Senin, 26 Agustus 2024



KELAS VB

GURU KELAS : Fuji lestari,S.Pd.

Good morning everyone...

How are you students? 

Hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. 

Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. 


MATEMATIKA 

Hitung Campuran Bilangan Cacah

Tujuan Pembelajaran :

Peserta didik bisa menyelesaikan soal yang berhubungan dengan hitung campuran  bilangan cacah

Urutan Pengerjaan Operasi Hitung Campuran Bilangan Cacah

  1. Tanda kurung dikerjakan terlebih dahulu.
  2. Operasi yang sama kedudukannya dikerjakan urut dari depan ( sebelah kiri)
  3. Operasi perkalian dan pembagian dikerjakan terlebih dahulu, setelah itu mengerjakan operasi penjumlahan dan pengurangan

Contoh: 

1.     Hasil pengerjaan dari 1.606 + 924 : 22 adalah…

Jawab:  (karena kedudukan bagi (:) lebih tinggi dari pada tambah (+), maka kerjakan dulu pembagian) sehingga

1.606 + 924 : 22

= 1.606 + 42

= 1.648

2.     Hasil hitung dari ( 76-25) x 3 adalah ….

Jawab: ( sesuai urutan pengerjaan hitung bilangan, maka kerjakan terlebih dahulu tanda kurung, sehingga

(76-25) x 3

= 51 x 3

= 153

.    24 x 80 + 3.500:(-25)+(-19)x70 = ...

Jawab: =24 x 80 + 3.500:(-25)+(-19)x70 =1.920-140-1.330 =450.

4.            3.000+1.500 : (-15)-100 x (-8) = ....

      Jawab:     3.000+1.500 : (-15)-100 x (-8) =

           3.000-100+800 =3.700. 

 BAHASA INDONESIA

Pelaksanaan Assesmen  materi  kalimat majemuk

1.Di bawah ini yang termasuk kalimat majemuk setara memilih adalah ….

A. Kami akan berlibur ke Bali atau Lombok tahun depan.

B. Kami akan berlibur ke Bali dan Lombok tahun depan.

C. Kami tidak akan berlibur ke Bali, tetapi Lombok tahun depan.

D. Kami akan berlibur ke Bali, lalu Lombok tahun depan.

Jawaban:A

2. Kalimat berikut ini yang termasuk ke dalam kalimat majemuk sebab akibat adalah…

A. Diandra menyapu halaman rumah dan Shafira membersihkan ruang tamu

B. Semua sungai menjadi kering sehingga para petani mengalami gagal panen

C. Nia sedang belajar ketika hujan turun

D. Andi dan Fatah bermain bulu tangkis di Lapangan

Jawaban:B

3. Di bawah ini yang merupakan kalimat majemuk setara memilih adalah ….

A. Ibu pergi ke pasar membeli sayur dan ikan.

B. Imam tidak masuk sekolah karena dia sedang sakit.

C. Adi ingin membeli sepatu baru, tetapi uang tabungannya belum cukup.

D. Sebagai hadiah kamu boleh membeli sepatu atau tas baru.

Jawaban:D

3. Di bawah ini yang merupakan kalimat majemuk setara memilih adalah ….

A. Ibu pergi ke pasar membeli sayur dan ikan.

B. Imam tidak masuk sekolah karena dia sedang sakit.

C. Adi ingin membeli sepatu baru, tetapi uang tabungannya belum cukup.

D. Sebagai hadiah kamu boleh membeli sepatu atau tas baru.

Jawaban:D

4. Nenek membuat kue serabi, … menghidangkannya untuk kami.

Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah … .

A. dan

B. lalu

C. atau

D. tetapi

Jawaban:B

A. dan

B. lalu

C. atau

D. tetapi

Jawaban:B

5. Berikut adalah kalimat majemuk setara sejalan, kecuali … .

A.Mereka bermain ombak lalu berenang.

B. Aku sedang membaca buku dan adikku sedang mengerjakan PRnya di ruang tamu.

C. Ibu memasak di dapur dan ayah merapikan taman.

D. Kakak ingin membeli sepeda atau ponsel.

Jawaban:D

6. Manakah kalimat majemuk setara memilih?

A. Doni merapikan buku, lalu menyikat gigi.

B. Rezza ingin bermain bola atau kelereng.

C. atau

D. tetapi

Jawaban:D

7. Kalimat majemuk setara sebab akibat di bawah ini adalah ….

A. Ari mengendarai sepeda dan Bagus mengendarai motor

B. Ayah tidak pergi ke kantor karena sakit

C. Oscar pergi ke Belanda atau Jepang?

D. Pak Angga ingin pergi tetapi dia masih sibuk

Jawaban:B

8. Dia sangat cantik dan tidak sombong.

Kalimat majemuk di atas merupakan kalimat majemuk setara …

A. sejalan

B. berlawanan

C. memilih

D. bertingkat

Jawaban:A

9. Kalimat majemuk yang terdiri dari beberapa kalimat yang memiliki kedudukan setara.

A. Kalimat tunggal

B. Kalimat majemuk

C. Kalimat pilihan

D. Kalimat majemuk setara

Jawaban:D

Pilihan ganda 1-10

Uraian 1- 5

Berdasarkan Refleksi hari ini materi matematika Alhamdulillah peserta didik dapat mengerjakan soal hitung campur dengan benar. 

Dan peseeta didik dapat mengerjakan Assesmen penilaian B. Indonesia dengan baik. 

Berikut dokumentasi kegiatan hari ini :


0 komentar:

Posting Komentar