Senin, 19 Agustus 2024

Bismillah, Kaligrafi, Arab, Desain

KELAS VB

GURU KELAS : Fuji lestari,S.Pd.

Good morning everyone...

How are you students? 

Hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. 

Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. 

  MATEMATIKA 

Tujuan Pembelajaran : Peserta didik dapat menyelesaikan soal yang berhubngan dengan FPB dan  KPK

FPB adalah singkatan dari Faktor Persekutuan Terbesar.

KPK adalah singkatan dari Kelipatan Persekutuan Terkecil.

Bilangan yang ingin diketahui FPB dan KPK harus kita bagi dengan bilangan prima.

 Bilangan prima adalah bilangan yang hanya bisa dibagi oleh 1 atau bilangannya itu sendiri.

 

Contoh bilangan prima adalah, 2, 3, 5, 7, 11, 13, 19, 23, dan seterusnya. Untuk penjelasan lebih lanjut

 

 

FPB dan KPK

Pada gambar di atas bisa dilihat kalau kita harus mencari FPB dan KPK dari 60 dan 84 menggunakan pohon faktor.

 

Kita harus membagi angka 60 dan 84 dengan bilangan prima hingga hasil di akhirnya sudah menghasilkan bilangan prima.

Kemudian buatlah faktor prima berdasarkan angka-angka yang ada pada pohon faktor.

Faktor prima dari 60 adalah 2 x 2 x 3 x 5 atau2^2 x 2 X 3 x 5.

Faktor prima dari 84 adalah 2 x 2 x 3 x 7 atau 2^2x 3 x 7.

Untuk mencari FPB gunakanlah pangkat yang sama dan paling kecil, di sini adalah  2^2x 3 = 12. Jadi FPB dari 60 dan 84 adalah 12.

Sedangkan untuk mencari FPB gunakan semua faktor dan yang pangkatnya tinggi, di sini adalah 2^2  x 3 x 5 x 7 = 420. Jadi KPK dari 60 dan 84 adalah 420.

Agar lebih mudah memahaminya, kita langsung kerjakan soal-soal yang ada di akhir tayangan, yuk!

Baca Juga: Tak Disangka, 5 Makanan Lezat Ini Ternyata Punya Manfaat untuk Cegah Rambut Rontok

Soal

1. Ibu memiliki 24 permen rasa jeruk dan 36 permen rasa coklat. Semua permen itu akan dibagikan kepada sejumlah anak, sehingga setiap anak memperoleh jumlah permen yang sama. Berapa jumlah maksimal anak yang mungkin diberi permen itu?

Jawab:

Dari soal di atas kita mengetahui kalau:

- A, B, dan C mula-mula bersama-sama pergi berenang.

- A pergi berenang setiap 6 hari sekali; B pergi berenang setiap 9 hari; dan C pergi berenang setiap 12 hari.

Kapan mereka bertiga akan berenang bersama-sama lagi?

Untuk menjawab soal ini kita harus mengetahui KPK dari ketiga bilangan, yaitu 6, 9, dan 12.

6 = 6, 12, 18, 24, 30, 36

9 = 9, 18, 27, 36

12 = 12, 24, 36

KPK dari 6, 9, dan 12 adalah 36

Maka mereka akan berenang bersama lagi setelah 36 hari lagi.

3. Pada tanggal 1 Juli 2020, Rio, Ria, dan Riki berkunjung bersama ke perpustakaan. Rio berkunjung setiap 7 hari sekali. Ria setiap 6 hari. Riki setiap 14 hari. Pada tanggal berapa mereka akan berkunjung ke perpustakaan secara bersama-sama lagi?

Jawab:

Dari soal di atas kita mengetahui kalau:

- Rio, Ria, dan Riki berkunjung bersama ke perpustakaan pada tanggal 1 Juli 2020.

- Rio berkunjung setiap 7 hari sekali; Ria berkunjung setiap 6 hari sekali; dan Riki berkunjung setiap 14 hari sekali.

