KELAS VB
GURU KELAS : Fuji lestari, S. Pd
Good morning everyone...
How are you students?
Hopefully we're healthy and always in the protection of Allah.
Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah.
Apa kabar sholih sholiha kelas VB, semoga selalu dalam lindungan Allah SWT, semoga sholih sholiha selalu bersemangat dalam beraktifitas.
dan kita selalu istiqomah dalam menjalankan ibadah.
Bu guru mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri mohon maaf lahir dan batin semoga kita semua saling memaafkan dan lebih menambah keimanan kita semua.
Baiklah sholih sholiha sebelum kita masuk ke materi pembelajaran kita melakukan tepuk semangat
Selanjutnya kita akan belajar materi tentang sudut dan teks eksposisi
Mapel : Matematika
Tujuan pembelajaran: peserta didik dapat memahami jenis jenis sudut
Media pembelajaran : gambar sudut, LCD, buku matematika
Metode pembelajaran : Diskusi kelompok, tanya jawab
Materi: Sudut (Kelas 5 SD)
1. Pengertian Sudut
Sudut adalah daerah yang terbentuk dari dua garis yang bertemu di satu titik pangkal (titik sudut).
-
Sisi sudut: dua garis yang membentuk sudut.
-
Titik sudut: titik pertemuan dua garis tersebut.
2. Jenis-Jenis Sudut
Berdasarkan besar sudutnya, sudut dibedakan menjadi:
Jenis Sudut | Besarnya Sudut | Contoh |
---|---|---|
Sudut Lancip | Kurang dari 90° | 45° |
Sudut Siku-siku | Tepat 90° | 90° |
Sudut Tumpul | Lebih dari 90°, kurang dari 180° | 120° |
Sudut Lurus | Tepat 180° | 180° |
Sudut Refleks | Lebih dari 180°, kurang dari 360° | 270° |
Sudut Penuh | Tepat 360° | 360° |
3. Cara Mengukur Sudut
-
Gunakan busur derajat.
-
Tempatkan titik tengah busur di titik sudut.
-
Pastikan salah satu sisi sejajar dengan angka 0°.
-
Baca angka pada sisi yang satu lagi.4. Hubungan Antar Sudut
-
Sudut berpenyiku: Dua sudut yang jumlahnya 90°.
-
Sudut berpelurus: Dua sudut yang jumlahnya 180°.
-
Sudut saling berhadapan: Besarnya sama (sudut vertikal).
Contoh 1:
Tentukan jenis sudut dari sudut 75°!
Jawaban:
Karena 75° < 90°, maka sudut tersebut adalah sudut lancip.
Contoh 2:
Jika sudut A adalah 65°, berapakah besar sudut yang harus ditambahkan agar menjadi sudut siku-siku?
Jawaban:
90° – 65° = 25°
Contoh 3:
Sudut B dan C berpelurus. Jika sudut B = 125°, berapa besar sudut C?
Jawaban:
180° – 125° = 55°
Latihan Soal (Pilihan Ganda)
1. Sudut yang besarnya 90° disebut…
a. Sudut lancip
b. Sudut tumpul
c. Sudut siku-siku
d. Sudut lurus
2. Sudut yang lebih besar dari 90° tapi kurang dari 180° adalah…
a. Sudut lancip
b. Sudut siku-siku
c. Sudut tumpul
d. Sudut penuh
3. Dua sudut yang jika dijumlahkan menjadi 180° disebut…
a. Sudut siku-siku
b. Sudut lancip
c. Sudut berpelurus
d. Sudut refleks
4. Jika sudut X = 110°, maka sudut yang berpenyiku dengan sudut X adalah…
a. 70°
b. 90°
c. Tidak ada
d. 60°
5. Sudut 360° disebut…
a. Sudut tumpul
b. Sudut penuh
c. Sudut lurus
d. Sudut reflek
Pengertian Teks Eksposisi
Teks eksposisi adalah teks yang berisi penjelasan atau informasi tentang suatu hal. Tujuannya untuk memberikan pengetahuan kepada pembaca agar mereka lebih mengerti tentang topik yang dibahas.
