Ketika kita berada dalam jarak yang dekat dengan sumber bunyi, maka bunyi tersebut akan terdengar keras di telinga kita. Semakin kita jauh dari sumber bunyi, maka bunyi yang akan didengar oleh telinga kita akan semakin lemah.

Semua benda yang bisa bergetar akan menghasilkan bunyi. Lalu, apa saja sifat-sifat yang dimiliki oleh bunyi?

Berikut ini penjelasan mengenai sifat-sifat bunyi 

1. Bunyi merambat melalui media

Supaya bisa merambat, bunyi memerlukan suatu media, baik yang berupa media padat, cair, maupun gas. Ketiga media ini memiliki tingkat penghantaran bunyi yang berbeda antara satu sama lain.

Media yang memiliki tingkat penghantaran bunyi paling baik adalah media padat karena tersusun dari partikel-partikel penyusun yang rapat. Kerapatan dan kedekatan partikel penyusun pada benda padat ini menyebabkan bunyi yang dirambatkan pada media padat akan dihantarkan dengan lebih cepat.

Adapun media yang memiliki tingkat penghantaran bunyi yang kurang baik adalah media gas atau udara karena memiliki kerapatan partikel yang sangat renggang sehingga penghantaran bunyi akan berjalan lambat.

2. Bunyi dapat dipantulkan dan diserap

Bunyi merupakan gelombang longitudinal sehingga dapat mengalami pantulan. Bunyi yang mengenai suatu benda akan dipantulkan ataupun diserap.

Pada umumnya, benda-benda lunak, seperti busa, bantal, karpet, dan kain akan menyerap suara.

Sementara itu, benda-benda yang keras, mengkilat, dan rapat, seperti batu, tembok, dan lantai akan memantulkan suara. Pantulan suara ini disebut dengan gema atau gaung.

Gema merupakan jenis bunyi pantul yang akan terdengar setelah bunyi aslinya, sedangkan gaung merupakan jenis bunyi pantul yang terdengar kurang keras dan tidak sejelas bunyi aslinya.

Bahasa Indonesia 

Materi : macam2 majas 

T. P :Peserta didik dapat membedakan maca- macam majas 

Majas atau gaya bahasa yaitu bahasa indonesia bahasa, pemakaian ragam tertentu untuk memperoleh efek-efek tertentu yang membuat sebuah karya sastra semakin hidup, keseluruhan ciri bahasa sekelompok penulis sastra dan cara khas dalam menyampaikan pikiran dan perasaan, baik secara lisan maupun tertulis

Majas metafora 

Arti sebenarnya yang mudah dipahami dari majas metafora adalah majas yang digunakan untuk menyamarkan sesuatu yang lainnya atau dikenal dengan kiasan. Selanjutnya adalah fungsi dan contoh majas metafora adalah semacam analogi yang membandingkan dua hal secara langsung, tetapi dalam bentuk yang singkat.

Majas personifikasi 

Pengertian Majas PersonifikasiSementara personifikasi adalah pengumpamaan benda mati sebagai manusia. Jika digabungkan, maka majas personifikasi adalah jenis kiasan yang menggambarkan benda mati seolah-olah hidup dan dapat bertingkah laku seperti manusia.

Majas hiperbola 

Majas hiperbola adalah suatu gaya bahasa yang menggambarkan sesuatu secara berlebihan. Penggambaran mengenai majas hiperbola ini seringkali sulit dipahami lebih jauh atau kurang masuk akal.