Kamis , 07 November 2024



   

KELAS VB

Tabik pun Selamat pagi sholih sholiha ibu guru kelas VB

Semoga sholih sholiha dalam keadaan sehat walafiat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. 

Sebelum belajar kita mendengarkan tausyiah terlebih dahulu, dilanjutkan menyanyikan lagu wajib nasional mars al- Azhar lampung, sholat dhuha dan murajaah surat- surat pendek. 

Baiklah sholih sholiha, sebelum Ibu menjelaskan materi hari ini, ibu akan menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini :

Mata pelajaran pendidikan pancasila 

Tujuan pembelajatan :Peserta didik dapat mengerjakan latihan latihan soal dengan benar

Media pembelsjarsn : PPT, soal- soal latihan, buku cetak p. Pancasila

Metode : tanya jawab, diskusi 

Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar !
1. Tanggal 1 Juni 1945 diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila, Penetapan ini didasarkan pada sejarah ketika Presiden Soekarno melakukan pidato yang menyampaikan konsep dasar Pancasila
dalam sidang ....
a. PPKI
b. BPUPKI
c. Piagam Jakarta
d. Kemerdekaan

2. Bunyi Pancasila yang disebutkan oleh Ir. Soekarno dalam pidato tanggal 1 Juni 1945 adalah ….
a. Perikebangsaan, Perikemanusiaan, Periketuhanan, Perikerakyatan, Kesejahteraan rakyat
b. Perikebangsaan, Perikemanusiaan, Periketuhanan, Internasionalisme atau perikemanusiaan
Demokrasi, Keadilan
c. Kebangsaan, Internasionalisme atau perikemanusiaan, Perikerakyatan, Kesejahteraan
rakyat, Perikebangsaan
d. Kebangsaan, Internasionalisme atau perikemanusiaan, Demokrasi, Keadilan sosial, Ketuhanan
Yang Maha Esa
3. Pancasila disahkah dalam sidang PPKI pada tanggal ....
a. 15 Agustus 1945
b. 16 Agustus 1945
c. 17 Agustus 1945
d. 18 Agustus 1945

4. Perhatikan nama-nama tokoh berikut ini!
(1) Soekarno
(2) Mohammad Hatta
(3) Mr. A.A. Maramis
(4) Bung Tomo
(5) Abikoesno Tjokrosoejoso
(6) Abdul Kahar Muzakir
(7) Agus Salim
(8) Achmad Soebardjo
(9) Wahid Hasjim
(10) Mohammad Yamin.
Tokoh yang termasuk dalam Panitia Sembilan ditandai dengan nomor ….
a. (1), (2), (3), (4)
b. (3), (4), (5), (6)
c. (4), (5), (7), (8)
d. (7), (8), (9), (10)
Bunyi sila yang dilambangkan oleh gambar di bawah ini adalah ....

Contoh Soal PTS/STS 1 Pendidikan Pancasila Kelas 5 Kurikulum Merdeka Gambar 1

a. Ketuhanan Yang Maha Esa
b. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
c. Persatuan Indonesia
d. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia
6. Pengambilan keputusan harus dilakukan secara bersama-sama dengan tujuan yang sama demi kebaikan bersama. Pernyataan tersebut merupakan perwujudan nilai-nilai Pancasila yang menjadi dasar dari pengambilan keputusan, yaitu nilai ....
a. lapang dada
b. berjiwa besar
c. kebersamaan
d. kebebasan mengemukakan pendapat

7. Indonesia memiliki kekayaan berupa keberagaman. Namun, Indonesia tetap memiliki semangat persatuan yang tercermin dalam semboyan negara kita, yaitu ....
a. Pancasila
b. Persatuan Indonesia
c. UUD 1945
d. Bhinneka Tunggal Ika

8. Nilai-nilai keadilan tercermin dalam Pancasila sila ....
a. kedua
b. ketiga
c. keempat
d. kelima
9. Perhatikan gambar berikut ini !

Contoh Soal PTS/STS 1 Pendidikan Pancasila Kelas 5 Kurikulum Merdeka Gambar 2

Kegiatan anak pada gambar merupakan penerapan nilai-nilai Pancasila di lingkungan ....
a. rumah
b. sekolah
c. kelas
d. masyarakat

10. Indonesia memiliki keberagaman dalam berbagai aspek. Berikut ini yang tidak termasuk bentuk-bentuk keberagaman yang ada di Indonesia adalah ....
a. bahasa nasional
b. agama
c. suku
d. rumah adat
II. Isilah titik-titik berikut dengan jawaban yang benar !
1. Panitia Sembilan menghasilkan rumusan Dasar Negara yang dikenal dengan ………………………..
2. Bunyi sila yang dilambangkan pohon beringin adalah …………………………………………………….
3. Pancasila juga berperan sebagai dasar dan ideologi negara sekaligus filosofis berbangsa dan bernegara. Karena itulah, setiap peraturan perundang-undangan tidak boleh bertentangan dengan ….
4. Sila ketiga Pancasila mengandung nilai …………………………………………………………………….
5. Bangsa Indonesia dikenal dengan budaya gotong royong dalam melakukan berbagai hal. Gotong royong merupakan penerapan sila ……………………………………………………………………………...
6. Sikap dan tindakan masyarakat Indonesia harus senantiasa mencerminkan nilai-nilai Pancasila
Karena ……………………………………………………………………………………………………………...
7. Aktivitas bekerja sama, tolong-menolong, dan bantu-membantu disebut ……………………………….
8. Suasana saling pengertian antara sesama manusia, baik secara individu maupun kelompok,
tanpa terhalang perbedaan suku bangsa, budaya, atau agama disebut …………………………………...
9. Satu di antara fungsi keluarga adalah mengenalkan anak pada nilai-nilai pengetahuan dan
menanamkan nilai-nilai keagamaan. Hal ini disebut fungsi ………………………………………………….
10. Tradisi Marakka' Bola merupakan bentuk penerapan perilaku gotong royong memindahkan rumah yang dilakukan oleh ………………………………………………………………………………………………


