Senin, 25 Agustus 2025


   

Hari Senin , 25 Agustus 2025

KELAS III 

GURU KELAS : Fuji lestari, S. Pd

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, segala puji hanya milik Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat sehat, iman, dan kesempatan untuk berkumpul kembali di hari kedua sekolah ini. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat, dan kita semua sebagai umatnya. Aamiin ya Rabbal ‘alamin.

Anak-anak yang sholeh dan sholehah,
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga semuanya sehat dan semangat ya!

Hari ini kita sudah belajar seperti biasakalian. semoga kalian semakin semangat belajar, berteman dengan baik, dan menunjukkan akhlak yang mulia. Ingatlah, anak-anak, bahwa menuntut ilmu adalah ibadah. Rasulullah SAW bersabda:
"Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap Muslim." (HR. Ibnu Majah)

Jadi, mari kita awali hari ini dengan niat yang baik, semangat belajar, dan tidak lupa berdoa. Semoga Allah SWT memberikan kita ilmu yang bermanfaat dan hati yang selalu bersyukur.

Selamat belajar, anak-anak hebat! Semoga hari ini menjadi hari yang penuh kebaikan dan keberkahan.

📌 Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran, siswa diharapkan mampu:

  1. Menjelaskan konsep pengurangan bilangan cacah 1–1000.

  2. Melakukan operasi pengurangan bilangan cacah 1–1000 tanpa dan dengan teknik menyimpan (pinjam).

  3. Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan pengurangan bilangan cacah 1–1000.

  4. Menunjukkan sikap teliti dan jujur dalam menyelesaikan operasi pengurangan.


🧩 Media Pembelajaran

  1. Media Konkret:

    • Kartu angka

    • Balok satuan, puluhan, dan ratusan (misalnya: stik es krim, lego, atau blok matematika)

  2. Media Visual:

    • Lembar kerja siswa (LKS)

    • Papan tulis dan spidol/kapur

    • Gambar ilustratif soal cerita

  3. Media Digital (opsional):

    • Video pembelajaran interaktif

    • Game edukatif matematika (misal: Wordwall, Liveworksheets, atau Math Playground)


🎯 Metode Pembelajaran

  1. Ceramah Interaktif

    • Guru menjelaskan konsep dasar pengurangan dan teknik "pinjam" sambil bertanya jawab dengan siswa.

  2. Demonstrasi / Praktik Langsung

    • Menggunakan balok matematika atau alat peraga untuk memvisualisasikan pengurangan.

  3. Tanya Jawab dan Diskusi

    • Siswa diberi soal, lalu mendiskusikannya secara berpasangan atau kelompok kecil. 



📘 Materi: Pengurangan Bilangan Cacah 1–1000

🔢 Pengertian Pengurangan

Pengurangan adalah proses untuk mengurangi atau mengambil sebagian dari suatu jumlah bilangan.

Simbol pengurangan adalah: − (minus)
Contoh:
💡 500 − 200 = 300
Artinya: Dari 500 dikurangi 200, hasilnya 300.


🧠 Fakta Penting Pengurangan

  1. Bilangan pertama disebut pengurang awal (minuend).

  2. Bilangan kedua disebut pengurang (subtrahend).

  3. Hasil pengurangan disebut selisih (difference).

Contoh:
👉 725 − 420 = 305
• 725 = minuend
• 420 = subtrahend
• 305 = hasil pengurangan


🔧 Cara Menghitung Pengurangan

1. Pengurangan Tanpa Meminjam

Pengurangan dilakukan dari satuan → puluhan → ratusan.

Contoh:

  643
− 321
_____
  322

2. Pengurangan dengan Meminjam

Jika angka di atas lebih kecil dari angka di bawahnya, maka harus meminjam ke kolom sebelah kiri.

Contoh:

  402
− 187
_____
  215

Langkah-langkah:

  • Kolom satuan: 2 tidak bisa dikurangi 7 → pinjam 1 dari puluhan (yang saat ini 0, jadi pinjam dari ratusan dulu)

  • Proses pinjam akan mempengaruhi kolom lain. Gunakan cara vertikal agar lebih mudah.


