KELAS VB
GURU KELAS : Fuji lestari,S.Pd.
Good morning everyone...
How are you students?
Hopefully we're healthy and always in the protection of Allah.
Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah.
Apa kabar sholih sholiha kelas VB, semoga selalu dalam lindungan Allah SWT, Alhamdulillah kita dapat bertemu kembali di tahun baru 2025, semoga sholih sholiha selalu bersemangat dalam beraktifitas.
Ditahun baru ini semoga apa yang sholih sholiha harapkan dapat terwujud dan kita selalu istiqomah dalam menjalankan ibadah.
Baiklah sholiha sholiha sebelum kita masuk ke materi pembelajaranmari kita bermain tepuk tepuk. Tepuk konsentrasi selanjutnta ibu guru akan mengulang kembali materi hari kemarin.
- PENDIDIKAN PANCASILA
1. Mengenali Diri Sendiri dan Lingkunganku
Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan bangsa dapat dijadikan sebagai pedoman untuk hidup berdampingan dengan berbagai perbedaan yang ada meliputi perbedaan suku, agama, ras dan antargolongan.
Berbagai macam perbedaan yang ada di lingkungan masyarakat dapat kita jumpai dengan mudah seperti adanya perbedaan ciri fisik, agama, pendapat, hobi maupun kebiasaan hidu sehari-hari.
Berikut beberapa suku bangsa di sebagian provinsi sesuai dengan persebaran suku bangsa pada peta yang tersedia.
1. Sumatera Utara: Suku Bangsa: Batak Toba, Batak Karo, Mandailing, Nias, Melayu
2. Sumatera Selatan: Suku Bangsa: Ogan, Komering, Lematang, Kayu Agung
3. Kepulauan Riau: Suku Bangsa: Melayu, Orang Laut
4. Lampung: Suku Bangsa : Lampung
5. Kalimantan Barat: Suku Bangsa: Dayak Kanayatn, Dayak Ot Danum
6. Kalimantan Selatan: Suku Bangsa: Banjar, Dayak Maanyan, Dayak Bakumpai
7. Kalimantan Utara: Suku Bangsa: Tidung, Bulungan, Dayak Kenyah, Dayak Lundayeh
8. Jawa Tengah: Suku Bangsa: Jawa
9. Jawa Timur: Suku Bangsa: Jawa, Madura, Osing, Tengger, Bawean
10. Nusa Tenggara Barat: Suku Bangsa: Sasak, Bima (Mbojo), Sumbawa
11. Nusa Tenggara Timur: Suku Bangsa: Alor, Rote, Manggarai, Dawan, Tewa, Sumba
12. Gorontalo: Suku Bangsa: Gorontalo, Polahi
13. Sulawesi Selatan: Suku Bangsa: Makassar, Bugis, Toraja
14. Maluku: Suku Bangsa: Kei, Bacan, Buru, Alifuru, Aru, Tanimbar, Balakeu
15. Maluku Utara: Suku Bangsa: Ternate, Bacan, Buli, Patani, Sawai, Tobelo
16. Papua Barat: Suku Bangsa: Daya Moi, Maibrat, Tehit, Maya, Alkuki, Birau
17. Papua Tengah: Suku Bangsa: Mee, Kamoro, Damal, Kewete, Wolani, Dem
Wolani, Dem
2. Keberagaman sebagai Anugrah
Keberagaman yang dimiliki bangsa Indonesia meliputi berbagai aspek dalam kehidupan bermasyarakat antara lain perbedaan suku, agama, ras dan antargolongan. Suku merupakan sekelompok manusia yang memiliki kesamaan norma, identitas dan ciri khas.
Sedangkan agama adalah sarana yang dipakai umat manusia sejak lama untuk menjalankan nilai-nilai Ketuhanan yang diyakini. Adapun ras merupakan sekumpulan manusia yang memiliki kesamaan ciri fisik secara alamiah. Golongan dan lapisan sosial terdiri dari beragam perbedaan profesi, kelas sosial dan tingkat kesejahteraan.
Berikut beberapa bahasa daerah yang dipakai oleh suku-suku bangsa dari beberapa provinsi di Indonesia sesuai dengan persebaran suku bangsa pada peta yang tersedia.
