Kamis, 23 Januari 2025


   
Kamis: 23 Januari 2025.

KELAS VB 

GURU KELAS : Fuji lestari,S.Pd.

Good morning everyone...

How are you students? 

Hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. 

Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. 

Apa kabar sholih sholiha kelas VB, semoga selalu dalam lindungan Allah SWT, Alhamdulillah kita dapat bertemu kembali di tahun baru 2025, semoga sholih sholiha selalu bersemangat dalam beraktifitas. 

Ditahun baru ini semoga apa yang sholih  sholiha harapkan dapat terwujud dan kita selalu istiqomah dalam menjalankan ibadah. 

Baiklah sholiha sholiha sebelum kita masuk ke materi pembelajaran kita akan ice breaking tebak kata. selanjut nya ibu guru  akan mengulang kembali materi kemarin. 


Mapel : Pendidikan Pancasila 
Tujuan pembelajaran : peserta didik melaksanakan sumatif harian 1.
Metode pembelajaran : Mengerjakan secara mandiri soal sumatif harian 1.
Media pembelajaran : Ppt, soal ulangan. 

Kisi-kisi soal Pendidikan Pancasila 
Capaian Pembelajaran  (CP): 
-Peserta didik mampu menganalisis,menyajikan hasil analisis,menghormati,menjaga dan melestarikan keragaman budaya dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika di lingkungan sekitar
Peserta didik  mengidentifikasi keragaman Indonesia. 

Mapel : Ipas 
Tujuan pembelajaran : peserta didik dapat mengetahui jumlah provinsi yang ada di Indonesia 
Media pembelajaran : ppt, buku cetak ipas, gambar peta Indonesia. 
Metode pembelajaran : ceramah, diskusi kelompok. 

Berikut daftar 38 provinsi di Indonesia beserta ibu kotanya:

  1. Aceh - Banda Aceh
  2. Sumatera Utara - Medan
  3. Sumatera Selatan - Palembang
  4. Sumatera Barat - Padang
  5. Riau - Pekanbaru
  6. Kepulauan Riau - Tanjung Pinang
  7. Jambi - Jambi
  8. Bengkulu - Bengkulu
  9. Lampung - Bandar Lampung
  10. DKI Jakarta - Jakarta
  11. Jawa Barat - Bandung
  12. Jawa Tengah - Semarang
  13. D.I. Yogyakarta - Yogyakarta
  14. Jawa Timur - Surabaya
  15. Bali - Denpasar
  16. Nusa Tenggara Barat - Mataram
  17. Nusa Tenggara Timur - Kupang
  18. Kalimantan Barat - Pontianak
  19. Kalimantan Tengah - Palangka Raya
  20. Kalimantan Selatan - Banjarmasin
  21. Kalimantan Timur - Samarinda
  22. Kalimantan Utara - Tanjung Selor
  23. Sulawesi Utara - Manado
  24. Sulawesi Tengah - Palu
  25. Sulawesi Selatan - Makassar
  26. Sulawesi Tenggara - Kendari
  27. Gorontalo - Gorontalo
  28. Sulawesi Barat - Mamuju
  29. Maluku - Ambon
  30. Maluku Utara - Sofifi
  31. Papua - Jayapura
  32. Papua Barat - Manokwari
  33. Bangka Belitung - Pangkal Pinang
  34. Banten - Serang
  35. Nusa Tenggara Barat - Mataram
  36. Kepulauan Riau - Tanjung Pinang
  37. Aceh - Banda Aceh
  38. Riau - Pekanbaru

Daftar ini mencakup seluruh provinsi dan ibu kota di Indonesia.

