Materi ajar  hari Jum'at , 17 Januari 2020
Muatan Matematika dan Tema 6 PB 5 & 6

Kd 1 3.6 membandingkan prisma, tabung, limas, kerucut dan bola

Diberikan sebuah tabung tertutup yang memiliki jari-jari sebesar 20 cm dan tinggi 40 cm seperti gambar berikut.

Tentukan:
a) volume tabung
b) luas alas tabung
c) luas tutup tabung
d) luas selimut tabung
e) luas permukaan tabung
f) luas permukaan tabung jika tutupnya dibuka

Pembahasan
a) volume tabung
V = π r2 t
V = 3,14 x 20 x 20 x 40 = 50 240 cm3

b) luas alas tabung
Alas tabung berbentuk lingkaran hingga alasnya
L = π r2
L = 3,14 x 20 x 20 = 1256 cm2

c) luas tutup tabung
Luas tutup tabung sama dengan luas alas tabungnya.
L = 1256 cm2

d) luas selimut tabung
L = 2 π r t
L = 2 x 3,14 x 20 x 40
L = 5 024 cm2

e) luas permukaan tabung
Luas permukaan tabung = luas selimut + luas alas + luas tutup
L = 5 024 + 1 256 + 1 256 = 7 536 cm2

atau dengan menggunakan rumus langsungnya
L = 2 π r (r + t)
L = 2 x 3,14 x 20 (20 + 40)
L = 12,56 x 60 = 7 536 cm2

f) luas permukaan tabung jika tutupnya dibuka
L = luas selimut + luas alas = 5 024 + 1 256 = 6280 cm2

atau dari luas permukaan dikurangi dengan luas tutup
L = 7 536 − 1 256 = 6 280 cm2

Soal No. 2
Diberikan sebuah kerucut yang memiliki jari-jari sebesar r = 30 cm dan garis pelukis s = 50 cm seperti gambar berikut.

Tentukan:
a) tinggi kerucut
b) volume kerucut
c) luas selimut kerucut
d) luas permukaan kerucut

Pembahasan
a) tinggi kerucut
Tinggi kerucut dicari dengan dalil atau rumus phytagoras dimana
t2 = s2 − r2
t2 = 502 − 302
t2 = 1600
t = √1600 = 40 cm

b) volume kerucut
V = 1/3 π r2 t
V = 1/3 x 3,14 x × 30 x 30 x 40
V = 37 680 cm3

c) luas selimut kerucut
L = π r s
L = 3,14 x 30 x 50
L = 4 710 cm2

d) luas permukaan kerucut L = π r (s + r)
L = 3,14 x 30 (50 + 30)
L = 3,14 x 30 x 80 = 7 536 2

Soal No. 3
Diberikan sebuah bola yang memiliki jari-jari sebesar 30 cm seperti gambar berikut.

Tentukan:

a) volume bola
b) luas permukaan bola

Pembahasan
a) volume bola
V = 4/3 π r3
V = 4/3 x 3,14 x 30 x 30 x 30
V = 113 040 cm3

b) luas permukaan bola
L = 4π r2
L = 4 x 3,14 x 30 x 30
L = 11 304 cm2

Soal No. 4
Sebuah bola besi berada didalam tabung plastik terbuka bagian atasnya seperti terlihat pada gambar berikut.

Tabung kemudian diisi dengan air hingga penuh. Jika diameter dan tinggi tabung sama dengan diameter bola yaitu 60 cm, tentukan volume air yang tertampung oleh tabung!

Pembahasan
Volume air yang bisa ditampung tabung sama dengan volume tabung dikurangi volume bola di dalamnya.
dengan rtabung = 30 cm, rbola = 30 cm dan ttabung = 60 cm

V tabung = πr2 t
V tabung = 3,14 x 30 x 30 x 60
V tabung = 169 560 cm3

V bola = 4/3 π r3
V bola = 4/3 x 3,14 x 30 x 30 x 30
V bola = 113 040 cm3

V air = V tabung − V bola
V air = 169 560 − 113 040 = 56 520 cm3

Soal No. 5
Diberikan dua buah bola dengan jari-jari masing-masing 10 cm dan 20 cm!
a) Tentukan perbandingan volume kedua bola
b) Tentukan perbandingan luias permukaan kedua bola

Pembahasan
a) Perbandingan volume dua buah bola akan sama dengan perbandingan pangkat tiga dari jari-jari masing-masinbg bola,
V1 : V2 = r13 : r23
V1 : V2 = 10 x 10 x 10 : 20 x 20 x 20 = 1 : 8
b) Perbandingan luas permukaan dua buah bola akan sama dengan perbandingan kuadrat jari-jari masing-masing bola,
L1 : L2 = r12 : r22
L1 : L2 = 10 x 10 : 20 x 20 = 1 : 4

Soal No. 6
Perhatikan gambar berikut!

