6. Mau mendengarkan pendapat teman yang sedang berdiskusi kelompok, merupakan contoh nilai dari pengamalan sila ke...

A. 1
B. 3
C. 4
D. 2

Jawaban: C

7. Salah satu bentuk tanggung jawab seorang siswa adalah...

A. Mentaati aturan sekolah
B. Memperoleh hasil belajar
C. Bermain saat istirahat
D. Mendapat uang saku

Jawaban: A

8. Di bawah ini yang merupakan kewajiban anggota warga masyarakat adalah...

A. Dipilih menjadi ketua RW
B. Menjaga kebersihan
C. Mendapat perlindungan
D. Mendapat pelayanan kesehatan posyandu

Jawaban: B

9. Seorang siswa memiliki hak di sekolah, yakni...

A. Ikut bertanggung jawab atas kebersihan, keamanan, ketertiban sekolah
B. Melengkapi diri dengan keperluan sekolah
C. Memperoleh pendidikan agama sesuai dengan agama yang dianutnya
D. Menghormati guru dan saling menghargai antar sesama murid

Jawaban: C

10. Setiap siswa harus menjaga sarana pendidikan yang ada di sekolah dengan baik.

Ketika sarana tidak dijaga dengan baik maka sarana belajarnya akan rusak sehingga kegiatan belajar akan terganggu.

Supaya kegiatan belajar berjalan dengan baik maka siswa harus menjalankan... sebagai siswa dengan penuh taggung jawab.

A. Kewajiban
B. Hak
C. Sikap
D. Norma

Jawaban: A

Ipas 

Bab 6 Indonesia Kaya 

Tujuan pembelajaran : Peserta didik dapat menjelaskan pengertian peta beserta bagian-bagiannya dengan benar. 

Media pembelajaran : buku cetak ipas, video, ppt. Peta 

Metode pembelajaran : ceramah, diskusi dan tanya jawab. 

Indonesia Kaya 

1. Apa itu peta 

Informasi umum pada peta 

Jenis peta 

2  letak dan kondisi geografis Indonesia 

- letak geografis Indonesia 

- Kondisi Geografis Indonesia 

3. Negara Maritim dan Agraris 

- Negara Maritim

- Negara Agraris 

Pengertian Peta 

Peta adalah gambaran permukaan bumi yang diperkecil dan ditampilkan pada bidang datar dengan skala tertentu. Peta dapat berupa gambar atau lukisan yang menunjukkan letak tanah, laut, sungai, gunung, dan lain-lain. Peta juga dapat mewakili suatu daerah dengan menyatakan sifat-sifatnya, seperti batas daerah, sifat permukaan, dan denah. Peta memiliki beberapa fungsi, di antaranya: Membantu mengetahui jalan yang baru dilewati
  • Membantu pekerjaan, seperti konstruksi jalan, navigasi, dan perencanaan
  • Menyajikan data tentang potensi suatu daerah, misalnya peta potensi rawan banjir, potensi kekeringan, potensi air, dan lainnya
Peta dapat disajikan dalam berbagai cara, mulai dari peta konvensional yang tercetak hingga peta digital yang tampil di layar komputer. Kata peta berasal dari bahasa Yunani mappa yang berarti taplak atau kain penutup meja. Ilmu yang mempelajari peta dinamakan kartografi, sedangkan orang yang ahli dalam bidang perpetaan disebut sebagai kartograf. 
1  Informasi umum pada peta 
Perhatikan peta berikut 
Provinsi Jawa Barat 

Bagian bagian pada peta 
Bagian-bagian peta atau komponen peta meliputi:
  • Judul peta: Mencerminkan isi utama peta dan biasanya ditulis dengan huruf kapital. 2Skala peta: Perbandingan antara jarak pada peta dengan jarak sebenarnya di permukaan Bumi. Garis lintang dan garis bujur: Garis lintang adalah garis imajiner yang melintang dari barat ke timur, sedangkan garis bujur adalah garis imajiner yang membujur dari utara ke selatan. Petunjuk arah: Diagram arah mata angin yang biasanya menunjukkan arah utara ke atas. 
  • Peta inset: Gambar peta yang tercantum di luar peta utama, namun masih termasuk dalam garis tepi peta. 
  • Simbol peta: Digunakan untuk menggambarkan objek atau fitur pada peta, seperti kota, jalan, sungai, dan lainnya. 
  • Legenda: Kumpulan keterangan tentang simbol-simbol yang ada pada peta. 
  • Warna peta: Memberikan informasi penting, misalnya warna hijau untuk dataran rendah dan warna kuning untuk dataran tinggi. 
  • Lembaga pembuat: Informasi tentang lembaga pembuat peta dan tahun pembuatan peta. 
  • Keterangan sistem proyeksi peta: Menjelaskan bagaimana permukaan Bumi yang melengkung diproyeksikan ke bidang datar pada peta. 
  • Garis tepi: Batasan yang mengelilingi semua informasi yang terdapat dalam peta. 

