KELAS VB
GURU KELAS : Fuji lestari,S.Pd.
Good morning everyone...
How are you students?
Hopefully we're healthy and always in the protection of Allah.
Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah.
Apa kabar sholih sholiha kelas VB, semoga selalu dalam lindungan Allah SWT, Alhamdulillah kita dapat bertemu kembali di tahun baru 2025, semoga sholih sholiha selalu bersemangat dalam beraktifitas.
Ditahun baru ini semoga apa yang sholih sholiha harapkan dapat terwujud dan kita selalu istiqomah dalam menjalankan ibadah.
Baiklah sholiha sholiha sebelum kita masuk ke materi pembelajaran kita akan tepuk 7 kebiasan anak Indonesia hebat selanjut nya ibu guru akan mengulang kembali materi kemarin.
Berikut adalah contoh tugas untuk peserta didik kelas 5 semester 2 yang bertujuan mengenalkan kebudayaan daerah Indonesia dengan menggunakan metode dan media pembelajaran UPAS:
Tugas: Mengenal Kebudayaan Daerah Indonesia
Tujuan Pembelajaran:
- Peserta didik dapat mengenal dan memahami kebudayaan daerah di Indonesia.
- Peserta didik dapat mengenal keunikan setiap daerah dari segi seni, budaya, pakaian adat, rumah adat, dan makanan khas.
- Peserta didik dapat mempresentasikan hasil temuannya dengan menggunakan media visual atau digital.
Langkah-langkah Pembelajaran:
-
Metode Pembelajaran: UPAS (Uji Pemahaman dan Analisis Sumber)
- U (Uji Pemahaman): Guru memberikan penjelasan mengenai kebudayaan daerah di Indonesia, seperti seni tari, lagu daerah, pakaian adat, rumah adat, dan makanan khas dari berbagai provinsi di Indonesia.
- P (Pemahaman): Siswa melakukan pengamatan atau penelitian terhadap kebudayaan daerah tertentu yang telah dibagi dalam kelompok.
- A (Analisis): Setiap kelompok menganalisis informasi yang diperoleh, mencatat ciri-ciri dan keunikan kebudayaan daerah tersebut.
- S (Sumber): Peserta didik menggunakan berbagai sumber informasi seperti buku, internet, video, dan gambar untuk memperoleh data yang relevan.
-
Media Pembelajaran:
- Video/Presentasi Digital: Menampilkan video atau presentasi slide yang berisi informasi tentang kebudayaan daerah Indonesia.
- Poster: Membuat poster yang memvisualisasikan kebudayaan daerah, misalnya gambar pakaian adat, rumah adat, dan makanan khas.
- Infografis: Membuat infografis mengenai kebudayaan daerah, misalnya menggambarkan perbedaan antara rumah adat atau tarian dari berbagai daerah.
Tugas:
-
Pembagian Kelompok: Bagi siswa dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok memilih satu provinsi di Indonesia untuk diteliti.
-
Riset: Setiap kelompok melakukan riset tentang kebudayaan daerah tersebut, antara lain:
- Pakaian adat
- Rumah adat
- Makanan khas
- Tari tradisional
- Alat musik tradisional
-
Penyusunan Laporan: Setiap kelompok membuat laporan yang berisi informasi yang ditemukan tentang kebudayaan daerah yang diteliti. Laporan ini harus mencakup:
- Deskripsi kebudayaan daerah
- Foto atau gambar yang mendukung informasi
- Fakta menarik yang ditemukan
-
Presentasi: Setiap kelompok mempresentasikan hasil temuan mereka di depan kelas dengan menggunakan media yang telah disiapkan (poster, infografis, atau presentasi digital).
Penilaian:
- Kreativitas dan Kelengkapan: Menilai sejauh mana kelompok dapat menyajikan informasi dengan lengkap dan kreatif.
- Pemahaman Materi: Melihat seberapa baik kelompok memahami kebudayaan daerah yang diteliti.
- Kerja Sama Kelompok: Menilai keterlibatan setiap anggota kelompok dalam penyusunan tugas.
Waktu Pelaksanaan:
- Waktu untuk riset dan persiapan laporan: 1 minggu.
