Selasa, 05 November 2024




   

KELAS VB

GURU KELAS : Fuji lestari,S.Pd.

Tabik pun Selamat pagi sholih sholiha ibu guru kelas VB

Semoga sholih sholiha dalam keadaan sehat walafiat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. 

Sebelum belajar kita mendengarkan tausyiah terlebih dahulu, dilanjutkan menyanyikan lagu wajib nasional mars al- Azhar lampung, sholat dhuha dan murajaah surat- surat pendek. 

Baiklah sholih sholiha, sebelum Ibu menjelaskan materi hari ini, ibu akan menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini 

Tujuan Pembelajaran

  1. Memahami Konsep Musyawarah
    Siswa dapat menjelaskan pengertian musyawarah dan tujuannya dalam pengambilan keputusan.

  2. Mengidentifikasi Proses Musyawarah
    Siswa dapat menggambarkan langkah-langkah yang terlibat dalam proses musyawarah.

  3. Menerapkan Keterampilan Musyawarah
    Siswa dapat berpartisipasi aktif dalam musyawarah dan menunjukkan kemampuan bernegosiasi serta mendengarkan pendapat orang lain.

  4. Menilai Manfaat Musyawarah
    Siswa dapat menjelaskan manfaat musyawarah dalam berbagai konteks, seperti di lingkungan sekolah atau masyarakat.

Media Pembelajaran

  1. Poster atau Papan Tulisan
    Menggunakan poster yang menjelaskan langkah-langkah dan prinsip-prinsip musyawarah.

  2. Video atau Film Pendek
    Menayangkan video yang menggambarkan proses musyawarah yang efektif dan manfaatnya.

Metode Pembelajaran

  1. Ceramah
    Menyampaikan penjelasan mengenai musyawarah, termasuk definisi, tujuan, dan prosesnya.

  2. Diskusi Kelas
    Mengadakan diskusi terbuka tentang pengalaman siswa dengan musyawarah dan pentingnya dalam kehidupan sehari-hari.

Musyawarah: Jantung Demokrasi Kita

Apa itu MusyaLatihan Swarah?

Musyawarah adalah cara kita berdiskusi dan mengambil keputusan bersama. Dalam musyawarah, setiap orang punya kesempatan untuk menyampaikan pendapatnya. Tujuannya adalah mencari solusi terbaik yang bisa diterima oleh semua pihak.

Kenapa Musyawarah Penting?

  • Menghasilkan keputusan yang lebih baik: Karena keputusan diambil berdasarkan pertimbangan dari berbagai sudut pandang.
  • Menumbuhkan rasa persatuan: Karena semua pihak merasa dihargai dan terlibat dalam pengambilan keputusan.
  • Melatih kita untuk menghargai perbedaan pendapat: Kita belajar untuk menerima pendapat orang lain yang berbeda dengan kita.
  • Mengajarkan kita untuk bekerja sama: Musyawarah mengajarkan kita untuk mencapai tujuan bersama

Langkah-langkah Musyawarah:

  1. Menentukan masalah: Masalah apa yang akan dibahas?
  2. Menentukan tujuan: Apa yang ingin dicapai dari musyawarah?
  3. Mengumpulkan informasi: Kumpulkan informasi yang relevan dengan masalah yang dibahas.
  4. Menyampaikan pendapat: Setiap orang bergantian menyampaikan pendapatnya.
  5. Menganalisis pendapat: Bandingkan dan timbang semua pendapat yang ada.
  6. Mengambil keputusan: Ambil keputusan bersama yang paling baik.
  7. Menindaklanjuti keputusan: Pastikan keputusan yang diambil dilaksanakan.

Contoh Musyawarah dalam Kehidupan Sehari-hari:

  • Memutuskan menu makanan saat berkumpul keluarga
  • Memilih ketua kelas
  • Memutuskan tempat piknik bersama teman-teman
Nilai-nilai Pancasila dalam Musyawarah:
  • Ketuhanan Yang Maha Esa: Kita berdoa sebelum musyawarah agar diberi petunjuk dalam mengambil keputusan.
  • Kemanusiaan yang Adil dan Beradab: Kita saling menghargai pendapat dan tidak memaksakan kehendak.
  • Persatuan Indonesia: Kita bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.
  • Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan: Kita mengambil keputusan berdasarkan musyawarah untuk kepentingan bersama.
  • Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia: Keputusan yang diambil harus adil dan merata untuk semua pihak.

Manfaat Mempelajari Musyawarah:

  • Membentuk karakter: Menjadi pribadi yang demokratis, menghargai perbedaan, dan bertanggung jawab.
  • Menyiapkan diri menjadi warga negara yang baik: Mampu berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
Latihan soal 
Berikut adalah lima latihan soal mengenai musyawarah:

1. **Pengertian Musyawarah**  
   Apa yang dimaksud dengan musyawarah? Jelaskan tujuan utama dari musyawarah dalam pengambilan keputusan.

2. **Langkah-Langkah Musyawarah**  
   Sebutkan dan jelaskan langkah-langkah yang harus dilakukan dalam proses musyawarah!

3. **Manfaat Musyawarah**  
   Diskusikan tiga manfaat dari musyawarah dalam kehidupan sehari-hari dan berikan contoh konkret.

4. **Peran Anggota Musyawarah**  
   Apa peran masing-masing anggota dalam musyawarah? Jelaskan bagaimana setiap anggota dapat berkontribusi secara efektif.