📖 Contoh Soal dan Penyelesaian

  1. 645 − 213 = 432

  2. 800 − 275 = 525

  3. 932 − 459 = 473

  4. 300 − 88 = 212🧩 Soal Cerita

  1. Ibu membeli 875 gram gula. Digunakan 320 gram untuk membuat kue. Berapa gram gula yang tersisa?

    875 − 320 = 555 gram

  2. Ada 650 siswa di sekolah. 225 siswa pulang lebih awal. Berapa siswa yang masih di sekolah?

    650 − 225 = 425 siswa

🧠 Tips Menguasai Pengurangan

✅ Selalu mulai dari satuan
✅ Perhatikan apakah perlu meminjam
✅ Periksa kembali jawaban setelah selesai
✅ Gunakan alat bantu jika diperlukan (balok, garis bilangan, dll)

Mapel : seni Rupa


Menggunakan pewarna Alami 

Warna juga dapat dibuat dari bahan di sekitar kita. misalnya dari daun, bunga, akar, rimpang, dan lain-lain. Pewarna ini disebut pewarna alami. pewarna alami merupakan zat pewarna dari tumbuhan hewan atau sumber-sumber mineral. Tanaman memiliki warna sebagai pewarna alami pada makanan. Berikut ini beberapa bahan untuk pewarna alami . 

1 bunga rosella menghasilkan warna merah 

2 kunyit menghasilkan warna kuning

 3 kembang telang menghasilkan warna biru 

4 daun suji menghasilkan warna hijau 

5 wortel menghasilkan warna jingga 

6.ubi ungu menghasilkan warna ungu 

7.gula merah atau kopi menghasilkan warna coklat

banyak bahan alami lainnya yang dapat digunakan titik pengolahannya pun beragam titik untuk menghasilkan warna yang diinginkan, bahan tersebut harus dibuat jus. Kemudian diambil Sarinya. Sari tersebut digunakan sebagai bahan pewarna. Kamu dapat mencampurnya dengan bahan pewarna alami. 


Kesimpulan Materi Pengurangan Bilangan Cacah (Matematika)

Pengurangan bilangan cacah adalah proses mengurangi suatu bilangan dengan bilangan lainnya. Bilangan cacah adalah bilangan yang dimulai dari 0 dan tidak mengandung bilangan negatif (0, 1, 2, 3, ...). Dalam operasi pengurangan:

  • Hasil pengurangan dari dua bilangan cacah juga merupakan bilangan cacah jika bilangan yang dikurangkan (pengurang) tidak lebih besar dari bilangan yang dikurangi (minuend).

  • Jika pengurang lebih besar dari minuend, maka hasilnya bukan bilangan cacah.

  • Tanda operasi pengurangan adalah "−".

  • Contoh: 7 − 3 = 42.

  •  Kesimpulan Materi Warna Primer, Sekunder, dan Tersier (Seni Rupa)

Dalam seni rupa, warna dibagi menjadi tiga kelompok utama:

  • Warna Primer adalah warna dasar yang tidak bisa dihasilkan dari pencampuran warna lain. Terdiri dari:

    • Merah

    • Kuning

    • Biru

  • Warna Sekunder adalah hasil pencampuran dua warna primer:

    • Merah + Kuning = Oranye

    • Merah + Biru = Ungu

    • Biru + Kuning = Hijau

  • Warna Tersier adalah hasil pencampuran satu warna primer dengan satu warna sekunder yang berdekatan dalam roda warna. Contohnya:

    • Merah + Oranye = Merah-Oranye

    • Kuning + Hijau = Kuning-Hijau

    • Biru + Ungu = Biru-Ungu

Pemahaman warna primer, sekunder, dan tersier sangat penting dalam menciptakan harmoni warna dalam karya seni rupa.



Refleksi kegiatan hari ini :

Alhamdulillah kegiatan hari ini berjalan dengan lancar , murid bersemangat bersekolah hari ini , Ada 1siswa yang tidak hadir karena sakit dan sakit 

Alhamdulillah siswa bersemangat dalam berdiskusi pengurangan bilangan cacah 1 sampai 1000

Alhamdulillah kegiatan pembelajaran berjalan dengan baik dan lancar. 

Berikut dokumentasi kegiatan hari ini 


0 komentar:

Posting Komentar