Alat Peredaran Darah Manusia 

Tujuan Pembelajaran : Mengenal organ-organ penyusun sistem peredaran darah dan fungsinya masing-masing

Media Pembelajaran : Torso Organ tubuh manusia

Alat peredaran manusia terdiri dari jantung dan pembuluh darah. Untuk mengetahui lebih jelas, mari simak pembahahasannya di bawah ini .

 

1. Jantung

Jantung merupakan pusat sistem peredaran darah yang berfungsi sebagai alat pemompa darah ke seluruh tubuh. Jantung manusia terletak di dalam rongga dada agak ke kiri. Berat jantung orang dewasa kira-kira 300 gram. Jantung tersusun atas kumpulan otot-otot yang sangat kuat disebut miokardia. Jantung dibungkus selaput perikardium agar kuat.                               

Jantung sebagai pusat peredaran darah

Jantung manusia dibagi menjadi 4 ruangan yaitu :

1. Serambi kanan

Serambi kiri menampung darah yang kaya oksigen yang berasal dari paru-paru. Bilik kiri memompa darah ke seluruh tubuh.

3. Bilik kanan

Bilik kanan memompa darah ke paru-paru

4. Bilik kiri

Bilik kiri memompa darh ke seluruh tubuh.

Cara kerja jantung

Bilik kiri memompa darh ke seluruh tubuh.

Cara kerja jantung

Serambi mengembang, darah dari vena (pembuluh balik) masuk serambi, serambi menguncup, bilik mengembang, darah dari serambi masuk bilik dan bilik menguncup, darah tidak dapat kembali karena ada klep.

Ketika sedang beristirahat, jantung berdetak sebanyak 60-80 kali setiap menit. Detak jantung mampu memompa darah sebanyak 60cc. Ketika sedang marah atau olahraga, denyut jantung meningkat. Olahraga dapat meningkatkan denyut jantung hingga 200 kali.

2. Pembuluh darah

Pembuluh darah adalah saluran yang berfungsi sebagai tempat mengalirnya darah dari seluruh tubuh menuju jantung atau sebaliknya.

Berdasarkan aliran darah, pembuluh darah dibedakan menjadi 2 yaitu :

a. Pembuluh nadi atau arteri

Pembuluh nadi atau arteri adalah pembuluh darah yang mengalirkan darah keluar jantung.

 Berdasarkan ukurannya, pembuluh darah nadi dibedakan menjadi ada 3 yaitu :

1. Aorta

Aorta adalah pembuluh nadi terbesar dalam tubuh yang keluar dari ventrikel jantung dan membawa banyak oksigen.

2. Arteriol

Arteriol adalah pembuluh nadi terkecil yang berhubungan dengan pembuluh kapiler.

3. Pembuluh kapiler

Pembuluh ini bukan pembuluh nadi sesungguhnya. Di sinilah terjadinya pertukaran zat yang menjadi fungsi utama sistem sirkulasi. Pembuluh kapiler adalah pembuluh yang menghubungkan cabang-cabang pembuluh nadi dan cabang-cabang pembuluh balik yang terkecil dengan sel-sel tubuh. Pembuluh nadi dan pembuluh balik itu bercabang-cabang, dan ukuran cabang-cabang pembuluh itu semakin jauh dari jantung semakin kecil. Pembuluh kapiler sangat halus dan berdinding tipis.

b. Pembuluh balik atau vena

Adalah pembuluh darah yang mengalirkan darah menuju jantung). Pembuluh vena terbesar yaitu venula dan ukuran vena terkecil adalah vena cava.

Perbedaan pembuluh nadi dan pembuluh balik

Latihan Soal

1. Organ utama yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh adalah...

2. Pembuluh darah yang membawa darah kaya oksigen dari jantung ke seluruh tubuh adalah...

3. Peredaran darah yang membawa darah dari jantung ke paru-paru dan kembali ke jantung disebut...

4. Komponen darah yang berfungsi mengangkut oksigen ke seluruh tubuh adalah...

5. Proses pembekuan darah bertujuan untuk...

Penyakit yang disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah koroner adalah...

7. Faktor yang dapat meningkatkan tekanan darah adalah..

8. Fungsi dari katup jantung adalah...

9. Perbedaan utama antara arteri dan vena adalah.

10. Jelaskan proses peredaran darah besar secara singkat

Mapel seni rupa 

Tujuan pembelajaran :Peserta didik dapat menjawab soal latihan dengan baik dan  benar

Media :  soal - soal latihan, buku cetak

Metode : praktek langsung 

Refleksi kegiatan hari ini alhamdulillah peserta didik dapat menjawab latihan-latihan soal pendidikan pancasila dengan benar, peserta didik mulai memahami alur peredaran darah pada manusia dengan baik

Berikut dokumentasi kegiatsn hari ini 

0 komentar:

Posting Komentar