Selasa, 11 Maret 2025



   
Hari Senin , 11 Maret 2025.

KELAS VB 

GURU KELAS : Fuji 

Good morning everyone...

How are you students? 

Hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. 

Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. 

Apa kabar sholih sholiha kelas VB, semoga selalu dalam lindungan Allah SWT, Alhamdulillah kita dapat bertemu kembali di bulan yang penuh barakah yaitu bulan Ramadhan, semoga sholih sholiha selalu bersemangat dalam beraktifitas. 

semoga di bulan Ramadhan apa yang sholih  sholiha harapkan dapat terwujud dan kita selalu istiqomah dalam menjalankan ibadah. 

Baiklah sholiha sholiha sebelum kita masuk ke materi pembelajaran kita akan tepuk puasa 

Selanjutnya sebelum masuk ke latihan latihan soal ibu akan menjelaskan materi keberagamaan budaya Indonesia, Indonesiaku kaya dan teks eksplanadi 

Baiklah selanjutnya kita akan masuk ke latihan - latihan soal pendidikan pancasila Ipas dan bahasa Indonesia. 

Pendidikan pancasila 

Tujuan Pembelajaran:

  1. Mengenal dan memahami keragaman budaya Indonesia sebagai bagian dari identitas bangsa dan membahasal soal soal latihan. 

Media Pembelajaran:

  1. Gambar atau foto tentang berbagai budaya, pakaian adat, dan tarian daerah.
  2. Video yang menunjukkan keberagaman budaya Indonesia.
  3. Buku pelajaran atau buku referensi yang membahas keragaman budaya Indonesia

Metode Pembelajaran:

  1. Diskusi Kelompok: Siswa dibagi dalam kelompok dan mendiskusikan keragaman budaya Indonesia, kemudian mempresentasikannya.
  2. Tanya Jawab: Guru memberikan pertanyaan kepada siswa untuk menguji pemahaman mereka tentang keragaman budaya Indonesia.

20 Soal Tentang Keragaman Budaya Indonesia :

  1. Apa yang dimaksud dengan keragaman budaya Indonesia?
  2. Sebutkan tiga contoh rumah adat yang ada di Indonesia!
  3. Apa nama pakaian adat dari Bali?
  4. Tarian tradisional apa yang berasal dari Jawa Barat?
  5. Sebutkan alat musik tradisional dari Sumatera!
  6. Apa yang dimaksud dengan bahasa daerah?
  7. Mengapa kita perlu melestarikan keragaman budaya Indonesia?
  8. Apa perbedaan antara rumah adat Joglo dan rumah adat Minangkabau?
  9. Sebutkan makanan khas dari daerah Papua!
  10. Apa saja yang bisa mencerminkan keragaman budaya di Indonesia?
  11. Jelaskan tentang perbedaan tarian adat di setiap daerah!
  12. Bagaimana cara menjaga kelestarian budaya Indonesia di masa depan?
  13. Sebutkan dua jenis upacara adat yang ada di Indonesia!
  14. Apa saja yang termasuk dalam seni budaya Indonesia?
  15. Bagaimana cara kita mengenal dan menghargai keragaman budaya di Indonesia?
  16. Apa nama tarian adat yang berasal dari Bali dan digunakan untuk menyambut tamu?
  17. Sebutkan dua contoh pakaian adat dari Kalimantan!
  18. Apa yang dimaksud dengan etnis dalam keragaman budaya Indonesia?
  19. Bagaimana pengaruh keragaman budaya terhadap kehidupan sosial di Indonesia?
  20. Apa contoh budaya yang berkembang di Indonesia karena pengaruh luar?
Mata pelajaran Ipas 

Berikut adalah contoh tujuan, media, dan metode, serta 15 soal materi IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam Sosial) kelas 5 dengan tema "Indonesiaku Kaya."

Tujuan Pembelajaran:

  1. Siswa dapat memahami keberagaman alam dan budaya di Indonesia.
  2. Siswa dapat menjelaskan pentingnya menjaga kekayaan alam Indonesia.
  3.  Siswa dapat mengerjakan latihan- latihan soal Ipas 

Media Pembelajaran:

  1. Buku teks - Sebagai bahan referensi utama dalam pembelajaran.
  2. Peta Indonesia - Untuk memvisualisasikan letak geografis dan sumber daya alam Indonesia.
  3. Gambar atau video - Menampilkan kekayaan alam dan budaya Indonesia.

Metode Pembelajaran:

  1. Diskusi Kelompok - Siswa akan berdiskusi dalam kelompok untuk berbagi pengetahuan tentang kekayaan Indonesia.
  2. Tanya jawab - Mengajak siswa untuk aktif bertanya dan menjawab soal yang berkaitan dengan materi.