- Waktu untuk presentasi: 5 -10 menit (tergantung jumlah kelompok).
Dengan metode UPAS ini, peserta didik diharapkan dapat lebih mendalami kebudayaan daerah Indonesia dan mampu menyajikan hasil temuan mereka secara kreatif.
Mapel : Ipas
Tujuan pembelajaran : peserta didik dapat memahami kebudayaan suku bangsa budaya daerah di Indonesia
Media pembelaran : buku Atlas, buku cetak Ipas, video dan ppt
Metode pembelajaran : ceramah dan diskusi kelompok
Gambar peta Indonesia
Mata Pelajaran: Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS)
Kelas/Semester: Kelas 5 / Semester 2
Topik: Mengenal Kebudayaan Daerah di Indonesia
Tujuan Pembelajaran:
- Siswa dapat mengetahui dan mengenal kebudayaan daerah di Indonesia.
- Siswa dapat mengenal berbagai elemen kebudayaan seperti pakaian adat, rumah adat, makanan khas, dan tarian tradisional dari berbagai daerah.
Langkah-langkah Kerja:
A. Mengamati Kebudayaan Daerah Indonesia
- Pilih salah satu provinsi di Indonesia (misalnya: Jawa Barat, Bali, Sumatera Utara, Kalimantan Timur, dll).
- Amati dan cari informasi mengenai kebudayaan daerah tersebut. Anda dapat menggunakan buku, internet, atau bertanya kepada orang yang mengetahui kebudayaan daerah tersebut.
- Catat informasi yang Anda temukan tentang kebudayaan daerah tersebut. Beberapa hal yang perlu dicatat antara lain:
- Pakaian adat: Apa nama pakaian adat daerah tersebut? Bagaimana bentuk dan warna pakaian adatnya?
- Rumah adat: Apa nama rumah adat daerah tersebut? Bagaimana bentuk dan fungsinya?
- Makanan khas: Apa saja makanan khas dari daerah tersebut? Sebutkan 2-3 contoh makanan khas.
- Tarian tradisional: Apa nama tarian tradisional daerah tersebut? Bagaimana gerakan tarian tersebut?
- Alat musik tradisional: Sebutkan alat musik tradisional yang berasal dari daerah tersebut.
B. Menjawab Pertanyaan
Setelah melakukan observasi, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut berdasarkan hasil pencarian informasi kalian.
-
Provinsi mana yang Anda pilih?
Jawaban: __________________________________________________ -
Apa nama pakaian adat dari provinsi tersebut?
Jawaban: __________________________________________________ -
Bagaimana bentuk dan ciri khas pakaian adat tersebut?
Jawaban: __________________________________________________ -
Sebutkan 2 jenis makanan khas dari provinsi tersebut.
Jawaban: __________________________________________________
-
Apa nama rumah adat dari provinsi tersebut?
Jawaban: __________________________________________________ -
Jelaskan bentuk dan fungsi rumah adat tersebut.
Jawaban: __________________________________________________
-
Apa nama tarian tradisional dari provinsi tersebut?
Jawaban: __________________________________________________ -
Bagaimana gerakan-gerakan dalam tarian tersebut?
Jawaban: __________________________________________________
-
Sebutkan 1 alat musik tradisional yang berasal dari provinsi tersebut.
Jawaban: __________________________________________________ -
Apa yang Anda pelajari dari kebudayaan daerah yang Anda pilih?
Jawaban: __________________________________________________
C. Presentasi Kelompok
- Bergabunglah dengan teman-teman dalam kelompok kecil (3-4 orang).
- Bagikan hasil temuan tentang kebudayaan daerah yang sudah Anda catat.
- Setiap kelompok membuat sebuah poster atau presentasi digital yang berisi informasi tentang kebudayaan daerah yang telah diteliti.
- Presentasikan hasil kerja kelompok Anda di depan kelas.
D. Refleksi
Setelah kegiatan selesai, lakukan refleksi dengan menjawab pertanyaan berikut:
-
Apa yang Anda pelajari tentang kebudayaan daerah Indonesia setelah melakukan tugas ini? Jawaban: __________________________________________________
-
Mengapa penting untuk mengenal kebudayaan daerah di Indonesia? Jawaban: __________________________________________________
Penilaian:
- Kreativitas dalam menyusun poster atau presentasi.