Contohnya: Teks tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.
Ciri-Ciri Teks Eksposisi
-
Bersifat informatif – Memberikan informasi atau pengetahuan.
-
Berdasarkan fakta – Didukung oleh data atau kenyataan.
-
Bahasanya jelas dan logis – Mudah dimengerti dan masuk akal.
-
Tidak mempengaruhi pembaca – Tidak mengajak atau membujuk, hanya memberikan informasi.
-
Terdiri dari 3 bagian:
-
Pernyataan pendapat (tesis) – Pendapat awal tentang topik.
-
Argumentasi – Alasan atau fakta yang mendukung pendapat.
-
Penegasan ulang – Pengulangan pendapat di akhir sebagai kesimpulan
Contoh Teks Eksposisi Sederhana
-
Bahaya Sampah Plastik
Di sebuah desa yang asri bernama Desa Sukamaju, hiduplah seorang anak bernama Raka. Raka adalah anak kelas 5 SD yang sangat peduli terhadap lingkungan. Setiap pagi sebelum berangkat sekolah, Raka selalu membersihkan halaman rumahnya dari sampah, terutama sampah plastik.
Suatu hari, saat musim hujan tiba, Desa Sukamaju mengalami banjir kecil. Air dari sungai meluap dan menggenangi jalan-jalan desa. Warga pun mulai panik karena air terus naik. Raka dan ayahnya ikut membantu membersihkan saluran air yang tersumbat.
Ketika membersihkan saluran air, Raka terkejut melihat banyak sekali plastik bekas makanan ringan, botol air mineral, dan kantong plastik yang menyumbat aliran air.
"Pak, ternyata sampah plastik ini yang bikin airnya nggak bisa mengalir," kata Raka sambil mengangkat beberapa kantong plastik dari dalam selokan.
"Iya, Rak. Sampah plastik memang sangat berbahaya. Selain bikin banjir, plastik juga susah terurai. Bisa ratusan tahun baru hancur," jawab ayahnya.
Sejak kejadian itu, Raka mulai berpikir untuk melakukan sesuatu. Di sekolah, ia mengusulkan kepada Bu Guru untuk mengadakan kegiatan "Hari Bebas Plastik" setiap Jumat. Bu Guru menyambut baik ide itu, dan seluruh murid diajak membawa tempat makan dan botol minum sendiri dari rumah.
Tak hanya itu, Raka dan teman-temannya juga membuat poster tentang bahaya sampah plastik dan menempelkannya di dinding sekolah. Mereka menuliskan pesan-pesan seperti:
-
"Kurangi penggunaan plastik sekali pakai!"
-
"Plastik bisa membunuh hewan laut!"
-
"Buang sampah pada tempatnya!"
Kegiatan ini ternyata mendapat perhatian dari warga desa. Banyak orang tua murid yang mulai ikut mengurangi penggunaan plastik di rumah mereka. Pasar desa pun mulai menggunakan kantong ramah lingkungan yang terbuat dari kain.
Beberapa bulan kemudian, saat musim hujan kembali datang, Desa Sukamaju tidak lagi mengalami banjir seperti sebelumnya. Saluran air bersih dan bebas dari sampah.
Raka merasa senang karena usahanya membuahkan hasil. Ia sadar bahwa perubahan besar bisa dimulai dari hal kecil. Dengan mengurangi sampah plastik, Raka dan teman-temannya telah membantu menyelamatkan lingkungan.
Tugas :
Setelah sholih sholiha menyimak teks hal. 170. Diskusikanlah bersama kelompok mu dengan menggunakan tehnik skimming yaitu tehink membaca keseluruhan tulisan tujuannya untuk memperoleh gambaran umum secara sekilas.
Refleksi kegiatan hari ini berjalan dengan lancar peserta didik dapat memahami jenis jenis sudut dan peserta didik mencatat Informasi penting teks eksposisi menggunakan tehnik skimming dengan benar
Berikut dokumentasi kegiatan hari ini
0 komentar:
Posting Komentar