15 Soal Materi IPAS Kelas 5: "Indonesiaku Kaya"

  1. Apa yang dimaksud dengan sumber daya alam?
  2. Sebutkan dua contoh sumber daya alam yang ada di Indonesia!
  3. Mengapa kita harus menjaga kekayaan alam Indonesia?
  4. Apa saja manfaat hutan tropis bagi kehidupan manusia?
  5. Nama suku bangsa yang ada di Pulau Jawa adalah...?
  6. Apa nama makanan tradisional yang berasal dari Bali?
  7. Bagaimana cara menjaga kelestarian alam Indonesia?
  8. Apa yang dimaksud dengan keragaman budaya Indonesia?
  9. Sebutkan dua alat musik tradisional dari Indonesia!
  10. Sebutkan tiga jenis tanaman rempah yang ada di Indonesia!
  11. Apa yang dimaksud dengan batik, dan dari mana asalnya?
  12. Apa peran pariwisata dalam perekonomian Indonesia?
  13. Apa itu wilayah negara kepulauan, dan bagaimana hal ini mempengaruhi kehidupan masyarakat Indonesia?
  14. Apa saja produk alam yang dihasilkan oleh Laut Indonesia?
  15. Sebutkan dua cara untuk menjaga kebersihan lingkungan di sekitar kita!
Mapel : Bahasa Indonesia 

Tujuan Pembelajaran:

  1. Meningkatkan kemampuan siswa dalam mengerjakan soal-soal bahasa Indonesia dengan tepat dan efektif.
  2. Meningkatkan pemahaman siswa terhadap berbagai jenis soal yang berkaitan dengan materi bahasa Indonesia, seperti soal pilihan ganda, soal isian, dan soal uraian.

Metode Pembelajaran:

  1. Latihan MandiriSiswa diberikan waktu untuk mengerjakan soal-soal secara mandiri. Dengan metode ini, siswa dapat berlatih menyelesaikan soal-soal tanpa bantuan, yang dapat meningkatkan kemandirian dan rasa percaya diri.

  2. Tanya Jawab
    Setelah siswa mengerjakan soal, guru dapat mengadakan sesi tanya jawab untuk membahas hasil jawaban siswa, memberikan umpan balik, serta menjelaskan kesalahan yang umum dilakukan siswa dalam mengerjakan soal.

  3. Umpan Balik dan Koreksi
    Setelah mengerjakan soal, guru memberikan umpan balik langsung untuk memperbaiki kesalahan siswa. Umpan balik ini penting agar siswa memahami mengapa jawaban mereka benar atau salah.

Media Pembelajaran:

  1. Buku Teks Bahasa Indonesia
    Buku teks digunakan untuk memberikan materi dasar yang menjadi referensi dalam menjawab soal-soal latihan.

  2. Lembar Kerja Siswa (LKS)
    LKS berisi latihan soal-soal yang berhubungan dengan materi yang sedang dipelajari, memungkinkan siswa untuk langsung mengerjakan soal dan merefleksikan pemahamannya.

1. Teks Eksplorasi

  1. Apa yang dimaksud dengan teks eksplorasi?

    • a. Teks yang menjelaskan sebuah peristiwa
    • b. Teks yang menjelaskan tentang pendapat atau opini seseorang
    • c. Teks yang menyajikan informasi berdasarkan hasil penelusuran atau penelitian
    • d. Teks yang mengandung cerita fiksi
  2. Berikut ini yang termasuk ke dalam ciri-ciri teks eksplorasi adalah...

    • a. Mengandung cerita imajinasi
    • b. Menyajikan fakta dan hasil penelitian
    • c. Menggunakan bahasa kiasan
    • d. Membahas tokoh-tokoh fiksi
  3. Apa tujuan utama dari teks eksplorasi?

    • a. Memberikan informasi berdasarkan fakta dan penelitian
    • b. Menceritakan cerita fantasi
    • c. Menyampaikan opini pribadi penulis
    • d. Menyajikan cerita legenda
  4. Pilihlah informasi yang tepat dalam teks eksplorasi berikut:
    "Pada tahun 1990, ilmuwan menemukan sebuah spesies ikan yang bisa bertahan hidup di kedalaman laut yang sangat dalam."
    Pertanyaan: Apa yang ditemukan oleh ilmuwan pada tahun 1990?

    • a. Sebuah spesies ikan
    • b. Sebuah spesies tumbuhan
    • c. Sebuah jenis mamalia laut
    • d. Sebuah teknologi canggih

2. Pengumuman

  1. Apa yang dimaksud dengan pengumuman?

    • a. Sebuah pesan yang ditulis untuk memberikan informasi atau pemberitahuan kepada orang banyak
    • b. Sebuah cerita imajinatif yang menghibur
    • c. Sebuah teks yang berisi opini penulis
    • d. Sebuah teks yang memberikan informasi secara pribadi
  2. Dalam pengumuman biasanya terdapat hal-hal berikut, kecuali...

