Selasa, 13 Agustus 2024


KELAS VB

GURU KELAS : Fuji lestari,S.Pd.

Good morning everyone...

How are you students? 

Hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. 

Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. 

Tujuan Pembelajaran :Peserta dapat menyelesaikam,masalah yang terkait operasi  hitung           

Pendidikan pancasila 
Peserta didik melaksanakan Assesment Pendidikan pancasila ke 1 
Tentang perumusan pancasila 

Pembahasan soal- sal Pendidikan Pancasila

 

 Tujuan Pembelajaran :Menamabah wawasan peserta melalalui latihan soal dan pembahasanya

1.Siapa yang pertama kali mengusulkan nama "Pancasila"?

a. Soekarno

b. Mohammad Hatta

c. Soepomo

d.Suharto

Jawaban : A

 2. Pada tanggal berapa Pancasila pertama kali disampaikan oleh Soekarno?

a. 1 Juni 1945

b. 17 Agustus 1945

c. 29 Mei 1945

d. 18 Agustus 1945

Jawaban : A

3. Pancasila terdiri dari berapa sila?

a. Tiga

b. Lima

c. Empat

d. Enam

Jawaban : B

4. Dimanakah Soekarno menyampaikan pidato tentang Pancasila untuk pertama kalinya?

a. Jakarta

b. Bandung

c. Yogyakarta

d. Surabaya

Jawaban : A

5. Siapa yang menjadi ketua BPUPKI saat Pancasila dirumuskan?

a. Soekarno

b. Mohammad Hatta

c. Radjiman Wedyodiningrat

d. Ahmad Subardjo

Jawaban : C

6. Sikap menghargai perbedaan termasuk dalam sila keberapa?

a. Sila pertama

b. Sila kedua

c. Sila ketiga

d. Sila keempat

Jawaban : B

Gotong royong adalah contoh penerapan sila ke?

a. Satu

b.Dua

c. Tiga

d. Empat

Jawaban : C

8. Sikap adil kepada semua orang tanpa membeda- bedakan merupakan contoh dari sila ke?

a. Sila pertama

b. Sila kedua

c. Sila ketiga

d. Sila kelima

Jawaban : D

Apa yang dimaksud dengan sikap saling menghargai dalam kehidupan sehari-hari?

a. Tidak peduli dengan orang lain

b. Menghormati dan menghargai perbedaan

c. Mengutamakan kepentingan sendiri

d. Bersikap egois

Jawaban : B

10. Salah satu contoh sikap tanggung jawab di rumah adalah?

a. Bermain sepanjang hari

b. Mengabaikan tugas sekolah

c. Membantu orang tua mengerjakan pekerjaan rumah

d. Meninggalkan pekerjaan tanpa menyelesaikannya

Jawaban : C


Materi b. Indonesia 

Tp. Peserta didik dapat memahami buku fiksi, meliputi ciri buku, bagian - bagian buku, dan jenis buku 
Pengertian buku fiksi kamu tentu pernah membaca buku kumpulan cerpen komik novel fabel dongeng dan buku cerita anak itu semua berisi cerita khayal atau rekaan buku-buku tersebut adalah contoh buku fiksi jadi buku fiksi adalah buku yang berisi cerita rekaan khayalan atau tidak berdasarkan kenyataan pada buku fiksi ide ceritanya berasal dari khayalan atau imajinasi isi penulis atau pengarang biasanya cerita dalam buku fiksi menggunakan bahasa kiasan atau tidak bermakna sebenarnya atau konotatif tujuannya untuk mengajak membaca agar seolah masuk ke dalam cerita. Penulis buku fiksi dapat menjelaskan isi cerita dengan baik sehingga pembaca dapat tertarik dan mampu membawa masuk ke alur cerita Untuk itulah pada cerita fiksi memerlukan keterampilan pengetahuan yang luas dan daya imajinasi yang luas dari si penulis perhatikan contoh buku fiksi berikut ini 1 kumpulan cerpen 2 buku cerita unik ketiga komik keempat novel. 
2 menyimak cerita naratif dalam buku fiksi
Teks naratif adalah teks yang berisi Rangkaian peristiwa yang terjadi sesuai urutan waktu teks naratif mempunyai ciri yaitu berisi cerita dan peristiwa tertentu yang bersifat naratif kedua memiliki urutan cerita yang jelas ketiga terdapat permasalahan keempat memiliki unsur seperti tema latar alur tokoh penokohan dan sudut pandang. 
Simaklah pembacaan teks naratif dari buku fiksi berikut teks akan dibacakan oleh dua orang teman dalam kelompokmu. 
Mobil-mobilan remote

.Materi Ipas 
Tp. Peserta didik dapat menjawsb soal tentang pernapasan pada manusia. 
Assemen 1 Ipas 
Materi tentang Organ Pernapasan pada manusia. 

Perhatikan organ-organ pernapasan berikut:

(1) Alveolus

(2) Bronkiolus

(3) Bronkus

(4) Hidung

(5) Laring

(6) Trakea

Berikut ini urutan yang benar proses pernapasan saat kita menghirup udara adalah....

A. (3)-(6)-(5)-(2)-(3)-(1)

B. (4)-(3)-(2)-(5)-(6)-(1)

C. (4)-(5)-(3)-(2)-(6)-(1)

D. (4)-(5)-(6)-(3)-(2)-(1)

E. (4)-(6)-(5)-(2)-(3)-(1)

 

2. Perubahan yang mungkin terjadi pada udara pernapasan adalah sebagai berikut:

1. Penyerapan

2. Penyaringan

3. Penghangatan

4. Pertukaran

Jawaban yang tepat adalah

A. 1 dan 2

B. 1 dan 4

C. 2 dan 3

D. 2 dan 4

E. 3 dan 4

 

3. Berikut ini merupakan gas yang dimasukkan ke dalam tubuh pada udara pernapasan adalah...

A. Oksigen

B. Karbondioksida

C. Amoniak

D. Nitrogen

E. Halogen

Berikut ini merupakan urutan jalannya udara pada sistem pernapasan manusia yang benar adalah...

A. Rongga hidung – laring – trakea – bronkiolus – bronkus– paru-paru

B. Rongga hidung – faring – trakea – bronkiolus – bronkus– paru-paru

C. Rongga hidung – faring – laring – bronkus – bronkiolus – paru-paru

D. Rongga hidung – faring – trakea – bronkus – bronkiolus – paru-paru

E. Rongga hidung – paru-paru – faring – trakea – bronkiolus – bronkus

 

5. Fungsi utama selaput lendir pada hidung adalah untuk...

A. Menyesuaikan kelembaban udara

B. Menetralkan racun yang masuk

C. Membunuh kuman yang terbawa

D. Memilih gas-gas yang masuk

E. Menyaring udara masuk

Refleksi kegiatan hari ini, Alhamdulillah kegiatan Assemen pendidikan pancasila dan Ipas berjalan dengan lancar dan peserta didik mendapatkan nilai yang baik. 

Berikut ini dokumentasi kegiatan hari ini :


0 komentar:

Posting Komentar