Materi ajar hari Kamis, 30 Januari 2020
 Tema 7 Kepemimpinan subtema 3 PB 1,2 dan 3
Muatan PPKn
Sikap yang harus dimiliki oleh pemimpin
MUATAN PPKN TENTANG SIKAP YANG HARUS DIMILIKI OLEH PEMIMPIN



Ada beberapa sikap yang setidaknya wajib dimiliki seseorang untuk menjadi seorang pemimpin yang baik. Beberapa di antaranya sebagai berikut.

Fokus

Setiap pemimpin yang baik harus bisa mengarahkan seluruh tim untuk melakukan yang terbaik dan mencapai tujuan. Untuk itu pemimpin sangat perlu memiliki fokus yang baik. Baik fokus secara tim maupun fokus secara personal. Harus ada prioritas yang menjadi tujuan bersama agar tim tidak kehilangan arah.

Percaya diri

Untuk sikap percaya diri tampaknya wajib untuk dimiliki setiap orang dalam tim. Tanpa terkecuali. Hanya saja ini menjadi sangat penting bagi seorang pemimpin. Bagaimana seorang pemimpin bisa mengarahkan tim tanpa memiliki rasa percaya diri ? tidak mungkin bukan

Transparansi atau keterbukaan

Pemimpin ibarat seorang nakhoda bagi sebuah kapal atau pilot untuk pesawat terbang. Keterbukaan menjadi sikap yang penting untuk menyelamatkan tim dalam kondisi genting. Semakin terbuka seorang pemimpin semakin mudah anggota tim untuk menyampaikan opini atau masukkannya. Ini akan menjadi bahan bakar yang bagus untuk tumbuh kembang bisnis.

Komunikasi yang baik dan pemikiran terbuka

Komunikasi yang baik bisa menjadi dasar yang baik untuk tim startup. Sebagai pemimpin, diperlukan skill khusus dalam berkomunikasi. Dilengkapi dengan pemikiran terbuka pemimpin akan menjadi jembatan yang baik yang bisa mengakomodir segala jenis pemikiran dari setiap anggota tim. Kemampuan ini akan membantu pemimpin membangun fondasi tim yang bahagia dan produktif.

Sabar

Sikap sabar yang dimaksud di sini merupakan sabar secara umum, secara menyeluruh. Kondisi naik turun pada sebuah bisnis tentu hal biasa, tetapi tidak semua pemimpin bisa bersikap atau menyikapi hal tersebut dengan baik. Kesabaran diperlukan untuk menjaga pemikiran tetap tenang dan dingin, untuk menjaga kejernihan keputusan yang diambil.

MUATAN BAHASA INDONESIA TENTANG PESAN DALAM PIDATO KEPEMIMPINAN



Salah satu sikap pemimpin adalah kemampuannya dalam berpidato. Ketika mendengarkan pidato , audiensi harus mampu menyimpulkan isi pesan yang terkandung di dalam pidato.

Pesan yang disampaikan dalam pidato ada yang disampaikan secara langsung dan tidak langsung. Pesan yang disampaikan secara langsung misalnya dalam bentuk ajakan dan imbauan. Pesan yang disampaikan secara tidak langsung biasanya dalam bentuk pernyataan tersirat.
Hal-hal yang perlu diperhatikan saat menyimpulkan pesan pidato adalah :
1. Pesan harus mencakup isi pidato yang disampaikn.
2. Pesan bukanlah ringkasan pidato tetapi berupa penafsiran pendengar terhadap hal-hal yang disampaikan oleh orator ketika berpidato.
MUATAN SBDP TENTANG PENGERTIAN SENI PATUNG