Jari-jari dan tinggi tabung masing-masing 30 cm dan 60 cm, tinggi kerucut dan garis pelukisnya masing-masing adalah 40 cm dan 50 cm. Tentukan luas permukaan bangun di atas!

Pembahasan
Bangun di atas adalah gabungan tabung tanpa tutup dan kerucut tanpa alas atau selimutnya saja. Cari luas masing-masing kemudian jumlahkan.

Luas tabung tanpa tutup = 2π r t + π r= (2 x 3,14 x 30 x 60) + (3,14 x 30 x 30) = 11 304 + 2826 = 14130 cm2
Luas selimut kerucut = π r s = 3,14 x 30 x 50 = 4 710 cm2

Luas bangun = 14130 + 4710 = 18840 cm2
REMAJA bukan anak dan belum dewasa, ia memiliki ciri khas dan kebutuhan yang unik. Remaja menurut WHO adalah individu berusia 10-19 tahun. Sebuah masa yang identik dengan aneka perubahan baik secara fisik, psikis, maupun sosial.

Masa remaja adalah masa lepas landas yang sangat besar perannya dalam menentukan kualitas masa dewasa  dan kualitas generasi yang kelak dilahirkannya. Masa remaja dianggap sebagai masa yang paling sehat secara fisik, tidak heran populasi remaja adalah populasi yang paling sedikit  datang ke fasilitas kesehatan. Padahal, remaja adalah paling "rawan" secara psikologis dan sosial yang dapat memberi dampak pada kesehatan fisiknya. Sebaliknya, di masa remaja juga terjadi banyak perubahan fisik berupa pubertas dan proses masturbasi otak yang unik yang berdampak  pada aspek psikologis dan sosial. Besarnya pengaruh  lingkungan pada remaja mulai dan orangtua, keluarga, sekolah, dan teman sebaya juga berperan dalam kesehatan remaja secara keseluruhan.
Apa saja yang perlu kita perhatikan dalam memastikan  kesehatan remaja?
Pertama, pola makan yang sehat. Tidak sarapan, jajanan tidak sehat, konsumsi junk food, makanan dan minuman kemasan (yang pada umumnya tinggi gula dan garam), serta jarang mengonsumsi buah dan sayur adalah pola makan yang kerap dijumpai pada masa remaja. Pola makan ini besar kemungkinan terbawa hingga dewasa dan akhirnya dituai sebagai penyakit stroke, kencing manis, dan kanker yang merupakan  penyebab kematian utama masyarakat Indonesia. Menerapkan pola makan sehat bagi remaja sangat menantang karena ia lebih banyak menghabiskan waktu di luar rumah dan adanya pengaruh teman sebaya yang besar.
Kedua, pemantauan  pertumbuhan.  Bukan balita saja yang perlu ditimbang dan diukur tinggi badannya. Remaja juga perlu, meski tak perlu sebulan sekali seperti masa balita. Jika tidak ada permasalahan, setidaknya 6 bulan sekali remaja perlu ditimbang dan diukur tinggi badannya. Pemantauan ini akan membantu kita mendeteksi dini kondisi gizi  kurang, gizi lebih dan obesitas serta perawakan pendek yang mungkin menjadi bagian dari permasalahan kesehatan lainnya.
Ketiga, pubertas sehat. Pubertas secara rerata pada anak perempuan dimulai dengan pertumbuhan payudara pada usia 8-13 tahun dan pada anak laki-laki dimulai dengan pembesaran  testis (buah zakar) pada usia  9-14 tahun. Haid pertama pada anak perempuan terjadi kurang  lebih 3 tahun setelah payudara mulai tumbuh atau umumnya sebelum usia 16 tahun. Pada 1-2 tahun pertama menstruasi polanya sangat mungkin masih belum teratur. Tinggi badan remaja perempuan akan cepat bertambah di awal masa pubertas, sementara remaja laki-laki akan banyak bertambah tinggi badan di akhir masa pubertas.
Keempat, imunisasi. Sama halnya dengan pemantauan pertumbuhan, imunisasi juga sangat diperlukan bagi remaja. Penyakit infeksi lebih mudah terjadi di masa remaja daripada masa sebelumnya. Imunisasi yang dianjurkan Ikatan Dokter Anak Indonesia bagi remaja antara lain DT, MMR, typhoid, dan HPV (Human Papiloma Virus, virus penyebab kanker leher rahim).
Kelima, aktivitas positif dan sehat. Memiliki aktivitas positif bagi remaja sangat penting untuk maturasi perkembangan otak remaja, menjaga kesehatan fisik dan kesehatan mental, serta menghindarinya dari perilaku negatif.
Keenam, keselamatan dan keamanan di rumah, di sekolah/tempat kerja/tempat kursus serta dalam perjalanan adalah aspek kesehatan remaja yang sangat penting. Kekerasan dalam rumah tangga, bullying di sekolah, serta ketidakpatuhan pada peraturan lalu lintas adalah beberapa penyebab masalah keselamatan dan keamanan remaja.
Ketujuh, penggunaan gadget dan internet sehat. Kehidupan  zaman now tidak lepas dari gadget dan internet. WHO pada tahun 2017 yang lalu telah mencanangkan adiksi game sebagai salah satu permasalahan kesehatan yang penting.  Penggunaan gadget dalam kehidupan sehari-hari penting bagi proses pembelajaran dan pengembangan ilmu, namun agar tetap terjaga baik, aturan perlu diadakan dan disepakati baik di rumah maupun di sekolah.

