kamis, 22 Februari 2024

   

Kegiatan P5

 KELAS   I.B

GURU KELAS : Fuji lestari, S.Pd.


Good morning everyone...

How are you students? 

Hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. 

Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. 

Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. 








Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
SDS AL-AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG
Kelas: I (Fase A)
Tema: Bhineka Tunggal Ika
DIMENSI dan ELEMEN

Dimensi: Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berahlak Mulia

Elemen
Akhlak pribadi
Akhlak yang mulia diwujudkan dalam rasa sayang dan perhatian peserta didik kepada dirinya sendiri

Subelemen
Integritas

Akhir Fase A
Membiasakan bersikap jujur terhadap diri sendiri dan orang lain dan berani menyampaikan kebenaran atau fakta

Elemen
Akhlak Kepada Manusia

Subelemen
Mengutamakan persamaan dengan orang lain dan menghargai perbedaan

Akhir Fase A
Mengenali hal-hal yang sama dan berbeda yang dimiliki diri dan temannya dalam berbagai hal, serta memberikan respons secara positif

Subelemen
Berempati kepada orang lain

Akhir Fase A
Mengidentifikasi emosi, minat, dan kebutuhan orang-orang terdekat dan meresponsnya secara positif



Dimensi: Kreatif

Elemen
Menghasilkan Karya dan Tindakan yang Orisinal

Subelemen
-

Akhir fase A
Mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya dalam bentuk karya dan/atau tindakan serta mengapresiasi karya dan tindakan yang dihasilkan
TAHAPAN DALAM PROJEK

TAHAP PENGENALAN

Aktivitas 1 (22 februari)
Menggambar Diriku
Menggambar Wajahku
Aktivitas 2 (29 februari)
Lomba Menyusun
Mencari Kelompok



TAHAP KONTEKSTUAL

Aktivitas 3 (7 Maret)
Cerita dari yang Berbeda
Menyanyi Bersama
Aktivitas 4 (28 Maret)
Dongeng Negeri Pelangi
Mengumpulkan Uang



TAHAP AKSI

Aktivitas 5 (4 April)
Makanan Kesukaanku
Aktivitas 6 (25 April)
Warna Favoritku
Aktivitas 7 (2 Mei)
Mengunjungi Temanku



GELAR KARYA

Aktivitas 8 (8 Mei)
Gelar Karya
PERTEMUAN 1 (Kamis, 22 Februari)
(Menggambar Diriku dan Menggambar Wajah Asliku)
Alat dan Bahan : Kertas HVS dengan gambar orang, alat tulis, alat mewarnai, cermin

AKTIVITAS 1
(Menggambar Diriku)
Alat dan bahan : Kertas HVS dengan gambar orang, Alat tulis/warna
Tujuan : Peserta didik mulai mengenal dan berdamai dengan dirinya sendiri
Pelaksanaan
Pendidik mengawali sesi dengan membagikan kertas yang sudah ada template gambar kepada peserta didik
Setiap peserta didik harus menggambar diri mereka masing-masing (Sesuaikan dengan fisik, warna favorit, juga hobi (Misal: tambahkan mik bila suka bernyanyi, gambar rok bila suka memakai rok, atau menambahkan karakteristik suku sesuai suku mereka, dsb)
Selain yang disukai, tuliskan juga hal paling tidak disukai
Biarkan mereka menggambar dengan riang.
Setelah selesai, mintalah setiap siswa bercerita mengenai gambarnya kepada teman temannya.
Refleksi oleh pendidik
Setelah sesi sharing, tanyakan hal berikut ini pada peserta didik:
Apa hal yang paling kamu sukai?
Adakah hal yang ingin kamu ubah?
Apakah kekurangan yang kamu miliki perlu untuk kamu ubah?
Arahkan peserta didik agar bisa mengubah hal-hal yang bersifat non-fisik misalnya sifat malas, pemarah, boros dsb.

Pesan Moral
Pendidik membantu mengikat makna dari aktivitas dan refleksi tadi menjadi poin-poin berikut ini:
Setiap orang itu unik. Punya kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Tidak ada manusia yang sama. Kalau semua sama, hidup jadi tidak seru. Maka, syukurilah apa yang sudah kita miliki.
Kekurangan yang kita miliki, ada yang bisa diubah, ada yang tidak bisa diubah.
Tidak ada manusia yang sama. Kalau semua sama, hidup jadi tidak seru. Maka, syukurilah apa yang sudah kita miliki.
Catatan!
Saat proses aktivitas, biasanya ada pelajar yang lebih menonjol, atau berbeda dengan yang lain. Hal ini bisa dimanfaatkan dengan menanyanya ketika proses Refleksi.
AKTIVITAS 2
(Menggambar Wajah Asliku)
Alat : Cermin
Pelaksanaan
Berilah setiap peserta didik 1 kertas kosong
Lalu tempelkan pada wajah, kemudian jiplak wajah dengan alat tulis. Menggambar bentuk wajah, mata, alis dst. Pendidik bisa mencontohkan di depan terlebih dulu.
Setelah dijiplak, memang akan terbentuk gambar yang aneh, tidak apa-apa. Simpan kertas di meja untuk disempurnakan kembali gambarnya
Setelah selesai, pelajar bisa memberi nilai gambar tersebut. Bila sedang bahagia bisa memberi nilai 8-10, bila sedang sedih bisa 1-5 dsb
Pada saat pengumpulan, bapak/ibu bisa melihat dan menanyakan nilai yang ada pada siswa. Tanyakanlah pada mereka, biarkan bercerita dan jadilah pendengar yang baik.

Refleksi oleh pendidik
Setelah semua menjiplak, tanyakan hal berikut ini pada peserta didik:
Apakah ada yang merasa tidak puas dengan wajahnya?
Adakah yang ingin mengubah hidung? Warna kulit? Mata? Kenapa?
Arahkan peserta didik agar mau menerima apa yang sudah dimilikinya.

Pesan Moral
Tuhan menciptakan kita dengan sebaik-baiknya bentuk. Tak ada produk gagal, kita diciptakan karena ada suatu tujuan. Dengan bersyukur, kita akan hidup lebih bahagia dan bisa bermanfaat terhadap orang lain.
Cantik dan tampannya kita bukan hanya dari fisik, melainkan dari akhlak kita yang baik
Dengan bersyukur, kita akan hidup lebih bahagia dan bisa bermanfaat terhadap orang lain.

Catatan: Hasil karya Aktivitas 1 dan 2 akan dipajang pada saat Gelar Karya

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK AKTIVITAS 1
Nama :
Kelas :



CONTOH ILUSTRASI

0 komentar:

Posting Komentar