1. Sumatera Utara: Bahasa Daerah: Batak, Nias, Melayu
2. Sumatera Selatan: Bahasa Daerah: Ogan, Komering, Lematang, Kayu Agung
3. Kepulauan Riau: Bahasa Daerah: Melayu
4. Lampung: Bahasa Daerah: Lampung
5. Kalimantan Barat: Bahasa Daerah: Kayaan, Ot Danum
6. Kalimantan Selatan: Bahasa Daerah: Banjar, Maanyan, Bakumpai
7. Kalimantan Utara: Bahasa Daerah: Tidung, Bulungan, Kenyah, Lundayeh
8. Jawa Tengah: Bahasa Daerah: Jawa
9. Jawa Timur: Bahasa Daerah: Jawa, Madura
10. Nusa Tenggara Barat: Bahasa Daerah: Sasak, Bima, Sumbawa
11. Nusa Tenggara Timur: Bahasa Daerah: Alor, Rote, Manggarai, Dawan, Tewa, Sumba Barat
12. Gorontalo: Bahasa Daerah : Gorontalo
13. Sulawesi Selatan: Bahasa Daerah: Makassar, Bugis, Toraja
14. Maluku: Bahasa Daerah: Kei, Bacan, Buru, Leinam, Barakai, Dawelor, Balkewan
15. Maluku Utara: Bahasa Daerah: Ternate, Bacan, Buli, Patani, Sawai, Tobelo
16. Papua Barat: Bahasa Daerah: Daya Moi Sigin, Maibrat, Tehit, Maya, Kokoda, Inanwatan
17. Papua Tengah: Bahasa Daerah: Ekari (Mee), Kamoro, Damal, Keuw, Wolani, Dem
3. Keberagaman sebagai Kekuatan
Perbedaan yang hadir dalam kemajemukan masyarakat Indonesia tidak seharusnya menjadi penghalang bagi kita untuk bekerja sama dengan seluruh komponen bangsa, mengingat hal itu merupakan sebuah kebutuhan sebagai manusia. Kita tidak dapat hiduo tanpa orang lain,kesadaran akan hal itulah yang membuat diri kita untuk terus berupaya menjaga hubungan baik dengan sesama apa pun latar belakang dan perbedaan yang dimiliki.
4. Menghargai Keberagaman di Lingkungan Sekitar
Upaya menghargai keberagaman meliputi perilaku toleransi antar perbedaan yang ada di masyarakat untuk menjalin kehidupan bermasyarakat yang harmonis untuk saling melengkapi dalam mewujudkan cita-cita bangsa. Unsur yang harus dimiliki untuk mendukung terciptanya keberagaman antara lain :
a. Kompetensi
b. Institusi
c. Identitas
d. Emosi
Latihan soal :
