Rabu, 08 Januari 2025


   
Selasa, 08 Desember 2025

KELAS VB 

GURU KELAS : Fuji lestari,S.Pd.

Good morning everyone...

How are you students? 

Hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. 

Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. 

Apa kabar sholih sholiha kelas VB, semoga selalu dalam lindungan Allah SWT, Alhamdulillah kita dapat bertemu kembali di tahun baru 2025, semoga sholih sholiha selalu bersemangat dalam beraktifitas. 

Ditahun baru ini semoga apa yang sholih  sholiha harapkan dapat terwujud dan kita selalu istiqomah dalam menjalankan ibadah. 

Baiklah sholiha sholiha sebelum kita masuk ke materi pembelajaran mari kita ice breaking bumi itu bulat . selanjutnya  ibu guru akan mengulang kembali  materi hari kemarin. 

Baiklah hari ini kita masuk materi P5 dengan tema Kearifan lokal tapis lampung. 


                   Kegiatan P5 
Tema  :Kearifan Lokal 
Topik / Projek : Tapis lampung 

Kearifan lokal adalah pandangan hidup, nilai-nilai, dan strategi kehidupan yang dikembangkan oleh suatu masyarakat untuk menjawab masalah dalam pemenuhan kebutuhan mereka. Kearifan lokal merupakan warisan budaya yang diwariskan dari generasi ke generasi dan menjadi bagian dari identitas dan kepribadian suatu masyarakat. Kearifan lokal memiliki beberapa ciri, di antaranya: Bertahan dari pengaruh budaya luar, Mampu mengakomodasi budaya asing, Mampu mengintegrasikan budaya asing ke dalam budaya asli, Mampu mengendalikan budaya asing yang masuk, Memberi arah pada perkembangan budaya di masyarakat. Kearifan lokal dapat ditemukan dalam berbagai bidang kehidupan nyata, seperti: Sastra tradisional, Filosofi dan pandangan hidup, Kesehatan, Arsitektur. Kearifan lokal memiliki beberapa fungsi, di antaranya: Konservasi pelestarian sumber daya alam
  • Menjadi petuah, kepercayaan, dan pantangan
  • Menjadi ciri utama sebuah masyarakat
  • Alat kontrol sosial


  • Mapel Matematika 
    Materi Keliling Bangun datar 
    Tujuan pembelajaran : peserta didik diharapkan mampu mengetahui keliling bangun datar dan peserta didik Mampu menemukan cara menghitung keliling berbagai bangun datar
    Media pembelajaran : Ppt, gambar bangun datar 

  • Metode pembelajaran : Diskusi kelompok, tanya jawab 


    Kata kunci bangun
  • gabungan belah ketupat jajargenjang layang-layang persegi persegi panjang trapesium keliling. 
    Di kelas 5 kalian akan menggunakan pengetahuan kalian tentang Segitiga dan segiempat tersebut untuk belajar tentang keliling berbagai macam segitiga segi empat segi banyak dan bangun gabungan. 

       

    Cara menghitung keliling persegi, persegi panjang, dan segitiga.

     Berikut ini adalah cara menghitung keliling persegi, persegi panjang, dan segitiga. 

    Agar lebih paham lagi, di sini kita juga akan melihat contoh soal dan pembahasannya. 

    Cara Menghitung Keliling Bangun Datar: Persegi

    Cara menghitung keliling yang pertama adalah persegi. Persegi merupakan bangun datar yang memiliki empat sisi dengan panjang yang seluruhnya sama.

    Rumus keliling persegi adalah K = 4 x s

    K: Keliling

    s: Sisi

    Ini artinya, keliling persegi bisa kita dapatkan dengan menjumlahkan panjang sisinya sebanyak empat kali.

    Mengapa begitu? Hal ini karena persegi mempunyai 4 sisi yang pasti sama panjangnya. 

    Contoh: Sebuah persegi memiliki panjang sisi 9 cm. Berapa keliling persegi tersebut?

    Jawab:

    K = 4 x s

    K = 4 x 9

    K = 36

    Jadi, keliling persegi tersebut adalah 36cm.

    Contoh latihan persegi panjang 

  • Contoh latihan persegi panjang 



    Rumus keliling persegi panjang adalah K = p + l + P + l atau K = 2 (p + l)

    K: Keliling

    p: Panjang

    l: lebar

    Persegi panjang memiliki panjang sisi yang berbeda. Ada 2 sisi yang di sebut panjang dan 2 sisi yang di sebut lebar.

    Karena itulah rumus keliling persegi panjang adalah mengalikan penjumlahan panjang dan lebarnya dengan angka 2.

    Contoh: Sebuah persegi panjang punya panjang 5 cm dan lebar 4 cm. Berapakah kelilingnya?

    Jawab:

    K = 2 (p + l)

    K = 2 (5 + 4)

    K = 2 x 9

    K= 18

    Jadi, keliling persegi panjang tersebut adalah 18 cm.

    Cara menghitung keliling berikutnya adalah persegi panjang. 

    Berbeda dengan persegi yang memiliki empat sisi sama panjang, persegi panjang memiliki dua sisi panjang dan dua sisi lebar.


    Refleksi kegiatan P5 hari ini Alhamdulillah peserta didik semangat dalam belajar hari ini peserta didik mencatat kearifan lokal yang ada di Lampung peserta didik dapat menyimak melihat mendengar video pembelajaran cara pembuatan kain tapis Lampung di daerah Pringsewu peserta didik sangat antusias dalam kegiatan P5 ini 

  • Berikut dokumentasi kegiatan hari ini

0 komentar:

Posting Komentar