Kedelapan, relasi yang sehat di rumah dan sekolah. Peralihan dari masa anak ke dewasa disertai peralihan psikologis dan peran sosial remaja sehingga peran keluarga dan peran sekolah pun perlu ikut berubah. Perselisihan banyak terjadi karena maslng-masing pihak belum memahami apa saja yang terjadi dalam masa peralihan dan bagaimana menyikapinya.
Latihan bupena halaman 85

Muatan bahasa Indonesia
Membandingkan informasi yang di perkirakan setelah membaca teks non fiksi dalam bentuk diagram
Bupena halaman 86 dan
PB 6
halaman 87
Menyimpulkan isi teks
Gagasan utama


Cara Menemukan Gagasan Utama Pada Paragraf – Gagasan Utama adalah pikiran utama yang terdapat dalam bacaan. Dalam setiap paragraf juga selalu memiliki gagasan utama, bisa itu di awal, akhir, atau disemua kalimat dalam paragraf.
Gagasan utama dapat berupa kalimat inti atau pokok paragraf. Gagasan utama disebut juga gagasan pokok atau kalimat utama. Dibawah ini penulis berikan informasi langkah-langkah cara menemukan gagasan utama pada paragraf.
Muatan PPKn 
Melaksanakan tanggung jawab sebagai warga negara
Berikut adalah tanggung jawab sebagai warga negara:


a. Menjaga nama baik negara Indonesia dimata dunia sebagai negara yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, serta makmur dengan tidak membuat kerusuhan.

b. Menginterpretasikan dan mengamalkan Ideologi Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

c. Menjaga kerukunan dan solidaritas antar warga negara satu sama lain.

d. Saling menghargai dan menjunjung tinggi sikap toleransi.

e. Saling tolong menolong antar sesama warga tanpa membedakan perbedaan.


Pembahasan
Pengertian tanggung jawab adalah keadaan dimana wajib menanggung segala sesuatu, sehingga berkewajiban menanggung, memikul jawab, menanggung segala sesuatunya atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya. Kita hidup didunia ini mempunyai tanggung jawab yang harus kita kerjakan, entah itu tanggung jawab terhadap diri sendiri, tanggung jawab terhadap Tuhan YME, tanggung jawab terhadap masyarakat, tanggung jawab terhadap bangsa dan negara dan lainya. Pada konteks ini, kita membahasa mengenai tanggung jawab sebagai warga negara. Sebagai warga negara Indonesia, kita bertanggung jawab untuk membangun kesadaran hidup berdasarkan pancasila dan UUD 1945.


Hal tersebut dapat kita kerjakan antara lain dengan cara berikut ini:

Memahami serta mengamalkan Pancasila dan UUD 1945  dalam kehidupan sehari-hari.
Berperan serta aktif dalam rangka menegakkan dasar Negara dan konstitusi
Mengembangkan pola hidup taat pada aturan yang berlaku
Muatan SBDP 
Langkah langkah membuat poster 
menentukan topik dan tujuan
2. membuat kalimat singkat dan mudah diingat
3.menggunakan gambar
4. menggunakan media yg tepat


0 komentar:

Posting Komentar