Materi ajar, hari  5 Febuari  2020
Tema 3 4 dan 5
Muatan Bahasa.Indonesia
Memperkirakan isi teks berdasarkan judul teks Non-fiksi
Dengan cara membaca berdasarkan ide atau gagasan pokok yang di temukan.ide pokok atau gagasan pokok tiap paragraf dalam bacaan termuat dalam kalimat utama paragraf tersebut yang terletak di awal dan akhir paragraf.Informasi tsb juga akan bermanfaat saat kamu menyusun ikhtisar atau ringkasan isi buku.
Sektor ekonomi negara berkembang di Asia tenggara
Kata kunci yang terdapat pada judul teks tersebut adalah sebagai berikut
a. Sektor ekonomi
b. Negara berkembang di Asia Tenggara
Perkiraan isi teks
1. Menjelaskan pengertian sektor ekonomi
2. Menyebutkan negara2 berkembang yang ada di Asia Tenggara
3. Menjelaskan keadaan sektor ekonomi

Muatan IPS
Karakteristik geografis negara Thailand
Medan di Thailand kebanyakan merupakan dataran tinggi. Sebagian besar Thailand utara terdiri dari pegunungan. Dataran rendah terdapat pada daerah di sekitar aliran sungai Chao Phraya yang mengalir ke teluk Thailand. Terdapat teluk Bangkok di sebelah selatannya. Gunung tertinggi di Thailand adalah gunung Doi Inthanon dengan ketinggian 2.565 meter diatas permukaan laut.

Pemerintah membagi Thailand menjadi enam wilayah geografis. Keenam wilayah geografis berbeda dalam hal populasi, sumber daya alam, kontur alam, dan tingkat pembangunan sosial dan ekonomi. Secara politis, Thailand terdiri dari 77 provinsi termasuk Bangkok. Penamaan provinsi disesuaikan dengan nama ibukota provinsi masing-masing.

Luas Thailand mencapai 513.120 kilometer persegi. Menjadikannya sebagai negara terluas ke-51 di dunia. Sedikit lebih kecil dari Yaman dan sedikit lebih luas dari Spanyol. Thailand memiliki panjang negara 1.609 km dan lebar 805 km.

Thailand berbatasan dengan Laos dan Myanmar di sebelah utara, dengan Malaysia di selatan, dan dengan Laos dan Kamboja di timur. Wilayah Thailand memanjang sampai ke semenanjung Malaya.

Bupena hal 12

Muatan PPKn
Hak dan kewajiban dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan
Kewajiban adalah seperangkat hal yang harus dilaksanakan seseorang atau sekelompok orang terkait tugas, jabatan, atau status yang dimiliki atau dikenakan kepadanya.

Pembahasan
Pada kesempatan ini, soal meminta kita untuk menyajikan 5 contoh kewajiban dalam menjaga kebersihan sekolah. Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut.

hak:kita berhak untuk menuntut kepala daerah setempat atas keasrian lingkungan,kita berhak menata sendiri lingkungan sekitar dan kita berhak menegur orang yg mengotori lingkungan sekitar 

LIMA CONTOH KEWAJIBAN DALAM MENJAGA KEBERSIHAN SEKOLAH

1. MEMILAH DAN MEMBUANG SAMPAH PADA TEMPATNYA

2. RUTIN MENGIKUTI KERJA BAKTI UNTUK MEMBERSIHKAN LINGKUNGAN SEKOLAH

3. MENEMPATKAN TONG SAMPAH PADA SETIAP KELAS

4. MERAWAT TANAMAN YANG BERADA DI LINGKUNGAN SEKOLAH

5. TIDAK MENCORET ATAU MENGOTORI DALAM BENTUK APAPUN DI PERMUKAAN DINDING, LANTAI, DAN MEJA KELAS ATAU SEKOLAH.

Latihan bupena hal. 15
Pb 4 . Membandingkan perkiraan informasi sebelum dan sesudah membaca teks
Berikut adalah macam-macam manfaat dari melakukan perbandingan informasi pada saat sebelum dan sesudah membaca teks.

Melakukan pemahaman dari ebuah informasi dengan menjadi lebih detail
Akan mendapatkan sebuah pembenaran
Akan melakukan penambahan dari
rasa keyakinan dan juga rasa bijak
Melakukan peningkatan dari kehati-hatian dari penerimaan sebuah informasi
Akan menjadi sebuah bentar dari narasumber yang dapat terpercaya bagi orang lainnya
Pembahasan
Membaca merupakan sebuah bentk dari aktivitas yang digunakan untuk mendapatkan sebuh informasi dengan cara menggunakan sebauh indera penglihatan dari seuatu hal yang dapat dibaca. Kemudian, bmembaca tersebut tidaklah harus berdasarkan sebuah tulisan, akan tetapi termasuk pula mengamati terhadap situasi yang ada akan disebut sebagai membaca keadaan.