Tugas : peserta didik dapat mengerjakan soal latihan ipas 

Soal Uraian

  1. Jelaskan pengertian keberagaman budaya Indonesia!
  2. Apa saja yang termasuk dalam unsur-unsur kebudayaan Indonesia?
  3. Bagaimana cara Indonesia menjaga keberagaman budaya yang ada di dalam masyarakat?
  4. Sebutkan dan jelaskan tiga contoh rumah adat yang ada di Indonesia!
  5. Apa pengaruh keberagaman budaya terhadap kehidupan sosial di Indonesia?
  6. Deskripsikan perbedaan antara bahasa daerah dengan bahasa nasional di Indonesia!
  7. Mengapa Indonesia disebut sebagai negara yang kaya akan kebudayaan? Jelaskan!
  8. Bagaimana kebudayaan daerah bisa berperan dalam pembangunan nasional?
  9. Sebutkan dan jelaskan alat musik tradisional yang ada di Indonesia!
  10. Apa yang dimaksud dengan "Bhineka Tunggal Ika" dan bagaimana kaitannya dengan keberagaman budaya Indonesia?
  11. Jelaskan peran seni tari dalam pelestarian kebudayaan Indonesia!
  12. Bagaimana cara masyarakat Indonesia merayakan keberagaman budaya melalui berbagai perayaan dan festival?
  13. Apa yang dimaksud dengan "peta budaya" Indonesia, dan mengapa penting untuk memetakan kebudayaan?
  14. Sebutkan contoh makanan tradisional dari masing-masing pulau besar di Indonesia!
  15. Apa peran pendidikan dalam menjaga keberagaman budaya di Indonesia?                                     Kunci Jawaban
  1. Keberagaman budaya Indonesia merujuk pada perbedaan budaya yang ada di setiap daerah di Indonesia, termasuk dalam hal adat istiadat, bahasa, agama, seni, dan tradisi yang beragam dan saling menghormati satu sama lain.
  2. Unsur-unsur kebudayaan Indonesia meliputi bahasa, adat istiadat, pakaian adat, rumah adat, seni musik, tari, upacara, dan makanan tradisional.
  3. Indonesia menjaga keberagaman budaya melalui penghargaan terhadap perbedaan, pelestarian warisan budaya, dan pemeliharaan hak-hak budaya setiap daerah melalui kebijakan pemerintah dan kegiatan sosial.
  4. Tiga contoh rumah adat di Indonesia:
    • Rumah Gadang (Sumatera Barat), rumah adat berbentuk limas yang memiliki atap melengkung.
    • Joglo (Jawa), rumah adat yang memiliki struktur khas dengan atap tinggi berbentuk limas.
    • Tongkonan (Sulawesi Selatan), rumah adat yang berbentuk atap melengkung seperti perahu dan sering digunakan dalam upacara adat.
  5. Keberagaman budaya dapat memperkaya kehidupan sosial masyarakat Indonesia dengan mengajarkan saling menghormati dan memahami perbedaan, serta memperkuat persatuan.
  6. Bahasa daerah adalah bahasa yang digunakan oleh suatu kelompok etnis atau daerah tertentu, sedangkan bahasa nasional adalah bahasa yang digunakan oleh seluruh warga negara Indonesia, yaitu Bahasa Indonesia.
  7. Indonesia disebut kaya akan kebudayaan karena memiliki lebih dari 300 kelompok etnis dengan bahasa, adat, seni, dan tradisi yang berbeda-beda di berbagai wilayahnya.
  8. Kebudayaan daerah dapat berperan dalam pembangunan nasional dengan memperkenalkan keanekaragaman dan memberikan kontribusi dalam bidang pariwisata, seni, serta memperkuat identitas bangsa.
  9. Contoh alat musik tradisional Indonesia:
    • Gamelan (Jawa dan Bali), sekelompok alat musik yang terdiri dari gong, kendang, dan metalofon.
    • Angklung (Sunda), alat musik yang terbuat dari bambu dan dimainkan dengan digoyangkan.
    • Sasando (Rote, NTT), alat musik gesek yang terbuat dari daun lontar dan bambu.
  10. "Bhineka Tunggal Ika" berarti "Berbeda-beda tetapi tetap satu" dan merupakan semboyan yang menggambarkan bagaimana meskipun Indonesia memiliki keberagaman budaya, semua elemen tersebut tetap bersatu dalam satu bangsa, yaitu Indonesia.
  11. Seni tari memiliki peran penting dalam pelestarian kebudayaan Indonesia dengan menggambarkan cerita, nilai, dan filosofi masyarakat setempat, serta menjadi media untuk mengenalkan budaya pada generasi muda dan masyarakat luas.
  12. Masyarakat Indonesia merayakan keberagaman budaya melalui berbagai perayaan seperti Festival Budaya Bali, Sekaten di Yogyakarta, dan Upacara adat lainnya yang menunjukkan kekayaan seni dan tradisi dari setiap daerah.
  13. Peta budaya Indonesia adalah representasi visual dari berbagai kebudayaan yang ada di Indonesia. Peta ini penting untuk memetakan keanekaragaman budaya dan membantu melestarikannya serta mendukung penelitian dan edukasi budaya.
  14. Contoh makanan tradisional dari pulau besar Indonesia:
  • Sumatera: Rendang (Sumatera Barat).
  • Jawa: Gudeg (Yogyakarta).
  • Kalimantan: Soto Banjar (Kalimantan Selatan).
  • Sulawesi: Coto Makassar (Sulawesi Selatan).
  • Papua: Papeda (Papua).
  1. Pendidikan berperan penting dalam menjaga keberagaman budaya dengan mengajarkan nilai-nilai budaya sejak dini, mempromosikan kebudayaan lokal, dan memberikan pemahaman akan pentingnya keragaman dalam memperkaya bangsa.
Mapel : Seni Rupa 
Tujuan pembelajaran : peserta didik dapat menguraikan manfaat gambar ekspresif 
Media pembelajaran : gambar ekspresif, buku cetak Seni Rupa, ppt, video
Metode pembelajaran : preketek membuat gambar ekspresif, diskusi kelompok, tanya jawab , latihan soal 

