Pengertian Teks Eksplanasi







Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan teks eksplanasi (explanatory text)Pengertian teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan tentang proses atau tahapan ‘mengapa’ dan ‘bagaimana’ terjadinya suatu fenomena atau peristiwa yang berkaitan dengan alam, sosial, ilmiah, dan budaya.
Pendapat lain mengatakan bahwa pengertian teks eksplanasi adalah suatu paragraf atau teks yang isinya menjelaskan informasi mengenai proses terjadinya suatu fenomena, baik itu fenomena alam, ilmu pengetahuan, serta kehidupan sosial dan budaya. Jenis teks ini sering ditemukan dalam buku-buku sains, geografi dan sejarah.
Setiap peristiwa di sekitar kita tentunya ada proses dan hubungan sebab-akibat dengan peristiwa lainnya. Di dalam explanatory textterdapat penjelasan tentang hubungan sebab-akibat tersebut dengan menggunakan aspek “mengapa” dan “bagaimana” suatu peristiwa terjadi.
Pada dasarnya tujuan teks eksplanasi adalah untuk menjelaskan tentang “mengapa” dan “bagaimana” suatu fenomena atau peristiwa terjadi. Misalnya, artikel tentang dampak global warming, peristiwa meletusnya gunung merapi, dan lain sebagainya

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

Explanatory text memiliki karakteristik tertentu yang membedakannya dengan jenis teks lainnya. Adapun ciri-ciri teks eksplanasi adalah sebagai berikut:
  1. Semua informasi yang disampaikan di dalam teks adalah berdasarkan fakta (faktual) tanpa adanya tambahan opini dari penulis.
  2. Topik yang dibahas di dalamnya adalah fenomena yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan atau bersifat ilmiah.
  3. Jenis teks ini bersifat informatif dan tidak berusaha untuk mempengaruhi pembaca untuk mempercayai hal-hal yang dibahas.
  4. Struktur teksnya terdiri dari tiga jenis, yaitu; pernyataan umum, deretan penjelas atau sebab-akibat, dan interpretasi.
  5. Penjelasan di dalam teks ini menggunakan sequence markers, seperti; Pertama, Kedua, Ketiga, dan lainnya Struktur Teks Eksplanasi Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, di dalam explanatory text terdapat 3 struktur yang membangun teks ini sehingga menjadi satu kesatuan. Adapun struktur teks eksplanasi adalah sebagai berikut:
  6. 1pernyataan UmumPada bagian pernyataan umum memuat tentang penjelasan umum mengenai suatu topik atau peristiwa yang dibahas. Pernyataan umum ini bisa berupa pengenalan atau penjelasan singkat tentang suatu peristiwa/ fenomena. 
  7. 2.Deretan PenjelasPada bagian deretan penjelas terdapat informasi mengenai sebab-akibat suatu peristiwa atau fenomena. Bagian deretan penjelas ini disusun sedemikian rupa sehingga dapat menjelaskan suatu peristiwa secara berurutan dari awal hingga akhir.
  8. 3. Interpretasi

    Interpretasi merupakan teks penutup dan bukan suatu keharusan. Pada bagian interpretasi ini menjelaskan intisari atau kesimpulan dari pernyataan umum dan deretan penjelas dari topik yang dibahas.
  9. Bupena hal 61
  10. Muatan IPA (penjelasan sumber energi alternatif penghasil energi listrik)
  11. Sumber Energi Alternatif – Tahukah anda mengenai energi alternatif, energi alternatif adalah jenis energi yang digunakan untuk menggunakan energi yang berasal dari minyak bumi. Energi alternatif ini berasal dari alam dan memiliki banyak manfaatnya untuk manusia. Ada beberapa contoh dari energi alternatif diantaranya yaitu energi yang berasal dari matahari, angin, air, dan juga panas bumi.Seiring dengan semakin berkembangnya pengetahuan manusia tentang sumber energi alternatif, maka semakin banyak juga jenis sumber alternatif yang tersedia di alam. Ke semua jenis energi alternatif tersebut memiliki manfaatnya masing-masing untuk manusia. Bahkan setiap manusia dan makhluk hidup, memerlukan energi tersebut untuk mengganti sumber energi lain yang mulai habis.
    Jenis-jenis energi alternatif tersebut tidak akan habis, walaupun digunakan secara terus menerus oleh manusia atau makhluk hidup lainnya. Inilah kebesaran Tuhan, yang sudah menciptakan banyak energi alternatif untuk kebutuhan dan kelangsungan hidup setiap manusia. Sumber energi tersebut juga sudah tersedia di alam, dan dapat kita gunakan kapan saja.
    Berikut ini penjelasan singkat seputar sumber energi alternatif. Mulai dari Pengertian energi alternatif, manfaat energi alternatif, jenis jenis energi alternatif, keuntungan energi alternatif, sumber energi alternatif, dll
  12. Muatan IPs
  13. Kerjasama negara anggota ASEAN dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi Bupena hal 64
  14. Pb 2, sikap positif terhadap keberagaman ekonomi
  15. Menghormati hasil ekonomi orang lain,tidak iri atas keberhasilan ekonomi orang lain,bersaing secara sehat dengan ekonomi orang lain,tidak merendahkan kegiatan ekonomi orang lain