- Pemahaman tentang kebudayaan daerah yang dipilih.
- Kerja sama dalam kelompok.
Waktu Pelaksanaan:
- Waktu untuk riset dan pengisian LKPD: 1 minggu.
- Waktu untuk presentasi: 1-2 jam (tergantung jumlah kelompok).
Dengan LKPD ini, siswa diharapkan dapat lebih mendalami kebudayaan daerah Indonesia dan dapat mempresentasikan temuan mereka dengan cara yang kreatif dan menarik.
Mapel : Seni Rupa
Tujuan pembelajaran : peserta didik melaksanakan sumatif penilaian harian 1.
Media pembelajarsn : soal ulangan harian 1 .
Metode pembelajaran : tertulis secara langsung.
KISI-KISI SOAL
1.Capaian Pembelajaran : Pesertadidik mampu mengenali dan menceritakan fokus dari karya yang diciptakan atau dilihatnya serta pengalaman dan perasaannya mengenai karya tersebut.
Pesertadidik mulai mengenal alternatif bahan,alat atau prosedur dasar dalam menggambar, mewarnai , memotong dan merekat.
2. Tujuan Pembelajaran:
- Pesertadidik dapat menjelaskan prinsip keseimbangan
- Peserta didk dapat menjelaskan gambar ekspresif dan ciri-ciri gambar ekspresif
- Pesertadidik dapatmenguraikan manfaat gambar ekspresif
3. Bentuk Soal: Pilihan ganda dan uraian.
SOAL PILIHAN GANDA
Pilih jawaban yang benar! Beri tanda silang (x) pada huruf A,B,C dan D
SOAL URAIAN
1. Menggambar ekspresif adalah salah satu cara untuk mengekspresikan perasaan melalui seni. Hal ini dilakukan untuk menunjukkan ...
a. keindahan objek secara realistis
b. perasaan atau emosi yang mendalam
c. aturan seni yang sudah baku
d. bentuk simetris yang sempurna
2. Keseimbangan antara ruang sebelah kiri dan ruang sebelah kanan yang sama persis, baik bentuk, ukuran, raut, maupun teksturnya disebut …
a. keseimbangan simestris c. Keseimbangan radial
b. keseimbangan asimetris d. Keseimbangan sederajat
3. berikut ini yang merupakan contoh keseimbangan memancar adalah ...
a. b. c. d.
4. perhatikan ciri-ciri berikut ini
1. serba dinamis 2, serba statis 3. Menekankan aspek suasana 4.unsur kehidupan sosial
Ciri-ciri menggambar ekspresif ditunjukan oleh nomor .......
1, 2 dan 3 b. 1,2 dan 4 c. 1,3 dan 4 d. 2,3 dan 4
5. Unsur seni rupa yang digunakan untuk mengekspresikan perasaan dengan cara menggambarkan perbedaan cahaya dan gelap disebut ...
a. Warna c. tekstur
b. bentuk d. Nilai (Value)
6. Alat utama yang digunakan dalam menggambar ekspresif adalah…
a. Pensil dan kertas
b. Cat minyak dan kuas
c. Spidol dan penghapus
d. Pensil warna dan kertas
7. Warna-warna yang sering digunakan dalam menggambar ekspresif untuk menciptakan kontras dan emosi kuat biasanya adalah ...
a. Datar dan netral
b. Cerah dan kontras
c. Lembut dan pastel
d. Hanya satu warna saja
8. Tujuan utama dari menggambar ekspresif adalah ...
a. Meniru objek dengan seakurat mungkin
b. Menyampaikan perasaan atau emosi lewat gambar
c. Menggambar dengan bentuk yang sempurna
d. Menggambar benda-benda yang ada di sekitar
9. Warna apa yang sering digunakan untuk menggambarkan perasaan marah atau semangat dalam menggambar ekspresif adalah …
a. Biru
b. Merah
c. Kuning
d. Hijau
10. Berikut media menggambar ekspresif yang termasuk teknik kering adalah …
a. cat akrilik
b. crayon
c. cat air
d. cat minyak
0 komentar:
Posting Komentar