Menggambar ekspresif dalam seni rupa memiliki berbagai manfaat, terutama bagi siswa kelas 5. Berikut beberapa manfaatnya:

  1. Meningkatkan Kemampuan Ekspresi Diri
    Menggambar ekspresif memungkinkan siswa untuk mengekspresikan perasaan, ide, dan imajinasi mereka melalui gambar, sehingga membantu mereka untuk lebih memahami dan mengungkapkan diri.

  2. Melatih Keterampilan Motorik Halus
    Aktivitas menggambar membantu siswa mengembangkan keterampilan motorik halus mereka, seperti koordinasi tangan dan mata, serta kemampuan dalam mengendalikan alat gambar.

  3. Meningkatkan Kreativitas
    Menggambar ekspresif mengajak siswa untuk berpikir kreatif dalam membuat karya seni, merangsang imajinasi, dan menghasilkan karya yang unik sesuai dengan perasaan mereka.

  4. Mengurangi Stres dan Kecemasan
    Proses menggambar dapat menjadi cara yang efektif untuk mengurangi stres dan kecemasan, karena kegiatan ini memberikan kesempatan untuk fokus dan melupakan masalah sementara waktu.

  5. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Abstrak
    Menggambar ekspresif melibatkan kemampuan untuk memvisualisasikan perasaan atau ide yang tidak selalu berhubungan dengan objek nyata, yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir abstrak.

  6. Meningkatkan Kepercayaan Diri
    Ketika siswa berhasil membuat gambar ekspresif yang sesuai dengan perasaan atau imajinasi mereka, hal ini dapat meningkatkan rasa percaya diri mereka dalam kemampuan artistik.

  7. Meningkatkan Pemahaman Emosi
    Menggambar ekspresif dapat membantu siswa memahami dan mengelola emosi mereka, karena mereka belajar untuk mengenali dan menggambarkan perasaan mereka melalui seni.

Dengan menggambar ekspresif, siswa tidak hanya belajar tentang seni, tetapi juga tentang diri mereka sendiri dan cara mereka berinteraksi dengan dunia di sekitar mereka.