A. Apa Itu Seni Patung?
Pengertian seni patung adalah suatu karya seni rupa yang bentuknya tiga dimensi, artinya hasil karyanya memiliki volume atau isi. Seni patung dapat disebut juga sebagai karya seni plastik (palastic art), jadi maksud plastik disini dapat dibentuk sesuai keinginan. Seni patung juga dikenal sebagai seni bentuk yang mengandung nilai keindahan pada hasil karyanya.
Patung sebagai salah satu bentuk seni sebenarnya memiliki artian luas, karena hasil karyanya tidak hanya berbentuk manusia dan hewan saja, tapi bisa juga dalam bentuk apapun selama itu tiga dimensi memiliki volume dan mengandung unsur keindahan. Salah satu teknik yang sering digunakan dalam membuat patung yaitu memahat. Tadisi membuat patung awalnya berasal dari negara barat, yaitu sejak jaman Yunani kuno, saat itu patung dipandang sebagai bentuk karya seni yang hebat.
B. Fungsi Patung
Berikut ini secara umum fungsi patung berdasarkan tujuan pembuatannya, diantaranya:
  • Patung Religi, merupakan patung yang memiliki unsur dan makna religius, biasanya digunakan untuk sarana beribadah pada keyakinan tertentu.
  • Patung monumen, dibuat dengan tujuan untuk memperingati peristiwa bersejarah ataupun untuk mengenang jasa seseorang / kelompok.
  • Patung arsitektur, dibuat untuk menunjang arsitektur atau kontruksi suatu bangunan sehingga bernilai juga untuk estetika atau keindahan.
  • Patung dekorasi, dibuat untuk menghias suatu bangunan atau memperindah lingkungan.
  • Patung kerajinan, merupakan patung yang dibuat dari hasil karya kerajinan, hasilnya untuk dinikmati keindahannya.
  • Patung seni, dibuat hanya untuk dinikmati keindahannya saja
C. Jenis-Jenis Patung
Setelah membaca pengertian patung dan fungsinya maka selanjutnya kta ketahui juga jenis-jenis patung, diantaranya:
a. Relief

contoh jenis patung relief / sumber gambar: pxhere.com
Yaitu termasuk jenis patung tertua, kita dapat melihat dan menemukan relief pada dinding-dinding candi, bangunan, atau benda jaman dahulu. Relief dikategorikan sebagai patung yang di buat dalam bidang datar dua dimensi.
b. Patung 3 Dimensi

Yaitu patung yang dapat dilihat dari berbagai sudut pandang manapun. Patung 3 dimensi saat ini sangat terkenal. Patung jenis ini dapat ditemukan pada kuil-kuil peninggalam Yunani kuno, Romawi, dll. Atau dapat ditemukan juga di wilayah abad pertengahan, misalnya seperti patung David yang dibuat oleh seniman patung terkenal yaitu Michaelangelo.
c. Patung Kinetis
Yaitu termasuk patung tiga dimensi yang dapat bergerak-gerak, itulah sebabnya disebut Patung Kinetis. Patung jenis ini bergerak-gerak dengan bantuan tenaga mesin, tenaga air, ataupun tenaga angin. Contohnya seperti patung yang dapat mengeluarkan air mancur yang merupakan salah satu inovasi patung kinetis, dengan begitu air yang keluar bisa mengalir dengan deras dan memiliki unsur keindahan.
D. Bentuk-Bentuk Patung dan contoh Patung
Adapun bentuk-bentuk patung dan contoh patung yang perlu kamu ketahui, diantranya:
a. Free Standing


Yaitu patung yang menampilkan seluruh bagain tubuh (lengkap) dalam posisi berdiri, itulah kenapa disebut dengan patung Free Standing.
b. Zonde

Yaitu patung yang menampilkan seluruh bagian tubuh, bedanya dengan patung Free Standing patung jenis Zonde ini tidak dalam keadaan berdiri, tapi seperti duduk, tiarap, dll.
c. Torso

Yaitu patung yang hanya menampilkan bagian badan saja, umumnya dari dada, pinggang, hingga bagain pinggul, jadi paying Torso tidak memiliki bagian kepala.
d. Boss / Sedada


Yaitu patung yang hanya menampilkan setengah badan, dari kepala hingga bagian dada saja.
e. Kepala


