Pelaksanaan tryout  hari Jumat, 28 Febuari 2020
Tryout dinas 3 mata pelajaran :

1. Bahasa Indonesia

2. Matematika

3. IPA

Pb 5 dan 6 tema 9
MUATAN IPS
MODERNISASI DALAM BIDANG TRANSPORTASI AIR DAN UDARA

Salah satu bentuk atau wujud perubahan social adalah modernisasi. Modernisasi adalah proses pergeseran sikap dan mentalitas warga masyarakat untuk bisa hidup sesuai tuntutan masa kini. Atau secara harfiah medernisasi di definisiskan sebagai proses menjadi masyarakat modern. Jadi modernisasi merupakan proses kearah yang lebih baik dan lebih  maju
Transportasi adalah pemindahan manusia atau barang dari satu tempat ke tempat lainnya dengan menggunakan sebuah wahana yang digerakkan olehmanusia atau mesin. Transportasi digunakan untuk memudahkan manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Di negara maju, mereka biasanya menggunakan kereta bawah tanah (subway) dan taksi. Penduduk disana jarang yang mempunyai kendaraan pribadi karena mereka sebagian besar menggunakan angkutan umum sebagai transportasi mereka.
Transportasi dibagi 3 yaitu, transportasi darat, laut, dan udara. 
Transportasi udara merupakan transportasi yang membutuhkan banyak uang untuk memakainya. Selain karena memiliki teknologi yang lebih canggih, transportasi udara merupakan alat transportasi tercepat dibandingkan dengan alat transportasi lainnya. Sedangkan transportasi
air seperti perahu dayung, rakit, dan perahu layar. Perahu dayung dan rakit digerakkan oleh kekuatan tenaga manusia. Sedangkan perahu layar digerakkan oleh tenaga angin dan tenaga manusia. Seiring dengan ditemukannya mesin bermotor, masyarakat kini menggunakan perahu bermotor dan kapal sebagai alat transportasi air. Kapal-kapal modern dapat mengangkut barang berton-ton serta dapat menempuh jarak yang sangat jauh. Bahkan kini sebuah kapal besar dapat digunakan sebagai landasan pesawat tempur. Kapal ini dinamakan kapal induk.
Dan di sini mayoritas membahas transportasi laut.Angkutan laut memiliki beberapa kelebihan daripada angkutan darat,antara lain :
·         Dapat mengarungi perairan yang tidak mungkin dilakukan angkutan darat
·         Kapal dirancang lebih besar lagi karena ruang geraknya lebih bebas daripada angkutan darat. Dibangun kapal peti emas yang mampu membawa ratusan peti emas,kapal tanker yang mampu membawa ribuan ton bahan bakar,kapal induk yang mampu membawa peralatan berupa pesawat terbang sehingga disebut juga pulau terapung
·         Kapal laut dapat menjelajah ke negara yang memiliki pelabuhan-pelabuhan dunia. Karena itu timbullah sebutan “laut bukan pemisah,justru menjadi penghubung.


Perkembangan transportasi sekarang membawa dampak kehidupan yang lebih baik. Tenaga manusia berpindah menjadi tenaga mesain sehingga mempermudah masyarakat untuk melakukan aktifitas walaupun tempat tersebut jauh.

0 komentar:

Posting Komentar