  • Jenis peta 
  • Ada beberapa jenis peta, di antaranya:
    • Berdasarkan skala
      Peta dibagi menjadi lima jenis berdasarkan skalanya, yaitu peta kadaster, peta skala besar, peta skala sedang, peta skala kecil, dan peta skala geografis. Berdasarkan bentuk
    • Peta dibagi menjadi tiga jenis berdasarkan bentuknya, yaitu peta datar, peta timbul, dan peta digital. Berdasarkan penyajian
    • Peta dibagi menjadi tiga jenis berdasarkan penyajiannya, yaitu peta garis, peta foto, dan peta digital. 
    • Peta tematik
      Peta yang menggambarkan informasi tertentu mengenai suatu tema atau topik. Contohnya, peta politik, peta geologi, peta penggunaan lahan, peta persebaran objek wisata, dan peta kepadatan penduduk. 
    • Peta induk
      Peta yang dibuat berdasarkan hasil survei lapangan langsung. 
    • Peta turunan
      Peta yang dihasilkan berdasarkan acuan dari peta yang sebelumnya sudah ada.

    • Latihan soal :




    • Mapel B. Indonesia 
      Tujuan Pembelajaran : Menemukan ide pokok dan ide pendukung dalam teks eksplanasi. 
      Peserta didik Menjelaskan kembali ide pokok dan ide pendukung teks yang dibacakan. 
      Media pembelajaran : Ppt, teks cerita, buku bahasa Indonesia 
      Metode pembelajaran : tanya jawab, diskusi kelompok. 

      Teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan proses terbentuknya suatu fenomena alam, sosial, atau ilmu pengetahuan berdasarkan fakta. Tujuannya adalah agar pembaca dapat menjelaskan fenomena atau peristiwa yang sedang terjadi.Berikut adalah beberapa ciri-ciri teks eksplanasi: Bersifat faktual, yaitu informasi yang dimuat didasarkan pada fakta
      • Bersifat informatif, sehingga bahasa yang disampaikan harus jelas dan terperinci
      • Tidak berusaha mempengaruhi pembaca terhadap apa yang dibahas
      Berikut adalah beberapa kaidah kebahasaan teks eksplanasi: Menggunakan konjungsi kasual dan waktu, Menggunakan kalimat pasif dan tidak langsung, Menggunakan istilah ilmiah, Menggunakan kata kerja material dan rasional. Struktur teks eksplanasi terdiri dari: Pernyataan umum, Urutan sebab akibat, Simpulan. Untuk menulis teks eksplanasi, langkah-langkahnya adalah: Menentukan topik, Menyusun kerangka, Mengumpulkan bahan, Mencatat hasil temuan, Mengembangkan kerangka teks. 
    • Supermoon tidak membawa bencana. Supermoon juga tidak berdampak buruk pada psikologis manusia.

    • air laut. Namun pasang surut yang terjadi hanya berkisar 2 inci saja. Sehingga, supermoon tidak membawa bencana. Supermoon juga tidak berdampak buruk pada psikologis manusia.

Dua kalimat fakta dan opini 

kalian perlu paham pengertian dari fakta dan opini jangan sampai terbalik atau bingung dalam membedakannya kalimat fakta dan opini memiliki fungsi dan tujuan yang berbeda dalam sebuah teks kalimat fakta adalah Kalimat yang menjelaskan sesuatu secara riil atau nyata dan benar-benar terjadi kalimat fakta mengandung unsur kebenaran karena disertai dengan data yang sudah teruji dan dapat dibuktikan contoh 

1. Apogee bulan jarak rata-rata 405 500 km dari bumi .

2.Perigee bulan jaraknya rata-rata 363 300 km dari bumi .

sementara kalimat opini artinya kalimat yang berupa bentuk pendapat seseorang saja kalimat opini bersifat kebenaran dari seseorang yang belum tentu teruji dan dapat dibuktikan Hal ini karena tidak disertai dengan data yang valid .

contoh

1.peristiwa supermoon dapat membuat hewan menjadi ganas 

2. supermoon dapat menyebabkan susah tidur pada manusia

Latihan 

Jawablah pertanyaan berikut dari hasil menyimak teks berjudul fenomena sains tentang supermoon

1. Mengapa teks tersebut dinamakan sebagai teks eksplanasi ? 

2. Apa saja kalimat fakta dalam teks tersebut Tuliskan tiga contohnya 

3 Bagaimana proses terjadinya supermoon Tuliskan dalam kalimat singkat yang jelas 

Refleksi kegiatan hari ini, Alhamdulillah peserta didik menyimak penjelasan dari ibu guru materi pendidikan pancasila tentang keberagaman budaya di Indonesia, materi ipas tentang Indonesia kaya ( Materi Peta) dan Bahasa Indonesia materi teks eksplanasi mencari bacaan fakta . peserta didik antusias dalam mempelajari materi hari ini dan sebagian beserta peserta didik mampu mengerjakan latihan latihan soal dengan baik dan benar. 

Berikut dokumentasi kegiatan hari ini