Yaitu patung yang umumnya hanya menampilkan bagian kepala hingga leher saja.
E. Jenis-Jenis Corak Patung
Jika dilihat berdasarkan perwujudan dari seni patung modern saat ini, maka terdapat tiga corak, diantaranya:
a. Corak Imitatif
Yaitu tiruan dari makhulk hidup (manusia, hewan, dan tumbuhan). Dalam perwujudan seni patungnya sesuai dengan bentuk fisik baik itu segi anatomi, proporsi, dan geraknya.
b. Corak Deformatif
Yaitu corak yang telah mengalami banyak perubahan dari tiruan aslinya, biasanya diubah menjadi bentuk baru berdasarkan imajinasi pembuatnya.
c. Corak Non-Figuratif / Abstrak
Yaitu corak yang sudah banyak meninggalkan bentuk aslinya untuk perwujudan patungnya. Corak Non Figuratif dapat dipengaruhi oleh aliran kontruksi.
F. Media dan Teknik Membuat Patung
a. Bahan seni patung
1. Bahan Lunak
Yaitu bahan untuk membuat seni patung yang memiliki tekstur empuk sehingga mudah di bentuk. Contohnya seperti tanah liat, clay, plastisin, sabun, dll.
2. Bahan sedang
Yaitu bahan untuk membuat patung yang teksturnya tidak terlalu keras umumnya berupa kayu, misalnya seperti kayu mahoni, randu, waru, dll.
3. Bahan keras
Yaitu bahan untuk membuat patung yang teksturnya keras dan tentunya sangat berat, umunya berupa batuan, tetapi ada juga dari jenis kayu tertentu. Contohnya seperti batu granit, batu marmer, batu andesit, kayu jati, kayu sonokeling, dll.
b. Beberapa alat yang digunakan dalam membuat seni patung
1. Butsir
Yaitu alat bantu yang berguna untuk mengurangi atau menambah bahan dalam membuat patung sehingga menjadi bentuk yang diinginkan. Butsir umumnya digunakan untuk membuat patung dari bahan yang lunak.
2. Meja putar
Yaitu meja yang dapat di putar untuk membuat patung, fungsinya untuk mengontrol dan memudahkan saat membentuk dari segala arah. Biasanya sering digunakan untuk membuat patung dari bahan tanah liat.
3. Pahat
Yaitu sebuah alat yang digunakan untuk memahat dan mengukir, alat ini berguna untuk mengurangi bahan. Umunya ada dua jenis alat pahat, untuk mengukir kayu dan untuk memahat batu.
4. Palu
Yaitu alat pelengkap dalam memahat, supaya dapat memberikan tenaga dorongan pada alat pahat sehingga bahan dasar patung dapat dibentuk sesuai keinginan.
5. Cetakan,
Yaitu alat yang digunakan untuk mencetak karya seni patung yang terbuat dari bahan cair.
6. Kakatua
Yaitu alat bantu yang terbuat dari besi, bentuknya seperti paruh burung kakaktua. Berfungsi untuk mengencangkan ikatan kawat dan juga untuk mendorong kawat.
7. Sendok adonan
Yaitu alat yang berfungsi untuk mengambil adonan dan menempelkannya ke kerangka patung.
c. Teknik membuat patung
1. Membutsir
Merupakan teknik yang menggunakan cara memijit, menambah, dan mengurangi bahan untuk membentuk patung, tentunya dibantu dengan alat yang disebut Butsir. Bahan yang digunakan biasanya lunak dan mudah di bentuk. Misalnya seperti bahan tanah liat, clay, plastisin, dll.
2. Memahat
Merupakan teknik dalam membuat patung dengan cara mengurangi bahan. Selain menggunakan alat Pahat biasanya dilengkapi juga dengan alat lainnya yang mendukung dlam membuat patung seperti palu, gergaji, dsb. Bahan yang digunakan teksturnya keras misalnya batu granit, batu marmer, batu andesit, kayu jati, dll.
3. Teknik cor
Merupakan tejnik yang umumnya menggunakan bahan semen dan pasir, setelah di cairkan lalu di tuangkan pada cetakan dan di biarkan hingga mengeras. Selain menggunakan semen dan pasir, dapat juga menggunakan besi, perunggu, perak, dsb yang sudah di lelehkan lalu di tuangkan pada cetakan khusus.

