PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5)
KELAS I.B
GURU KELAS : FUJI LESTARI, S.Pd.
Good morning everyone...
How are you students?
Hopefully we're healthy and always in the protection of Allah.
Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah.
Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning.
TEMA:
GAYA HIDUP BERKELANJUTAN
CERDIK KELOLA SAMPAH PLASTIK
Tujuan
Dengan mengangkat tema “Gaya Hidup Berkelanjutan” dan mengacu kepada dimensi Profil Pelajar Pancasila, projek “Belajar Kelola Plastik Fase A” bertujuan mewujudkan peserta didik berkesadaran lingkungan yang mampu berperan aktif dalam menjaga serta mengatasi permasalahan lingkungan, khususnya terkait penggunaan dan pengelolaan plastik secara bijak.
Alur
ObjektifMengenal contoh-contoh praktik 3RMateri1. Ulasan Materi tentang 3R2. Format Pencatatan 3RPersiapan1. Guru menyiapkan contoh prakarya yang sudah didaur ulang2. Guru menyiapkan video pembuatan tempat pensil menggunakan kain wol3. Guru dan siswa menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkanPelaksanaan1. Siswa menonton video pembuatan prakarya pembuatan tempat pensil wol2. Siswa menyimak penjelasan guru mengenai langkah-langkah pembuatan tempat pensil wol3. Siswa dan guru menyiapkan alat dan bahan dalam pembuatan tempat pensil
- Dalam fase A, fokus pembelajaran tentang isu plastik adalah pada pengenalan dan identifikasi. Pada tahapan “pengertian plastik”, peserta didik belajar mengenal plastik sebagai material buatan manusia dengan karakteristik yang berbeda dari material lain. Peserta didik mengeksplorasi dan membandingkan sifat material plastik dengan material lainnya, sehingga dapat mengidentifikasi mana benda plastik dan mana benda bukan plastik.
- Peserta didik kemudian belajar mengenal bentuk pengelolaan plastik, yaitu pemilahan benda plastik bekas pakai sehingga tidak tercampur dengan sampah lainnya (khususnya sampah organik). Peserta didik juga belajar cara sederhana untuk mengolah sampah plastik, yaitu dengan cara repurpose (penggunaan kembali dengan tujuan berbeda).
- Tahapan terakhir dalam alur pembelajaran adalah memberikan kebebasan pada peserta didik untuk berkreasi dari hasil pengelolaan sampah plastik yang telah mereka kumpulkan.
Target
Melalui projek ini, peserta didik diharapkan dapat mengembangkan tiga dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu:
- Beriman Bertakwa pada Tuhan YME dan Berakhlak Mulia, khususnya elemen akhlak terhadap alam,
- Kreatif, khususnya elemen menghasilkan gagasan yang orisinal dan menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal, dan
- Bernalar kritis, khususnya memberikan dan menjawab pertanyaan
Pertemuan 11
TAHAP AKSI
PENGOLAHAN BOTOL PLASTIK
ObjektifMengenal contoh-contoh praktik 3RMateri1. Ulasan Materi tentang 3R2. Format Pencatatan 3RPersiapan1. Guru menyiapkan contoh prakarya yang sudah didaur ulang2. Guru menyiapkan video pembuatan tempat pensil menggunakan kain wol3. Guru dan siswa menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkanPelaksanaanSiswa menonton video pembuatan prakarya pembuatan tempat pensil wol2. Siswa menyimak penjelasan guru mengenai langkah-langkah pembuatan tempat pensil wol3. Siswa dan guru menyiapkan alat dan bahan dalam pembuatan tempat pensilSemua kegiatan dengan bimbingan guru:Semua kegiatan dengan bimbingan guru:
0 komentar:
Posting Komentar