Materi bahasa Indonesia membuat peta pikiran,31 Juli 2019

Rabu, 31 Juli 2019
Materi bahasa Indonesia
Membuat peta pikiran

Peta pikiran merupakan salah satu media yang membuat analisa siswa untuk lebih focus dalam belajar. Dengan menggambar simbol, kotak , lingkaran, kata kunci dan yang lainnya. Siswa merasa asyik dan bisa menuangkan apa yang mereka fahami terlebih dahulu dalam peta pikiran.
Dalam kesempatakan ini kami akan berbagi pengalaman dalam pembelajaran materi tentang meneladani sikap kepahlawanan, pada tema 1 sub tema 3 kelas 6 Dengan mengetahui sikap kepahlawanan diharapkan siswa bisa membuat peta pikiran. Setelah selesai jadi maka siswa mempresentasikan hasil peta pikiran masing-masing.
Langkah pertama yaitu siswa dibagi menjadi kelompok yang setiap kelompok 4 siswa. Sebelum mengerjakan siswa berdiskusi tentang meneladani sikap kepahlawanan dan apa saja yang nanti yang akan dituangkan dalam peta pikiran.Langkah kedua, yaitu siswa mengerjakan peta pikiran secara bersama-sama. Ada yang menggambar dan meberikan symbol di kertas. Siswa selanjutkan menuliskan bagian-bagian dari peta pikiran.
Langkah ketiga, yaitu siswa presentasi dari hasil peta pikiran masing-masing
Langkah keempat, yaitu beberapa siswa memberikan kesimpulan
Langkah kelima, yaitu mengadakan evaluasi dari masing-masing kelompok yang presentasi. Evaluasi dari hasil karya hingga presentasi. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar