Rabu, 09 April 2025


   
Hari Rabu , 9 April 2025.

KELAS VB 

GURU KELAS : Fuji lestari, S. Pd

Good morning everyone...

How are you students? 

Hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. 

Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. 

Apa kabar sholih sholiha kelas VB, semoga selalu dalam lindungan Allah SWT, semoga sholih sholiha selalu bersemangat dalam beraktifitas. 

dan kita selalu istiqomah dalam menjalankan ibadah. 

Bu guru mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri mohon maaf lahir dan batin semoga kita semua saling memaafkan dan lebih menambah keimanan kita semua. 

Baiklah sholih sholiha sebelum kita masuk ke materi pembelajaran kita melakukan tepuk anak Indonesia hebat

Selanjutnya kita akan mengerjakan latihan- latihan soal  P5 pembuatan Tapis Lampung 

Tujuan pembelajaran : Peserta didik dapat menjawab dan mengerjakan latihan- latihan soal dengan benar 

Media pembelajaran : Proyektor LCD, Latihan-latihan soal 

Metode pembelajaran : Tertulis dan tanya jawab 

  1. Apa yang dimaksud dengan tapis Lampung? a) Kain tradisional dari Bali
    b) Tarian tradisional Lampung
    c) Kain yang dihiasi dengan benang emas dan perak
    d) Alat musik tradisional Lampung

  2. Tapis Lampung biasanya digunakan oleh masyarakat Lampung pada acara apa? a) Pernikahan
    b) Hari Kemerdekaan
    c) Ulang tahun
    d) Pesta rakyat

  3. Apa bahan utama yang digunakan untuk membuat tapis Lampung? a) Kain katun
    b) Kain tenun
    c) Kain sutra dan benang emas/perak
    d) Kain brokat

  4. Tapis Lampung berasal dari suku apa? a) Suku Batak
    b) Suku Lampung
    c) Suku Minangkabau
    d) Suku Bugis

  5. Apa warna dominan yang sering ditemukan pada tapis Lampung? a) Hitam dan putih
    b) Merah dan emas
    c) Biru dan hijau
    d) Kuning dan merah

  6. Bagaimana proses pembuatan tapis Lampung? a) Menenun dan dihiasi dengan benang emas dan perak
    b) Membordir dengan benang warna-warni
    c) Melukis dengan cat minyak
    d) Menjahit kain secara manual

  7. Tapis Lampung umumnya dipakai oleh siapa? a) Hanya oleh laki-laki
    b) Hanya oleh perempuan
    c) Baik laki-laki maupun perempuan
    d) Hanya oleh raja dan ratu

  8. Motif pada tapis Lampung biasanya menggambarkan? a) Kehidupan sehari-hari
    b) Alam dan flora
    c) Kekayaan alam Lampung
    d) Kehidupan hewan

  9. Tapis Lampung digunakan sebagai simbol apa dalam masyarakat Lampung? a) Kekayaan dan kemakmuran
    b) Kesederhanaan
    c) Kemerdekaan
    d) Pendidikan

  10. Apa yang membedakan tapis Lampung dengan kain adat dari daerah lain? a) Bentuk dan ukuran
    b) Penggunaan benang emas dan perak
    c) Warna yang lebih terang
    d) Pola yang lebih rumit

  11. Apa nama teknik yang digunakan untuk membuat tapis Lampung? a) Tenun ikat
    b) Tenun songket
    c) Tenun tapis
    d) Tenun bordir

  12. Kapan biasanya tapis Lampung dikenakan oleh perempuan? a) Saat bepergian ke luar kota
    b) Saat menghadiri acara adat atau pesta
    c) Saat bekerja di sawah
    d) Saat berbelanja

  13. Motif "Gajah Mandi" pada tapis Lampung melambangkan apa? a) Kekuatan dan keberanian
    b) Kehidupan alam
    c) Kemakmuran dan kedamaian
    d) Kecantikan dan keanggunan

  14. Apa yang membuat tapis Lampung menjadi warisan budaya yang penting? a) Karena dibuat dengan mesin
    b) Karena melibatkan keterampilan tangan yang tinggi
    c) Karena warnanya yang cerah
    d) Karena mudah dibuat

  15. Apakah tapis Lampung hanya ditemukan di Lampung? a) Ya, hanya di Lampung
    b) Tidak, juga ditemukan di Sumatra lainnya
    c) Tidak, tetapi lebih sering ditemukan di Jawa
    d) Tidak, tapi ditemukan di seluruh Indonesia

Mapel Matematika 

1. Tujuan Pembelajaran:

  • Pengetahuan: Siswa dapat memahami konsep sudut dan cara mengukurnya dengan menggunakan alat ukur sudut.

  • Keterampilan: Siswa dapat mengukur sudut dengan menggunakan proyektor sudut (busur derajat) dengan tepat.

  • Sikap: Siswa menunjukkan keterampilan kerjasama dalam pengukuran sudut dan ketelitian dalam melakukan pengukuran.

2. Media Pembelajaran:

  • Busur derajat: Untuk mengukur sudut secara langsung.

  • Gambar atau diagram sudut: Untuk memberikan ilustrasi tentang berbagai jenis sudut (tumpul, lancip, siku-siku, dll).

  • Papan tulis atau proyektor: Untuk menjelaskan materi dan menampilkan gambar atau diagram secara jelas.

  • Kertas atau papan tulis kecil: Untuk latihan pengukuran sudut secara individu atau kelompok.

  • Video pembelajaran: Menjelaskan langkah-langkah mengukur sudut dengan cara yang lebih menarik dan mudah dipahami.

3. Metode Pembelajaran:

  • Demonstrasi: Guru mendemonstrasikan cara mengukur sudut dengan menggunakan busur derajat.

