Selasa, 29 April 2025


   
Hari Selasa, 29 April 2025.

KELAS VB 

GURU KELAS : Fuji lestari, S. Pd

Good morning everyone...

How are you students? 

Hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. 

Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. 

Apa kabar sholih sholiha kelas VB, semoga selalu dalam lindungan Allah SWT, semoga sholih sholiha selalu bersemangat dalam beraktifitas. 

dan kita selalu istiqomah dalam menjalankan ibadah. 

Bu guru mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri mohon maaf lahir dan batin semoga kita semua saling memaafkan dan lebih menambah keimanan kita semua. 

Baiklah sholih sholiha sebelum kita masuk ke materi pembelajaran kita melakukan tepuk WOW. 

Selanjutnya kita akan berdiskusi materi gotong royong disekolah, rumah dan masyarakat, dilanjutkan materi tokoh tokoh perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah dan dilanjutkan sholih sholiha memperhatikan diagram Sebab akibat terjadinya tanah longsor. 

Mapel : Pendidikan pancasila 

1. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
a. Menjelaskan pengertian gotong royong dengan bahasa sendiri.
b. Mengidentifikasi contoh kegiatan gotong royong di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.
c. Menunjukkan sikap positif terhadap nilai-nilai gotong royong dalam kehidupan sehari-hari.
d. Bekerja sama dalam diskusi kelompok untuk menyusun laporan sederhana tentang praktik gotong royong.

2. Media Pembelajaran

a. Gambar atau video pendek tentang kegiatan gotong royong (di sekolah, desa, kota).


b. Lembar kerja siswa (LKS) berisi pertanyaan pemantik diskusi dan tugas kelompok.
c. Kartu peran atau cerita bergambar untuk simulasi kegiatan gotong royong.
d. Papan tulis dan spidol untuk mencatat hasil diskusi.
e. Kertas plano atau karton warna untuk presentasi hasil diskusi.

3. Metode Pembelajaran: Diskusi Kelompok

Langkah-langkah:

  1. Pembukaan: Guru memulai dengan apersepsi dan menayangkan video/gambar kegiatan gotong royong.

  2. Eksplorasi: Siswa diajak berdiskusi dalam kelompok kecil (4-5 orang) membahas manfaat dan contoh gotong royong.

  3. Elaborasi:

    • Setiap kelompok mengisi LKS berdasarkan hasil diskusi.

    • Mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.

  4. Konfirmasi: Guru memberikan umpan balik, meluruskan pemahaman jika ada yang kurang tepat.

  5. Penutup: Refleksi nilai gotong royong dan tugas mandiri di rumah 

Mapel : Ipas 

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran, siswa diharapkan dapat:

  1. Menyebutkan beberapa tokoh perjuangan Indonesia melawan penjajah.

  2. Menjelaskan peran masing-masing tokoh dalam memperjuangkan kemerdekaan.

  3. Menunjukkan sikap menghargai jasa para pahlawan nasional.

  4. Mengidentifikasi tokoh-tokoh berdasarkan daerah atau latar perjuangannya..                        Metode Pembelajaran

  • Ceramah Interaktif: Guru menjelaskan materi sambil berdialog dengan siswa.

  • Diskusi Kelompok: Siswa dibagi menjadi kelompok untuk membahas tokoh tertentu.

  • Presentasi: Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi..  Media Pembelajaran

  • Gambar/foto tokoh perjuangan

  • Video dokumenter singkat (YouTube atau bahan guru)

  • Peta Indonesia (untuk menunjukkan daerah asal tokoh)

  • PowerPoint materi tokoh-tokoh nasional

  • LKS (Lembar Kerja Siswa)                    Soal dan Jawaban (Pilihan Ganda & Isian Singkat)

  • Berikut materi tentang tokoh-tokoh perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah Tokoh-Tokoh Perjuangan Melawan Penjajah

    1. Pangeran Diponegoro

    • Asal: Yogyakarta (Kesultanan Yogyakarta)

    • Melawan: Belanda

    • Peristiwa penting: Perang Diponegoro (1825–1830)

    • Alasan berjuang: Menolak campur tangan Belanda dalam urusan keraton dan pajak yang memberatkan rakyat.

    • Akhir perjuangan: Ditangkap Belanda secara licik saat perundingan dan diasingkan ke Makassar.

    2. Tuanku Imam Bonjol

    • Asal: Sumatera Barat

    • Melawan: Belanda

    • Peristiwa penting: Perang Padri (1803–1837)

    • Alasan berjuang: Awalnya untuk memperbaiki adat masyarakat Minangkabau, kemudian melawan Belanda yang ikut campur.

    • Akhir perjuangan: Ditangkap dan dibuang ke Manado.

    3. Cut Nyak Dien

    • Asal: Aceh

    • Melawan: Belanda

    • Peristiwa penting: Perang Aceh (dimulai sejak 1873)

    • Alasan berjuang: Melanjutkan perjuangan suaminya, Teuku Umar, yang gugur dalam pertempuran.

    • Akhir perjuangan: Ditangkap dan diasingkan ke Sumedang.

    4. Sultan Hasanuddin

    • Asal: Makassar, Sulawesi Selatan

    • Melawan: Belanda (VOC)

    • Peristiwa penting: Perang Makassar (1666–1669)

    • Julukan: Ayam Jantan dari Timur

    • Akhir perjuangan: Dipaksa menandatangani Perjanjian Bongaya.

    5. Pattimura (Thomas Matulessy)

    • Asal: Maluku

    • Melawan: Belanda

    • Peristiwa penting: Perang di Saparua (1817)

    • Alasan berjuang: Menolak ketidakadilan dan penindasan Belanda terhadap rakyat Maluku.

