Kelas : 1
Tema : 5 Pengalamanku
Subtema : 1 Pengalaman Masa Kecil
Pembelajaran : 2&3
Tabik pun anak-anak Bu Guru yang sholih sholihah kelas 1 A serta Ayah Bunda 😊 Bagaimana kabarnya hari ini ?
Pembelajaran 2
Tujuan Pembelajaran:
· Setelah mengamati dan mendengarkan percakapan yang dibacakan, siswa dapat menyebutkan ungkapan pemberian pujian secara lisan dengan benar.
· Setelah mengamati gambar, siswa dapat mengungkapkan kalimat pujian dengan tepat.
· Setelah membaca teks sederhana tentang pujian, siswa dapat menuliskan ungkapan pujian dengan tepat.
· Setelah mengamati gambar, siswa dapat menuliskan ungkapan pujian dengan tepat.
Materi Pembelajaran:
· Mempraktikkan ungkapan pujian secara lisan dan tertulis
Ayo Mengamati
Bacalah percakapan berikut
Beni mencontohkan gerakan senam lantai
Beni berhasil melakukan dengan baik
Beni senang sekali
Udi : Beni, hebat sekali gerakanmu
Beni : Terima kasih, Udin
Udin : Bagaimana perasaanmu, Beni?
Beni : Aku senang sekali
Udin : Aku juga ikut senang, Beni
Kamu memang berbakat dalam olahraga
Beni : Kamu juga pasti bisa, Udin
Kita bisa berlatih bersama-sama
Ayo Menulis
Ungkapan Pujian
Perhatikan gambar
Tuliskan ungkapan pujian yang tepat
Pembelajaran 3
Tujuan Pembelajaran :
· Dengan menggunakan gambar kumpulan benda, siswa dapat membilang banyak benda sebanyak 21 sampai dengan 40 secara urut.
· Dengan menggunakan gambar kumpulan benda, siswa dapat mengelompokkan benda sesuai bilangan yang diberikan dari 21 sampai dengan 40.
· Setelah mengamati gambar, siswa dapat menyebutkan simbol sila kedua dengan tepat.
· Dengan membuat bentuk rantai dari kertas lipat, siswa dapat menunjukkan simbol sila kedua dengan benar.
· Dengan mengamati simbol-simbol dari sila Pancasila siswa dapat menuliskan kembali bunyi sila kedua Pancasila.
· Setelah mengamati teks bacaan tentang sikap saling-menolong, siswa dapat menyebutkan ungkapan pujian dengan tepat.
· Dengan mengamati bentuk rantai hasil karya teman, siswa dapat mengungkapkan pujian secara lisan dengan tepat.
Materi Pembelajaran
· Menghitung benda benda yang berada di sekitar sekolah
· Mengenal lambang sila kedua dengan membuat rantai kertas
· Mengungkapkan pujian secara lisan
Ayo Mengamati
Edo merayakan ulang tahun yang kelima dip anti asuhan
Ulang tahun Edo di bulan Agustus
Di sana Edo berbagi makanan dan mainan
Edo juga membawa bahan-bahan untuk membuat prakarya
Edo ingin membuat kalung berwarna merah putih
Kalung seperti gambar rantai lambing Pancasila
Bahan-bahannya adalah kertas warna merah dan putih
Selain itu ada juga lem dan gunting
Mainan yang akan dibagikan adalah bola
Ayo bantu Edo menghitung bola dengan tepat
Ayo Berlatih
Menghitung Banyak Benda
Hitung kue dan bahan untuk membuat kalung
Lingkari setiap 10 benda
Hitung banyaknya, lalu tulis lambing bilangannya
Mengelompokkan Benda
Edo mempunyai banyak kertas putih
Edo ingin mewarnai kertas tersebut dengan warna merah
Warnai sebanyak bilangan yang tertulis
Ayo Mencoba
Edo juga suka berbagi dengan teman berbagi adalah perilaku yang baik
Perbuatan berbagi sesuai dengan sila kedua dalam Pancasila
Amati gambar rantai
Tanyakan kepada teman atau gurumu tenang maksud gambar tersebut
Berapa banyak mata rantainya?
Buatlah rantai dari kertas warna
Tunjukkan hasilnya kepada teman, guru dan keluargamu
Ayo Berlatih
Edo telah selesai membuat kalung merah putih
Hasilnya rapi sekali
Dayu memuji kalung buatan Edo
“Edo, karyamu bagus sekali” kata Dayu
Ungkapan pujian dapat disampaikan secara lisan
Amati ungkapan pujian berikut
“Siti, warna bajumu cerah sekali. Aku menyukainya”
“Beni, suaramu merdu sekali”
“Udin, tulisanmu sangat rapi”
“Dayu, gambar karyamu indah sekali”
Adakah temanmu yang pandai menari?
Coba ungkapkan pujian kepada temanmu.
Selamat belajar ..
0 komentar:
Posting Komentar