  • Tanya jawab: Mengajak siswa berdiskusi tentang jenis-jenis sudut dan bagaimana cara mengukur sudut tersebut.

  • Praktik langsung: Siswa secara mandiri atau berkelompok mengukur berbagai jenis sudut dengan busur derajat.

  • Diskusi kelompok: Siswa mendiskusikan hasil pengukuran sudut yang mereka lakukan dan saling membantu dalam menyelesaikan tugas.

  • Latihan soal: Memberikan soal-soal latihan untuk mengukur sudut pada gambar atau objek yang ada di sekitar mereka.

Materi sudut 

1. Pengertian Sudut

Sudut adalah dua garis yang bertemu pada satu titik yang disebut titik sudut. Sudut dapat dilihat dari besar derajatnya yang menunjukkan seberapa lebar kedua garis tersebut terbuka. Sudut biasanya diukur dengan menggunakan alat yang disebut busur derajat.

2. Bagian-bagian Sudut

  • Titik Sudut: Titik tempat dua garis bertemu.

  • Sisi Sudut: Dua garis yang membentuk sudut tersebut.

  • Derajat Sudut: Ukuran pembukaan antara dua sisi sudut, biasanya diukur dalam satuan derajat (°).

3. Jenis-jenis Sudut

  • Sudut Lancip: Sudut yang besarannya kurang dari 90°. (misalnya 30°, 45°)

  • Sudut Siku-siku: Sudut yang besarannya tepat 90°. Ini adalah sudut yang membentuk sudut kanan.

  • Sudut Tumpul: Sudut yang besarannya lebih dari 90° tetapi kurang dari 180°. (misalnya 120°)

  • Sudut Lurus: Sudut yang besarannya tepat 180°. Ini adalah sudut yang membentuk garis lurus.

  • Sudut Refleks: Sudut yang lebih besar dari 180° tetapi kurang dari 360°.

4. Cara Mengukur Sudut

  • Menggunakan busur derajat yang memiliki skala dari 0° sampai 180°.

  • Langkah-langkah:

    1. Letakkan busur derajat di titik sudut.

    2. Pastikan garis pertama sejajar dengan garis 0° pada busur.

    3. Baca derajat yang tertera pada busur di sisi kedua garis sudut untuk mengetahui besar sudut.

5. Menyebutkan Besar Sudut

  • Sudut Lancip: Besarannya antara 0° sampai 90°.

  • Sudut Siku-siku: Besarannya 90°.

  • Sudut Tumpul: Besarannya antara 90° sampai 180°.

  • Sudut Lurus: Besarannya 180°.

  • Sudut Refleks: Besarannya antara 180° sampai 360°.

6. Latihan Pengukuran Sudut

1. Apa yang dimaksud dengan sudut?

a. Dua garis yang saling sejajar
b. Dua garis yang bertemu pada satu titik
c. Dua garis yang membentuk garis lurus
d. Garis yang membentuk angka 90°

2. Apa nama titik tempat dua garis bertemu pada sebuah sudut?

a. Titik tengah
b. Titik sudut
c. Titik tumpul
d. Titik pusat

3. Sudut yang besarannya kurang dari 90° disebut?

a. Sudut tumpul
b. Sudut lancip
c. Sudut siku-siku
d. Sudut lurus

4. Sudut yang besarannya tepat 90° disebut?

a. Sudut lancip
b. Sudut siku-siku
c. Sudut tumpul
d. Sudut refleks

5. Sudut yang besarannya lebih dari 90° tetapi kurang dari 180° disebut?

a. Sudut lancip
b. Sudut tumpul
c. Sudut refleks
d. Sudut siku-siku

6. Jika sudut memiliki besar 180°, maka sudut tersebut disebut?

a. Sudut lancip
b. Sudut tumpul
c. Sudut siku-siku
d. Sudut lurus

7. Sudut yang besarannya lebih dari 180° tetapi kurang dari 360° disebut?

a. Sudut lancip
b. Sudut refleks
c. Sudut siku-siku
d. Sudut tumpul

8. Alat yang digunakan untuk mengukur sudut disebut?

a. Penggaris
b. Busur derajat
c. Kompas
d. Meteran

9. Apa yang dimaksud dengan sisi sudut?

a. Garis yang membatasi sudut
b. Titik tempat dua garis bertemu
c. Ukuran sudut
d. Alat untuk mengukur sudut

10. Jika sebuah sudut memiliki besar 45°, maka jenis sudut tersebut adalah?

a. Sudut tumpul
b. Sudut lancip
c. Sudut siku-siku
d. Sudut lurus

11. Sebuah sudut membentuk garis lurus. Besar sudut tersebut adalah?

a. 90°
b. 180°
c. 270°
d. 360°

12. Berapa besar sudut yang terbentuk oleh jam pada pukul 3?

a. 90°
b. 120°
c. 180°
d. 45°

13. Jika sebuah sudut memiliki besar lebih dari 180°, jenis sudut tersebut adalah?

a. Sudut lancip
b. Sudut tumpul
c. Sudut refleks
d. Sudut siku-siku

14. Saat menggunakan busur derajat untuk mengukur sudut, angka yang ada pada busur derajat menunjukkan?

a. Panjang sisi sudut
b. Derajat besar sudut
c. Nama sudut
d. Jenis sudut

15. Sebuah sudut terbentuk oleh dua garis yang berpotongan membentuk angka 120°. Jenis sudut tersebut adalah?

a. Sudut lancip
b. Sudut siku-siku
c. Sudut tumpul
d. Sudut lurus

Refleksi kegiatan hari ini Alhamdulillah berjalan dengan lancar , Peserta didik dapat menjawab dan mengerjakan latihan- latihan soal dengan benar. 

Berikut dokumentasi kegiatan hari ini 



0 komentar:

Posting Komentar