1. Sikap yang baik terhadap keragaman budaya yang ada di dalam masyarakat adalah...
A. Ikut melestarikan budaya yang ada
B. Tidak senang melihat pertunjukan acara adat
C. Membeda-bedakan antar budaya
D. Menentang kebudayaan dariorang lain.
Jawaban: A
2. Cara melestarikan budaya bangsa kecuali...
A. Mempelajari Kesenian Daerah Lain
B. Mempunyai sikap mau menerima keragaman suku bangsa dan budaya yang ada di masyarakat
C. Mengembangkan Budaya Daerah Sendiri
D. Mementingkan kebudayaan luar
Jawaban: D
3. Sebutkan unsur-unsur budaya yang ada di dalam bangsa indonesia adalah...
A. Religi/Kepercayaan
B. Agama
C. suku bangsa
D. keberagaman
Jawaban: A
4. Sebutkan sikap menghadapi keragaman yang ada di sekolah adalah...
A. sibuk sendiri
B. menolong teman tanpa pandang bulu
C. egois
D. mengikuti kata hati
Jawaban: B
5. Jelaskan sikap menghadapi keragaman yang ada di sekolah adalah...
A. tenggang rasa
B. lapang dada
C. toleransi
D. hanya keinginan
Jawaban: C
6. Mau mendengarkan pendapat teman yang sedang berdiskusi kelompok, merupakan contoh nilai dari pengamalan sila ke...
A. 1
B. 3
C. 4
D. 2
Jawaban: C
7. Salah satu bentuk tanggung jawab seorang siswa adalah...
A. Mentaati aturan sekolah
B. Memperoleh hasil belajar
C. Bermain saat istirahat
D. Mendapat uang saku
Jawaban: A
8. Di bawah ini yang merupakan kewajiban anggota warga masyarakat adalah...
A. Dipilih menjadi ketua RW
B. Menjaga kebersihan
C. Mendapat perlindungan
D. Mendapat pelayanan kesehatan posyandu
Jawaban: B
9. Seorang siswa memiliki hak di sekolah, yakni...
A. Ikut bertanggung jawab atas kebersihan, keamanan, ketertiban sekolah
B. Melengkapi diri dengan keperluan sekolah
C. Memperoleh pendidikan agama sesuai dengan agama yang dianutnya
D. Menghormati guru dan saling menghargai antar sesama murid
Jawaban: C
10. Setiap siswa harus menjaga sarana pendidikan yang ada di sekolah dengan baik.
Ketika sarana tidak dijaga dengan baik maka sarana belajarnya akan rusak sehingga kegiatan belajar akan terganggu.
Supaya kegiatan belajar berjalan dengan baik maka siswa harus menjalankan... sebagai siswa dengan penuh taggung jawab.
A. Kewajiban
B. Hak
C. Sikap
D. Norma
Jawaban: A
Ipas
Bab 6 Indonesia Kaya
Tujuan pembelajaran : Peserta didik dapat menjelaskan pengertian peta beserta bagian-bagiannya dengan benar.
Media pembelajaran : buku cetak ipas, video, ppt. Peta
Metode pembelajaran : ceramah, diskusi dan tanya jawab.
Indonesia Kaya
1. Apa itu peta
Informasi umum pada peta
Jenis peta
2 letak dan kondisi geografis Indonesia
- letak geografis Indonesia
- Kondisi Geografis Indonesia
3. Negara Maritim dan Agraris
- Negara Maritim
- Negara Agraris
Pengertian Peta
- Membantu pekerjaan, seperti konstruksi jalan, navigasi, dan perencanaan
- Menyajikan data tentang potensi suatu daerah, misalnya peta potensi rawan banjir, potensi kekeringan, potensi air, dan lainnya
- Judul peta: Mencerminkan isi utama peta dan biasanya ditulis dengan huruf kapital. 2Skala peta: Perbandingan antara jarak pada peta dengan jarak sebenarnya di permukaan Bumi. Garis lintang dan garis bujur: Garis lintang adalah garis imajiner yang melintang dari barat ke timur, sedangkan garis bujur adalah garis imajiner yang membujur dari utara ke selatan. Petunjuk arah: Diagram arah mata angin yang biasanya menunjukkan arah utara ke atas.
- Peta inset: Gambar peta yang tercantum di luar peta utama, namun masih termasuk dalam garis tepi peta.
- Simbol peta: Digunakan untuk menggambarkan objek atau fitur pada peta, seperti kota, jalan, sungai, dan lainnya.
- Legenda: Kumpulan keterangan tentang simbol-simbol yang ada pada peta.
- Warna peta: Memberikan informasi penting, misalnya warna hijau untuk dataran rendah dan warna kuning untuk dataran tinggi.
- Lembaga pembuat: Informasi tentang lembaga pembuat peta dan tahun pembuatan peta.
- Keterangan sistem proyeksi peta: Menjelaskan bagaimana permukaan Bumi yang melengkung diproyeksikan ke bidang datar pada peta.
- Garis tepi: Batasan yang mengelilingi semua informasi yang terdapat dalam peta.
- Jenis peta
- Ada beberapa jenis peta, di antaranya:
- Berdasarkan skalaPeta dibagi menjadi lima jenis berdasarkan skalanya, yaitu peta kadaster, peta skala besar, peta skala sedang, peta skala kecil, dan peta skala geografis. Berdasarkan bentuk
- Peta dibagi menjadi tiga jenis berdasarkan bentuknya, yaitu peta datar, peta timbul, dan peta digital. Berdasarkan penyajian
- Peta dibagi menjadi tiga jenis berdasarkan penyajiannya, yaitu peta garis, peta foto, dan peta digital.