Muatan PPKn
Hak dan kewajiban pelajar sebagai bagian dari warga negara Indonesia
Inilah Kewajiban Murid disekolah antaranya adalah:
  1. Siswa harus taat kepada Guru dan Kepala Sekolah.
  2. Ikut bertanggung jawab atas kebersihan, keamanan, ketertiban sekolah.
  3. Ikut bertanggung jawab atas pemeliharaan gedung, halaman, perabotan yang ada disekolah.
  4. Membantu kelancaran pelajaran dikelas.
  5. Ikut menjaga nama baik sekolah, guru maupun pelajar lainnya baik dilingkungan sekolah maupun diluar sekolah.
  6. Menghormati guru dan saling menghargai antar sesama murid.
  7. Melengkapi diri dengan keperluan sekolah.
  8. Murid yang membawa kendaraan harus meletakkan kendaraannya ditempat yang sudah ditentukan.
  9. Ikut membantu agar tata tertib sekolah dapat berjalan dengan lancar.
  10. Memakai pakaian seragam sekolah sesuai dengan hari yang telah ditentukan.
  11. Murid berkewajiban untuk mengikuti upacara pengibaran Bendera Merah Putih yang diselenggarakan.
  12. Memberikan keterangan Sakit,Izin atau Alpa dari orangtua bahwa Anda berhalangan untuk sekolah.
  13. Murid-murid wajib mengikuti pelajaran dan ulangan disekolah.
Hak Siswa di Sekolah :
  1. Berhak mendapat perlakuan adil (nilai) dari guru dan perlindungan.
  2. Berhak mendapat bimbingan dari guru dan pendidikan.
  3. Berhak meminjam buku di perpustakaan.
  4. Berhak mempunyai banyak teman.
  5. Berhak menggunakan fasilitas yg ada disekolah.

Hak dan Kewajiban Siswa yang berada di Rumah

Hak Anak di Rumah
  1. Berhak Mendapatkan Kasih Sayang
  2. Berhak Mendapatkan Perlindungan
  3. Berhak untuk Bermain
  4. Berhak Mendapatkan Kesehatan
  5. Berhak Mendapatkan Pendidikan
Kewajiban Anak di Rumah
  1. Kewajiban Belajar
  2. Kewajiban Membantu Orang Tua.
  3. Kewajiban Menjalankan Perintah Agama

Hak dan Kewajiban Anak di Masyarakat

Anak-anak merupakan bagian dari warga masyarakat. Oleh karena itu, anak juga memiliki hak dan kewajiban di lingkungan masyarakat. Anak berhak mengembangkan kemampuannya di masyarakat, baik dalam bentuk hobi atau kegemaran ataupun kemampuan bersosialisai. Lingkungan masyarakat juga berkewajiban memberikan fasilitas yang memadai bagi anak-anak untuk mengembangkan potensi mereka.
Muatan IPS 
Kerjasama Asean dalam bidang ekonomi dan politik 
ASEAN (Association of South East Asia Nations) merupakan sebuah organisasi atau perkumpulan dari negara-negara yang terletak di Asia Tenggara. Organisasi yang terbentuk pada 8 Agustus 1967 ini telah memiliki jumlah anggota sebanyak sepuluh negara, termasuk salah satunya adalah negara Indonesia tercinta kita ini. Perlu kita ketahui, Indonesia adalah salah satu dari lima negara yang memprakarsai terbentuknya perhimpunan negara-negara di Asia Tenggara ini. Indonesia menjadi bagian dari organisasi ASEAN salah satunya untuk membangun hubungan internasional dan organisasi internasional dengan negara-negara yang ada di kawasan Asia Tenggara. Selain itu, dengan terlibatnya Indonesia sebagai anggota ASEAN, maka peran Indonesia di dunia internasional semakin menguat.
Tujuan ASEAN dibentuk bukan semata-mata untuk sekedar menjalin kerjasama yang menguntungkan di negara-negara yang menjadi anggotanya, melainkan dibentuk berdasarkan tujuan tertentu. Selain dibentuk dengan berdasarkan tujuan tertentu, ASEAN juga mempunyai fungsi ASEAN. Tujuan dan fungsi yang dimiliki oleh ASEAN mempunyai kedudukan masing-masing guna memperkuat kerjasama yang terjain pada negara-negara anggotanya maupun negara lain. Sebagai negara pendiri ASEAN, Indonesia mempunyai peranan yang penting dalam perhimpunan negara-negara di Asia Tenggara ini. Peran Indonesia dalam ASEAN tentunya menimbulkan keuntungan bagi Indonesia yang bergabung pada ASEAN sampai sekarang ini.
Kerja sama ASEAN di Bidang Ekonomi
Perlu kita ketahui, semenjak ASEAN didirikan, kerjasama pada bidang ekonomi yang terjalin diantara negara-negara anggota maupun negara bukan anggota sudah berjalan dengan baik. Adapun bentuk-bentuk kerjasama ASEAN dalam bidang ekonomi adalah sebagai berikut.
1. Pembukaan pusat promosi ASEAN
Mendengar kata promosi, kita sering mengkaitkan dengan hal-hal yang menarik agar orang lain tertarik dengan apa yang sedang dipromosikan. Begitu juga ASEAN. Meskipun ASEAN sudah dikenal oleh berbagai negara-negara di dunia melalui PBB, ASEAN tetap perlu mempromosikan dirinya pada dunia luar. Promosi yang dilakukan oleh ASEAN meliputi sektor perdagangan, pariwisata, dan investasi. Pembukaan pusat promosi ASEAN dilakukan di negara Jepang yang merupakan negara yang mempunyai perkembangan cepat dalam berbagai sektor. Pembukaan pusat promosi di Jepang mempunyai tujuan untuk melakukan peningkatan kegiatan ekspor dari negara-negara ASEAN ke Jepang dan juga meningkatkan jumlah investor Jepang bagi negara-negara ASEAN.
Muatan IPA 
Pb 5. Mengidentifikasi revolusi bumi dan pengaruhnya

