Kamis, 16 Januari 2025


   
Kamis , 16 Januari 2025

KELAS VB 

GURU KELAS : Fuji lestari,S.Pd.

Good morning everyone...

How are you students? 

Hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. 

Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. 

Apa kabar sholih sholiha kelas VB, semoga selalu dalam lindungan Allah SWT, Alhamdulillah kita dapat bertemu kembali di tahun baru 2025, semoga sholih sholiha selalu bersemangat dalam beraktifitas. 

Ditahun baru ini semoga apa yang sholih  sholiha harapkan dapat terwujud dan kita selalu istiqomah dalam menjalankan ibadah. 

Baiklah sholiha sholiha sebelum kita masuk ke materi pembelajaran kita akan tepuk 7 kebiasan anak Indonesia hebat selanjut nya ibu guru  akan mengulang kembali materi kemarin. 


Mapel : Pendidikan Pancasila 
Tujuan pembelajaran : peserta didik dapat mengenal keragaman budaya daerah di Indonesia dan menampilkan salah satu pertunjukan seni daetah masing- masing 
Media pembelajaran : Ppt, video keberagaman Indonesia, buku pendisikan Pancasila 
Metode pembelajaran : diskusi kelompok, presentasi. 
Kebetagaman tari tarian di Indonesia 
Tari Waloke dari NTT
Ayo berdiskusi 
1. Apa saja budaya daerah Indonesia yang sudah kalian tahu? 
2. Mengapa ada pertunjukan seni budaya di daerah kita? 
3. Bagaimana cara menjaga kelestarian budaya daerah kita? 

Quiz tebak budaya 
Pentas Seni di sekolah 

Kali ini kamu akan diajak membaca sebuah teks berjudul 'Pentas Seni di Sekolah' di Buku materi Pendidikan Pancasila untuk Kelas 5 SD halaman 106-107.

Yap, pentas seni ini adalah bentuk perayaan hari kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Yamid dan teman-temannya harus mempersiapkan pentas seni budaya di sekolah dan untuk itu mereka bermusyawarah bersama

Kadir bertanya pada teman-temannya pentas apa yang akan mereka tampilkan nanti.

Atu mengusulkan bahwa mereka sebaiknya menyanyi dan usul itu disetujui oleh Ona.

Ona menambahkan ide untuk membawakan medley lagu-lagu daerah Indonesia.

Yamid lalu menyetujui ide itu juga dan menambahkan ide supaya mereka menggunakan pakaian tradisional dan peragaan busana sebelum menyanyi.

Daniel mengusulkan diri untuk main musik saja karena dia sadar dia enggak pintar bernyanyi.

Aisyah bertanya kapan mulai latihan, dan Kadir bilang latihan akan dimulai besok setelah dia selesai menyiapkan daftar lagunya.

Anak-anak kelas 5 SD akan mulai latihan bernyanyi lagu medley.

Lagu-lagu medley yang dipersiapkan untuk pentas seni: Sipatokaan, Potong Bebek Angsa, Rasa Sayange, dan Ampar-Ampar Pisang.

Sedangkan Daniel sudah siap dengan sasandonya, dan mereka semua bisa latihan bersama-sama setiap istirahat makan siang.

Ketika hari pentas tiba, Yamid dan teman-teman anak kelas 5 melakukan gladi bersih untuk pentas besok hari.

Namun, kejadian yang enggak diharapkan terjadi, Aisyah jatuh dan luka.

Karena inilah, Aisyah berpikir dia enggak akan bisa pentas karena sulit untuk berdiri dan bergerak menari bersama yang lain.

Teman yang lain lalu membujuk supaya Aisyah tetap ikut dan menagajak Aisyah tetap ikut bernyanyi sambil duduk bersama dengan Daniel. Aisyah lalu setuju dengan usulan itu.

Ketika Pentas, Atu, Yamid, Ona, Daniel, juga Kadir melakukan peragaan busana sambil memperkenalkan Aisyah yang duduk-duduk saja di kursi.

Daniel yang duduk juga ikut bermain alat musik Sasando.

Daniel lalu memainkan musik dan yang lain bernyanyi dan menari dengan riang.

Aisyah juga berinteraksi dengan Daniel dan penonton pentas, semuanya terlihat senang dan bersemangat.

Selanjutnya kamu diminta menjawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini, nih.

Pertanyaan

1. Pentas apa yang dilakukan Yamid dan teman-temannya untuk perayaan 17 Agustus?


2. Sebutkan dua lagu daerah yang mereka nyanyikan!


3. Apa yang terjadi saat gladi bersih?


4. Bagaimana perasaan Yamid dan kawan-kawan saat pentas?


5. Sikap apa saja yang kalian pelajari dari cerita di atas?

Mapel : Ipas 

Tujuan pembelajaran : peserta didik dapat menggambar peta beserta bagian2 dengan tepat. 