    • Akhir perjuangan: Ditangkap dan dihukum gantung oleh Belanda.                             Catatan untuk siswa: Para tokoh ini berjuang dengan semangat cinta tanah air dan ingin membebaskan rakyat dari penjajahan. Kita patut meneladani keberanian dan pengorbanan mereka. 

Pilihan Ganda (5 soal)

  1. Tokoh perjuangan dari Aceh yang terkenal dengan semangat juangnya adalah...
    a. Pangeran Diponegoro
    b. Cut Nyak Dien
    c. Tuanku Imam Bonjol
    d. R.A. Kartini
    Jawaban: 

  2. Pangeran Diponegoro berjuang melawan penjajah di daerah...
    a. Sulawesi
    b. Kalimantan
    c. Jawa Tengah
    d. Bali
    Jawaban: 

  3. R.A. Kartini dikenal sebagai pelopor...
    a. Perjuangan kemerdekaan
    b. Pendidikan perempuan
    c. Perang gerilya
    d. Politik luar negeri
    Jawaban: 

  4. Tuanku Imam Bonjol memimpin perang Padri melawan penjajah di daerah...
    a. Sumatra Barat
    b. Jawa Timur
    c. Maluku
    d. Papua
    Jawaban: 

  5. Tokoh yang dikenal sebagai "Bung Tomo" berperan besar dalam peristiwa...
    a. Proklamasi
    b. Kongres Pemuda
    c. Pertempuran Surabaya
    d. Sumpah Pemuda
    Jawaban: 


Isian Singkat (5 soal)
6. Cut Nyak Dien adalah pahlawan perempuan dari daerah...
Jawaban: 

  1. Perjuangan Pangeran Diponegoro dikenal dengan nama...
    Jawaban: 

  2. Tokoh yang memperjuangkan hak-hak wanita melalui tulisan dan pendidikan adalah...
    Jawaban: 

  3. Pertempuran Surabaya terjadi pada tanggal...
    Jawaban: 

  4. Tuanku Imam Bonjol dikenal sebagai pemimpin perang...
    Jawaban: 

Materi Bahasa Indonesia Kelas 5          Teks Sebab Akibat - Tanah Longsor

1. Tujuan Pembelajaran

  • Menjelaskan pengertian teks sebab-akibat.

  • Mengidentifikasi sebab dan akibat dari peristiwa tanah longsor.

  • Mendiskusikan penyebab dan akibat tanah longsor secara lisan maupun tulisan.

  • Membuat diagram sebab-akibat dari peristiwa tanah longsor.                    2. Metode Pembelajaran

  • Diskusi Kelompok: Siswa dibagi dalam kelompok kecil untuk membahas penyebab dan akibat tanah longsor.

  • Tanya Jawab: Guru memancing siswa untuk berpikir kritis dengan pertanyaan-pertanyaan pemantik.

  • Presentasi: Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi mereka di depan kelas.                      3. Media Pembelajaran

  • Gambar atau ilustrasi tanah longsor (poster atau ditampilkan di layar)

  • Papan tulis / papan magnetik untuk menulis hasil diskusi

  • Lembar kerja siswa (LKS) berisi teks pendek dan ruang untuk membuat diagram

  • Video pendek tentang peristiwa tanah longsor (jika tersedia)

Pengertian Teks Sebab Akibat

Teks sebab akibat adalah teks yang menjelaskan alasan (sebab) suatu peristiwa bisa terjadi dan apa akibatnya.


Contoh Teks Sebab Akibat: Tanah Longsor

Tanah longsor adalah peristiwa runtuhnya tanah dari tempat yang lebih tinggi ke tempat yang lebih rendah.
Peristiwa ini sering terjadi di daerah perbukitan atau pegunungan.

Sebab-sebab tanah longsor:

  1. Hutan gundul karena penebangan liar

  2. Hujan deras terus-menerus

  3. Tanah labil (tidak padat atau tidak kuat)

  4. Kemiringan tanah yang curam

Akibat tanah longsor:

  1. Rumah-rumah rusak

  2. Jalan tertutup tanah

  3. Korban jiwa

  4. Akses ke daerah lain terputus     Diagram Sebab Akibat: Tanah Longsor

       PENEBANGAN LIAR
              │
       HUTAN MENJADI GUNDUL
              │
        HUJAN DERAS TERUS-MENERUS
              │
        TANAH JADI LEMAH DAN LABIL
              │
      TERJADI TANAH LONGSOR
              │
   AKIBAT:
   - RUMAH RUSAK
   - JALAN TERTUTUP
   - KORBAN JIWA
   - AKSES TERPUTUs

silahkan sholih sholiha pahami dan amati penyebab terjadinya tanah longsor. 

Buku cetak hal 177

Baiklah Soleh soleha ibu guru, demikian materi kita pada hari ini semoga sholih sholihah dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat  lima waktu dan hapalan-hapalan surat pendek di rumah 
Ibu guru akhiri wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Refleksi kegiatan hari ini, Alhamdulillah berjalan dengan lancar, peserta didik Menunjukkan sikap positif terhadap nilai-nilai gotong royong dalam kehidupan sehari-hari.  Siswa dapat Mengidentifikasi tokoh-tokoh berdasarkan daerah atau latar perjuangannya.dan dapat mengerjakan latihan soal- soal bahasa Indonesia dengan mendapatkan nilai baik. 

Berikut dokumentasi kegiatan hari ini 

0 komentar:

Posting Komentar