KELAS III . B
GURU KELAS : Fuji lestari, S. Pd
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, segala puji hanya milik Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat sehat, iman, dan kesempatan untuk berkumpul kembali di hari kedua sekolah ini. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat, dan kita semua sebagai umatnya. Aamiin ya Rabbal ‘alamin.
Anak-anak yang sholeh dan sholehah,
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga semuanya sehat dan semangat ya!
Hari ini kita sudah belajar seperti biasakalian. semoga kalian semakin semangat belajar, berteman dengan baik, dan menunjukkan akhlak yang mulia. Ingatlah, anak-anak, bahwa menuntut ilmu adalah ibadah. Rasulullah SAW bersabda:
"Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap Muslim." (HR. Ibnu Majah)
Jadi, mari kita awali hari ini dengan niat yang baik, semangat belajar, dan tidak lupa berdoa. Semoga Allah SWT memberikan kita ilmu yang bermanfaat dan hati yang selalu bersyukur.
Selamat mengerjakan PAS anak-anak hebat! Semoga hari ini menjadi hari yang penuh kebaikan dan keberkahan.
Jadwal PAS
Kisi- kisi PAS Pendidikan pancasila
1.Disajikan deskripsi tentang lambang sila pertama Pancasila, peserta didik dapat mengidentifikasi lambang sila yang tepat.
2.Disajikan deskripsi tentang bunyi sila kedua Pancasila, peserta didik dapat mengidentifikasi bunyi sila yang tepat.
3.Disajikan kasus penerapan sila pertama Pancasila dalam konteks keberagaman agama, peserta didik dapat menentukan sikap yang sesuai.
4.Disajikan informasi tentang perjuangan perumusan dasar negara, peserta didik dapat menyebutkan salah satu tokoh proklamator yang mengusulkan rumusan dasar negara.
5.Disajikan narasi tentang sikap para perumus Pancasila, peserta didik dapat menyimpulkan sikap utama yang patut diteladani dalam konteks persatuan.
6.Disajikan situasi komunikasi antar suku, peserta didik dapat menentukan bahasa persatuan yang sebaiknya digunakan.
7.Disajikan situasi presentasi di sekolah, peserta didik dapat menentukan tindakan yang paling tepat untuk menunjukkan kepedulian terhadap bahasa persatuan.
8.Disajikan fenomena penggunaan bahasa gaul/asing di media sosial, peserta didik dapat menentukan strategi paling efektif untuk menumbuhkan kecintaan terhadap bahasa Indonesia.
9.Disajikan fakta keberagaman bahasa daerah, peserta didik dapat menganalisis alasan strategis penetapan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan.
10.Disajikan kasus teman yang melanggar aturan jam masuk kelas, peserta didik dapat menentukan tindakan yang paling mencerminkan kepatuhan dan kepedulian.
11.Disajikan kasus pelanggaran aturan tidak mengumpulkan tugas, peserta didik dapat menentukan konsekuensi yang paling mungkin diterima.
12.Disajikan aturan memelihara hewan di lingkungan, peserta didik dapat menganalisis dampak negatif yang paling mungkin terjadi jika aturan tersebut dilanggar.
13.Disajikan kasus tetangga membuang limbah sembarangan, peserta didik dapat menentukan tindakan yang paling bijaksana dan bertanggung jawab untuk mengatasi masalah tersebut.
14.Disajikan pernyataan kebutuhan dasar oleh orang tua, peserta didik dapat mengidentifikasi konsep penerimaan kebutuhan tersebut dalam konteks keluarga.
15.Disajikan pernyataan kedua orangtua yang mencari nafkah peserta didik dapat menentukan tindakan yang paling menunjukkan tanggung jawab sebagai anak.
16.Disajikan pernyataan kewajiban di rumah, peserta didik dapat menentuka hak yang pantas didapatkan setelah melaksanakan kewajiban.
17.Peserta didik dapat menentukan contoh hak siswa di sekolah yang berkaitan dengan proses belajar.
18.Peserta didik dapat mengidentifikasi kewajiban siswa yang paling utama untuk menjaga citra baik sekolah.
19.Disajikan kasus teman membuang sampah sembarangan saat piket, peserta didik dapat menentukan tindakan yang paling tepat sebagai warga sekolah yang bertanggung jawab.
20.Disajikan pernyataan guru menjelaskan materi di kelas, peserta didik dapat menyimpulkan kewajiban yang harus dilaksanakan untuk mendapatkan hak berupa ilmu.
21.Disajikan pernyataan, peserta didik dapat melengkapi bunyi sila ketiga Pancasila.
22.Disajikan contoh perilaku adil dan beradab, peserta didik dapat menyebutkan sila Pancasila yang keberapa yang menjadi inti dari nilai tersebut.
23.Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menyebutkan tanggal peringatan Hari Lahir Pancasila.
24.Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menyimpulkan bahasa yang harus digunakan sebagai warga negara.
Peserta didik dapat menyebutkan tujuan umum dari adanya aturan di sekolah.
25.Disajikan kasus pelanggaran aturan di sekolah, peserta didik dapat menyebutkan tempat di mana pelanggaran tersebut terjadi.
26.Disajikan gambar, peserta didik dapat menyebutkan tujuan utama dari aturan ronda malam di lingkungan.
27.Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menyebutkan salah satu cara untuk menghemat sumber daya air.
28.Disajikan cerita di rumah (piring kotor menumpuk), peserta didik dapat menentukan kewajiban yang harus dilakukan.
29.Disajikan pernyataan terkait fasilitas baru di sekolah, peserta didik dapat menyimpulkan hak yang dimiliki setiap anak terhadap fasilitas tersebut.
30.Disajikan bunyi Pancasila, peserta didik dapat menuliskan satu contoh sikap adil yang dapat dilakukan di rumah, sesuai dengan sila kelima.
31.Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menuliskan dua nama tokoh perumus Pancasila.
32.Disajikan teks singkat tentang Hari Berbahasa, peserta didik dapat menentukan alasan pentingnya menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar di sekolah.
33.Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menguraikann alasan mengapa peraturan di sekolah harus ditaati.
34.Disajikan sebuah gambar, peserta didik dapat menganalisis dan menjelaskan tindakan yang seharusnya dilakukan oleh seorang anak.
SOAL PILIHAN GANDA – Pendidikan Pancasila1. Identifikasi lambang sila pertama
0 komentar:
Posting Komentar