Rabu, 21 Agustus 2024




KELAS VB

GURU KELAS : Fuji lestari,S.Pd.

Good morning everyone...

How are you students? 

Hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. 

Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah


MODUL
PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA


MAKANAN TRADISIONAL NUSANTARA”
Tema : Bhineka Tunggal Ika
Kelas 5 Fase C
SD AL-AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG
TP. 2024/2025
Deskripsi Projek
Maraknya globalisasi dunia serta kecanggihan teknologi saat ini, membuka hampir semua aspek kehidupan di seluruh dunia. generasi saat ini cenderung lebih mengikuti tren yang ada, serta menirukan kebudayaan asing yang popular. Salah satu contohnya dapat dilihat pada kenyataan bahwa banyak masyarakat, termasuk anak-anak, lebih mengenal jenis makanan yang berasal dari negara lain seperti Korea atau Jepang dibandingkan dengan makanan tradisional khas Indonesia.
Untuk memperkenalkan makanan khas tradisional, projek ini diawali dengan tahap temukan yang ditujukan untuk memperkenalkan beberapa jenis-jenis makanan ringan/jajanan seperti kue tradisional. Selanjutnya, pada tahap bayangkan peserta didik akan diajak untuk membedakan antara makanan ringan kekinian dengan kue tradisional. 
Peserta didik juga akan diminta melakukan survei yang berkaitan dengan makanan ringan yang disukai oleh mereka untuk memperoleh gambaran keberagaman preferensi mereka. Setelah itu, pada tahap lakukan, peserta didik akan diminta untuk membuat kue tradisional sesuai dengan kreativitas kelompok agar dapat lebih mengenal setiap kue tradisional yang nantinya akan disajikan. Pada tahap bagikan, peserta didik melakukan pameran dengan  menyajikan kue tradisional yang telah dibuat dan mempopulerkannya melalui media sosial.
Mengapa projek ini relevan untuk satuan pendidikan?
Dengan adanya projek ini, diharapkan peserta didik dapat kembali mengingat, mengakui, dan menghargai keanekaragaman makanan tradisional Indonesia yang patut dibanggakan. Dengan kegiatan projek ini dapat membangun kerjasama antar warga satuan pendidikan untuk melestarikan kebudayaan Indonesia, khususnya pada makanan tradisional.Satuan pendidikan menjadi wadah yang memfasilitasi peserta didik mengenal lebih jauh mengenai budayanya

Contoh makanan tradisional 


Matematika 
T. P : peserta didik dapat mengerjakan latihan soal berkaitan  Kpk

1.KPK dari 18 dan 24 adalah ….

  1. 58
  2. 48
  3. 72
  4. 60
2.KPK dari 12 dan 18 adalah ….
  1. 40
  2. 16
  3. 36
  4. 54

3.KPK dari 8 dan 12 adalah ….

  1. 24
  2. 160
  3. 18
  4. 20

KPK dari 8 dan 10 adalah ….

  1. 40
  2. 36
  3. 24
  4. 12
Berdasarkan hasil pembelajaran kegiatan P5 hari ini Alhamdulilah peserta didik antusias dalam memaknai keberagaman makanan tradisional dan modern, dan siswa bisa membuat gambar makanan tradisional dan modern. 
Berikut ini dokumentasi kegiatan p5 

0 komentar:

Posting Komentar