5. **Studi Kasus Musyawarah**  
   Di sebuah komunitas, anggota ingin menentukan lokasi kegiatan. Buatlah skenario musyawarah yang mencakup pembukaan, diskusi, dan kesimpulan, serta bagaimana konflik dapat diatasi.

Semoga latihan ini bermanfaat!

Mata pelajaran Ipas
Tujuan pembelajaran :

Tujuan Pembelajaran

  1. Memahami Struktur dan Fungsi
    Siswa dapat mengidentifikasi dan menjelaskan struktur serta fungsi masing-masing organ pencernaan.

  2. Menjelaskan Proses Pencernaan
    Siswa dapat menjelaskan proses pencernaan makanan secara keseluruhan, dari mulut hingga usus besar.

Media Pembelajaran

  1. Poster atau Gambar
    Gambar organ pencernaan beserta fungsinya yang dipasang di kelas.

  2. Model 3D Organ Pencernaan
    Model fisik atau digital dari sistem pencernaan untuk memperlihatkan posisi dan hubungan antar organ

Metode Pembelajaran

  1. Ceramah
    Menyampaikan informasi dasar tentang organ pencernaan dan fungsinya secara langsung.

  2. Diskusi Kelompok
    Membagi siswa ke dalam kelompok untuk mendiskusikan peran organ pencernaan tertentu dan saling berbagi informasi.


Berikut adalah materi tentang organ pencernaan makanan:


 1. **Mulut**
   - **Fungsi:** Tempat masuknya makanan. Gigi memecah makanan, sementara lidah membantu mencampur makanan dengan air liur.
   - **Enzim:** Amilase saliva yang mulai mencerna karbohidrat.

 2. **Kerongkongan (Esofagus)**
   - **Fungsi:** Saluran yang menghubungkan mulut dengan lambung. Makanan bergerak melalui peristaltik.

 3. Lambung**
   - **Fungsi:** Mencerna makanan lebih lanjut dengan asam lambung dan enzim. Makanan dicampur menjadi chyme.
   - **Enzim:** Pepsin yang mencerna protein.

 4. Usus Halus**
   - **Fungsi:** Tempat sebagian besar pencernaan dan penyerapan nutrisi terjadi. Terdiri dari duodenum, jejunum, dan ileum.
   - **Enzim:** Enzim dari pankreas dan empedu dari hati membantu mencerna lemak, karbohidrat, dan protein.

5. **Usus Besar**
   - **Fungsi:** Menyerap air dan garam dari sisa makanan. Membangun dan menyimpan feses sebelum dikeluarkan.
   - **Bagian:** Caecum, kolon, dan rektum.

6. **Hati**
   - **Fungsi:** Menghasilkan empedu yang membantu pencernaan lemak. Juga berperan dalam metabolisme dan detoksifikasi.

7. **Pankreas**
   - **Fungsi:** Menghasilkan enzim pencernaan dan hormon insulin. Enzim pankreas membantu mencerna semua jenis nutrisi.

 8. **Kelenjar Ludah**
   - **Fungsi:** Menghasilkan air liur yang mengandung enzim untuk memulai pencernaan karbohidrat.

Materi ini memberikan gambaran menyeluruh tentang organ-organ yang terlibat dalam sistem pencernaan makanan dan fungsi masing-masing.

Mapel Matematika 
Latihan soal 

Contoh soal pembagian pecahan SD essay dan kunci jawabannya

1. 15/4 x 1/8 : 33/16 =....

Kunci jawaban: 15/4 x 1/8 : 33/16, kalau pembagi bilangan pecahannya dibalik

                         = 15/4 x 1/8 x 16/33

                         = 240/1.056 disederhanakan menjadi 5/22

Jadi, hasilnya adalah 5/22

 

2. Hasil dari 1/3 x 1/9 : 8/45 adalah...

Kunci jawaban: 1/3 x 1/9 : 8/45, kalau pembagi bilangan pecahannya dibalik

                        = 1/3 x 1/9 x 45/8

                        = 45/216 disederhanakan menjadi 5/24

 

3. Hasil dari 16/15 : 1/3 adalah

Kunci jawaban: 16/15 : 1/3, kalau pembagi bilangan pecahannya dibalik

                         = 16/15 x 3/1

                         = 48/15 disederhanakan menjadi 16/5

Jadi, hasilnya adalah 16/5

Hasil dari 3/4 x 13/6 : 0,125 adalah.....

Kunci jawaban: 3/4 x 13/6 : 125/1.000, kalau pembagi bilangan pecahannya dibalik

                         = 3/4 x 13/6 x 1.000/125

                         = 39.000/3.000 = 13

Jadi, hasilnya adalah 13

 

5. Hasil dari 1,6 x 3/8 : 9/4 adalah....

Kunci jawaban: 16/10 x 3/8 : 9/4, kalau pembagi bilangan pecahannya dibalik

                        = 16/10 x 3/8 x 4/9

                        = 192/720 disederhanakan menjadi 4/15

Jadi, hasilnya adalah 4/15

Refleksi kegiatan hari ini alhamdulillah peserta didik sebagian besar sudah memahami materi musyawarah, peredaran darah dan latihan soal perkalian pecahan. 

Berikut dokumentasi kegiatan hari ini 


 

0 komentar:

Posting Komentar