Selasa, 18 Oktober 2022

 TEMA 3 SUBTEMA 4 PB 1&2

selasa, 18 oktober 2022

 

Kelas : 1

Tema  : 3 Kegiatanku

Subtema : 4 Kegiatan Malam Hari

Pembelajaran : 2 dan 3

Good morning  anak-anak Bu Guru yang sholih sholihah kelas 1 A serta Ayah Bunda 😊 Bagaimana kabarnya hari ini ?

Pembelajaran 2
Tujuan Pembelajaran:
1.      Dengan menyimak teks yang dibacakan guru siswa mampu mengidentifikasi kosa kata terkait kegiatan malam hari
2.      Melalui permainan menyusun kartu huruf siswa mampu membentuk kosa kata yang berhubungan dengan malam hari dengan lafal dan ejaan yang tepat.
3.      Dengan menyimak contoh yang diberikan guru siswa mampu mengidentifikasi kalimat yang disusun dari kosa kata terkait kegiatan malam hari.
4.      Melalui permainan menyusun kata siswa mampu membuat kalimat dari kosa kata yang berhubungan dengan kegiatan malam hari dengan benar.
Materi Pembelajaran: Menyusun kalimat yang berhubungan dengan kegiatan malam hari

MATERI

Ayo Mendengarkan
Dengarkan guru membaca cerita berikut

Menjaga Keamanan Rumah

Setiap senja ayah menutup jendela
Ayah juga memeriksa pintu pintu
Ayah mengunci pintu dan jendela
Kata ayah menjaga keamanan itu penting
Pintu dan jendela dikunci agar hewan malam tidak masuk ke rumah
Juga pencuri tidak masuk ke rumah

Ayo jawab!
Jawablah pertanyaan berikut
1.      Apa yang dilakukan ayah setiap senja
2.      Kenapa pintu dan jendela dikunci pada malam hari
3.      Apakah pintu pagar juga harus dikunci
4.      Siapakah yang mengunci pintu jendela di rumahmu
5.      Pernakah kamu mengunci pintu atau jendela rumahmu

Ayo Berlatih
Lengkapilah kalimat berikut dengan kata yang tersedia

Bintang           keluarga         malam hari                mendengarkan          makan
1.      Keluarga bela bercakap cakap di ruang ..........................
2.      Ayah bercerita tentang bulan dan ................................
3.      Bela dan kak Hadi ................................. cerita ayah
4.      Mereka ............................. malam bersama sama
5.      Semua anggota keluarga bela berkumpul pada .....................

Ayo Mendengarkan
Bela bertanya pada ayah
Ayah menjawab pertanyaan bela
Simaklah percakapan bela dan ayah
Bela        : kenapa bela  bersekolah tidak malam hari saja ayah
Ayah      : malam hari waktu istirahat jadi bela tidak ke sekolah
Bela        : kenapa kita harus istirahat ayah
Ayah      : tubuh kita telah digunakan semenjak pagi, tubuh butuh istirahat
Bela        : terimakasih ayah atas penjelasannya
Ayah      : sama sama bela
Ayo Lakukan
Peragakanlah percakapan di atas dengan teman sebangkumu!

Ayo Berlatih
Malam ini ayah ibu edo sedang asik membaca
Ayah membaca koran
Ibu membaca majalah
Biasanya saat seperti ini Edo sedang belajar
Malam ini edo tidak seperti biasanya
Dia sedang asyik latihan memantulkan bola
Bola adalah salah satu alat untuk melakukan gerakan memantulkan
Perhatikan cara-cara memantulkan bola berikut ini!

 Setelah latihan memantulkan bola edo belajar membuat kalimat
Kalimat itu berhubungan dengan kegiatan malam hari

Edo membuat kalimat dari kata-kata berikut ini
1.      Malam
........................................................................................
2.      Bulan
........................................................................................
3.      Bintang
.........................................................................................
4.      Gelap
.........................................................................................
5.      Terbenam
.........................................................................................
6.      Terpejam
.........................................................................................
Pembelajaran:
1.      Melalui kegiatan membaca siswa mampu mengidentifikasi kaya-kata yang berhubungan dengan kegiatan malam hari dengan tepat.
2.      Setelah mengidentifikasi siswa mampu mengucapkan kata-kata tersebut dengan benar.
3.      Melalui kegiatan membaca siswa mampu mengidentifikasi kalimat-kalimat yang terkait dengan kegiatan malam hari dengan tepat.
4.      Setelah mengidentifikasi kalimat siswa mampu menyusun kalimat dengan menggunakan kata-kata yang terkait dengan kegiatan malam hari.
5.      Melalui penjelasan guru dalam diskusi kelas siswa mampu mengidentifikasi kebiasaan-kebiasaan baik pada malam hari yang sesuai dengan aturan di rumah.
6.      Dengan menyampaikan pendapat berdasarkan gambar/situasi yang diamati siswa mampu menunjukkan kebiasaan baik yang sesuai dengan aturan di rumah dengan tepat.
Materi Pembelajaran:
1.      Membaca pemahaman tentang kegiatan malam hari yang sesuai dengan aturan di rumah
2.      Membedakan perbuatan yang sesuai aturan dengan yang tidak sesuai dengan aturan berdasarkan teks bacaan

MATERI

Ayo Membaca
Bacalah cerita berikut ini dengan nyaring!

Siti Rajin Belajar
Setelah Shalat Magrib Siti membaca Al-Quran
Ayah menyimak bacaan Siti
Ibu pun mendengarkan dari ruang tamu
Siti anak yang taat beribadah
Setelah mengaji Siti membuka buku pelajaran
Siti mengerjakan tugas matematika dari Bu Guru
Siti belajar dengan tekun
Agar kelak menjadi orang yang berguna

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut sesuai isi cerita!
1.      Apa yang dilakukan Siti setelah solat Magrib?
2.      Di mana ibu mendengarkan Siti mengaji?
3.      Apa yang dilakukan Siti setelah mengaji?
4.      Mengapa Siti rajin belajar?
5.      Apa judul cerita di atas?
Lengkapilah kalimat berikut dengan kata yang tepat!
a.      Tekun             b. Bersinar     c. Mengulang             d. Malam        e. Beribadah

1.Matahari terbenam hari mulai...................
2.Bintang nampak ............. di malam hari
3.Siti anak yang taat ....................................
4.Setiap malam Siti ......................... pelajaran
5.Siti belajar dengan ......................................
Berlatih
Siti sedang menyiapkan buku-buku untuk esok hari
Siti menghitung bukunya
Di tas ada 4 buku
Di rak buku ada 7 buku
Jadi berapa ya banyak buku Siti seluruhnya?
Ayo, coba kita hitung bersama!

Banyak buku seluruhnya adalah...............
4 buku + 7 buku = 11 buku
Siti juga menghitung pensil warnanya
Di tangan siti ada 4. Di kotak pensil ada 8

Jika dijumlahkan
4 pensil + 8 pensil = 12 pensil

Nah, sekarang bantu siti menyelesaikan soal berikut ini
1.      Di piring ada 6 potong pisang goreng. Lalu obu siti meletakkan 6 potong pisang goreng lagi di piring itu. Berapa banyak pisang goreng di piring sekarang?
.......... + ........... = ............
2.      Di rak piring ibu ada 12 gelas. Lalu ibu memasukkan lagi 6 gelas yang baru dicuci. Berapakah banyak gelas di rak piring ibu sekarang?
......... + ........... = .............


0 komentar:

Posting Komentar