Selasa, 06 Februari 2024


           

MUATAN BAHASA INDONESIA dan Pendidikan pancasila

 KELAS   I.B

GURU KELAS : Fuji Lestari, S.Pd.


Good morning everyone...

How are you students? 

Hopefully we're healthy and alwaysin the protection of Allah. 

Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. 

Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. 


Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

  • Mengenali dan mengeja kombinasi huruf m
  • Mengenali dan mengeja kombinasi huruf pada suku kata dan kata yang di awali dengan ma, mi, mu, me, mo
  • Membaca dan menulis kata yang di awali dengan huruf  m
  • Sikap Positif
  • Tujuan Pembelajaran (TP):

    • Peserta didik dapat membaca dan menulis kata yang di awali dengan huruf  m
    • Peserta didik dapat menyebutkan identitas diri sesuia dengan jenis kelamin, ciri-ciri fisik, dan hobinya

    Capaian Pembelajaran (CP):

    • Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar (cara memegang alat tulis, jarak mata dengan buku, menebalkan garis/huruf, dll.) di atas kertas dan/atau melalui media digital. Peserta didik mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik. Peserta didik mampu menulis teks deskripsi dengan beberapa kalimat sederhana, menulis teks rekon tentang pengalaman diri, menulis kembali narasi berdasarkan teks fiksi yang dibaca atau didengar, menulis teks prosedur tentang kehidupan sehari-hari, dan menulis teks eksposisi tentang kehidupan seharihari.
    • Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenalinya sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.
    • Peserta didik mampu menyebutkan identitas dirinya sesuai dengan jenis kelamin, ciri-ciri fisik, dan hobinya. Peserta didik mampu menyebutkan identitas diri (fisik dan non fisik) keluarga dan teman-temannya di lingkungan rumah dan di sekolah. Peserta didik mampu menceritakan dan menghargai perbedaan baik fisik (contoh : warna kulit, jenis rambut, dll) maupun nonfisik (contoh : miskin, kaya, dll) keluarga dan teman-temannya di lingkungan rumah dan sekolah.

    MATERI PEMBELAJARAN



  • Amati gambar di atas.

    Lalu, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut. 

    1. Apa yang sedang dilakukan anak-anak pada gambar di atas?

    2. Berada di mana mereka?

    3. Pernahkah kalian memainkan permainan itu?


    AYO SIMAK CERITA YANG DIBACAKAN IBU GURU!!!







  • Jawablah pertanyaan-pertanyaan

  • Siapa nama teman baru Mimi?

    2. Mengapa Mimi malu dengan Maya?

    3. Apa yang akhirnya dimainkan Mimi dan teman-teman barunya?

    4. Apakah kalian pernah malu seperti Mimi?

    5. Sebutkan nama teman-teman kalian.



    AYO MEMBACA!!!

    1. Ikuti guru membaca kata-kata ini, ya. 


    2. Apa bunyi huruf di awal nama-nama itu?

    Ayo, lafalkan huruf berikut dengan benar.


    Lalu, gabungkan bunyi huruf itu dengan bunyi huruf yang lain. 



    3. Bagaimana dengan ini?

    Ikuti guru membacanya, ya.


    4. Lalu, bacalah beberapa suku kata berikut.

    Ikuti guru kalian. 


      
     PENDIDIKAN PANCASILA


    Sikap Positif


    Di antara kita ada yang memiliki perbedaan spesial.

    Ada yang memiliki keterbatasan fisik.

    Mereka tetap saudara kita.

    Mereka sama dengan kita.

    Mereka juga berhak menjadi juara.

    Sama seperti kita.

    Kita harus saling menghargai.

    Kita harus saling menyayangi.
  • Yuk Simak kisah Nabi Muhammad SAW berikut!



    Pernahkah kamu bertemu dengan teman yang memiliki perbedaan spesial?

    Ceritakan hal positif apa yang pernah kamu lakukan kepada temanmu tersebut!


    Sumatif ke 2, pelajaran pendidikan pancasila

0 komentar:

Posting Komentar