Revolusi Bumi: Pengertian, Proses, Akibat dan Manfaat

Jagat raya adalah bentuk keseluruhan dari alam. Jika kita mendengar kata jagat raya, maka kita akan menitik beratkan pada susunan tata surya. Tata surya merupakan kumpulan benda- benda langit yang saling berhubungan dan berinteraksi satu sama lain. Tata surya terdiri dari matahari sebagai pusatnya, kemudian ada planet- planet di tata suryayang mengelilinginya, kemudian ada asteroid (baca: ciri- ciri asteroid) yang bermarkas (mempunyai lintasan) di antara planet Mars dan planet Jupiter yang merupakan planet terbesar di tata surya, kemudian ada bintang- bintang yang berukuran kecil atau agak besar, serta adalagi komet yang merupakan bintang berekor.
Membicarakan mengenai sistem tata surya, rasanya seperti tidak ada habisnya karena terlampau luas. Mengenai tata surya, tidak lengkap rasanya apabila kita tidak sekalian membahas peristiwa- peristiwa yang ada di luar angkasa. Beberapa peristiwa atau kegiatan rutin yang bisa kita bicarakan adalah rotasi dan revolusi. Rotasi merupakan kegiatan berputar pada porosnya. Yang melakukan kegatan rotasi ini adalah planet- planet dan juga satelit (baca: pengertian satelit). Sementara yang dimaksud dengan revolusi adalah peristiwa mengelilingi sesuatu, seperti planet mengelilingi matahari dan satelit- satelit mengelilingi planetnya. Termasuk planet bumi, juga melakukan rotasi dan revolusi. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas lebih dalam mengenai revolusi bumi, tidak hanya pengertiannya namun juga proses, dampak dan juga manfaatnya.

Revolusi Bumi

Kita pasti sudah sering sekali mendengar kata “revolusi” bukan? ya, revolusi merupakan kata yang mempunyai arti sebagai perubahan dalam waktu yang cepat. Kata revolusi juga mempunyai kebalikan atau antonim, yakni “evolusi” yang berarti perubahan yang terjadi dalam waktu lama. Namun, revolusi yang akan kita bicarakan bukanlah revolusi yang semacam itu, namun revolusi yang akan kiba bicarakan adalah mengenai revolusi bumi. Revolusi bumi yang akan bicarakan adalah sama dengan revolusi- revolusi yang dilakukan planet- planet di tata surya. Revolusi yang dimaksud adalah pergerakan planet- planet dalam mengelilingi pusat tata surya, yakni matahari.
Kita mungkin sudah terlampau sering mendengar kata revolusi Bumi. Ya, sepadan dengan pengertian revolusi yang telah disebutkan di atas, revolusi bumi berarti aktivitas bumi mengitari matahari sebagai pusat tata surya. Revolusi bumi jugasering disebut sebagai kegiatan Bumi dalam mengorbit matahari (baca: bagian- bagian matahari). Waktu yang dihabiskan bumi dalam sekali mengitari matahari ini kita sebut sebagai satu tahun. Sehingga adanya penanggalan hingga tahunan ini dikarenakan adanya revolusi planet Bumi. Tidak hanya bumi yang melakukan revolusi, namun juga planet- planet yang lainnya, dan bahkan benda- benda langit seperti bintang- bintang dan asteroid juga melakukan revolusi terhadap matahari. Sementara itu tidak hanya matahari saja yang berperan sebagai pusat yang dikelilingi, namun planet juga menjadi pusat dan dikelilingi oleh benda langit yang disebut dengan satelit. Hampir semua planet memiliki satelit alamnya masing- masing dan setiap satelit ini mengelilingi planet- planetnya.
Halaman bupena 18 


0 komentar:

Posting Komentar