MUATAN IPA TENTANG  PERSIAPAN DALAM MENGHADAPI MASA PUBERTAS

Pubertas adalah masa dimana seorang anak mengalami kedewasaan secara seksual diikuti dengan perubahan fisik yang menyebabkan munculnya perubahan cara berpikir, keterampilan menjalin relasi, dan pengelolaan emosi. Pada umumnya ada penanda anak mengalami pubertas. Pada anak perempuan tanda pubertas ditandai oleh menstruasi dan payudara yang membesardan sedangkan pada anak laki-laki ditandai dengan mimpi basah/ejakulasi spontan, suara yang berubah, tumbuhnya rambut-rambut dibagian tertentu dan bagi beberapa orang bentuk jakun yang menonjol.
Secara biologis, pubertas dimulai ketika otak memberi sinyal pelepasan hormon tertentu ke dalam aliran darah.Proses ini melibatkan beberapa langkah dan koordinasi dari dua bagian berbeda dari otak: hipotalamus dan kelenjar pituitary.Hipotalamus sinyal kelenjar hipofisis bahwa sudah waktunya untuk melepaskan satu set hormon yang disebut gonadotropin ke dalam aliran darah.Sekali dirilis, gonadotropin mengaktifkan gonad, atau kelenjar seksual.Gonad adalah testis pada laki-laki dan ovarium pada anak perempuan.Setelah diaktifkan, gonad memproduksi dan melepaskan hormon ke dalam aliran darah yang memicu perubahan fisik seluruh tubuh.Pada laki-laki, testis memproduksi hormon yang disebut androgen, dan pada wanita, ovarium menghasilkan hormon yang disebut estrogen.
Tips untuk menjelaskan Pubertas
Dalam menjelaskan masalah pubertas, orangtua harus berbicara dahulu tentang bagian dan fungsi tubuh, bagaimana kita merawat tubuh, menghargai dan melindungi tubuh, tahapan perkembangan seksual dan setelah itu penjelasan tentang pubertas. Tentang apa dan bagaimana itu terjadi, tanggung jawab yang harus dilakukan, apa yang diharapkan selama pubertas dan sebagainya ada dalam pembahasan pubertas. Seperti yang sudah dibahas artikel sebelumnya bahwa pemberian informasi mengenai hal sensitif ini bukan berarti dilakukan sekali waktu langsung selesai, tetapi melalui percakapan kecil yang diulang-ulang.
Memberikan penjelasan tentang pubertas juga harus melihat umur anak. Namun setiap anak adalah unik, dan mereka bisa mengalami pubertas yang berhubungan dengan perubahan pada waktu yang berbeda, dan pada usia yang berbeda pula.Umumnya, perempuan akan mengalami pubertas antara usia 10 dan 14 tahun. Sedangkan anak laki-laki mengalami pubertas antara usia 11 dan 15 tahun. Namun, mengingat kondisi jaman sekarang anak-anak bisa juga mengalami pubertas diusia lebih awal dan ini masih dianggap perkembangan yang normal.
Beberapa hal yang bisa dilakukan orangtua untuk berbicara masalah ini kepada anak:
1.Bicarakan isu pubertas ketika mereka menginjak usia 9 tahun atau coba buat pertanyaan untuk mengarahkan diskusi mengenai pubertas seperti pengalaman orangtua mengalami menstruasi atau mimpi basah
2.Jangan menunggu anak bertanya. Jika mereka tidak berkata apa-apa saat berusia 10 tahun, kemungkinan besar mereka bersikap begitu karena malu
3.Ketika anak perempuan sudah mengalami pertumbuhan payudara di usia 8 tahun, cobalah mengobrol tentang pertumbuhan dan perubahan tubuh padanya serta tahapan yang akan dilaluinya seperti pengalaman menstruasi pertama
4.Informasikan kepada anak perempuan tentang pubertas pada laki-laki dan sebaliknya anak laki-laki tentang perubahan pubertas pada anak perempuan.