    • a. Tujuan dari pengumuman tersebut
    • b. Waktu dan tempat yang relevan
    • c. Detail informasi yang harus disampaikan
    • d. Pendapat pribadi penulis pengumuman
  3. Berikut ini adalah contoh pengumuman: "Diberitahukan kepada seluruh siswa bahwa ujian tengah semester akan dilaksanakan pada tanggal 25 Mei 2025."

    Apa informasi utama dalam pengumuman tersebut?

    • a. Tanggal ujian tengah semester
    • b. Nama sekolah
    • c. Nama pengumuman
    • d. Waktu penerbitan pengumuman
  4. Pilihlah contoh pengumuman yang tepat:

    • a. "Ayo datang ke festival seni!"
    • b. "Minggu depan ada ujian, jangan lupa belajar."
    • c. "Hari ini ada pertandingan sepak bola di lapangan."
    • d. "Dibutuhkan pekerja untuk proyek pembangunan."
  5. Mana yang bukan termasuk ciri-ciri pengumuman?

    • a. Menggunakan bahasa yang jelas dan singkat
    • b. Memberikan informasi yang penting
    • c. Menceritakan kisah fiksi
    • d. Mencantumkan waktu dan tempat

3. Kalimat Perintah

  1. Kalimat perintah adalah kalimat yang...

    • a. Memberikan arahan atau instruksi
    • b. Menanyakan sesuatu
    • c. Menyatakan keadaan
    • d. Mengungkapkan pendapat
  2. Pilihlah kalimat perintah yang tepat:

    • a. "Tolong bersihkan kelas ini."
    • b. "Apa yang kamu lakukan?"
    • c. "Saya suka belajar matematika."
    • d. "Ibu sedang memasak di dapur."
  3. Kalimat perintah dapat menggunakan kata...

    • a. Tolong
    • b. Apa
    • c. Mengapa
    • d. Dimana
  4. Pilihlah kalimat perintah yang sesuai untuk situasi di sekolah:

    • a. "Selesaikan tugasmu sebelum pulang!"
    • b. "Siapa yang datang ke sekolah?"
    • c. "Mengapa kamu terlambat?"
    • d. "Kami akan pergi ke luar negeri."
  5. Berikut ini adalah kalimat perintah, kecuali:

    • a. "Harap datang tepat waktu."
    • b. "Silakan duduk di tempatmu."
    • c. "Apakah kamu sudah makan?"
    • d. "Jangan lupa membawa buku."

4. Akronim

  1. Apa yang dimaksud dengan akronim?

    • a. Singkatan yang terdiri dari huruf pertama atau beberapa huruf dari suatu kata atau frasa
    • b. Kata yang memiliki arti ganda
    • c. Kata yang berasal dari bahasa asing
    • d. Kalimat yang mengandung makna dalam
  2. Manakah yang termasuk contoh akronim?

    • a. "ATM" (Anjungan Tunai Mandiri)
    • b. "Banyak orang pergi ke pasar"
    • c. "Mengapa kamu terlambat?"
    • d. "Saya suka makan pizza."
  3. Akronim "KTP" berarti...

    • a. Kartu Tanda Pengenal
    • b. Kartu Tempat Parkir
    • c. Kantor Tempat Pekerjaan
    • d. Kartu Tempat Pemain
  4. Pilihlah kalimat yang mengandung akronim:

    • a. "Saya akan pergi ke ATM untuk menarik uang."
    • b. "Teman saya membeli banyak buku."
    • c. "Dia suka berolahraga di pagi hari."
    • d. "Kami pergi ke pasar untuk membeli sayuran."
  5. Apa yang dimaksud dengan singkatan dalam akronim?

    • a. Menggunakan huruf pertama atau beberapa huruf dari kata-kata yang ada
    • b. Menggunakan seluruh kata
    • c. Menyusun kalimat
    • d. Menggabungkan beberapa kata menjadi satu
  6. Pilihlah contoh akronim yang benar:

    • a. "SMA" (Sekolah Menengah Atas)
    • b. "KOMPUTER" (Komputer Menggunakan Teknologi Elektronik Radikal)
    • c. "BI" (Bank Indonesia)
    • d. "MNC" (Mobil Nasional Cepat)

Refleksi kegiatan hari ini Alhamdulillah berjalan dengan lancar, peserta didik dan guru diskusi dan tanya jawab soal2 latihan. 

Berikut dokumentasi kegiatan hari ini 


0 komentar:

Posting Komentar