GURU KELAS : Fuji lestari, S. Pd
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, segala puji hanya milik Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat sehat, iman, dan kesempatan untuk berkumpul kembali di hari kedua sekolah ini. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat, dan kita semua sebagai umatnya. Aamiin ya Rabbal ‘alamin.
Anak-anak yang sholeh dan sholehah,
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga semuanya sehat dan semangat ya!
Hari ini kita sudah belajar seperti biasakalian. semoga kalian semakin semangat belajar, berteman dengan baik, dan menunjukkan akhlak yang mulia. Ingatlah, anak-anak, bahwa menuntut ilmu adalah ibadah. Rasulullah SAW bersabda:
"Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap Muslim." (HR. Ibnu Majah)
Jadi, mari kita awali hari ini dengan niat yang baik, semangat belajar, dan tidak lupa berdoa. Semoga Allah SWT memberikan kita ilmu yang bermanfaat dan hati yang selalu bersyukur.
Selamat belajar, anak-anak hebat! Semoga hari ini menjadi hari yang penuh kebaikan dan keberkahan.
Setelah mengikuti pembelajaran, siswa dapat:
-
Menjelaskan pengertian kerja keras, mandiri, dan disiplin dengan benar.
-
Memberikan contoh perilaku kerja keras, mandiri, dan disiplin di sekolah maupun diluar. 📚 Materi Pembelajaran
A. Pengertian Nilai-nilai Karakter
-
Kerja Keras: Usaha sungguh-sungguh untuk mencapai tujuan, tidak mudah menyerah.
Contoh: Belajar meskipun sulit, membantu orang tua tanpa disuruh. -
Mandiri: Mampu melakukan sesuatu tanpa bergantung pada orang lain.
Contoh: Merapikan tempat tidur sendiri, mengerjakan PR sendiri. -
Disiplin: Taat terhadap aturan dan waktu.
Contoh: Datang tepat waktu ke sekolah, mengerjakan tugas sesuai jadwal.
B. Hubungan Nilai-Nilai Tersebut dengan Anti Korupsi
-
Anak yang rajin, mandiri, dan disiplin akan tumbuh menjadi pribadi yang jujur dan tidak mudah melakukan kecurangan atau korupsi. 🧰 Media Pembelajaran
-
Gambar ilustrasi anak yang menunjukkan kerja keras, mandiri, dan disiplin.
-
Video pendek tentang cerita anak jujur dan disiplin di sekolah.
-
Lagu anak bertema nilai karakter (opsional). 🧠 Metode Pembelajaran
-
Ceramah interaktif (penjelasan materi secara dialogis).
-
Diskusi kelompok kecil (siswa berdiskusi contoh perilaku sehari-hari).
-
Tanya jawab
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran,murid diharapkan dapat:
-
Menjelaskan pengertian ide pokok dalam sebuah paragraf/cerita.
-
Mengidentifikasi ide pokok dalam cerita pendek yang dibacakan/guru bacakan.
-
Menentukan ide pokok dari paragraf dalam cerita dengan tepat.
-
Menjawab pertanyaan berdasarkan isi cerita. B. Media Pembelajaran
-
Teks cerita pendek (cetak atau digital)
-
Lembar kerja siswa (LKS)
-
Audio cerita (jika diperlukan)
-
Alat tulis
-
Papan tulis dan spidol C. Metode Pembelajaran
-
Ceramah Interaktif – Penjelasan materi dan diskusi.
-
Membaca dan Menyimak – Siswa membaca atau menyimak cerita.
-
Diskusi Kelompok – Untuk mengidentifikasi ide pokok secara bersama.
-
Tanya Jawab – Untuk mendalami pemahaman siswa.
-
Latihan Mandiri – Menjawab pertanyaan secara individu.
D. Materi Pembelajaran
Pengertian Ide Pokok
Ide pokok adalah gagasan utama atau inti dari sebuah paragraf. Biasanya, ide pokok terdapat di awal, tengah, atau akhir paragraf. Ide pokok bisa juga disebut gagasan utama.
Cara Menemukan Ide Pokok:
-
Baca seluruh paragraf dengan saksama.
-
Perhatikan kalimat utama (biasanya berisi inti informasi).
-
Perhatikan kalimat penjelas yang mendukung ide pokok.
-
Tentukan kalimat mana yang paling mencerminkan isi paragraf. E. Contoh Materi Cerita
Judul: "Si Kancil dan Buaya"
Pada suatu hari yang cerah, si Kancil ingin pergi ke hutan seberang untuk mencari buah-buahan segar. Namun, di tengah perjalanan, ia harus menyeberangi sungai yang penuh dengan buaya. Si Kancil tahu bahwa buaya-buaya itu sangat lapar.
Dengan kecerdikannya, si Kancil memiliki ide. Ia berkata kepada buaya, “Hai buaya, Raja Hutan ingin mengundang kalian semua untuk pesta besar. Tapi, aku harus menghitung berapa jumlah kalian dahulu.” Para buaya yang serakah langsung setuju.
Si Kancil menyuruh semua buaya berbaris di sungai. Ia melompat dari satu buaya ke buaya lain sambil menghitung, “Satu… dua… tiga…” sampai ia berhasil menyeberang ke sisi lain sungai. Setelah sampai, si Kancil berlari sambil berkata, “Terima kasih, buaya! Kalian sudah membantuku menyeberang.”
Para buaya pun merasa tertipu. Namun, mereka tidak bisa menangkap si Kancil yang sudah jauh pergi.
F. Pertanyaan Pemahaman
1. Pilihan Ganda:
-
Apa tujuan si Kancil pergi ke hutan seberang?
-
a. Mencari teman
-
b. Menipu buaya
-
c. Mencari buah-buahan
-
d. Mengundang buaya ke pesta
-
-
Mengapa si Kancil tidak langsung menyeberangi sungai?
-
a. Sungainya terlalu lebar
-
b. Ia tidak bisa berenang
-
c. Banyak buaya yang lapar
-
d. Ia tidak tahu arah
-
-
Apa ide pokok paragraf kedua?
-
a. Si Kancil ingin menipu buaya
-
b. Buaya-buaya sedang lapar
-
c. Si Kancil memiliki ide cerdik untuk menyeberangi sungai
-
d. Si Kancil mengajak buaya berpesta
-
-
Apa sifat utama si Kancil dalam cerita ini?
-
a. Penakut
-
b. Pemalas
-
c. Cerdik
-
d. Pemarah
2. Isian Singkat:
-
-
Siapa tokoh utama dalam cerita tersebut?
-
Mengapa buaya-buaya mengikuti perintah si Kancil?
-
Apa pesan moral dari cerita "Si Kancil dan Buaya"?
-
Tuliskan ide pokok dari paragraf ketiga cerita!
-
Bagaimana cara si Kancil menipu para buaya?
Alhamdulillah kegiatan hari ini berjalan dengan lancar , murid bersemangat bersekolah hari ini , Allhamdulilah semua murid masuk semua
Alhamdulillah siswa bersemangat dalam belajar materi fungsi indera pencium/pembau.
Dilanjutkan sholih sholiha diskusi kelompok menjawab isi cerita
Siswa dapat membaca dan melihat gambar yang disajikan di layar monitorAlhamdulillah kegiatan pembelajaran berjalan dengan baik dan lancar.
Berikut dokumentasi kegiatan hari ini
0 komentar:
Posting Komentar