Pb 4 dan 5
Tema 5 sub tema 1
Muatan PPKn
Keberagaman wirausaha dalam kehidupan sehari - hari
- Kewirausahaan
- Kewirausahaan(Inggris: Entrepreneurship) atau Wirausaha adalah proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan. Visi tersebut bisa berupa ide inovatif, peluang, cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu. Hasil akhir dari proses tersebut adalah penciptaan usaha baru yang dibentuk pada kondisi risiko atau ketidakpastian.
- Ciri-ciri dan Sifat kewirausahaan
- Untuk dapat mencapai tujuan yang diharapkan, maka setiap orang memerlukan ciri-ciri dan juga memiliki sifat-sifat dalam kewirausahaan. Ciri-ciri seorang wirausaha adalah:
Percaya diri
Berorientasikan tugas dan hasil
Berani mengambil risiko
Kepemimpinan
Keorisinilan
Berorientasi ke masa depan
Jujur dan tekun
Sifat-sifat seorang wirausaha adalah:
Memiliki sifat keyakinan, kemandirian, individualitas, optimisme.
Selalu berusaha untuk berprestasi, berorientasi pada laba, memiliki ketekunan dan ketabahan, memiliki tekad yang kuat, suka bekerja keras, energik dan memiliki inisiatif.
- Memiliki kemampuan mengambil risiko dan suka pada tantangan.
- Bertingkah laku sebagai pemimpin, dapat bergaul dengan orang lain dan suka terhadap saran dan kritik yang membangun.
- Memiliki inovasi dan kreativitas tinggi, fleksibel, serba bisa dan memiliki jaringan bisnis yang luas.
- Memiliki persepsi dan cara pandang yang berorientasi pada masa depan.
- Memiliki keyakinan bahwa hidup itu sama dengan kerja keras.
Bupena hal 105
Mengisi biodata hal 108
Mengisi formulir sesuai ilustrasi bacaan tersebut
Formulir pendaftaran Anggota PMI SD Erlangga
Pb 5 muatan IPS
Posisi dan peran Indonesia di bidang ekonomi dalam lingkup ASEAN
ASEAN adalah sebuah organisasi negara-negara di kawasan Asia Tenggara yang dibentuk guna menjalin kerjasama dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan pengembangan kebudayaan negara-negara anggotanya, memajukan perdamaian dan stabilitas di tingkat regionalnya, serta meningkatkan kesempatan untuk membahas perbedaan di antara anggotanya dengan damai.
Pembahasan
Indonesia selaku pelopor organisasi ASEAN, memiliki peran penting di dalam organisasi ini, salah satunya dalam bidang ekonomi.
Berbagai peran Indonesia di bidang ekonomi dalam lingkup ASEAN, antara lain :
Mendukung terbentuknya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).
Ikut serta berperan dalam lumbung padi ASEAN.
Ikut serta dalam melakukan kerjasama di sektor Industri, salah satunya ASEAN Aceh Fertilizer Project.
Indonesia sebagai salah satu pelopor dan pendiri Organisasi kerja sama ekonomi antarnegara.
Tuan rumah KTT ASEAN.
Berperan aktif dalam AFTA (ASEAN Free Trade Area).
Bentuk pertukaran barang antara Indonesia dengan negara - negara Asean antara lain :
Contoh barang-barang perdagangan di Asia Tenggara:
1. Indonesia barang yang dieksport minyak bumi, karet, teh. Barang yang diimport gandum, beras, gula, mesin;
2. Singapura barang yang dieksport tekstil, bahan bakar, elektro. Barang yang diimport karet, timah, kayu, minyak bumi;
3. Malaysia barang yang dieksport sawit, karet, timah, minyak bumi. Barang yang diimport kayu, mesin, alat transport;
Latihan bupena hal 110.
Muatan SBDp
Memperdengarbrosur
Pembahasan
Indonesia selaku pelopor organisasi ASEAN, memiliki peran penting di dalam organisasi ini, salah satunya dalam bidang ekonomi.
Berbagai peran Indonesia di bidang ekonomi dalam lingkup ASEAN, antara lain :
Mendukung terbentuknya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).
Ikut serta berperan dalam lumbung padi ASEAN.
Ikut serta dalam melakukan kerjasama di sektor Industri, salah satunya ASEAN Aceh Fertilizer Project.
Indonesia sebagai salah satu pelopor dan pendiri Organisasi kerja sama ekonomi antarnegara.
Tuan rumah KTT ASEAN.
Berperan aktif dalam AFTA (ASEAN Free Trade Area).
Bentuk pertukaran barang antara Indonesia dengan negara - negara Asean antara lain :
1. Indonesia barang yang dieksport minyak bumi, karet, teh. Barang yang diimport gandum, beras, gula, mesin;
2. Singapura barang yang dieksport tekstil, bahan bakar, elektro. Barang yang diimport karet, timah, kayu, minyak bumi;
3. Malaysia barang yang dieksport sawit, karet, timah, minyak bumi. Barang yang diimport kayu, mesin, alat transport;
Latihan bupena hal 110.