Media pembelaran : buku Atlas, buku cetak Ipas, gambar Peta 

Metode pembelajaran : Praktek membuat gambar Peta 

Gambar peta Indonesia 


Tugas : peserta didik membuat gambar peta secara langsung di buku gambar dengan detail 

Mapel : Seni Rupa
Tujuan pembelajaran : Peserta didik dapat mempraktikan Media dan tehnik menggambar Ekspresif. 
Media pembelajarsn : Contoh gambar Ekspresif, video cara membuat gambar ekspresif, buku cetak Seni Rupa 
Metode pembelajaran : praktek langsung menggambar 

Menggambar Ekspresif dengan Prinsip Keseimbangan 
Menggambar ekspresi disebut juga dengan menggambar bebas bebas di sini dapat diartikan bebas berimajinasi dan bebas bereksperimen dalam rangka membuat sebuah gambar yang memiliki keindahan dalam menggambar ekspresif dapat menggunakan berbagai macam media dan teknik. 
1. Teknik menggambar ekspresif
Ada beberapa cara dalam menggambar ekspresif berikut beberapa teknik yang dapat digunakan dalam menggambar ekspresif
A. Penggambaran objek dalam menggambar ekspresif kita tidak harus menggambarkan objek yang kamu gambar secara tepat dan apa adanya karena menggambar ekspresif tergantung kepada sudut pandang masing-masing orang dalam menggambar objek yang dilihatnya contohnya adalah menggambar ekspresif dengan objek pohon dalam menggambarnya tidak harus dengan daun yang berwarna hijau demikian pula dalam menggambar gunung tidak harus berwarna biru atau saat menggambar wajah manusia tidak harus mirip seperti potret atau foto .
contoh gambar ekspresi pohon
B. Menekankan unsur spontanitas menggambar ekspresif memerlukan unsur spontanitas Hal ini karena dalam menggambar ekspresif kita bebas berekspresi dengan bentuk dan warna yang digunakan pada tahapan tertentu dalam menggambar ekspresif kita juga dapat menangkap suasana objek secara spontan. 
C. Berekspresi dengan garis dan warna garis dan warna menjadi salah satu unsur penting dalam menggambar ekspresif kita dapat menggambar secara spontan dengan menggoreskan garis dan warna berdasar suasana dan ungkapan ekspresif berekspresi dengan warna dan garis secara bebas tanpa harus sesuai dengan warna dan bentuk benda aslinya. 
D. Media menggambar atau melukis media menggambar ekspresif
 terdiri dari alat dan bahan yang digunakan dalam menggambar media menggambar ekspresif tidak terbatas tanpa tanpa saja media lain seperti sepatu kanvas tas kanvas karton kertas Diamond kertas linen kertas khusus cat air kertas duplex kertas dalam triplek harbot dan bidang datar lainnya pun dapat digunakan sementara alat yang digunakan diantara seperti beragam jenis pensil pensil warna spidol cat air cat akrilik dan lain-lain
 contoh gambar 5 14 media menggambar

2. Media menggambar ekspresif
 proses menggambar ekspresif seperti halnya melukis yang lainnya sedangkan objek menggambarnya sangat tidak terbatas mulai dari fenomena alam lingkungan sekitar peristiwa penting ataupun dari khayalan imajinasi gambar ekspresif dapat digunakan untuk menggambarkan suatu kejadian menarik imajinasi tertentu atau juga dengan melihat objek secara langsung

a  membuat sketsa
Menggambar sketsa ekspresif diawali dengan membuat sketsa apabila mengamati objek secara langsung sebaiknya cermati secara seksama objek tersebut dan mencari sudut pandang yang dianggap menarik dalam pembuatan sketsa dapat menambahkan objek tertentu yang dianggap perlu atau bahkan menghilangkan objek yang tidak dianggap penting terapkan pula prinsip keseimbangan pada gambarmu agar hasilnya bagus dan enak dilihat gunakan pensil untuk membuat sketsa
b. Membuat warna pada objek proses mewarnai pada menggambar ekspresif dapat dilakukan secara bebas warna yang digunakan tidak harus sesuai dengan warna objek dalam mewarnai lebih ditekankan pada keinginan orang yang menggambar karena warna-warna tertentu dapat memberi arti khusus pemberian warna sebaiknya diawali pada objek-objek yang tampak menonjol terlebih dahulu dilanjutkan mewarnai pada objek-objek pendukungnya Kemudian pada latar belakangnya. 
c. Memberi warna pada latar belakang pemberian warna pada latar belakang dapat dipilih dari sebagian warna-warna objek dan juga dapat ditambah dengan warna-warna yang selaras Atau sejenis dengan warna objeknya Namun demikian juga perlu adanya penekanan warna pada bagian-bagian tertentu
d. Penyelesaian akhir penyelesaian akhir pada gambar ekspresif dapat dilakukan dengan memberikan bingkai pada gambar ekspresif yang telah jadi pigura ini dapat berupa pigura kertas atau pigura kaca sesuai kebutuhan
Gambar 5.15 langkah menggambar
 ekspresif dengan prinsip keseimbangan
Refleksi kegiatan hari ini Alhamdulillah peserta didik selalu semangat dalam kegiatan belajar, peserta didik melakukan diskusi bersama teman sebangku tentang keberagamaan budaya Indonesia dengan menjawab beberapa pertanyaan yg disajikan dilayar monitor. 
Diskusi berjalan dengan lancar. 
Untuk materi Ipas peserta didik membuat gambar peta secara mandiri, setelah selesai peserta didik melanjutkan materi Seni Rupa dengan mendengarkan penjelasan guru tebtang gambar ekspresif setelah itu peserta didik mengerjakan latihan soal mengenai gambar ekspresif. Alhmdulillah peserta didik mendapatkan nilai yang baik. 
Berikut ini dokumebtasi kegiatan hari ini 

0 komentar:

Posting Komentar