Pada tanggal berapa mereka akan berkunjung ke perpustakaan secara bersama-sama lagi?

Untuk menjawab soal ini sama seperti pada soal nomer 2, yaitu mencari KPK dari ketiga bilangannya terlebih dahulu.

6 = 6, 12, 18, 24, 30, 36, 42

7 = 7, 14, 21, 28, 35, 42

14 = 14, 28, 42 

KPK dari 7, 6, dan 14 adalah 42 

42 hari setelah tanggal 1 Juli 2020 adalah tanggal 12 Agustus 2020.

BAHASA INDONESIA

.2 Tokoh dalam cerita yang mempunyai sifat baik dan mewakili norma dan nilai yang sesuai di masyarakat disebut….
A. Tokoh antagonis
B. Tokoh protagonis
C. Tokoh tritagonis
D. Tokoh sampingan

2. Di bawah ini merupakan contoh sifat tokoh protagonis, kecuali….
A. Baik hati
B. Penolong
C. Cerdas
D. Sombong

 Tokoh dalam cerita yang mempunyai sifat bertentangan dengan tokoh protagonis disebut….
A. Tokoh antagonis
B. Tokoh protagonis
C. Tokoh tritagonis
D. Tokoh figuran

4. Di bawah ini merupakan contoh sifat tokoh antagonis, kecuali….
A. Jahat
B. Dengki
C. Sombong
D. Penyabar

5. Tokoh dalam cerita yang berperan sebagai penengah antara tokoh protagonis dan antagonis dinamakan….
A. Tokoh antagonis
B. Tokoh protagonis
C. Tokoh tritagonis
D. Tokoh figuran

. 6.Bagaimana cara kita menentukan sifat tokoh dalam cerita?
A. Dari dialog tokoh
B. Dari tindakan tokoh
C. Dari latar belakang tokoh
D. Semua jawaban benar

7. Di bawah ini merupakan contoh dialog yang menunjukkan sifat tokoh protagonis, kecuali….
A. “Aku akan membantumu, temanku.”
B. “Aku akan mengambil semua hartamu.”
C. “Aku akan berbagi makanan denganmu.”
D. “Aku akan menolongmu, meski aku harus mengorbankan diriku.”

. Di bawah ini merupakan contoh tindakan yang menunjukkan sifat tokoh antagonis, kecuali….
A. Berbohong
B. Membully
C. Membela yang lemah
D. Merampas hak orang lain

9. Di bawah ini merupakan contoh latar belakang tokoh yang menunjukkan sifat tokoh protagonis, kecuali….
A. Tokoh berasal dari keluarga yang sederhana
B. Tokoh mempunyai sifat suka menolong sejak kecil
C. Tokoh berasal dari keluarga yang kaya dan sombong
D. Tokoh mempunyai cita-cita yang tinggi

10. Di bawah ini merupakan contoh cara menentukan

. Di bawah ini merupakan contoh tindakan yang menunjukkan sifat tokoh antagonis, kecuali….
A. Berbohong
B. Membully
C. Membela yang lemah
D. Merampas hak orang lain

9. Di bawah ini merupakan contoh latar belakang tokoh yang menunjukkan sifat tokoh protagonis, kecuali….
A. Tokoh berasal dari keluarga yang sederhana
B. Tokoh mempunyai sifat suka menolong sejak kecil
C. Tokoh berasal dari keluarga yang kaya dan sombong
D. Tokoh mempunyai cita-cita yang tinggi

10. Di bawah ini merupakan contoh cara menentukan

Refleksi kegiatan hari ini, peserta didik sebagian bisa, mengerjakan soal kpk, sebagian lagi masih perlu banyak latihan. Dan pengulangan. 

Untuk materi bahasa Indonesia alhamdulillah sholih sholiha dapat mengerjakan soal dengan benar. 

Berikut dokumentasi kegiatan hari ini 


0 komentar:

Posting Komentar