu buaya

    • b. Buaya-buaya sedang lapar

    • c. Si Kancil memiliki ide cerdik untuk menyeberangi sungai

    • d. Si Kancil mengajak buaya berpesta

  4. Apa sifat utama si Kancil dalam cerita ini?

    • a. Penakut

    • b. Pemalas

    • c. Cerdik

    • d. Pemarah

    • 2. Isian Singkat:

  1. Siapa tokoh utama dalam cerita tersebut?

  2. Mengapa buaya-buaya mengikuti perintah si Kancil?

  3. Apa pesan moral dari cerita "Si Kancil dan Buaya"?

  4. Tuliskan ide pokok dari paragraf ketiga cerita!

  5. Bagaimana cara si Kancil menipu para buaya?

Kesimpulan pembelajaran hari ini ; Hidung adalah salah satu dari lima panca indera manusia yang berfungsi sebagai indera penciuman (olfaktori). Hidung mendeteksi berbagai bau melalui reseptor penciuman yang terdapat di rongga hidung. Reseptor ini menangkap partikel zat kimia dari udara yang kemudian diteruskan ke otak melalui saraf olfaktori untuk dikenali sebagai bau tertentu. Selain itu, hidung juga berperan dalam sistem pernapasan, menyaring, melembapkan, dan menghangatkan udara yang masuk ke paru-paru.
Refleksi kegiatan hari ini :

Alhamdulillah kegiatan hari ini berjalan dengan lancar , murid bersemangat bersekolah hari ini , Allhamdulilah semua murid masuk semua 

Alhamdulillah siswa bersemangat dalam belajar materi fungsi indera pencium/pembau.

Dilanjutkan  sholih sholiha diskusi kelompok menjawab isi cerita 

Siswa dapat membaca dan melihat gambar yang disajikan di layar monitor 

Alhamdulillah kegiatan pembelajaran berjalan dengan baik dan lancar. 

Berikut dokumentasi kegiatan hari ini 



0 komentar:

Posting Komentar