Kelas : 1
Tema : 4 Keluargaku
Subtema : 3 Keluarga Besarku
Pembelajaran : 4&5
Good morning anak-anak Bu Guru yang sholih sholihah kelas 1 A serta Ayah Bunda 😊 Bagaimana kabarnya hari ini?
Pembelajaran 4
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan memasangkan kosa kata perkenalan, siswa akan mampu menggunakan kalimat perkenalan yang benar.
2. Dengan mengisi kata perkenalan yang tepat pada latihan di buku siswa, siswa akan mampu menunjukkan penggunaan kosa kata perkenalan dan ungkapan dalam suatu kalimat dengan tepat.
3. Dengan memilih gambar alat-alat menggambar yang benar, siswa mampu mengidentifikasi alat dan bahan yang dapat digunakan membuat gambar ekspresi dengan baik.
4. Dengan memilih gambar alat-alat menggambar yang benar, siswa menyiapkan alat dan bahan untuk membuat karya gambar ekspresi.
Materi Pembelajaran :
1. Menulis kata perkenalan
2. Menggambar
MATERI
Ayo Berlatih
Kegiatan yang bisa kita lakukan
Ketika bersama keluarga besar adalah bermain lompat kelompok
Yuk, kita lihat Udin dan keluarga besarnya bermain lompat kelompok
Udin berkelompok dengan paman, bibi, dan sepupunya
Ayah Udin, ibu Udin, nenek Udin serta kakak Udin di kelompok lain
Tiap anggota kelompok memegang pundak temannya
Tiap kelompok lompat sesuai perintah
Kakek Udin yang memberikan perintahnya
Mari kita bermain seperti keluarga Udin
Ayo Membaca
Bacalah dengan nyaring
Paman Arif
Paman Arif adik ayah bela
Bela memanggil paman Arif mamang
Mamang nama panggilan paman di jawa barat
Mang Arif pintar bermain gitar
Mang Arif hafal banyak lagu
Meng Arif senang mengajak keponakannya bernyanyi
Ayo Jawab
1. Siapakah paman arif?
2. Dari manakah paman arif berasal?
3. Apa panggilan paman arif?
4. Siapa yang diajak paman arif bernyanyi?
5. Apa alat musik yang dimainkan paman arif?
Ayo Menulis
Ayah Paman Sepupu Kakek Bibi
1. Ini adalah Bapak Rahmat, …………. Saya
2. …………… saya seorang guru
3. …………… saya bernama Dita
4. …………… saya bernama Aisyah
5. …………… saya bernama Jamal
Berkreasi
Beni sedang menggambar keluarganya
Beni menggunakan alat dan bahan menggambar
Perhatikan gambar berikut
Manakah alat dan bahan untuk menggambar
Beri tanda centang ( √ ) gambar yang tepat
Pembelajran 5
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan membaca teks, siswa dapat menyebutkan kosakata yang berhubungan dengan anggota keluarga besar dengan benar.
2. Dengan membaca teks, siswa dapat mempraktikkan cara memperkenalkan anggota keluarga besar dari gambar/foto yang dibawa siswa secara lisan dengan benar.
Materi Pembelajaran :
1. Silsilah keluarga besar
2. Membuat kalimat dari kosakata keluarga besar
3. Membuat silsilah keluarga besar
MATERI
Ayo Mendengarkan
Dengarkan guru membaca teks berikut
Bermain Dengan Rukun
Bela senang saudara sepupunya menginap di rumah
Bela dapat bermain dengan saudara sepupuny
Bela juga mendengar cerita dari saudara sepupu
Sore hari mereka bermain
Ada yang bermain catur
Ada yang bermain congklak
Ada yang bermain boneka
Mereka bermain dengan rukun
Ayo Membaca
Bacalah teks di bawah ini dengan intonasi yang tepat
Bermain Congklak
tok tok tok
Biji biji congklak dimasukkan dalam lubang
Biji congklak berupa kerang kerang kecil
Lubang tempat biji congklak berupa cekungan pada papan
Siapa yang memasukkan paling banyak biji congklak dalam lubang miliknya dialah pemenangnya
Ayo Berlatih
Buatlah sebuah kalimat berdasarkan kata di bawah ini
Contoh :
( bermain )
Bela dan sepupu bermain di halaman
(catur dan congklak )
Anak anak bermain catur dan congklak
1. ( bermain )
…………………………………………………………….
2. ( di halaman )
…………………………………………………………….
3. ( balap karung )
…………………………………………………………….
4. ( lomba )
…………………………………………………………….
Ayo Berlatih
Lani dan adiknya sedang mengukur panjang benda
Alat yang digunakan adalah korek api
Korek api dapat digunakan untuk mengukur panjang benda
Carilah alat ukur panjang sederhana lainnya, seperyi yang digunakan Lani
Sekarang lakukan pengukuran panjang dengan alat sederhanamu di kelas
1. Apakah alat sederhana yang kamu gunakan tepat untuk mengukur panjang benda?
2. Adakah cara lain untuk mengukur panjang benda?
0 komentar:
Posting Komentar