Gambar ekspresif 


Latihan soal 

Soal Pilihan Ganda

  1. Apa yang dimaksud dengan gambar ekspresif?
    A. Gambar yang menggambarkan objek nyata dengan detail
    B. Gambar yang menunjukkan perasaan atau ekspresi seseorang
    C. Gambar yang hanya menggunakan warna hitam dan putih
    D. Gambar yang dibuat dengan cara melukis objek-objek alam

  2. Apa tujuan utama dari menggambar ekspresif?
    A. Untuk menghasilkan gambar yang realistis
    B. Untuk mengekspresikan perasaan atau emosi dalam gambar
    C. Untuk menggambar objek dengan detail tinggi
    D. Untuk membuat gambar yang indah dan rapi

  3. Alat gambar yang sering digunakan dalam gambar ekspresif adalah…
    A. Kertas kalkir
    B. Pensil, spidol, atau cat air
    C. Kamera digital
    D. Kertas HVS polos

  4. Berikut ini yang bukan ciri gambar ekspresif adalah…
    A. Menggunakan warna yang mencolok dan kuat
    B. Menggambar objek secara realistis
    C. Menyampaikan perasaan atau emosi
    D. Menggunakan garis yang bebas dan dinamis

  5. Gambar ekspresif sering kali menggunakan warna yang…
    A. Cerah dan beragam untuk menunjukkan suasana hati
    B. Hanya satu warna agar terlihat seragam
    C. Penuh dengan detil dan halus
    D. Tidak mencolok atau sangat sederhana

Soal Uraian

  1. Jelaskan perbedaan antara gambar ekspresif dan gambar realistis!

  2. Sebutkan dan jelaskan dua contoh teknik yang dapat digunakan untuk membuat gambar ekspresif!

  3. Apa manfaat menggambar ekspresif bagi seorang siswa di sekolah? Jelaskan!

  4. Buatlah sebuah contoh situasi di mana kamu bisa menggambar ekspresif untuk menunjukkan perasaanmu!

  5. Mengapa warna memiliki peran penting dalam menggambar ekspresif? Jelaskan bagaimana warna dapat mempengaruhi ekspresi dalam gambar!

Kunci Jawaban

  1. B
  2. B
  3. B
  4. B
  5. A
  6. Gambar ekspresif bertujuan untuk menyampaikan perasaan dan emosi, sementara gambar realistis bertujuan untuk menggambarkan objek dengan detail yang akurat dan nyata.
  7. Contoh teknik gambar ekspresif:
    • Teknik garis bebas: Menggunakan garis yang bebas dan tidak teratur untuk menyampaikan perasaan yang kuat.
    • Teknik warna mencolok: Menggunakan warna yang cerah dan berani untuk mengekspresikan suasana hati atau emosi tertentu.
  8. Menggambar ekspresif dapat membantu siswa untuk mengekspresikan perasaan mereka, mengurangi stres, dan melatih kreativitas serta keterampilan motorik halus.
  9. Contoh situasi: Saat merasa senang karena berhasil mencapai tujuan, siswa dapat menggambar dengan warna cerah dan garis dinamis untuk menunjukkan perasaan bahagia.
  10. Warna dalam gambar ekspresif dapat mempengaruhi suasana hati dan perasaan yang ingin disampaikan. Misalnya, warna merah dapat menunjukkan perasaan marah atau semangat, sementara warna biru bisa menggambarkan perasaan tenang atau sedih.
Refleksi kegiatan hari ini berjalan dengan lancar, peserta didik dapat mengerjakan sumatif harian ke 1 mapel pendidikan Pancasila dengan baik dan mendapatkan nilai di atas KKM. Untuk mapel ipas peserta didik mencatat 38 provinsi yang ada di Indonesia setelah itu peserta didik dibagi kedalam 6 kelompok untuk mengerjakan LKPD, setelah diskusi mereka menukarkan lembar LKPD kepada masing² kelompok untuk di koreksi. 
Dilanjutkan mapel ipas peserta didik mengerjakan latihan soal materi gambar ekspresif dengan baik 
Berikut dokumentasi kegiatan hari ini 

0 komentar:

Posting Komentar