MUATAN  BAHASA INDONESIA TENTANG MENGIDENTIFIKASI INFORMASI PENTING DALAM TEKS PIDATO
Jika seseorang sedang berpidato,sebaiknya kita menyinak dengan baik.Dengan menyimak secara seksama, kita dapat mengetahui hal-hal penting yang disampaikan dalam pidato.Cara menyimak yang baik adalah :
1. Fokus terhadap isi pidato.
2. Mendengarkan pidato yang disampaikan dengan baik.
3. Mencatat hal-hal penting dalam pidato.
4. Menuliskan kesimpulan dalam pidato.

MUATAN PPKN TENTANG PRNERAPAN NILAI-NILAI GOTONG ROYONG DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Istilah gotong royong berasal dari bahasa Jawa. Gotong berarti pikul atau angkat, sedangkan royong berarti bersama-sama. Sehingga jika diartikan secara harafiah, gotong royong berarti mengangkat secara bersama-sama atau mengerjakan sesuatu secara bersama-sama. Gotong royong dapat dipahami pula sebagai bentuk partisipasi aktif setiap individu untuk ikut terlibat dalam memberi nilai positif dari setiap obyek, permasalahan, atau kebutuhan orang-orang di sekelilingnya.

NILAI-NILAI DALAM GOTONG ROYONG

Jika dilihat sekilas, gotong royong tampaknya hanya terlihat seperti suatu hal yang mudah dan sederhana. Namun dibalik kesederhanaannya tersebut, gotong royong menyimpan berbagai nilai yang mampu memberikan nilai positif bagi masyarakat. Nilai-nilai positif dalam gotong royong antara lain:

1. Kebersamaan

Gotong royong mencerminkan kebersamaan yang tumbuh dalam lingkungan masyarakat. Dengan gotong royong, masyarakat mau bekerja secara bersama-sama untuk membantu orang lain atau untuk membangun fasilitas yang bisa dimanfaatkan bersama. 

2. Persatuan

Kebersamaan yang terjalin dalam gotong royong sekaligus melahirkan persatuan antar anggota masyarakat. Dengan persatuan yang ada, masyakarat menjadi lebih kuat dan mampu menghadapi permasalahan yang muncul. 

3. Rela berkorban

Gotong royong mengajari setiap orang untuk rela berkorban. Pengorbanan tersebut dapat berbentuk apapun, mulai dari berkorban waktu, tenaga, pemikiran, hingga uang. Semua pengorbanan tersebut dilakukan demi kepentingan bersama. Masyarakat rela mengesampingkan kebutuhan pribadinya untuk memenuhi kebutuhan bersama. 

4. Tolong menolong

Gotong royong membuat masyarakat saling bahu-membahu untuk menolong satu sama lain. Sekecil apapun kontribusi seseorang dalam gotong royong, selalu dapat memberikan pertolongan dan manfaat untuk orang lain. 

5. Sosialisasi

Di era modern, kehidupan masyarakat cenderung individualis. Gotong royong dapat membuat manusia kembali sadar jika dirinya adalah maskhluk sosial. Gotong royong membuat masyarakat saling mengenal satu sama lain sehingga proses sosialisasi dapat terus terjaga keberlangsungannya. 

MUATAN IPS TENTANG KERJA SAMA NEGARA-NEGARA DI ASIA TENGGARA DALAM BIDANG PENDIDIKAN

Beberapa gerakan nyata yang dilakukan ASEAN dalam menjalin hubungan di bidang pendidikan diantaranya :  

Dibentuknya The Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO) guna memajukan bidang pendidikan terutama negara anggota ASEAN.
Pensinkronisasian standar ijasah antar negara anggota ASEAN.
Peningkatan ilmu pengetahuan kalangan pemuda ASEAN dalam proses integrasi regional.
Pembentukan kelompok peneliti antar negara.
Pertukaran pelajar antar negara anggota.
Peningkatan kualitas sumber daya manusia negara anggota ASEAN agar mampu bersaing baik di tingkat regional maupun internasional.
Pembentukan kurikulum sekolah di negara–negara ASEAN yang berprinsipkan demokrasi, berorientasi pada perdamaian, serta menghargai HAM.

0 komentar:

Posting Komentar