- Peta tematikPeta yang menggambarkan informasi tertentu mengenai suatu tema atau topik. Contohnya, peta politik, peta geologi, peta penggunaan lahan, peta persebaran objek wisata, dan peta kepadatan penduduk.
- Peta indukPeta yang dibuat berdasarkan hasil survei lapangan langsung.
- Peta turunanPeta yang dihasilkan berdasarkan acuan dari peta yang sebelumnya sudah ada.
- Latihan soal :
- Mapel B. IndonesiaTujuan Pembelajaran : Menemukan ide pokok dan ide pendukung dalam teks eksplanasi.Peserta didik Menjelaskan kembali ide pokok dan ide pendukung teks yang dibacakan.Media pembelajaran : Ppt, teks cerita, buku bahasa IndonesiaMetode pembelajaran : tanya jawab, diskusi kelompok.Teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan proses terbentuknya suatu fenomena alam, sosial, atau ilmu pengetahuan berdasarkan fakta. Tujuannya adalah agar pembaca dapat menjelaskan fenomena atau peristiwa yang sedang terjadi.Berikut adalah beberapa ciri-ciri teks eksplanasi: Bersifat faktual, yaitu informasi yang dimuat didasarkan pada fakta
- Bersifat informatif, sehingga bahasa yang disampaikan harus jelas dan terperinci
- Tidak berusaha mempengaruhi pembaca terhadap apa yang dibahas
Berikut adalah beberapa kaidah kebahasaan teks eksplanasi: Menggunakan konjungsi kasual dan waktu, Menggunakan kalimat pasif dan tidak langsung, Menggunakan istilah ilmiah, Menggunakan kata kerja material dan rasional. Struktur teks eksplanasi terdiri dari: Pernyataan umum, Urutan sebab akibat, Simpulan. Untuk menulis teks eksplanasi, langkah-langkahnya adalah: Menentukan topik, Menyusun kerangka, Mengumpulkan bahan, Mencatat hasil temuan, Mengembangkan kerangka teks. Supermoon tidak membawa bencana. Supermoon juga tidak berdampak buruk pada psikologis manusia.
air laut. Namun pasang surut yang terjadi hanya berkisar 2 inci saja. Sehingga, supermoon tidak membawa bencana. Supermoon juga tidak berdampak buruk pada psikologis manusia.
Dua kalimat fakta dan opini
kalian perlu paham pengertian dari fakta dan opini jangan sampai terbalik atau bingung dalam membedakannya kalimat fakta dan opini memiliki fungsi dan tujuan yang berbeda dalam sebuah teks kalimat fakta adalah Kalimat yang menjelaskan sesuatu secara riil atau nyata dan benar-benar terjadi kalimat fakta mengandung unsur kebenaran karena disertai dengan data yang sudah teruji dan dapat dibuktikan contoh
1. Apogee bulan jarak rata-rata 405 500 km dari bumi .
2.Perigee bulan jaraknya rata-rata 363 300 km dari bumi .
sementara kalimat opini artinya kalimat yang berupa bentuk pendapat seseorang saja kalimat opini bersifat kebenaran dari seseorang yang belum tentu teruji dan dapat dibuktikan Hal ini karena tidak disertai dengan data yang valid .
contoh
1.peristiwa supermoon dapat membuat hewan menjadi ganas
2. supermoon dapat menyebabkan susah tidur pada manusia
Latihan
Jawablah pertanyaan berikut dari hasil menyimak teks berjudul fenomena sains tentang supermoon
1. Mengapa teks tersebut dinamakan sebagai teks eksplanasi ?
2. Apa saja kalimat fakta dalam teks tersebut Tuliskan tiga contohnya
3 Bagaimana proses terjadinya supermoon Tuliskan dalam kalimat singkat yang jelas
Refleksi kegiatan hari ini, Alhamdulillah peserta didik menyimak penjelasan dari ibu guru materi pendidikan pancasila tentang keberagaman budaya di Indonesia, materi ipas tentang Indonesia kaya ( Materi Peta) dan Bahasa Indonesia materi teks eksplanasi mencari bacaan fakta . peserta didik antusias dalam mempelajari materi hari ini dan sebagian beserta peserta didik mampu mengerjakan latihan latihan soal dengan baik dan benar.
Berikut dokumentasi kegiatan hari ini
0 komentar:
Posting Komentar