Muatan SBDp
Memperdengarbrosur
Pengertian Brosur
Brosur merupakan salah satu media yang digunakan untuk dapat menyampaikan promosi. Brosur ini berfungsi memberikan informasi produk yang di tawarkan kepada calon konsumen. Umumnya, brosur ini berbentuk selembaran kertas yang berisi barisan kata serta juga informasi suatu produk dan ditambah sedikit gambar pendukung. Biasanya brosur ini dibagikan secara cuma-cuma kepada masyarakat umum dengan harapan masyarakat dapat mengetahui produk tersebut. Brosur yang sering ditemukan itu diantaranya brosur mengenai makanan, bahasa inggris, sekolah, serta juga lain sebagainya.
Brosur sendiri merupakan buku yang diterbitkan itu secara tidak berkala yang dapat terdiri dari satu hingga sejumlah kecil halaman, tidak terkait dengan terbitan lain, serta juga selesai dalam sekali terbit. Halamannya sering dijadikan satu dengan stapler, benang, atau juga kawat, biasanya mempunyai sampul, tapi tidak menggunakan jilid keras.
Brosur merupakan salah satu media yang digunakan untuk dapat menyampaikan promosi. Brosur ini berfungsi memberikan informasi produk yang di tawarkan kepada calon konsumen. Umumnya, brosur ini berbentuk selembaran kertas yang berisi barisan kata serta juga informasi suatu produk dan ditambah sedikit gambar pendukung. Biasanya brosur ini dibagikan secara cuma-cuma kepada masyarakat umum dengan harapan masyarakat dapat mengetahui produk tersebut. Brosur yang sering ditemukan itu diantaranya brosur mengenai makanan, bahasa inggris, sekolah, serta juga lain sebagainya.
Brosur sendiri merupakan buku yang diterbitkan itu secara tidak berkala yang dapat terdiri dari satu hingga sejumlah kecil halaman, tidak terkait dengan terbitan lain, serta juga selesai dalam sekali terbit. Halamannya sering dijadikan satu dengan stapler, benang, atau juga kawat, biasanya mempunyai sampul, tapi tidak menggunakan jilid keras.
Tujuan Brosur
Sedangkan, tujuan brosur dalam bahasa Inggris, sebagai berikut.
- Information
- Promotion
- To increase attractiveness for a product
- As an identy for a product
Sedangkan, tujuan brosur dalam bahasa Inggris, sebagai berikut.
- Information
- Promotion
- To increase attractiveness for a product
- As an identy for a product
Ciri-Ciri Brosur
Dibawah ini merupakan ciri-ciri atau karakteristik brosur, diantaranya sebagai berikut:
- Umumnya mempunyai pesan yang tunggal.
- Bertujuan untuk dapat meniformasikan, mengedukasi, serta juga membujuk atau juga mempengaruhi
- orang/pelanggan untuk membeli maupun mengadopsi pesan yang disampaikan.
- Hanya sekali diterbitkan.
- Dibuat semenarik mungkin supaya menarik perhatian publik.
- Didistribusikan dengan secara tersendiri oleh pembuat brosur tersebut.
- Memiliki desain yang menarik serta juga isinya jelas.
Dibawah ini merupakan ciri-ciri atau karakteristik brosur, diantaranya sebagai berikut:
- Umumnya mempunyai pesan yang tunggal.
- Bertujuan untuk dapat meniformasikan, mengedukasi, serta juga membujuk atau juga mempengaruhi
- orang/pelanggan untuk membeli maupun mengadopsi pesan yang disampaikan.
- Hanya sekali diterbitkan.
- Dibuat semenarik mungkin supaya menarik perhatian publik.
- Didistribusikan dengan secara tersendiri oleh pembuat brosur tersebut.
- Memiliki desain yang menarik serta juga isinya jelas.
Fungsi Brosur
Fungsi utama dari sebuah brosur merupakan memberikan informasi kepada masyarakat umum mengenai suatu produk yang akan ditawarkan dengan secara detail. Untuk dapat menarik perhatian masyarakat, umumnya brosur ini dibuat dengan desain yang menarik serta juga isinya jelas.
Lebih jelasnya, fungsi dari brosur diantaranya sebagai berikut:
- Untuk menginformasikan kepada para konsumen potensial yang berhubungan dengan perusahaan atau juga produk atau layanan yang akan ditawarkan.
- Sebagai alat iklan atauppun juga alat promosi, yang menarik serta juga memungkinkan untuk mempromosikan satu atau lebih produk atau juga jasa.
- Untuk mempertahankan kriteria maupun konsep yang sama dengaan melalui semua brosur perusahaan atau produk aatau layanan yang dimiliki.
Fungsi utama dari sebuah brosur merupakan memberikan informasi kepada masyarakat umum mengenai suatu produk yang akan ditawarkan dengan secara detail. Untuk dapat menarik perhatian masyarakat, umumnya brosur ini dibuat dengan desain yang menarik serta juga isinya jelas.
Lebih jelasnya, fungsi dari brosur diantaranya sebagai berikut:
- Untuk menginformasikan kepada para konsumen potensial yang berhubungan dengan perusahaan atau juga produk atau layanan yang akan ditawarkan.
- Sebagai alat iklan atauppun juga alat promosi, yang menarik serta juga memungkinkan untuk mempromosikan satu atau lebih produk atau juga jasa.
- Untuk mempertahankan kriteria maupun konsep yang sama dengaan melalui semua brosur perusahaan atau produk aatau layanan yang dimiliki.
0 komentar:
Posting Komentar